BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Memaksimalkan Fungsi Ruang pada Rumah Sederhana
0
0

7 Cara Memaksimalkan Fungsi Ruang pada Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat mendengar kata rumah sederhana, kebanyakan orang akan membayangkan rumah mungil ala kadarnya dengan penampilan yang tidak menarik. Memang pada dasarnya, desain rumah sederhana kerap membidik pasar menengah ke bawah, khususnya yang memiliki lahan tanah dan budget yang terbatas. Namun saat ini, ada beberapa cara memaksimalkan fungsi ruang pada rumah sederhana sehingga rumah kamu tetap cantik dan berkelas.

Tak jauh berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah sederhana kamu masih bisa lho menggunakan area hijau serta ruangan-ruangan yang memadai. Namun memang, masing-masing ruangan akan memiliki ukuran yang lebih terbatas. Itu sebabnya, artikel ini bakal memberikan beberapa tips cara memaksimalkan fungsi ruang supaya tetap menarik dan nyaman dihuni.

Tentunya, setelah tahu cara memaksimalkan fungsi ruang akan membuat kamu semakin ingin membuat rumah yang nyaman dan sederhana. Senyaman rumah yang ada di perumahan Villa Jatiluhur, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: Tips Membangun Ruang Kerja di Rumah

Berbagai Cara Memaksimalkan Fungsi Ruang

Memiliki rumah yang sederhana dengan lahan yang terbatas, memang tidaklah mudah. Akan tetapi, hal ini tetap tidak menghalangi Pins untuk memiliki hunian yang cantik dan sesuai impian, kok. Dengan mengandalkan kreativitas, maka Pins pasti bisa untuk menyiasati segala keterbatasan yang ada, baik untuk urusan dana maupun lahan.

Kamu bisa memanfaatkan konsep ruang open space di beberapa ruang atau minim dinding pembatas, tembok atau pintu sehingga desain rumah sederhana akan membuat ruang terasa lebih lapang. Setelah itu, Pins bisa memaksimalkan fungsi ruang yang akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk penjelasan lengkapnya mengenai cara memaksimalkan fungsi ruang, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Konsep Ruang Open Space

Source : Unsplash

Pins ingin memiliki beberapa ruangan meskipun lahan rumah Pins terbatas? Solusinya, Pins bisa menggunakan konsep open space atau open plan. Melalui konsep ini, Pins bisa memiliki beberapa ruang di area yang sama.

Yang terpenting, Pins harus mengurangi penggunaan sekat-sekat alias biarkan saja ruangan tersebut terbuka begitu saja. Pins bisa menyatukan ruang tamu dengan foyer untuk solusinya. Atau misalnya menggabungkan ruang keluarga dengan dapur, atau ruang makan.

2. Pilih Furniture Ukuran Kecil dan Multifungsi

Source : Pinterest

Cara memaksimalkan fungsi ruang juga bisa dilakukan dengan pemilihan ukuran furniture yang lebih kecil, berbahan ringan dan terkesan tipis. Misalnya untuk meja makan, Pins bisa mengggunakan meja makan kecil yang menempel pada tembok dengan 4 kursi.

Solusi lainnya adalah dengan menggunakan loose furniture pada setiap ruang. Atau bisa juga menggunakan konsep space-saving furniture alias perabot yang multifungsi.

Misalnya saja menggunakan sofa bed yang bisa dialihkan sebagai tempat duduk, lemari dapur 2 in 1 yang bisa dijadikan sebagai tempat alat-alat daput. Atau membuat laci-laci di bawah ranjang, nakas yang dapat menyimpan barang dan kolong tangga sebagai penyimpanan barang sehingga tidak perlu membuat gudang.

3. Memakai Cat Berwarna Muda

Source : Unsplash

Untuk pemilihan cat dinding, pilihlah warna ruangan yang muda sehingga terasa terang dan berkesan luas dan jangan biarkan dinding kosong terlalu besar. Jika masih ada bagian dinding yang kosong, Pins dapat mengisinya dengan lukisan atau hiasan.

Tapi jangan pula dibuat terlalu penuh supaya konsep desain rumah sederhana tetap terlihat. Secukupnya saja sehingga bangunan tidak terkesan kosong dan dingin.

Yang terpenting adalah utamakan kesatuan tema dan warna agar membuat rumah terkesan teratur dan lapang. Misalnya pemilihan warna pada lantai lebih gelap, lalu warna dinding dan perabotan adalah sedang, kemudian jenis atap plafon berwarna terang. Dengan begitu model rumah sederhana yang cenderung sempit bisa terasa lega sekaligus memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

4. Memasang Banyak Cermin atau Material Kaca

Source : Arafuru

Saat ini, telah banyak hunian yang menggunakan material kaca khususnya pada rumah yang sederhana atau mungil. Alasannya adalah karena bahan kaca dapat menciptakan ilusi sehingga membuat suasana ruangan tampak lebih luas. Maka dari itu, Pins bisa menggunakan kaca di beberapa ruangan yang sekiranya lebih sempit.

Misalnya menggunakan cermin di daerah meja makan atau ruang keluarga. Cermin dengan ukuran besar di tempat yang tepat akan menghasilkan efek ruang yang kuat.

Baca juga:

5. Memanfaatkan Dead-End Space

Source : Pinterest

Cara terakhir untuk memaksimalkan fungsi ruang yang sederhana ialah dengan menggunakan konsep dead-end space. Apa itu dead-end space? Dead-end space merupakan area di dalam rumah yang biasanya tak punya fungsi secara spesifik. Hingga kemudian, area ini bakal dibiarkan begitu saja.

Nah, jika Pins memiliki dead-end space di beberapa ruang, Pins bisa memanfaatkannya untuk ruangan tambahan. Misalnya jika ada area kosong di bawah tangga, Pins bisa menjadikannya sebagai area bekerja atau belajar. Lalu jika Pins punya loteng, area tersebut bisa dijadikan sebagai tempat bersantai atau tempat membaca.

6. Menggunakan Gorden yang Tinggi

Source : Freepik

Jika Pins ingin memiliki kesan ruangan yang besar atau luas, solusi lainnya adalah dengan mengatur penempatan gorden jendela supaya sedekat mungkin dengan langit ruangan. Ilusi ini atau disebut dengan visual height ini bisa kamu terapkan untuk seluruh ruangan sehingga rumah sederhana Pins bisa terlihat lapang.

Baca juga: 

7. Pilih Perabot yang Vertikal

Source : Unsplash

Terakhir, cara memaksimalkan fungsi ruang pada rumah sederhana ialah dengan menata segala perabotnya secara vertikal. khususnya pada perabot untuk tempat penyimpanan.

Kamu bisa memilih rak buku atau lemari pakaian yang ramping dan tinggi. Dengan begitu, Pins dapat mendapatkan tempat penyimpanan untuk banyak barang karena ruangan yang sudah terbatas.

Nah Pins, itu dia beberapa tips cara memaksimalkan fungsi ruang pada rumah sederhana. Intinya, sesederhana apa pun rumah kamu, pasti akan tetap menarik selagi penataan ruangannya tepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi rumah dijual di Palembang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.  

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download