Pinhome

Tips Properti

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Rumah Mewah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Memiliki rumah mewah pastilah menjadi impian bagi setiap orang. Banyak yang berpikir bahwa tinggal di rumah mewah akan membuat pemiliknya bangga dengan usaha atau kerja kerasnya sehingga bisa memiliki rumah tersebut. Namun ternyata, walaupun memiliki kelebihan, terdapat kekurangan tersendiri yang dialami oleh pemilik rumah megah juga lho, Pins.

Banyak yang membayangkan bahwa dengan memiliki rumah mewah akan memiliki kehidupan yang menyenangkan, karena sang pemilik bisa menikmati pemandangan yang indah dari taman yang besar sambil bersantai, memiliki fasilitas-fasilitas mewah dalam rumah. Belum lagi bebas mengajak teman maupun keluarga besar untuk berkumpul tanpa perlu memikirkan banyaknya orang yang akan datang, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pandangan lingkungan sosial terhadap sang pemilik rumah  tersebut. Tapi, apa hanya itu saja kelebihan memiliki rumah mewah?

Kelebihan dari Memiliki Rumah Mewah

1. Tempat Tinggal yang Aman

sumber: Aceh Portal

Kebanyakan rumah mewah memang dihuni oleh para kalangan ekonomi kelas menengah ke atas. Maka dari itu, tidaklah heran apabila lokasi tempat tinggalnya akan dijaga oleh petugas keamanan pribadi yang ketat. Dengan adanya penjagaan pribadi ini akan membuat penghuninya lebih merasa aman, Pins.

2. Tempat Tinggal yang Nyaman

sumber: Pinterest

Selain penghuni dari rumah mewah merasa aman, pada umumnya lokasi rumah-rumah tersebut  akan juga dibarengi dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia, baik yang ada di rumahnya sendiri maupun yang diberikan oleh pengelola lokasi setempat. Seperti fasilitas kolam renang, lapangan tenis, jogging track, lapangan basket, bahkan ada juga yang menyediakan lapangan golf, sekolah, rumah sakit, maupun supermarket.

3. Status Sosial yang Tinggi

sumber: Shutterstock

Dengan memiliki rumah mewah, sudah pasti orang-orang di sekitar akan memandang pemiliknya sebagai seorang yang berasal dari keluarga dengan perekonomian menengah ke atas. Hal ini merupakan suatu yang wajar karena memang pada umumnya pemilik merupakan kumpulan orang-orang yang kaya. Untuk membangun sebuah rumah yang mewah, diperlukan biaya yang sangat besar dan hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi, Pins.

4. Akses yang Mudah

sumber: Afandri Adya

Kebanyakan rumah jenis ini berada di kawasan daerah yang strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum di sekitarnya. Rumah-rumah megah banyak dijumpai di kota-kota besar, jalan-jalan utama, dan akan dilengkapi dengan macam-macam fasilitas umum. Maka dari itu, hal tersebut akan sangat memudahkan bagi para penghuninya untuk mengakses fasilitas-fasilitas tersebut kapanpun, Pins.

Namun memiliki rumah megah tidak selamanya menyenangkan dan sudah pasti bahagia, karena banyak hal yang juga harus diperhatikan dalam memiliki rumah megah. Apa saja kekurangan dari memiliki rumah megah?

Baca Juga: Pelajari Bagaimana Cara Membangun Rumah Modern

Kekurangan dari Memiliki Rumah Mewah

1. Butuh Biaya Lebih untuk Memelihara dan Membersihkan

sumber: Harmony

Memiliki rumah mewah memang akan sangat menyenangkan, namun sang pemilik harus menyiapkan biaya lebih untuk memelihara dan membersihkan. Karena pada umumnya rumah megah memiliki ukuran rumah yang sangat luas, sehingga sang pemilik akan membutuhkan tenaga bantuan yang banyak untuk dapat memelihara atau membersihkan rumah megahnya, Pins.

2. Lebih Jauh dengan Anggota Keluarga

sumber: Arsitag

Ukuran rumah mewah yang luas akan membuat sang pemilik lebih sulit untuk berinteraksi dengan anggota keluarganya satu sama lain. Karena jarak yang luas maka suasana rumah pun akan membuat rumah terasa sepi dan kurang hangat.

3. Membuat Pemilik Membeli Hal yang Tidak Penting

sumber: Lumikasa

Karena ukuran rumah yang luas dan tidak akan dibiarkan kosong begitu saja, maka sang pemilik terpaksa harus membeli barang-barang yang tidak terlalu penting guna mengisi bagian rumah agar tidak terlihat kosong. Barang-barang tersebut dapat berupa furniture ataupun dekorasi-dekorasi yang membuat sang pemilik mengeluarkan biaya lebih untuk barang yang tidak terlalu memberikan manfaat.

4. Akan Lebih Sulit untuk Dijual

sumber: Time Megazine

Jika sebagian orang memiliki pemikiran untuk menjual rumah, rumah-rumah mewah cenderung akan lebih sulit untuk dijual. Karena dibutuhkan daya beli yang tinggi sehingga tentunya lebih sedikit calon konsumen yang bisa dijadikan target. Oleh karena itu rumah megah akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan rumah minimalis biasa.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan memiliki rumah megah, Pins. Rumah mewah atau sederhana bukanlah suatu masalah, asal disesuaikan dengan kemampuan sang pemilik dalam menjaga dan merawat rumah tersebut dan selalu mempertimbangkan nilai investasi rumah Pins di masa depan nantinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat yah, Pins!

Baca Juga: 10 Desain Rumah Mewah yang Awet Sepanjang Masa!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel