Pinhome

Berbagi Cara Mudah Menanam Lidah Buaya Beserta Perawatanya Lengkap

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 10 January 2022 ∙ 14 menit membaca

Dalam artikel kali ini Pinhome akan membahas tentang beberapa cara menanam lidah buaya dan cara perawatanya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menanam lidah buaya serta cara perawatanya.

Siapa sih yang tidak tau lidah buaya tanaman yang mempunyaiberibu manfaat yang sangat berguna untuk manusia. Di dalam artikel kali ini Pinhome akan membagikan sedikit informasi tentang beberapa cara menanam dan merawat lidah buaya agar memperoleh hasil yang maksimal.

Pengertian Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Siapa sih yang tidak mengenal lidah buaya? Tanaman dengan beribu manfaat ini. Ternyata tanaman ini sudah di kenal sejak beribu tahun yang lalu oleh para nenek moyang mengolah lidah buaya sebagai penyubur rambut, obat luka, dan juga bahkan untuk perawatan kulit.

Lidah buaya ditemukan di kawasan kering di Afrika, karena itu si lidah buaya ini hampir memiliki sifat sama dengan tanaman kaktus.

Dalam proses penyimpanan bahan makanan pada batangnya dan mempunyai akar yang panjang.

Karena semakin majunya perkembangan zaman menjadikan proses pengolahan dan pengembangan lidah buaya ini semakin maju.

Sebab dirasa manfaatnya lebih sekedar sebagai penyubur rambut dan sebagainya. Proses penanaman dan pengolahan hasilnya pun semakin berkembang.

Cara pengembangbiakan dari tumbuhan ini juga ada beberapa macam diantaranya pertama menggunakan batang langsung, dan yang kedua menggunakan anakanya.

Tempat tanam pun juga bermacam-macam ada yang langsung menggunakan tanah atau lahan ladang dan ada yang menggunakan polybag atau juga pot.

Dalam setiap cara tanam memiliki cara yang berbeda dalam perawatanya dan berikut sedikit penjelasanya.

Baca JUga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

Cara Menananm Lidah Buaya dalam Pot atau Polybag

lidah buaya dalam pot
(bibitbunga.com)

Dalam penanaman lidah buaya ada 2 cara salah satunya menggunakan pot atau polybag, karena biasaya penanaman ini digunakan untuk hiasan rumah dan pembibitan untuk lahan petani.

Ada beberapa cara menanam atau mengembangbiakan lidah buaya dengan media pot dan polybag ini karena proses yang tidak terlalu lama tapi perawatan lidah buaya dengan cara ini membutuhkan tenaga yang ekstra agar mendapat hasil yang bagus.

Baca Juga: 10 Dekorasi Kamar Kpop Sederhana

Cara Menanam Lidah Buaya dengan Menggunakan Batang atau Daun

Ada beberapa cara menanam lidah buaya salah satunya adalah menggunakan batang. Cara ini digunakan biasanya karena lidah buaya jarang menghasilkan anakan untuk dikembangkan.

Berikut ini cara-cara menanam lidah buaya menggunakan batang atau daun:

1. Pahamilah Bahwa Kemungkinan Besar Penanaman dengan Daun Tidak Dapat Mengluarkan akar

batang lidah buaya, cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Walaupun masih ada kemungkinan bahwa daun lidah buaya bisa tumbuh tapi itu sangatlah kecil. Karena banyak faktor penyebabanya salah satunya adalah kelembapan pada lidah buaya yang tinggi.

Menjadikan daun lidah buaya cenderung membusuk sebelum akar keluar dari batangnya. Cara yang lebih efektif adalah menumbukan lidah buaya menggunakan anakan.

Baca JUga: Cara Membuat Bekisting Tangga yang Benar

2. Pemilihan Batang yang Digunakan

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Carilah Daun lidah buaya yang ukuranya minimal 8 cm. Karena dengan menggunakan batang lidah buaya dengan ukuran ini dirasa lebuih efektif daripada kurang dari 8 cm. Semakin besar dan tinggi semakin baik dalam penggunaan batang sebagai benih menanam lidah buaya.

Baca JUga: 9 Desain Rumah HItam Putih

3. Pemotongan Daun atau Batang Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Cara menanam lidah buaya menggunakan batang selanjutnya adalah pemotongan bagian pangkal lidah buaya menggunakan pisau.

Di usahakan ketika pemotongan pangkal lidah buaya menggunakan pisau yang bersih dan tajam agar hasil dari pengambilan bibit bagus dan terhindar dari infeksi.

Dalam pemotonganya arah pisau dari atas kebawah gunanya agar tidak rusak batang yang di potong.

Baca Juga: 15 Desain Rumah Atap Miring

4. Pendiaman Selama Dua Minggu

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Dalam proses selanjutnya adalah pendiaman selama dua minggu. Letakan daun lidah buaya dalam tempat yang hangat sampai terbentuk lapisan tipis pada bagian yang di potong.

Manfaat pendiaman tersebut adalah meminimalisir terjadinya infeksi terhadap batang lidah buaya yang di tanam. Berbeda dengan dengan keadaan yang sedang basah, batang lidah buaya yang ditanam tidak akan bertahan lama dan cepat membusuk.

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering

5. Gunakan Pot yang Memiliki Lubang

cara menanam lidah buaya 12
(pricearea.com)

Menggunakan pot yang memiliki lubang pada dasarnya memiliki manfaat mempermudah sirkulasi air agar cepat keluar dari pot. Sama halnya dengan tanaman yang lain lidah buaya juga menyukai air.

Tetapi tanaman yang satu ini tidak suka dengan air uang menggenang, sebab dari air yang terlalu banyak hingga menggenang mengakibatkan kerusakan pada akar yang menyebabkan pembusukan.

Baca Juga: 25 Desain Pagar Kayu Teras Rumah

6. Pengisian Tanah Dalam Pot

Karena lidah buaya ini hampir sama dengan kaktus sifatnya jadi memerlukan tanah yang sedikit khusus. Tanah yang digunakan dalam penanaman lidah buaya menggunakan sedikit pasir didalamnya.

Selain itu juga akan lebih bagus sebelum pemberian tanah ke dalam pot sebaiknya diberi batu kerikil atau batu untuk melancarkan saluran sirkulasi air.

7. Penanaman Batang Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Batang di tanam dengan cara menancapkan potongan batang lidah buaya ke dalam tanah. Dalam penanaman ini pastikan satu pertiga bagian dari batang tertutup oleh tanah.

Sebelum penanaman cobalah mencoba untuk mencelupkan batang kedalam hormon pertumbuhan akar, jika tidak mempunyainya bisa juga menggunakan madu dan bubuk kayu manis untuk membunuh bakteri agar tetap bersih dari infeksi.

Baca Juga: 8 Gradasi Warna Hijau untuk Hunian Lebih Sejuk

8. Penyiraman Tanaman Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya
(wikihow.com)

Cara menananm lidah buaya yang terkhir adalah menentukan tempat peletakan tanaman ini, sebisa mungkin di tempatkan di tempat yang cerah dan hangat.

Apabila ingin menyiram sebaiknya sedikit berhati-hati, selama empat minggu pertama hendaknya menjaga tanah dalam keadaan lembap.

Setelah itu tunggu hingga tanah benar-benar kering untuk anda kembali menyiramnya. Jangan khawatir apabila daun lidah buaya mengering atau mengkerut dalam keadaan itu masih terjadi proses penumbuhan akar.

Baca Juga: Cara Menanam Pisang

Cara Menanam Lidah Buaya Menggunakan Anakan

Cara yang selanjutnya adalah menanam lidah buaya menggunakan anakan. Berbeda dengan yang menggunakan batang menanam dengan teknik ini presentase untuk tumbuh lebih tinggi.

