15 Desain Kamar Mandi Kecil Mewah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 9 September 2022 ∙ 6 menit membaca

Lokasi maupun ukuran kamar mandi terkadang terkendala luas yang mini alias kecil. Namun kamar mandi kecil mewah tetap bisa didapatkan dengan beberapa trik dalam penempatan perlengkapan, layout sampai desain yang dipasang di beberapa area.

Untuk mensiasati terbatasnya lahan pada area kamar mandi, Kamu bisa menerapkan beberapa desain kamar mandi mewah kecil. Seperti permainan warna yang membuat tetap segar dan terkesan lebih luas. Tapi tidak melulu harus terlihat luas, lho. Trik-trik simpel juga bisa dilakukan agar kamar mandi kecil tetap mewah dan sedap dipandang, tetapi tetap mengutamakan sisi fungsionalnya.

Seperti apa rekomendasi desain kamar mandi kecil mewah yang bisa kamu tiru? Intip langsung yuk ke-15 desainnya!

Beri Level untuk Bagian Shower

(Pinterest)

Levelling atau bagian yang sedikit lebih tinggi dibanding area lain bisa kamu terapkan di area basah seperti shower. Dengan begitu, otomatis sebaiknya menambahkan partisi agar terlihat lebih berbeda antara area kering dan area basah.

Beri Level untuk Bagian Kloset

(IDN Times)

Lantai yang lebih tinggi dibandingkan area lain atau juga bisa diterapkan hanya di bagian kloset. Walaupun bisa dipasang di jenis toilet duduk, tapi biasanya levelling bagian kloset diterapkan lebih banyak pada jenis kloset jongkok.

Hal tersebut karena kloset duduk sendiri sudah lebih tinggi. Kecuali kamu membuat bagian levelling kloset duduknya lebih lebar sehingga tidak sulit meletakkan kaki seusai menggunakan kloset yang rawan terpeleset.

Baca Juga: 10 Ide Kombinasi Dinding Kamar Mandi yang Ngeblend

Kamar Mandi Di Bawah Tangga

(Bella Bathrooms)

Kamar mandi di bawah tangga sering dibuat untuk meminimalisir ruangan dan efisiensi luasnya sebuah rumah. Tipe kamar mandi seperti ini biasanya dibuat memanjang, bukan kotak atau persegi seperti kamar mandi pada umumnya.

Biasanya kamar mandi ini hanya memiliki kloset dan wastafel. Jika ingin tetap bisa mandi, bisa diakali ruangannya yang kecil ini dengan shower, bukan bak atau ember agar tidak terlalu makan tempat. Namun tetap perhatikan jarak kepala dengan atap kamar mandinya yang umumnya akan miring karena di bawah tangga ya, Pins.

Gorden Sebagai Partisi

(Shopee)

Agar tidak terkesan monoton, kamar mandi kecil bisa terlihat lebih mewah dengan pemakaian gorden gantung di antara satu area dengan area lain sebagai partisi atau pemisahnya.

Pilih gorden plastik atau bahan lain yang tidak terlalu berat namun tahan air dan mudah dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman karena gampang lembab. Biasanya, gorden dijadikan partisi untuk area basah seperti shower atau bak dengan area kering seperti kloset dan wastafel.

Permainan Warna yang Segar

(Pinterest)

Permainan warna juga bisa diterapkan di kamar mandi yang kecil agar tetap terlihat mewah. Tidak melulu harus putih agar terkesan lebih luas, tapi Kamu bisa mencoba eksplor warna-warna segar tapi tetap lembut seperti biru laut atau hijau untuk menambah kesan elegan tapi tetap tidak berlebihan.

Frame Menggunakan Kaca

(Pinterest)

Kaca juga bisa digunakan sebagai partisi seperti di kamar-kamar hotel untuk mengedepankan kesan mewah. Sama seperti gorden, kaca berfungsi sebagai partisi antara area kering dan area basah. 

Kamu juga bisa memasang handle horizontal di kaca bagian depan untuk menggantung handuk. Selain lebih mudah dijangkau dibanding harus mengambilnya di gantungan balik pintu, handuk juga akan tetap kering dibandingkan Kamu membawanya untuk mandi ke dalam area kaca yang basah.

Baca Juga: 17 Inspirasi Desain Kamar Mandi Natural

Kamar Mandi Berlantai Parket

(The Spruce)

Lantai parket akan menjadi pilihan terbaik untuk memberikan kesan mewah nan alami. Pilih material parket kayu yang mudah dibersihkan dan tahan air agar lebih awet dan menambah keunggulannya yang minim rasa licin.

Partisi Dinding untuk Area Basah

(Himalaya Abadi)

Mirip seperti kaca, alternatif lain untuk memisahkan area kering dan area basah kamar mandi adalah menggunakan dinding. Agar terlihat sedikit berbeda dari desain, dinding ini bisa dipadukan pula dengan kaca setengah atas dan setengah bawah.

Kamar Mandi dengan Bak

kamar mandi kecil mewah
(Pinterest)

Kamar mandi kecil tetap bisa memiliki bak mandi dengan mengakali bentuk dan ukurannya. Coba padukan bak mandi berbentuk mangkok dari batu dengan nuansa kamar mandi kayu atau lantai batu alam.

Baca Juga: 9 Jenis Nama Bak Mandi atau Bathtub 

Kamar Mandi dengan Tanaman Gantung

kamar mandi kecil mewah
(Grohe Bau Range)

Kamar mandi kecil juga akan terlihat cantik dengan memberikan tanaman gantung yang segar dan hijau. Bisa menaruh tanaman gantung yang memang dipasang di besi kotak-kotak di dinding atau tanaman di pot di atas rak atau lemari yang jenisnya menjuntai ke bawah.

Kamar Mandi Berlantai Batu Alam

kamar mandi kecil mewah
(Pinterest)

Seperti yang sempat disebutkan di poin sebelumnya, lantai batu alam atau bebatuan koral halus berwarna putih sangat cocok diterapkan di kamar mandi kecil agar tetap cantik. Biasanya batu alam ditebar di batas area basah atau lantai bagian kamar mandi yang basah seperti shower.

Kamar Mandi Ala Hotel

kamar mandi kecil mewah
(Colin Poole/GAP Photos)

Kamar mandi kecil di rumah tetap bisa bergaya mewah minimalis seperti kamar mandi hotel. Selain membuat partisi kaca antara area basah dan area kering seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa juga memilih lantai granit berwarna atau bercorak abu-abu abstrak untuk menambah kesan mewah ala hotel.

Baca Juga: 7 Desain Kamar Mandi dan Tempat Cuci Baju

Kamar Mandi Desain Maskulin

kamar mandi kecil mewah
(Architectural Design)

Mengapa tidak mencoba nuansa kamar mandi yang berdesain maskulin? Selain terkesan berbeda, rasa gagah dan menyenangkan tetap terpancar dengan pemilihan warna abu-abu tua yang dipadukan dengan lantai atau dinding hexagonal.

Kamar Mandi Lantai Keramik Motif

kamar mandi kecil mewah
(Amy Bartlam)

Keramik tetap sering menjadi pilihan bagi konsumen yang tidak mau repot tapi tetap ingin tampil berbeda. Daripada memilih lantai keramik satu warna dan seringnya berwarna putih yang monoton, coba pilih lantai keramik yang memiliki beragam motif. Motif yang berbeda untuk setiap ubinnya pun tetap menarik untuk dipasang di lantai kamar mandi kecil.

Kamar Mandi Aksen Kayu

kamar mandi kecil mewah
(Live Home 3D)

Desain kamar mandi mewah kecil aksen kayu tidak melulu selalu parket dan dipasang di lantai maupun di dinding. Kamu bisa memasang aksen kayu yang sedikit berbeda, misalnya tutup kloset yang berbahan kayu atau alas area basah memiliki karpet kayu.

Bagaimana, Pins, sudah siap mendesain ulang kamar mandi kecilmu agar terlihat mewah?

Featured Image Source: Freepik/jannoon028

Baca Juga: Cara Membersihkan Bak Kamar Mandi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia