BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah Jepang Unik dan Elegan
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah Jepang Unik dan Elegan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 13, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah Jepang memang cukup diminati oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Hadir dengan ciri khas unik dan kental akan oriental ini, desain hunian di Jepang cukup terkenal di beberapa negara negara Eropa, Amerika, serta di negara-negara Asia lainnya. Bagaimana tidak, desain rumah Asia satu ini dikenal akan kesederhanaannya, harmoni dengan alami, serta estetika yang elegan. Tentu hal ini membuat rumah tradisional Jepang menjadi lebih unik dan bernilai. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Baca juga: 7 Desain Rumah Jepang Modern Tampak Depan

Inspirasi Desain Rumah Jepang yang Unik dan Elegan

Ciri khas yang menonjol pada rumah-rumah di Jepang dapat Pins implementasikan juga di sini sebagai rumah idaman yang nyaman. Berikut ini beberapa desain rumah Jepang yang bisa Pins jadikan sebagai inspirasi:

1. Rumah Jepang dengan Zen Garden

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Pins yang menyukai suasana alam yang kental dapat menjadikan desain yang satu ini sebagai inspirasi. Pins dapat membangun rumah konsep Jepang dengan gaya modern tapi tetap menonjolkan aspek tradisional lewat taman zen yang dibuat.

Baca juga: 15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

2. Desain Rumah Jepang Tradisional

Source : Shutterstock

Rumah tradisional di Jepang umumnya menggunakan bahan kayu, mulai dari untuk lantai jendela dan dinding. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya apabila Pins ingin menggunakan desain ini. Hal ini diperlukan karena kondisi alam dan cuaca Indonesia dengan Jepang sangat berbeda.

3. Rumah Jepang 2 Lantai

desain rumah jepang
Source : Shutterstock

Pins juga dapat membuat konsep rumah dua lantai dengan menonjolkan kekhasan arsitektur Jepang. Dengan jendela yang besar dan tanaman-tanaman hias di sekitar rumah tentunya rumah Pins akan terlihat unik dibandingkan rumah lainnya.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Jendela Jepang yang Simple Tapi Bagus

4. Rumah Jepang Minimalis Modern

Source : Shutterstock

Arsitektur tradisional Jepang rupanya dapat dipadukan dengan desain minimalis modern sehingga rumah bisa tampil lebih elegan. Kombinasi ini menciptakan rumah yang tidak terkesan penuh dengan sirkulasi udara yang baik, namun tidak meninggalkan otentisitas rumah tradisional Jepang. Menarik bukan, Pins?

5. Rumah Jepang Tropis

Source : Shutterstock

Desain rumah Jepang tropis menggabungkan estetika tradisional Jepang dengan elemen tropis untuk menciptakan suasana nyaman dan sejuk. Pins juga bisa menambahkan ruang terbuka, seperti taman dan halaman dalam desain rumah tropis di negara sakura ini.

Sentuhan dekorasi khas Jepang seperti ukiran kayu atau lukisan tradisional juga dapat menambahkan nuansa autentik Jepang. Dengan perpaduan yang indah ini, rumah Jepang tropis menciptakan tempat tinggal harmonis dan nyaman di iklim tropis yang hangat.

Baca juga: Segini Kisaran Harga Rumah di Jepang, Yuk Simak!

6. Rumah Jepang dengan Area Genkan

Source : Houzz.ie

Inspirasi desain rumah Jepang selanjutnya adalah dengan mempertahankan ciri khas rumah Jepang yang dinamakan Genkan. Area Genkan merupakan ciri khas pada rumah Jepang yang dijadikan area untuk menerima para tamu dan tempat mengganti alas kaki sebelum menginjak lantai tatami.

Biasanya area Genkan ini dilengkapi dengan kabinet rak untuk menyimpan sepatu ataupun sendal.

7. Rumah Jepang Berkonsep Kontemporer

Source : ArchDaily

Inspirasi desain rumah Jepang berikut ini mengusung tema kontemporer. Dengan gaya rumah Jepang yang terbuka, rumah ini dibuat terbuka dengan penambahan ruang jendela yang cukup besar untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk.

Pada halamannya diberikan batu-batu yang melingkari rumah dengan tambahan aspal putih untuk mengarahkan jalan ke arah pintu utama. Atapnya sama seperti rumah-rumah di Jepang yang menggunakan atap datar memanjang.

Baca juga: Ga Apato: Inspirasi Interior Ala Jepang untuk Apartemen di Tengah Kota

8. Rumah Jepang dengan Teras yang Lebar

Source : Houzz

Inspirasi desain rumah Jepang kedelapan adalah dengan konstruksi desain teras yang lebar. Teras ini akan berfungsi sebagai penghubung antara setiap ruang dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk tempat bersantai menikmati udara segar.

Pins dapat menambahkan kursi dan meja sebagai penunjang tempat bersantai yang mengarah langsung ke bagian depan rumah.

9. Hunian Jepang Berdesain Beton

Source : Dezeen

Inspirasi desain rumah Jepang selanjutnya adalah hunian Jepang dengan desain full beton. Fasadnya dibuat sangat kotak dengan material full beton. Jika dilihat dari luar, pada bagian atasnya terdapat jendela untuk mengisi pencahayan di dalam rumah.

Bagian samping rumah terdapat carport yang digunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan.

Baca juga: 7 Referensi Model Pagar Rumah Ala Jepang yang Simple

10. Rumah Jepang yang Mungil

Source : Dezeen

Inspirasi desain rumah Jepang yang terakhir dibangun dengan desain mungil. Mungilnya rumah ini dapat terlihat dengan rumah-rumah sampingnya yang besar dan lebar. Fasadnya yang unik dengan atap datar yang menyambung hingga membentuk lekukan di bagian depan dapat digunakan sebagai garasi.

Rumah Jepang satu ini tergolong modern dari desainnya yang estetik. Menggunakan material kayu, memaksimalkan ciri khas rumah Jepang. Penggunaan jendela besar juga digunakan untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk ke dalam.

Ada banyak pilihan aksesoris berbau Jepang yang dapat Pins gunakan untuk mempercantik interior rumah Pins. Tidak masalah apakah Pins menginginkan rumah yang benar-benar bergaya Jepang atau sekedar menciptakan aksen Jepang, pernak-pernik tersebut dapat membuat interior Pins menjadi lebih menarik dan eye-catching. 

Itulah beberapa desain rumah Jepang yang akan bikin betah dan karakteristik rumahnya. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasimu Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download