Banyak petani yang menanam lidah buaya banyak menggunakan bibit dari anakan ini, karena prosesnya tidak sesulit menggunakan batang dan hasilnya juga bisa maksimal.

1. Pemilihan Anakan Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya 1.1
(wikihow.com)

Pemilihan anakan lidah buaya yang berkualitas harus di perhatikan karena mempengaruhi hasil akhir dari tanaman lidah buaya itu sendiri.

Anakan lidah buaya biasanya tumbuh di sekitar pangkal dari pohon induk dengan warna yang lebih cerah dan juga mempunyai rangkaian akar sendiri.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan anakan ini seperti :

  • Anakan yang dipilih harus mempunyai tinggi minimal seperlima dari pohon induk.
  • Kedua memilih anakan yang memiliki daun dengan minimal 4 jumlah daun.
  • Pemilihan benih harus juga memiliki tinggi beberapa sentimeter.

Baca JUga: 8 Desain Interior Rumah Mewah, Cantik dan Tidak Berlebihan

2. Pencabutan Anakan Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya 1.2
(wikihow.com)

Karena biasanya anakan mudah di cabut dari induknya ! Ada beberapa opsi jika memang ingin lebih aman untuk cara ini.

Mengeluarkan tanaman dari pot untuk mempermudah anda untuk menemukan dan memisahkan anakan dari pohon induk lidah buaya. Bersihkan tanah yang berada di akar untuk memudahkan memisahkan anakan.

Baca Juga:: 9 Keramik Dinding Ruang Tamu yang Membuuat Lebih Hidup

3. Pemotongan Anakan

cara menanam lidah buaya 1.3
(wikihow.com)

Proses ini adalah proses yang paling penting dalam menanam lidah buaya. Dalam proses ini adalah memisahkan tubuh benih anakan dari bagian induk lidah buaya. Usahakan dalam pemisahan dilakukan dalam keadaan berhati-hati.

Sebenarnya memisahkan anakan ini adalah mudah tetapi kebanyakan orang keliru memotong akar milik anakan, yang mengakibatkan kualitas benih dari lidah buaya menurun.

Setelah pemotongan benih baru diamkan dalam beberapa hari agar luka dalam benih mengering, guna mencegah infeksi agar tidak membusuk.

Baca Juga: 3 Cara Plamir Tembok untuk Pemula

4. Pemilihan Pot

cara menanam lidah buaya 12
(pricearea.com)

sama seperti dengan cara menanam lidah buaya dengan menggunakan batang, penggunaan pot yang memiliki lubang dibawahnya sangatlah di anjurkan.

Karena sifat dari lidah buaya ini tidak begitu suka dengan genangan air dan juga dapat membuat akar kebanyakan menyerap air. Dalam kondisi tersebut menyebabkan akar akan cepat membusuk sehingga tananman ini akan mati.

5. Pengisian Tanah

Sebelum penanaman lidah buaya pot yang digunakan hendaknya di beri batu atau kerikil di dalamnya. Dengan tujuan agar air dapat keluar secara lancar, setelah itu baru di beri tanah.

Tidak sembarang tanah sebenarnya menanam lidah buaya yang cepat dan efektif adalah menggunakan tanah khusus untuk tanaman kaktus, akan tetapi jika tidak mempunyainya anda bisa menggunakan tanah yang dicampuri dengan pasir.

Menanam Anakan lidah Buaya

cara menanam lidah buaya 1.4
(wikihow.com)

Buat lubang kecil dalam pot yang sekiranya akar dari bibit anakan dari lidah buaya tertimbun oleh tanah. Untuk mengantisipasi pertumbuhan bibit agar tidak terganggu, Banyak para ahli kebun yang menyarankan agar bibit tersebut direndam dalam hormon penumbuh akar terlebih dahulu.

Selain mencegah dari gangguan pertumbuhan, mormon ini  juga memepercepat akar agar cepat tumbuh.

7. Penyiraman Bibit Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya 1.5
(Wikihow.com)

Dalam penanganan cara menanam lidah buaya banyak orang yang belum begitu mengerti cara menyiram dari tanaman ini.

Penyiraman lidah buaya dilakukan dengan jangka waktu yang sedikit lama, presentase air yang digunakan pun juga tidak banyak. Penyiraman tanaman ini hanya sampai tanahnya terlihat basah.

Larangan keras menyiram hingga air menggenang karena tanaman lidah buaya ini adalah salah satu jenis tanaman gurun yang tidak begitu memerlukan banyak air.

8. Penempatan Tanaman

cara menanam lidah buaya 1.6
(wikihow.com)

Terkadang banyak orang yang salah beranggapan bahwa tanaman lidah buaya ini suka dengan keadaan lembap, tapi pada dasarnya keliru tanaman lidah buaya adalah tanaman yang suka dengan keadaan yang terik.

Makan dari itu sebisa mungkin penempatan dari tanaman lidah buaya ini ditempatkan pada tempat yang cerah dan terik.

Untuk penyiraman rutin biasanya dilakukan secara 7-10 hari tergantung cuaca dan keadaan.

Baca Juga: Cara Menanam Kunyit 

Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Tanah atau Ladang

kebun-lidah-buaya-2
(potensilokal.com)

Dalam keterangangan diatas adalah cara menanam lidah buaya dalam pot atau polybag. Kali ini dalam proses selanjutnya adalah menanam lidah buaya menggunakan lahan tanam atau perkebunan.

Ada beberapa aspek yang harus di tentukan dalam penanam lidah buaya dalam perkebunan antara lain:

  • Penyiapan lahan.
  • Pembibitan lidah buaya.
  • Penanaman.
  • Perawatan dan pemeliharaan lidah buaya

Beberapa aspek tersebut haruslah terpenuhi sesuai standar yang ada agar hasil yang dicapai maksimal.

1. Persiapan Lahan Perkebunan Lidah Buaya

persiapan lahan, cara menanam lidah buaya
(rika-fikria.blogspot.id)

Persiapan lahan adalah langkah pertama dalam menanam lidah buaya. Lahan yang ditanami lidah buaya haruslah tanah yang sedikit berpasir dan harus dilakukan pembajakan dulu sebelum ditanam.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam lidah buaya haruslah bersih dari rumput dan ilalang yang menggangu.

Selanjutnya adalah membuay parit untuk mempermudah jalanya air agar ketika penyiraman semua lidah buaya rata terkena air. Selain itu membuat drainase juga mempermudah membuang kelebihan air saat hujan tiba.

Membuat bedengan dengan ukuran 1×2 meter dan juga tinggi bedengan sekitar 30-40 cm. Panjang dari bedengan menyesuaikan dari lahan itu sendiri.

Setelah itu lubangi dan beri jarak sekitar 10-20 cm di setiap lubangnya agar ketika sudah mulai membesar lidah buaya di tak bersenggolan. Dalam lubang tersebut beri pupuk kandang yang sudah matang.

2. Pembibitan Lidah Buaya

pembibitan lidah buaya
(TanamSendiri.com)

Pembibtan ini biasanya dilakukan dengan cara pemisahan anakan dengan indukan. Para petani melakan pembibitan dengan cara ini karena tidak membutuhkan waktu lama dalam penangananya.

Sebelum di tanam bibit terlebih dulu harus ditanam dalam polybag sekira 3-4 bulan, dan jangan langsung menanam bibit yang masih kecil kedalam tanah yang sudah siap di tanam tadi.

Sebelum proses penanaman usahakan pengolahan lahan dan pembibitan memiliki jangka waktu yang sama agar tidak menunggu lama untuk proses penanamanya.

