BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Membuat Eksterior Ala Rumah Impianmu!
0
0

5 Tips Membuat Eksterior Ala Rumah Impianmu!

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Membuat Eksterior Rumahtop-right-banner

Tips membuat eksterior rumah berikut perlu Pins perhatikan bila ingin rumah tampil indah dan estetik. Apalagi, eksterior rumah menjadi hal pertama yang dilihat oleh tamu, misalnya model pagar besi tempa yang Pins gunakan untuk pagar halaman.

Seperti apakah tips membuat eksterior rumah terbaik? Jika Pins tidak punya ide bagaimana akan mendesain eksterior rumah, maka Pins bisa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar maupun mencari inspirasi. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Pins coba.

Baca juga: 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

1. Kumpulkan Referensi dari Berbagai Sumber

Tips Membuat Eksterior Rumah
Source : iStock

Tips membuat eksterior rumah yang paling utama adalah mengumpulkan referensi desain eksterior yang kamu sukai. Tentu saja tujuannya untuk mengumpulkan inspirasi agar Pins memilki opsi yang lebih luas saat memilih desain eksterior.

Bila kamu bingung bagaimana cara mencari referensi eksterior rumah, kamu bisa memulai dari yang paling sederhana yakni melalui sosial media. Kamu juga bisa mencari inspirasi dan ide dari katalog dan majalah arsitektur dan desain rumah.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan ide desain eksterior ketika berjalan-jalan atau mengunjungi tempat tertentu. Bila ada desain eksterior yang menarik perhatianmu, Pins bisa mengambil foto dan menyimpannya sebagai referensi.

Semakin banyak ide dan contoh yang Pins kumpulkan, tentu akan semakin mudah untuk mengeksekusi desain eksterior idamanmu. Jadi, jangan lupa untuk mencari inspirasi dari berbagai sumber, ya!

2. Buatlah Catatan

Tips Membuat Eksterior Rumah
Source : Aging Care

Hal berikutnya yang perlu Pins lakukan adalah membuat catatan dari setiap hal unik yang Pins suka selama melakukan pengamatan. Selain itu, Pins juga bisa mengamati fitur-fitur yang menarik untuk rumah, seperti model pintu.

Pastikan bahwa Pins mencatat semua yang menarik sebagai inspirasi untuk rumah Pins. Kamu bisa membuat catatan digital dengan memanfaatkan mobile phone atau tablet. Cara ini lebih praktis karena kamu sekaligus bisa menyimpan foto atau dokumentasi eksterior yang kamu inginkan.

Dalam membuat catatan, kamu juga bisa menambahkan catatan atau notes berisi pendapatmu terhadap fitur atau desain eksterior tersebut. Misalnya, hal yang kamu sukai dari desain pagar atau tanggapanmu terhadap warna cat eksterior tertentu. Semakin detail catatanmu, maka akan semakin baik, Pins!

Baca juga: Inspirasi Cat Rumah Warna Ungu untuk Interior dan Eksterior

3. Buatlah Sketsa Bentuk Rumah

mendesain eksterior rumah
Source : Pixabay

Bentuk rumah di sini terbatas pada hal-hal yang memiliki hubungan langsung dengan eksterior desain rumah Pins, seperti pintu dan jendela. Misalnya, kamu bisa membuat sketsa jendela dimana Pins bisa melihat pemandangan di luar rumah.

Kamu juga bisa berkreasi dan berimajinasi bagaimana desain eksterior rumahmu nanti saat dibangun. Bila kamu menyukai rumah dengan penerangan alami, kamu bisa membuat sketsa dengan penempatan jendela di beberapa sisi rumah.

Dalam membuat sketsa, kamu juga bisa sambil mengamati referensi yang telah dikumpulkan. Saat membuat sketsa, kamu bisa menggabungkan beberapa fitur atau hal yang kamu sukai dari referensi yang telah kamu cari.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Atap Rata

4. Pilihlah Material Untuk Mendesain Eksterior Rumah

mendesain eksterior rumah
Source : Pixabay

Setelah selesai menggambar sketsa eksterior, maka Pins perlu memilih material yang cocok untuk mendesain eksterior rumah Pins. Saat memilih, Pins perlu mempertimbangkan segi fungsional material yang Pins pilih sehingga bisa memperkuat keindahan rumah Pins.

Material yang digunakan tentu akan mempengaruhi tampilan eksterior rumah. Hal ini karena setiap material memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri, baik tekstur maupun warna. Jadi, Pins perlu mempertimbangkan dengan baik tipe material yang akan kamu gunakan.

Untuk itu, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu tips memilih material bangunan agar tidak salah pilih nantinya. Jangan sampai menyesal dengan tampilan eksterior rumah akibat memilih material yang salah, tentu akan memakan biaya besar bila Pins melakukan renovasi ulang.

Baca Juga : Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar Rumah

5. Gambarlah Desain Pins Ke Dalam Kertas Grafis

Tips Membuat Eksterior Rumah
Source : Pinterest

Kertas grafis terdiri dari kotak-kotak sehingga mempermudah Pins menggambar desain rumah Pins. Dengan kotak-kotak ini, Pins bisa dengan mudah membuat skala gambar sehingga Pins bisa membuat gambar dengan tepat.

Gambarlah setiap sudut dari exterior rumah rumah Pins. Lalu, sertakan setiap detail eksterior. Yakinkan bahwa eksterior rumah Pins benar-benar memiliki daya tarik buat semua orang. Dengan begitu, tidak hanya Pins yang bisa menikmati rumah Pins, tetapi juga orang yang melihatnya.

Bagi sebagian orang, memindahkan desain ke kertas grafis bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa desain rumah online atau meminta bantuan desainer yang profesional.

Kesimpulan Tips Membuat Eksterior Rumah

Eksterior rumah memang menjadi unsur penting dalam menciptakan desain dan konsep sebuah hunian. Setiap orang tentu memiliki konsep eksterior rumah yang disukai. Untuk itu, Pins perlu melakukan riset dan pengamatan serta mengumpulkan referensi terlebih dahuluu.

Supaya lebih kreatif, Pins bisa memadukan beberapa desain eksterior yang Pins amati sehingga Pins bisa menciptakan sesuatu yang unik. Dengan mendesain eksterior rumah yang unik, Pins bisa menjadikan rumah Pins begitu mengesankan.

Nah, apa saja hal yang perlu Pins lakukan untuk mendesain eksterior rumah Pins? 5 tips membuat eksterior rumah di atas tentu bisa membantu kamu menentukan pilihan lebih tepat. Semoga artikel ini membantu ya!

Baca Juga :

Editor: Daisy

Featued image source: Interior Design Ideas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi rumah dijual di Cilegon dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download