BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Kolam Renang di Rooftop Rumah
0
0

10 Ide Desain Kolam Renang di Rooftop Rumah

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
10 Ide Desain Kolam Renang di Rooftop Rumahtop-right-banner

Kolam renang umumnya identik dengan letaknya yang ada di lantai bawah rumah. Namun, keterbatasan lahan membuat penghuni rumah lantas mendapatkan inspirasi untuk merancang desain kolam renang rooftop alias di lantai 2. 

Selain tetap bisa dipakai untuk berenang, kolam renang di rooftop rumah juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk bersantai. Kamu hanya perlu membuat desain kolam renang di rooftop yang sesuai dengan keinginan.

Inspirasi Desain Kolam Renang di Rooftop Rumah

Apakah kamu termasuk salah satunya yang ingin membuat kolam renang di lantai atas, Pins? Kalau iya, coba tengok beberapa inspirasi desain kolam renang rooftop berikut ini.

Konsep Tembus Pandang

Source : Pinterest

Kolam renang dengan konsep tembus pandang dibuat dari bahan kaca dengan kualitas terbaik sehingga tidak mudah retak maupun pecah. Konsep rancangan ini pas untuk hunian bergaya minimalis dengan banyak lantai. Tujuannya juga bisa sebagai sarana olahraga atau hanya hiasan semata.

Kamu bisa menggunakan bahan kaca pada dinding kolam atau bagian dasarnya, sesuaikan saja dengan konsep ruang atau desainnya. Jangan lupa, tambahkan lampu di dalam kolam untuk menambah estetika saat dinyalakan pada malam hari. 

Baca juga: 15 Berbagai Inspirasi Desain Rooftop Rumah Minimalis

Kolam Renang Rooftop Indoor

Source : Pinterest

Jika biasanya kolam renang di lantai atas cenderung mengusung konsep luar ruangan, desain kolam renang rooftop satu ini justru dibuat indoor. Alasannya bisa karena rooftop rumah yang terlampau tinggi, atau kualitas udara yang tidak mendukung untuk membuat kolam renang di lantai atas. 

Inspirasi rancangan kolam renang ini menjadi pilihan tepat buat kamu yang masih ingin punya rooftop tanpa mengabaikan keamanan dan keselamatan penghuni rumah. Terlebih buat kamu yang memiliki balita. Sebab, kolam renang rooftop di dalam ruangan membuat kamu lebih mudah mengawasi anak-anak.

Kolam Renang Mungil di Sudut

Source : Pinterest

Selain memakai material kaca, membuat kolam renang di lantai atas bisa juga memakai bahan kombinasi antara keramik dan semen. Sementara itu, material kayu dipilih untuk bagian lantainya. 

Umumnya, kolam renang di rooftop yang ada di sudut dan berukuran kecil hanya difungsikan untuk bermain air. Selain itu, bisa juga menjadi tempat untuk menikmati pemandangan sore. Supaya lebih apik, kamu bisa menambah pot tanaman di beberapa area rooftop

Bentuk Persegi Panjang

Source : Pinterest

Persegi panjang menjadi bentuk kolam renang yang banyak dipakai dalam desain kolam renang rooftop rumah minimalis. Bukan tanpa alasan, ini karena persegi panjang bisa dibilang mudah dibuat.

Selain itu, kolam renang dengan bentuk persegi panjang juga lebih mudah diposisikan di lantai atas. Misalnya, kamu memanfaatkan salah satu sisi rooftop atau membuat kolam renang sedikit lebih menonjol dari bagian rumah dengan sentuhan dinding kaca. 

Baca juga: 10 Ide Rumah Rooftop Korea Seperti di Drama

Kombinasi dengan Taman

Source : Pinterest

Kolam renang yang dipadukan dengan taman tak hanya bisa dibuat di halaman belakang. Pins juga bisa menggunakan konsep tersebut saat membuat desain kolam renang di rooftop. 

Biasanya, ukuran kolam renang tidak terlalu besar karena hanya berfungsi sebagai pemanis. Material vinyl dengan warna kayu sangat pas digunakan sebagai lantai dan dinding kolam. 

Letakkan beberapa pot dengan warna senada di beberapa sisi, atau kombinasikan dengan warna putih. Tak lupa, berikan lampu dengan warna kuning untuk membuat tampilan rooftop menjadi sangat cantik pada malam hari. 

Kolam Renang Rooftop dengan Dinding Kaca

Source : Pinterest

Kaca memang menjadi material pembuat dinding dan dasar kolam renang yang populer beberapa waktu terakhir. Ini karena material tersebut bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. 

Selain itu, material kaca juga menghasilkan kombinasi yang sangat artistik ketika disandingkan dengan kayu dalam desain kolam renang rooftop. Menariknya lagi, bahan kaca pada kolam renang juga cocok diterapkan untuk desain kolam di dalam ruangan. 

Minimalis dengan Lantai Vinyl

Source : Pinterest

Kalau kamu menyukai nuansa natural, tak ada salahnya untuk merancang kolam renang minimalis dengan sentuhan material vinyl pada lantai dan dinding kolam. Supaya kesan naturalnya semakin kentara, Pins bisa menaruh pot tanaman di beberapa sudut rooftop

Model Infinity

Source : Pinterest

Desain kolam renang rooftop bergaya infinity atau disebut juga infinity pool kini tak hanya diterapkan pada hotel dengan banyak lantai. Rumah bergaya minimalis pun mengadopsi inspirasi ini untuk merancang kolam renang di lantai atas. 

Desain kolam renang model infinity biasanya diterapkan pada hunian yang berada di kawasan gunung atau pantai. Konsep infinity sendiri memiliki arti tanpa batas, yang membuat Pins memang terasa seperti sedang memandang dunia saat berenang. 

Giant Sand Rooftop

Source : Pinterest

Inspirasi rancangan kolam renang di lantai atas lainnya yaitu hasil adaptasi desain yang dimiliki oleh salah satu hotel populer di Singapura. Kolam renangnya dibuat memanjang dari ujung ke ujung lainnya, lengkap dengan kursi santai di sepanjang kolam. Sudah pasti, ide desain ini dapat diterapkan untuk hunian dengan area rooftop yang lebar.

Baca juga: Berapa Standar Ukuran Kolam Renang?

Kolam Renang Semi Indoor di Rooftop

Source : Pinterest

Terakhir adalah desain kolam renang di lantai atas dengan konsep semi indoor. Desain ini menggabungkan kolam renang dengan area untuk bersantai. Bagian kolam renang dibuat dengan konsep outdoor, sedangkan area bersantai mengusung konsep indoor.

Demikian tadi beberapa inspirasi desain kolam renang rooftop yang bisa kamu pertimbangkan saat hendak membuat kolam renang di lantai atas rumah. Kamu bisa mengombinasikan dua atau lebih konsep desain di atas untuk mendapatkan inspirasi baru. Pastikan kamu sesuaikan dengan gaya hunian dan bujet, ya!

Feature Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download