Perbandingan jarak dari pengolahan tanah dan pembibitan adalah 3:1 jadi jika penanaman siap di bulan Agustus makan pengolahan tanah harus dilakukan pada bulan Juli.

3. Penanaman Lidah Buaya

penanaman lidah buya
(diasdiari.blogspot.com)

Setelah 3 bulan siap tananm, barulah lidah buaya yang berada di polybag di pindah kedalam lahan perkebunan. Dalam memindahkan lidah buya yang berada dalam polybag haruslah berhati-hati agar tanahnya tidak pecah.

Masukan kedalam lubang dan siap di tanam dalam lahan perkebunan tersebut.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Dalam hal ini ada beberapa cara merawat lidah buaya agar menghasilkan hasil yang maksimal beberapa caranya antara lain

  • Penyiangan tanaman atau gulma yang tumbuh di sekitar lidah buaya, agar tidak terkena penyakit dan memiliki cukup sumber makanan.
  • Jika ada bibit yang mati segeralah ganti dengan bibit yang baru, jangka penggantian bibit hanya sekitar 1-4 minggu setelah ditananm
  • Jika masih banyak yang mati lebih dari 4 minggu pencabutan tanaman dan membakarnya adalah solusi terbaik untuk meminimalisir penyakit yang menular.
  • Beri pupuk dan kapur agar tanaman berkembang secara maksimal.

5. Pemanenan Lidah Buaya

panen lidah buaya
(print.kompas.com)

Tanaman ini sudah mulai bisa dipanen dengan jangka waktu umur 12-18 bulan setelah penanaman. Dalam pemanenanya petani melakukan secara bergilir dan tidak seretak, hanya sebulan sekali setiap panenya.

Dalam waktu pemanenan biasanya dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Tips dan Trik Merawat Lidah Buaya

Disini saya tidak hanya akan memberitahu tentang cara menanam lidah buaya saja tetapi juga cara merawatnya.

1. Penyiraman Tanaman Lidah Buaya

cara menanam lidah buaya 2.1
(wikihow.com)

Jadi jangan salah sangka terhadap cara menyiram tanaman. Terkadang orang tidak begitu tau bagaimana cara menyiram tanaman lidah buaya ini agar tetap terjaga keadaanya.

Trik dalam menyiram tanaman ini adalah jika dalam keadaan panas yang terik lidah buaya akan tumbuh dengan cepat dengan disiram dengan cara yang lebih teratur.

Kebanyakan orang menyiramnya secara berlebihan, padahal lidah buaya ini tidak begitu banyak membutuhkan air.

Sebaliknya jika dalam keadaan sedang dingin lidah buaya sebaiknya jangan terlalu banyak menyiram air karena jika menyiramnya terlalu sering dalam keadaan yang dingin makan akan mengakibatkan kebusukan pada akar.

Jika dalam keadaan dingin sebaiknya siramlah lidah buaya satu atau dua kali dalam satu bulan.

2. Memberi pupuk

cara menanam lidah buaya 2.2
(wikihow.com)

Pemupukan, sebenarnya tanaman lidah buaya ini tidak begitu membutuhkan pupuk. Boleh menggunakan pupuk untuk meningkatkan hasil dari batangnya, akan tetapi penggunaanya harus tidak secara berlebihan.

Apabila ingin meningkatkan masa pertumbuhan secara lebih cepat pilihlah pupuk yang memiliki kandungan nitrogen yang rendah dan fosfor yang tinggi. Waktu pemberian pupuk pun cukup setahun sekali.

3. Penyiangan Tumbuhan Pengganggu

cara menanam lidah buaya 2.3
(wikihow.com)

Dalam hal ini biasanya banyak tumbuhan atau gulma yang tumbuh di sekitar lidah buaya. Pembersihan secara teratur gulma yang berada di sekitar lidah buaya di penanamanya berada di luar ruangan.

Pembersihan ini bertujuan agar makanan yang terdapat di tanah tidak terbagi oleh gulma atau tumbuhan pengganggu yang lain. Harap hati-hati jika mencabut gulma yang ada karena bisa mengakibatkan kerusakan pada lidah buaya itu sendiri.

4. Pengaturan Cahaya Matahari

cara menanam lidah buaya 2.4
(wikihow.com)

Ada beberapa cara mengatasi keadaan daun yang tumbuh mendatar maupun mulai merendah. Perbanyak paparan sinar matahari dapat menjadikan daun lidah buaya tumbuh keatas.

Jadi jika kalian menemukan lidah buaya yang keadaan daunya tumbuh mendatar dan tumbuh merendah berarti kurang sinar matahari. Solusinya adalah harus meningkatkan atau memindahkan tanaman ketempat yang memiliki sinar yang cukup.

5. Daun yang Kecoklatan

cara menanam lidah buaya 2.5
(wikihow.com)

Banyak orang yang mengira bahwa keadaan lidah buaya yang menjadi coklat karena kurang air, akan tetapi ternyata daun lidah buaya berubah menjadi coklat karena terlalu banyak terkena sinar matahari.

Karena sinar matahari yang terlalu berlebihan bisa membakar dari batang itu sendiri, solusinya pindahkan tnaman ke ruangan atau tempat sedikit teguh jika sekiranya warna dari lidah buaya sedikit kecoklatan.

6. Keadaan Daun yang Mengkerut

cara menanam lidah buaya 2.7
(wikihow.com)

Siram lidah buaya jika menunjukan tanda bahwa daun atau batangnya mulai berkerut atau kurus. Jika ciri-ciri itu terjadi berarti menandakan bahwa siraman yang anda lakukan masihlah kurang.

Tetapi juga harus teteap berhati-hati dalam menyiram jangan sampai berlebihan karena akar tanaman ini mudah membusuk jika terlalu banyak air yang berada dalam pot.

7. Daun Menjadi Kuning dan Rontok

cara menanam lidah buaya 2.8
(wikihow.com)

Apabila daun lidah buaya mulai kuning dan rontok maka hentikanlah atau kurangi intensiatas ada menyiram lidah buaya. Karena keadaan tersebut sangatlah rentan terhadap pembusukan akar.

Potong daun dengan pisau yang bersih agar tidak menimbulkan infeksi dalam tanaman lidah buaya ini.

Penutup

Menanam lidah buaya sangatlah mudah, dan juga tanaman ini memiliki banyak manfaat yang sudah terkenal dari zaman dulu hingga sekarang.

Merawatnya juga tidak begitu sulit, banyak olahan yang bernilai gizi tinggi yang berasal dari tumbuhan ini. Semoga bermanfaat selamat mencoba !

Baca Juga: Macam Jenis Stiker Kaca

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

    Artikel Pilihan

    Finansial
    Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

    Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

    Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

    Finansial
    Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

    Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

    Properti
    Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

    Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

    Properti
    Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

    Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

    Artikel Terkini

    Properti
    Properti 10 Rekomendasi Perumahan di Tangerang

    Saat ini, Tangerang sudah mulai banyak digemari oleh penggiat properti, lho! Infrastrukturnya ya

    Properti
    Properti 3 Perumahan di Atas Mall yang Punya Daya Tarik

    Pernahkah Pins melihat bahwa ternyata terdapat sebuah perumahan eksklusif di atas pusat perbelanjaa

    Arsitektur & Desain
    Arsitektur & Desain 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

    Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat

    Properti
    Properti 10 Perumahan Elit di Jakarta yang Super Mewah

    Bisa tinggal dalam rumah mewah tentunya menjadi mimpi bagi semua orang. Bagaimana tidak? Desain rum

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Untung Berkali-Kali Lipat dengan Membeli Rumah Impian #CumadiPinhome

    Memiliki rumah impian merupakan cita-cita banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk menemukan rumah

    Ikuti Media Sosial Kami

    Pinhome Indonesia