Desain Kamar Mandi Apartemen Kecil

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Jika Pins tinggal di apartemen, tentu kebanyakan unit menyediakan kamar mandi dengan ukuran yang kecil. Hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan yang cukup pelik, karena kamar mandi yang kecil tentu akan memberikan kesan yang sumpek dan tidak nyaman. Tidak jarang juga, kamar mandi apartemen tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga akan terasa lembab dan bau.

Hal itu tidak perlu terjadi padamu, Pins! Berikut adalah beberapa rekomendasi desain kamar mandi apartemen kecil yang pastinya indah dan nyaman. Semoga dapat menjadi referensi kamu, ya!

Baca Juga:  Desain Kamar Mandi Kecil Untuk Hunian Mungil

Desain Kamar Mandi Putih

(Shutterstock)

Desain kamar mandi putih cocok kamu gunakan untuk kamar mandi yang sempit. Warna putih dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan akan membuat kamar mandi tampak lebih bersih.

Kamu dapat menggunakan shower atau kamar mandi kecil model cubicle untuk menghemat tempat. Selain itu, kamu juga dapat memberikan dekorasi berupa kaca, wastafel, dan laci sebagai tempat penyimpanan. Hal ini akan membuat kamar mandi menjadi lebih padat, namun tidak sumpek.

Desain Kamar Mandi dengan Dekorasi Kayu

(Shutterstock)

Desain kamar mandi putih memang cocok untuk ruangan yang sempit, namun, lama-lama akan menjadi membosankan. Kamu dapat mengakali hal ini dengan menggunakan dekorasi dan aksen dari kayu seperti ambalan, kusen, penutup toilet, bahkan tempat penampungan baju kotor.

Dekorasi kayu akan memberikan nuansa modern yang natural dan menjadikan kamar mandi lebih asri dan tentunya indah.

Desain Kamar Mandi dengan Keramik Dekoratif

(Shutterstock)

Jika kamu tidak terlalu suka dengan warna putih, Pins dapat mencoba desain kamar mandi dengan menggunakan keramik dekoratif. Kamu dapat menggunakan tegel warna monokrom dengan motif yang beragam dan disusun menyerupai kolase pada dinding toilet.

Warna yang kalem seperti coklat juga akan memberikan nuansa teduh pada ruangan sehingga kamar mandi akan semakin nyaman bagi para penggunanya. Kamu juga dapat mengkombinasikan dengan furnitur warna putih atau senada lainnya.

Desain Kamar Mandi dengan Aksen Hitam

(Shutterstock)

Pecinta konsep industrial pasti akan menyukai model kamar mandi satu ini. Meskipun berukuran kecil, tidak menjadi halangan bagi kamu untuk mendekorasi kamar mandi dengan nuansa hitam putih. Warna kontras antara hitam dan putih justru dapat berperan sebagai pembatas bayangan antar ruang dan membuat salah satu bagian kamar mandi jadi unik.

Kamu juga dapat menggabungkan dekorasi yang modern seperti shower, kaca, dan kloset yang memiliki bentuk unik, namun minimalis dan keren. Penasaran mencoba desain ini, Pins?

Baca Juga: Interior Kamar Mandi Modern

Desain Kamar Mandi Minimalis

(Shutterstock)

Desain kamar mandi minimalis sering dipakai karena memberikan nuansa yang sederhana, namun fungsional. Terdapat beberapa dekorasi seperti ambalan kayu atau dinding bermaterial yang tidak mendominasi sehingga memberikan kesan yang unik pada ruangan.

Pilihan tema ini cocok untuk kamar mandi karena kamu dapat menggabungkan dengan dekorasi dan material apa saja. Perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan dekorasi, ya! Hal ini dapat membuat kamar mandi kamu menjadi sempit dan sumpek. Kalau perlu, tambahkan laci penyimpanan dengan warna senada sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Desain Kamar Mandi dengan Sekat

(Shutterstock)

Ukuran kamar mandi kamu sedikit lebih besar, namun bingung ingin didekorasi seperti apa? Mungkin desain yang satu ini cocok untuk kamu. Kamar mandi dengan sekat dapat memisahkan antara area kering, biasanya tempat cuci tangan dan lemari kabinet penyimpanan, dengan area basah seperti bathtub, kloset, atau area shower.


Sekat ini juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan dan memberikan privasi karena visibilitas yang tidak langsung. Selain itu, kamu juga tidak perlu cemas dengan cipratan air yang akan membasahi seluruh area kamar mandi oleh karena perbedaan zonasi ruang.

Area dinding dapat kamu berikan gantungan sebagai tempat kamu menggantung baju dan handuk, dengan demikian pakaian tidak akan kebasahan, deh!

Desain Kamar Mandi Abu-abu

(Shutterstock)

Jenis desain kamar mandi selanjutnya adalah dominasi warna abu-abu. Desain ini akan memberikan nuansa kamar mandi yang kalem, modern, dan tentunya akan membuat penghuninya nyaman. Biasanya, kamar mandi model ini akan menggunakan keramik anti air yang halus ketika dipegang dan memberikan kesan seperti tekstur semen ekspos.

Dekorasi dapat bervariatif sesuai dengan keinginan dan preferensi. Kamu dapat juga menambahkan wastafel dengan lemari penyimpanan, serta kabinet dengan pintu kaca agar pada saat ditutup, kamu dapat becermin, deh!

Tempat mandi juga dapat menggunakan cubicle dan shower agar lebih hemat tempat.

Desain Kamar Mandi dengan Dinding Biru

(Shutterstock)

Alternatif untuk konsep desain kamar mandi kecil adalah dengan menggunakan permainan warna. Kamar mandi dengan dinding biru ini sebenarnya merupakan keramik yang disusun menyerupai bata. Biru juga memberikan kesan segar dan tenang sehingga kamu dijamin akan merasa nyaman dalam kamar mandi.

Kamu juga dapat menggabungkan desain dengan dinding marmer untuk memberikan aksen yang elegan dan bersih. Dekorasi yang digunakan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi, seperti wastafel, lemari penyimpanan, dan kaca.

Pins juga dapat mengkolaborasikan perabotan dengan tema industrial yang cocok dengan ruangan warna putih sehingga akan tampak lebih modern dan unik.

Nah, itulah dia beberapa referensi desain untuk kamar mandi apartemen yang kecil. Semoga dapat menjadi acuan ketika kamu ingin merombak atau membuat kamar mandi, ya! Kira-kira, ada yang cocok dengan selera kamu, Pins?

Baca Juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia