Pinhome

Cara Membuat Green House Sederhana dengan Desain Menarik

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 6 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Green House atau rumah kaca adalah sebuah bangunan yang dikhususkan untuk berkebun atau bercocok tanam. Media bercocok tanam lewat rumah kaca ini sudah banyak diakui dapat membuat tanaman tumbuh lebih maksimal. Green house juga bisa membuat tanaman terus tumbuh hingga berbuah sepanjang tahun. Tidak hanya kalangan profesional, kamu juga bisa lo, Pins membuat green house sederhana di rumah.

Pinhome – Mulai dari pembibitan, perawatan, budidaya, hingga pemanenan bisa dilakukan lebih optimal jika tanaman ditanam lewat metode green house. Di dalam rumah kaca, tanaman juga bisa tumbuh dan berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Green house menjaga tanaman dari berbagai macam faktor dari lingkungan luar, seperti paparan sinar matahari, suhu dan kelembapan udara, angin, hama tanaman, serta polusi.

Untuk kamu yang hobi bercocok tanam, pastinya sudah tidak asing dengan metode green house ini. Membuat green house sederhana di rumah juga tidaklah susah, asalkan paham prosesnya. Lantas, bagaimana proses cara membuat green house sederhana tersebut? Berikut ulasannya.

Tipe-Tipe Green House Sederhana

Ada 3 tipe rumah kaca yang sering kita temui. Ketiga tipe tersebut adalah :

Tipe Tunnel

(Booststrap Farmer)

Bentuknya seperti kubah karena melengkung. Dinding dan atapnya disatukan sehingga membentuk setengah lingkaran. Dari luar, bangunan green house tipe tunnel memang terlihat unik karena mirip dengan terowongan juga. Tipe ini sering digunakan di kawasan beriklim subtropis.

Tipe Piggy Back

(Furnizing)

Untuk desain green house sederhana tipe satu ini dibutuhkan lahan yang cukup luas. Bentuk bangunannya seperti rumah pada umumnya dengan ventilasi yang transparan di bagian dinding dan atapnya. Ventilasi utama terletak di bagian atap yang terbuka sedikit sebagai tempat utama sirkulasi udara. Ventilasi dibutuhkan untuk sirkulasi udara dan menjaga kelembapan suhu di dalam rumah kaca. Green house piggy backk cocok diterapkan di daerah beriklim tropis.

Tipe Hoophouse

(The Spokesman)

Bila tidak memiliki cukup lahan, kamu bisa menggunakan tipe hoophouse ya, Pins. Green house sederhana ini bisa digunakan untuk budidaya tanaman pada skala kecil. Tidak perlu kaca betulan, membangun hoophouse bisa menggunakan plastik penutup yang tebal. Rumah kaca tipe ini bisa digunakan pada iklim tropis dan subtropis.

Tipe A-Frame

(Northern Green House)

Desain green house sederhana selanjutnya memiliki tampilan yang menarik karena menyerupai huruf A. Tipe ini bila dibangun nantinya akan memiliki banyak ruang untuk menanam tumbuhan di dalamnya. Sayangnya, biaya pembuatannya juga tidak murah dan lahan yang diperlukan juga cukup luas.

Mulai Membuat Green House Sederhana

(Pinterest)

Sebelum membangun rumah kaca yang diinginkan, tentunya perlu persiapan terlebih dahulu. Hal-hal yang harus disiapkan sebelumnya, seperti alat-alat dan bahan. Bahan konstruksi green house bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan.

Bahan material yang digunakan bisa bebas, tergantung pilihan kamu, Pins. Bahan material yang umum digunakan, seperti besi, kayu, dan pipa. Material tersebut yang nantinya akan membuat kerangka rumah kaca. Bila peralatan dan bahan telah siap, maka selanjutnya adalah mulai pekerjaan pembangunan rumah kaca.

Menentukan Ukuran Lahan dan Desainnya

(Property Rooted)

Sama halnya seperti membangun bangunan lain, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan ukuran lahannya. Setelah itu baru tentukan akan memakai desain yang seperti apa. Lahan yang digunakan harus disiapkan secara sempurna.

Perhitungan luas lahan dan desain yang digunakan sangat penting dalam membuat green house sederhana. Hal ini dilakukan demi efektivitas dan fungsi dari rumah kaca tersebut agar penggunaannya dapat maksimal.

Membangun Struktur Kerangka Rumah Kaca

(Decoratex)

Bila lahan dan desain telah ditentukan, kini kamu bisa mulai membangun struktur kerangkanya. Green house dapat dibangun menggunakan material yang ringan, tetapi kuat. Kerangka rumah kaca bisa dibuat dari berbagai macam material, mulai dari yang simpel, seperti pipa PVC.

Jika menginginkan struktur kerangka yang lebih kuat dan tahan lama, maka kamu bisa menggunakan material besi atau kayu. Kedua material tersebut akan membuat bangunan green house lebih kokoh dan tahan terhadap cuaca apapun.

Penutupan Kerangka Bangunan

(Bob Vila)

Setelah kerangka berdiri, atap green house sederhana sudah bisa ditutup dengan material penutup yang juga berkualitas. Pilihan penutup atap  ini bisa menggunakan plastik ultraviolet yang pastinya ukurannya telah disesuaikan.

Material plastik ultraviolet yang sering digunakan adalah plastik polikarbonat. Plastik jenis ini dikenal kuat dan tahan lama karena tidak gampang robek. Untuk bagian dinding, kamu bisa menutupnya dengan paranet. Agar tidak mudah terlepas, gunakan paku, lem, atau baut untuk merekatkannya supaya lebih kuat dan tidak gampang tertiup angin.

Penyelarasan Akhir

(Techcrop Agro)

Setelah green house sederhana berdiri kokoh, kini saatnya untuk penyelarasan akhir atau finishing. Proses ini meliputi bagian dalam dan luar rumah kaca. Di bagian luarnya, kamu dapat membuat beberapa bagian yang dapat memudahkan proses penyiraman tanaman.

Pada bagian dalamnya, bisa dibuatkan rak untuk tempat tanaman. Dapat pula dibuatkan sekat untuk menjadi dinding pembatas antar rak. Buat juga beberapa ventilasi pada bagian dinding agar memudahkan proses sirkulasi udara. Jangan lupa juga untuk membuat penerangan tambahan di dalam rumah kaca agar tanaman dapat tumbuh lebih subur dan kuat.

Itu dia, Pins cara membuat green house sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan adanya rumah kaca, kini kamu dapat mulai bercocok tanam sepanjang tahun tanpa perlu khawatir lagi. Selamat mencoba ya, Pins!

_____

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel