Pinhome

Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Lagi – lagi Pins dibuat kebingungan dengan ukuran rumah dan lahan yang sempit? Pins pusing mengatur ruangan – ruangan yang ada di kamarnya? Termasuk saat mendesain kamar mandi yang cocok untuk rumah mungil Pins?

Rumah yang sehat, indah, menarik, dan nyaman tidak mengharuskan ukuran ruangan yang ada di dalamnya selalu luas. Ukuran mungil pun tak jadi masalah jika Pins pandai mengatur dan menyiasatinya. Termasuk dalam mendesain kamar mandi mungil yang pas dengan ukuran tersebut.

Mendesain kamar mandi mungil memang memerlukan ketelitian, penanganan serta perawatan khusus. Mulai dari masalah sanitasi, peralatan yang digunakan serta pemilihan bahan. Semua harus dipertimbangkan secermat mungkin.

Basah atau Kering?

Mendesain kamar mandi mungil
(Pixabay)

Pertama yang harus Pins pikirkan adalah jenis kamar mandi yang hendak Pins buat, kamar mandi kering ataukah kamar mandi basah. Bila Pins  menginginkan jenis kamar mandi kering maka area basah harus terpisah.

Area kering bisa Pins gunakan untuk tempat wastafel dan closet sedangkan area basah digunakan untuk shower maupun bathtub. Agar tidak menyita banyak tempat, Pins bisa menggunakan partisi berupa kaca untuk memisahkan kedua area tersebut.

Penggunaan bak mandi sebisa mungkin dihindari karena berpotensi sebagai tempat bertelurnya nyamuk. Namun jika Pins menggunakan bak mandi, sebaiknya Pins menggunakan bak mandi berukuran mini sehingga mudah dikuras dan dibersihkan.

Sesuaikan bentuk dan ukuran sanitary sesuai dengan ukuran kamar mandi Pins. Bentuk dan ukuran sanitary yang tidak tepat akan semakin mempersempit kamar mandi Pins. Akibatnya, Pins akan tidak nyaman saat menggunakan kamar mandi.

Baca Juga : Inspirasi Konsep Kamar Mandi Modern

Material yang Digunakan

Mendesain kamar mandi mungil
(Pixabay)

Perhatikan pula pemilihan bahan material yang digunakan. Untuk mempermudah, Pins bisa memilih satu set keramik yang memiliki tema tertentu. Biasanya sudah mencakup keramik lantai, dinding bawah, dinding atas serta list. Namun bila Pins ingin berkreasi, tak ada salahnya mengkreasikan sendiri perpaduan warna sesuai dengan selera Pins.

Untuk meminimalisir anggaran, Pins bisa memilih material dari granit tile yang menyerupai granit asli. Granit tile lebih tebal bila dibandingkan dengan keramik. Keuntungan menggunakan granit tile adalah natnya yang halus sehingga hampir tak terlihat. Oleh karena itu ruangan kamar mandi bisa terasa lebih lapang dan bersih.

Untuk pemilihan warna, Pins bisa mengkombinasikan warna gelap dan warna cerah. Yang penting pastikan pasokan cahaya terpenuhi dengan cukup di seluruh ruangan. Tambahkan lampu halogen di sudut kamar mandi. Penggunaan cermin besar juga bisa membantu memberikan kesan luas pada kamar mandi mungil Pins.

Agar kamar mandi Pins sehat, gunakan exhaust fan sehingga bisa membuang udara kotor di dalam kamar mandi keluar ruangan melalui plafon. Oleh karena itu, Pins dianjurkan mendesain kamar mandi mungil yang bersebelahan langsung dengan bagian luar ruangan sehingga udara dari luar bisa bebas keluar masuk dan kamar mandi Pins tidak terlalu lembab.

Perlengkapan sanitary seperti kran, shower, maupun floor drain sebaiknya Pins gunakan bahan stainless steel. Bahan tersebut selain awet juga mudah dalam perawatannya. Bahkan tampilannya terkesan menarik dan elegan.

Baca Juga : Model Kamar Mandi Minimalis

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel