BlogPemilik PropertiDesain Hunian19 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah
0
0

19 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 19, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
pintu-minimalis-pinhometop-right-banner

Pintu menjadi bagian penting dari sebuah rumah, dan menjadi akses utama untuk masuk dan keluar rumah. Karenanya, memilih model pintu rumah perlu diperhatikan dengan baik. Ada banyak model pintu minimalis baru yang bisa kamu pilih, dan tentunya ini juga bergantung dari jenis pintu, material yang digunakan, serta modelnya.

Pada pembahasan kali ini, Pinhome akan memberikan inspirasi model pintu minimalis elegan untuk tampilan rumah yang lebih cantik. Penasaran apa saja? Nah, berikut ini ada 19 inspirasi model pintu minimalis yang elegan untuk rumahmu.

Model Pintu Minimalis dan Elegan

Model Pintu Minimalis Elegan Gaya Jepang

model pintu minimalis
Source : Rumah.com

Pins, tidak dapat dihindari lagi bahwa Jepang membawa pengaruh besar di kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah gaya interior Jepang. Gaya interior tersebut meliputi jendela, bentuk pintu, bentuk ruang tamu, dan bahkan bentuk kursi. Gaya interior Jepang tersebut tergambarkan dalam film animasi, film dan bahkan reality show Jepang.

Hal ini seakan-akan menjadi ajang atau wadah promosi gaya interior Jepang yang kuat dengan pintu geser atau sliding door. Jika Pins merupakan salah satu penggemar gaya interior Jepang, pintu sliding door minimalis yang elegan ala Jepang bisa menjadi rekomendasi. Keunggulan utama pintu ini adalah tidak memakan tempat dan memberikan kesan luas pada ruangan.

Baca juga: Desain Rumah dengan Menggunakan Wallpaper Putih, Ini Dia Keunggulannya!

Model Pintu Minimalis Bergagang Besar

Source : Pinterest

Bosan dengan gagang pintu yang monoton? Nah Pins bisa berkreasi dengan menggunakan gagang pintu besar seperti pada gambar di atas. Kombinasi antara desain interior pintu yang minimalis, balutan warna yang sederhana dan gagang besi yang panjang akan memunculkan kesan modis pada pintu utama rumahmu.

Memang jika secara fungsi sebenarnya tidak banyak yang berubah, tetapi Pins dapat melihat visual yang menarik dari perpaduan desain interior minimalis dan modern pada pintu tersebut.

Model Pintu Lipat Kaca (Folding Door)

model pintu minimalis
Source : Glass on web

Kalau Pins sering menonton review rumah selebriti Hollywood, banyak yang memanfaatkan pintu kaca dengan ukuran lebar sebagai pelindung rumah. Pintu seperti ini memang hanya terdiri dari bingkai kayu dan kaca transparan yang berukuran besar.

Pintu minimalis ini mempunyai keunggulan seperti memberikan kesan luas karena Pins dapat langsung melihat kondisi luar rumah. Selain itu pintu seperti ini bisa memudahkanmu untuk mengontrol kondisi di taman apabila anak-anak sedang bermain.

Kelemahannya adalah tidak semua rumah dapat menggunakan pintu seperti ini untuk pintu utama. Pintu minimalis seperti ini lebih cocok ketika Pins mempunyai halaman yang luas dan pagar yang tinggi. Dengan begitu tidak semua orang dapat mengintip ke dalam rumah. Pintu seperti ini juga rawan pecah, sehingga Pins harus memilih kaca yang anti peluru atau anti pecah agar pintu awet.

Baca Juga: 5 Model Teralis Jendela Minimalis Agar Rumah Aman Namun Tetap Modis

Model Pintu Minimalis Dua Daun

model pintu minimalis
Source : Unsplash

Pins jenuh dengan pintu satu daun? Nah Pins bisa menggunakan pintu minimalis dua daun sebagai inspirasi nih. Menggabungkan gaya interior minimalis dengan pintu dua daun akan membuat rumah Pins menjadi lebih cantik!

Pintu dua daun mempunyai keunggulan seperti dapat dengan mudah mengatur pintu, apakah ingin dibuka kedua daunnya atau satu saja yang dibuka. Ketika Pins membeli barang dengan ukuran besar seperti sofa, maka pintu dua daun akan memudahkan dalam proses memasukkan sofa ke dalam rumah.

Model Pintu Corak Kayu Industrialis

Apabila Pins suka dengan gaya interior rumah yang industrialis, maka memilih pintu dengan corak kayu seperti di atas sangat cocok sekali! Corak kayu akan memperkuat kesan industrialis dan alami. Pins tinggal menentukan bentuk corak atau pola kayu, lalu memilih warna dari pintu yang sesuai keinginan Pins.

Pins bisa memilih warna cokelat muda, cokelat tua atau perpaduan cokelat dengan putih. Kelemahan dari pintu ini sebenarnya ada pada pola tersebut. Semakin berumur, maka ada kemungkinan pola kayu pada pintu semakin terkikis. Jadi Pins harus telaten membersihkan dan jangan sampai tergores oleh benda tajam.

Model Pintu Geser atau Sliding Door Gaya Industrialis

model pintu minimalis
Source : Amazon

Berbeda dengan sliding door gaya Jepang, pintu sliding door ini bergaya industrialis. Apabila Pins senang dengan gaya industrialis, maka jenis pintu seperti ini juga cocok lho untuk menghiasi rumah Pins. Jenis pintu ini cukup populer di negara barat.

Bentuknya unik karena memperlihatkan slider di bagian atas tanpa ditutupi oleh apapun. Jenis pintu ini cocok sekali untuk digunakan sebagai pintu kamar atau pintu kamar mandi. Namun sepertinya pintu jenis ini kurang cocok digunakan untuk pintu utama.

Model Model Pintu Minimalis Vertical Pivot Door

Source : I Pinming Door

Apakah Pins bisa menebak, apa yang unik dengan pintu di atas? Yap, pintu ini tidak mempunyai engsel di samping. Pun pintu ini tidak mempunyai slider yang terlihat. Pintu ini bernama Vertical Pivot Door. Terinspirasi dari folding door atau pintu lipat dan sliding door atau pintu geser, lahirlah pintu dengan jenis seperti ini.

Pintu ini juga terinspirasi dari sekat-sekat yang dapat digerakkan pada kantor. Jika Pins pernah melihat movable partition yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain, nah itu juga menginspirasi terlahirnya pintu ini.

Vertical Pivot Door cocok untuk Pins yang kreatif dan ingin mencoba hal baru. Perlu diingat pintu seperti ini didominasi oleh bahan kayu sehingga pilihlah bahan kayu yang kuat dan tidak mudah dimakan rayap.

Model Pintu Kaca Minimalis

Source : Unsplash

Pins pernah melihat pintu seperti ini? Biasanya pintu seperti ini dapat Pins temukan di toko aksesoris atau toko bunga. Pintu seperti ini memang cukup cantik jika dilihat dan dikombinasikan dengan gaya interior minimalis. Namun model pintu minimalis ini kurang tepat jika digunakan sebagai pintu utama rumah. Pintu seperti ini lebih cocok menjadi pintu pemisah antara dapur kotor dengan ruang makan.

Model Pintu dengan Kaca di Bagian Atas

model pintu minimalis
Source : Unsplash

Model pintu minimalis seperti ini mempunyai keunikan tersendiri, karena Pins dapat melihat kondisi di luar rumah hanya dengan mengintip dari dalam. Namun, sepertinya pintu jenis ini juga kurang pas digunakan sebagai inspirasi pintu utama.

Pintu seperti ini lebih cocok digunakan sebagai pintu untuk ruang kerja di rumah. Apabila Pins mempunyai ruang perpustakaan atau mushola di dalam rumah, maka jenis pintu ini cocok sekali untuk melengkapi ruangan tersebut.

