Pinhome

Tips Properti

Ingin Bangun Dapur? Lihat Inspirasi Desain Dapur Minimalis Ini!

Ditulis oleh Jay ∙ 19 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Jika dulu dapur hanya menjadi tempat untuk memasak atau menyantap makanan, sekarang dapur berkembang menjadi ruangan yang penting setelah ruang keluarga. Selain untuk memasak, terkadang dapur menjadi tempat berkumpul dengan keluarga. Bagi yang memiliki rumah minimalis, ukuran dapur yang kecil sekarang tidak menjadi masalah. Banyak desain dapur minimalis yang menarik. Yuk simak bagaimana saja inspirasinya, Pins!

Pinhome – Dapur, yang merupakan salah satu ruangan wajib ada di sebuah rumah, akhir-akhir ini semakin berkembang fungsi.  Di saat pandemi seperti ini, dapur menjadi ruang yang sering dikunjungi entah untuk memasak atau hanya sekedar mengobrol dengan keluarga. Para desainer interior mulai memberikan ide untuk dapur mini, yang biasanya ada di apartemen maupun di rumah tinggal dengan mengikuti tren dan gaya hidup yang sedang berkembang sekarang.

Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Pinhome kali ini akan memberikan inspirasi untuk desain dapur kecil yang bisa diterapkan di rumah Pins masing-masing agar terlihat makin cantik . Kunci utama dalam penataan dapur agar terlihat cantik adalah kerapian, setelah itu baru dekorasinya. Yuk simak inspirasi berikut.

Buat pengelompokan dan penataan peralatan makan di rak gantung dengan rapi


Salah satu fungsi dapur adalah tempat menyimpan peralatan makanan. Untuk mengatur kerapian dapur, buatlah rak gantung. Tumpuklah dengan ketinggian yang sama dan kelompokan produk-produk atau alat-alat yang serupa, Pins. Jika ingin memberikan dekorasi, taruhlah beberapa pajangan favoritmu.

Manfaatkan rak terbuka untuk dapur kecil

Salah satu ide untuk dapur kecil agar terlihat lebih lapang adalah dengan memanfaatkan rak terbuka. Karena dengan penggunaan rak tertutup pada dapur kecil akan membuat ruangan terasa semakin sesak dan tertutup. Singkirkan kabinet, dan gunakan rak gantung terbuka agar lebih lega dan lapang. Keuntungan lainnya adalah akan membuat peralatan dapur terjaga agar tidak lembab.

Atur dapur kecil dengan memanfaatkan bentuk huruf U

Manfaat mengatur dapur kecil dengan bentuk huruf U, Pins bisa bergerak secara efektif di bagian tengah dapur untuk memasak dan menyiapkan makanan. Kenapa? Karena Pins tidak perlu berpindah jauh untuk memindahkan wajan ke tempat cuci alat, atau ketika mengambil piring/gelas dari laci. Peralatan lain bisa ditempatkan di bawah/atas tempat memasak.

Lengkapi dapur kecil dengan jendela besar

Dapur kecil akan terkesan luas, jika dengan memberi aksen jendela yang besar. Cara ini, akan membuat cahaya masuk lebih banyak dan orang akan bisa melihat suasana di luar ruangan.

Atur peralatan dapur dengan baik

Kunci dari pengaturan dapur kecil adalah pengorganisasian peralatan dengan baik. Misal atur tempat penyimpanan bumbu makanan dengan terorganisir. Beri label nama pada tempat penyimpanannya. Kemudian kamu bisa manfaatkan dinding untuk menempatkan peralatan masak, Pins.

Baca Juga: Sering Tak Betah Masak Lama? Inspirasi Dapur Minimalis Ini Bisa Membantu

Desain dapur minimalis gabung dengan ruang makan

Dewasa ini, tren menggabung dapur dengan ruang makan sedang digandrungi. Dengan menghilangkan batas tembok antara dapur dan ruang makan, dapur kecil akan terlihat semakin luas. Kamu bisa menyediakan meja makan yang menyatu dengan dapur, Pins.

Memanfaatkan furnitur tersembunyi pada dapur kecil

Mengelola dapur kecil salah satunya adalah memilih furnitur yang wajib ada. Pins dapat memanfaatkan furnitur minimalis yang bisa disembunyikan. Contohnya adalah meja tarik yang memanfaatkan kabinet. Ketika dibutuhkan, meja tersebut bisa disimpan ke dalam kabinet. Dan ketika tidak dibutuhkan, tinggal dimasukan ke dalam kabinet.

Rak piring anti basah untuk dapur kecil

Rak piring biasanya akan dipisah, satu untuk rak piring basah dan satu untuk rak piring kering. Sebenarnya, kamu bisa menggabungkan 2 fungsi tersebut, Pins. Piring atau perabotan yang sudah dicuci dan masih basah bisa langsung Pins di rak tersebut. Kuncinya adalah menaruhnya tepat di atas wastafel, sehingga airnya tidak akan membasahi area dapur yang lain. Desain rak seperti ini juga terlihat lebih ringkas dan efisien lho, Pins!

Nah, bagaimana Pins? Cukup menarik bukan? Semoga Pins sudah mendapatkan inspirasi dalam membuat desain untuk dapur kecil yang tepat.

Baca juga: 8 Inspirasi Dapur Minimalis Buat Kamu Yang Suka Masak

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel