BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Desain Partisi Outdoor yang Mempercantik Rumah
0
0

10 Contoh Desain Partisi Outdoor yang Mempercantik Rumah

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 28, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ketika Kamu sedang mempertimbangkan cara membuat privasi di halaman rumah Kamu, desain partisi outdoor bisa menjadi cara yang tepat untuk Kamu terapkan. Beberapa pilihan partisi outdoor tersebut seperti pergola, awning, dinding yang beridir bebas atau free-standing walls, dan beberapa tanaman. Hal ini tentunya dapat melindungi pandangan sekaligus mengurangi kebisingan yang di sekitar.

Pada artikel ini, Pinhome telah merangkum beberapa contoh desain partisi outdoor yang dapat mempercantik rumah Kamu. Berikut beberapa ide desain partisi outdoor yang Pinhome berikan untuk Kamu.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Contoh Desain Partisi Outdoor yang Mempercantik Rumah

Berikut ini beberapa desain partisi outdoor yang dapat mempercantik tampilan hunian Kamu.

1. Logam Laser-cut

Source : Moodie

Desain partisi outdoor yang satu ini lebih sering digunakan dalam desain taman, dinding partisi outdoor artistik yang terbuat dari logam laser-cut yang bisa digunakan untuk memisahkan ruang kebun, dan menciptakan privasi pada bak mandi air panas, atau menyembunyikan tempat sampah di area outdoor.

Kamu juga dapat menambahkan lampu pada dinding yang akan memberikan efek dramatis ketika malam hari dari bayang-bayang dipancarkan oleh pola artistik dari dinding logam tersebut.

2. Pagar Dari Tanaman

Source : Impact Plants

Ketika memilih menggunakan tanaman untuk material partisi outdoor, Kamu perlu mempertimbangkan apakah Kamu menginginkan privasi total dalam bentuk pagar tanaman solid atau lebih sedikit privasi dengan menggunakan pagar tanaman yang lebih sedikit terbuka dan jarang jaraknya.

Untuk menciptakan privasi dan peredam suara yang optimal, Kamu dapat memilih jenis tanaman evergreen yang rimbun, seperti pakis/paku, beluntas, teh-tehan, atau yang berbunga seperti bunga sepatu, bunga soka, dan sebagainya, dan meletakan setengah dari jarak tanam yang disarankan.

Untuk pagar tanaman yang lebih jarang yang memungkin masuknya cahaya, Kamu dapat memilih cemara-cemaraan seperti pinus pakis, pohon cedar, dan sebagainya. Atau tanaman pucuk merah, American holy, Japanese holy, bambu hias, dan sebagainya. Jika ingin tanaman merambat, Kamu dapat memilih English Ivy, tanaman sirih, dan sebagainya.

3. Pagar Pohon

Source : Gardenista

Untuk tampilan pagar tanaman seperti ini, Kamu dapat menata deratan pohon yang masih berumur muda dengan cabang-cabang lentur yang akan membentuk desain partisi outdoor nyaris datar dengan cara membengkokkan dan menjalin ranting-ranting yang ada.

4. Tanaman Pot

Source : BHG

Penempatan deretan pot-pot tanaman juga dapat sangat efektif untuk membatasi pandangan dan menciptakan privasi untuk area patio dalam taman mungil di rumah. Jenis pohon cemara kecil yang sama ukurannya bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Kamu jika Kamu menyukai pembatas yang lebih jarang.

5. Kayu Daur Ulang

Source : Gardenista

Desain partisi outdoor yang terbuat dari kayu daur ulang beraneka warna kayu ini dapat membuat ruang privasi pada area deck kolam ataupun taman di belakang rumah.

6. Kisi-Kisi Kayu

Source : Backyard Scape

Desain partisi outdoor berikutnya dapat dibilang cukup murah dan banyak dijual di pasaran. Kisi-kisi kayu yang saling silang menyilang merupakan partisi outdoor yang sangat baik untuk menciptakan privasi parsial.

7. Partisi Free-standing Wall

Source : Backyard Boss

Pilihan partisi outdoor free-standing walls satu ini terbuat dari paduan panel corten steel dan kayu yang memiliki tujuan untuk menciptakan privasi di halaman luar rumah. Kamu dapat memperhatikan baik-baik bagaimana desain partisi outdoor satu ini yang bermain pola ketinggian dan variasi material untuk membuat efek dramatis.

8. Panel Kayu

Source : Houzz

Untuk menciptakan ruang privasi di rumah Kamu, Kamu dapat memasang material partisi outdoor yang terbuat dari panel kayu dengan konsep free-standing wall. Jika Kamu menggunakan panel kayu sebagai pilihan partisi outdoor, dan bukan pagar tradisional.

Hal terebut dapat memberikan keuntungan tersendiri yaitu bisa menyesuaikan ketinggian dan penempatan setiap bagian sehingga secara selektif bisa membatasi view yang tidak menarik ataupun menciptakan privasi dari bangunan yang berada di dekatnya. Tentunya penggunaan partisi seperti ini akan membuat tampilan hunian Kamu tradisional akan tetapi tetap modern.

9. Panel Semitransparan

Source : Forbes

Jika Kamu mau melindungi bangunan yang berdekatan akan tetapi tetap ingin mendapatkan cahaya yang akan menembus partisi outdoor, kaca buram merupakan salah satu pilihan yang tepat dan bahan yang sangat efektif. Di contoh ini, panel kaca sand-blasted dengan rangka baja satu ini menciptakan privasi semitransparan untuk area makan dan dapur outdoor.

10. Bilah Baja

Source : Overstock

Desain partisi outdoor yang terakhir yaitu dengan menggunakan bilah baja. Kamu dapat menciptakan privasi dan menghalangi pandangan di taman belakang. Penggunaan bilah baja di cat yang dipasang pada tiang akan memberikan kesan yang modern sekaligus mewah. Kamu juga dapat mengecat bilah baja ini menjadi warna coklat sehingga terlihat natural.

Itu dia beberapa contoh desain partisi outdoor yang mempercantik rumah. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download