Model Pintu dengan Lubang Surat

Source : Unsplash

Pins, dewasa ini kotak surat atau mail box yang diletakkan di halaman rumah sudah sangat jarang sekali ditemukan. Maka dari itu jenis pintu seperti di atas cocok untuk mengganti fungsi kotak surat. Apabila Pins mempunyai hunian di apartemen, maka pintu seperti ini cocok sekali menjadi akses utama apartemen Pins.

Pintu ini mempunyai lubang surat yang memudahkan pengantar surat/paket memasukkan barang ke rumah Pins. Dengan begitu, petugas tidak perlu meletakkan barang atau paket di depan pintu.

Model Pintu Minimalis Kayu Tertutup Rapat

Model Pintu Rumah
Source : Qualified Remodeler

Pintu berbahan kayu seperti di atas tampaknya menjadi primadona masyarakat dunia. Jelas saja, karena hampir di seluruh rumah menggunakan pintu rumah seperti ini. Pintu jenis ini hanya menggunakan bahan kayu tanpa ada campuran ornamen kaca atau bahan lain.

Kayu yang cocok untuk menjadi pintu seperti ini adalah kayu jati. Bahannya yang kuat akan membuat pintu awet dan tahan lama hingga 20 tahun. Pins hanya perlu merogoh biaya untuk keperluan pembelian pintu yang sudah jadi. Apabila Pins ingin mewarnai ulang, siapkan dana untuk membeli cat ya Pins.

Biasanya pintu seperti di atas sudah termasuk kusen. Harga yang berlaku sebenarnya berbeda-beda tiap daerah, namun jika Pins berkunjung ke Jepara maka harga pintu seperti kayu jati dengan ukuran 149 cm X 220 cm dapat bernilai Rp3.000.000 – Rp5.000.000.

Model Pintu Rumah Minimalis dengan Kaca

Source : Kusen Pintu Jati

Pintu dengan tambahan kaca seperti di atas terlihat minimalis dan modern. Pintu jenis ini juga banyak digunakan sebagai pintu utama rumah. Pins bisa mengaplikasikan pintu seperti ini untuk melengkapi interior rumah yang bergaya minimalis dan modern.

Keunggulan pintu dengan kaca yang pertama adalah, Pins bisa memastikan jika ada orang di depan rumah. Pins juga bisa mengintip siapa yang berdiri di depan rumah tanpa harus membuka pintu terlebih dahulu.

Selain itu pintu seperti ini juga dapat menjadi penghias rumah yang cantik. Namun, Pins harus memastikan kayu dan bahan kaca yang digunakan berkualitas tinggi. Hal ini tentu untuk memastikan pintu awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Pintu kayu jati pada umumnya mempunyai harga yang bervariasi, hal ini juga ditentukan dengan kualitas pintu. Namun, harga pintu tersebut ada di kisaran Rp 4.000.000 ke atas.

Baca juga: Tips Mendesain Pintu Rumah Untuk Hunian Impian! 

Model Pintu Rumah Minimalis dengan Dua Daun

Source : Pinterest

Pintu dua daun mempunyai keunggulan sendiri, namun pintu seperti ini memang tidak bisa diaplikasikan ke semua rumah. Pintu dua daun lebih pas jika diaplikasikan di rumah yang luas tipe 54 ke atas.

Bila Pins mempunyai luas rumah yang lebih kecil, disarankan menggunakan pintu satu daun untuk menghemat ruangan.

Pintu dua daun juga akan membutuhkan dana yang lebih besar, karena Pins harus menyiapkan dana 2 kali lipat untuk pintu dua daun. Hal ini karena pintu yang akan Pins pasang bukan hanya satu, melainkan dua daun pintu.

Pintu seperti ini cocok sekali apabila Pins mempunyai keluarga besar yang ramai. Pintu dua daun akan sangat cocok ketika ada acara open house, karena dapat memuat banyak orang.

Baca juga: Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis yang Ideal

Model Pintu Rumah Minimalis Polos

Model Pintu Rumah
Source : Rooma

Kalau Pins adalah tipe orang yang lebih suka sesuatu yang sangat simple dan tidak ingin ribet, nah penggunaan pintu minimalis kayu yang polos seperti ini adalah pilihan tepat.

Pins bisa menggunakan warna asli dari pintu kayu di atas, ataupun mengecat dengan warna favorit Pins. Pintu minimalis seperti ini dapat dibawa pulang dengan harga Rp 800.000 – Rp 1.500.000.

Namun sebelumnya Pins harus melakukan observasi langsung ke tukang pembuat pintu atau secara online di toko online, untuk membandingkan harga.

Baca juga: 7 Rekomendasi Model Pintu Minimalis Modern

Model Pintu Rumah Minimalis Tipe Sliding Door

Model Pintu Rumah
Source : Pinterest

Pintu rumah minimalis modern dengan gaya sliding door atau pintu geser bisa menjadi opsi yang bagus juga nih Pins! Pins bisa mengkombinasikan pintu geser dengan bentuk teralis pada jendela yang senada.

Pintu geser seperti ini akan menghemat ruangan karena daun pintu tidak akan memakan area sudut rumah saat dibuka. Pins harus memastikan dulu kayu yang digunakan untuk pintu berkualitas bagus, plus cek juga bagian slider di atas pintu apakah cukup awet untuk menjadi penggeser pintu rumah Pins.

Bagian slider di atas pintu tersebut harus sering-sering dibersihkan supaya tidak karatan atau tidak berdebu. Hal ini dilakukan untuk mencegah pintu menjadi macet saat dibuka.

Sliding door seperti ini mempunyai variasi harga beraneka ragam. Pins dapat menyiapkan dana mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000 untuk memasang pintu geser.

Baca juga: Melirik Ragam Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Model Desain Pintu Kayu Gaya Kontemporer

model pintu minimalis elegan

Bahan alami yang bertemu dengan minialisme, desain pintu gaya kontemporer yang menampilkan entry way yang impresif. Pintu jenis ini pada dasarnya bisa saja di letakan di berbagai tempat di bagian rumah.

Misalnya pintu jenis ini bisa di pasang di bagian jalan menuju teras rumah minimalis milik kita, atau bahkan juga bisa di jadikan sebagai batas antara dapur minimalis rumah kita dengan ruangan lainya.

Model Pintu Kayu Gaya Tradisional-Modern

pintu minimalis kayu

Pintu yang berlapis kayu Chevron yang di rancang non-horisontal atau bahkan vertikal, terkesan khas tradisional. Tambahan dekorasi bergaya oriental akan memberikan kesan pintu yang elegan dan klasik.

Model Pintu Kayu Gaya Klasik

model pintu minimalis elegan

Model pintu satu ini memiliki konsep neo-klasik dengan perpaduan warna mencolok dan desain yang antik. Pintu ini cocok digunakan untuk kamu yang menyukai konsep rumah vintage. Dijamin akan membuat tampilan rumah semaki cantik.

Model Pintu Metal

Model Pintu Rumah Minimalis
Source : Pinterest

Pintu metal atau yang dikenal juga dengan nama pintu baja, pada awalnya digunakan untuk garasi, karena materialnya yang sangat efisien, badan dasar yang kuat dan tidak mungkin dimakan rayap. Pada perkembangannya, pintu metal ini menjadi pilihan pintu depan rumah minimalis yang anti mainstream lho Pins.

Tapi tenang Pins, bukan berarti pintu ini berbahan dasar baja berarti akan menjadi pintu yang berat ya. Pintu metal ini sangat cocok digunakan untuk pintu depan rumah minimalis karena desainnya yang menonjol.

Nah itu saja Pins 19 inspirasi model pintu minimalis yang elegan untuk rumahmu. Semoga bisa memberikan pencerahan untuk Pins yang sedang membutuhkannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download