BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Pintu Rumah untuk Hunian Impian
0
0

10 Tips Desain Pintu Rumah untuk Hunian Impian

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jan 9, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Tips Mendesain Pintu Rumahtop-right-banner

Desain pintu rumah sama halnya dengan desain rumah yang selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman. Terdapat beragam tips desain pintu rumah, sebagai bagian rumah yang memberi kesan pertama sebelum melangkah masuk ke dalamnya. Model desain pintu rumah minimalis saat ini cukup banyak digemari oleh banyak orang. 

Tentunya, setelah tahu bagaimana tips desain pintu rumah akan membuat kamu semakin ingin punya rumah dengan pintu yang bagus. Seperti rumah yang ada di perumahan Britania Green Resort. Di perumahan ini terdapat banyak rumah nyaman dengan pintu yang indah untuk kamu. 

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi, misalnya di Grand Surya Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Pins bisa menggunakan tips mendesain pintu rumah berikut ini sebagai inspirasinya.

Baca juga:

Tips Desain Pintu Rumah

Bingung dengan tips desai pintu rumah bergaya minimalis, berikut ini beberapa hal yang bisa mendukung pengetahuan Pins tentang ha tersebut:

1. Gunakan Model yang Minimalis

tips desain pintu rumah
Source : Pinterest

Model desain pintu rumah minimalis cukup digemari banyak orang saat ini khususnya dengan model segi empat. Biasanya berwarna sejenis dengan penekanan warna cerah, silver minimalis. Model desain pintu rumah minimalis ini biasanya juga dikombinasikan dengan bentuk desain jendela rumah yang senada.

2. Perhatikan Material dari Pintu

tips desain pintu rumah
Source : Tokopedia

Bahan pintu dapat berupa kayu jati yang halus, divernis lembut sehingga memberi kesan mewah namun tetap tampil sederhana. Warna kecoklatan kayu jati yang mengkilap juga sedikit memberi kesan natural pada desain pintu rumah Pins.

Baca juga: Yuk Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati Belanda

3. Gunakan Permainan Garis

tips desain pintu rumah
Source : Tokopedia

Untuk memberi kesan minimalis yang lebih kuat, permainan garis tetap dibuat pada bagian depan dan belakang pintu. Garis-garis horizontal tampaknya menjadi pilihan yang tepat untuk menguatkan kesan elegan pada desain pintu.

Baca Juga: Tips Memilih Desain Pintu Rumah

4. Gunakan Wood Loster

tips desain pintu rumah
Source : Lazada

Untuk lebih mempercantik desain pintu rumah Pins, pada bagian atas pintu bisa Pins tambahkan wood loster. Wood loster adalah ventilasi udara yang terbuat dari kayu, biasanya kayu jati dengan berbagai ukiran yang indah.

Baca juga: Beragam Jenis-Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

5. Pilih Kaca sebagai Alternatif Dinding

tips desain pintu rumah
Source : Tokopedia

Jika ingin sedikit menambahkan kesan elegan, Pins juga bisa mengkombinasikan desain pintu rumah minimalis. Dengan permainan dinding kaca, dan tetap memperhatikan efek keamanan rumah Pins.

6. Gunakan Warna yang Netral

Source : Hai Bunda

Pilihan warna yang disarankan untuk desain minimalis adalah warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat muda. Penggunaan palet warna ini tidak hanya memberikan tampilan yang bersih dan elegan, tetapi juga menciptakan atmosfer yang tenang dan harmonis dalam ruangan. Dengan memilih warna-warna yang lembut dan netral, desain interior dapat terlihat lebih timeless dan mudah disesuaikan dengan perubahan gaya atau tren. 

Selain itu, kelebihan dari warna-warna tersebut adalah kemampuannya untuk mencerminkan cahaya dengan baik, menjadikan ruangan terlihat lebih terang dan luas. Dengan demikian, penggunaan warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat muda tidak hanya memperkuat estetika desain minimalis. Tetapi juga memberikan fleksibilitas dan daya tahan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga:

7. Adaptasi Desain Geometris

Source : Dindin Design

Proses adaptasi desain geometris merupakan langkah kreatif dalam menciptakan estetika modern dan minimalis. Hal ini melibatkan pengintegrasian elemen desain geometris, seperti garis-garis lurus atau sudut tajam. Untuk memberikan kesan yang segar dan inovatif. 

Dengan menyatukan unsur-unsur ini, hasilnya adalah tampilan yang tidak hanya estetis, tetapi juga memberikan nuansa kesederhanaan yang terkini. Penerapan garis-garis lurus dapat memberikan kesan ketegasan, sementara sudut tajam menambah dimensi kekinian. 

Adaptasi ini menciptakan harmoni visual yang menggabungkan kejelasan geometris dengan keindahan desain. Ini akan menjadikannya pilihan yang ideal untuk mencapai estetika modern dalam konteks yang unik dan original.

8. Berikan Detail Simetris

Source : Furniture Jepara

Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada detail simetris saat merancang pintu. Keberadaan simetri pada desain dapat memberikan kesan yang sangat rapi dan seimbang, menciptakan daya tarik visual yang memikat. 

Dengan memastikan bahwa elemen-elemen pada pintu memiliki keseimbangan visual yang baik. Pins dapat meningkatkan estetika keseluruhan ruangan atau bangunan. Oleh karena itu, perlu ditekankan bahwa simetri bukan hanya sekedar unsur tambahan, tetapi juga suatu elemen yang dapat memperkaya desain secara keseluruhan. 

Dengan memberikan perhatian terhadap simetri, Pins tidak hanya menciptakan tampilan yang menarik secara visual. Tetapi juga meningkatkan nilai estetika dan kenyamanan ruang.

9. Berikan Beberapa Aksen dengan Logam

Source : Klopmart

Sajikan sentuhan elegan dalam desain ruangan dengan menambahkan aksen logam, seperti pegangan pintu atau hiasan minimalis berbahan logam. Keberadaan logam tidak hanya akan memberikan nuansa kontemporer pada elemen kayu, tetapi juga menciptakan kontras yang menarik. 

Kamu dapat memilih perpaduan warna logam yang sesuai dengan palet warna cat ruangan atau menciptakan fokus tertentu. Dengan menonjolkan aksen logam pada area tertentu.

Baca juga: 7 Desain Kamar Mandi Kecil Bernuansa Alam

10. Perhatikan antara Fungsi dan Desain

Source : Hipwee

Penting untuk selalu memperhatikan keseimbangan antara fungsi dan desain saat merancang suatu produk. Desain yang menarik perlu diintegrasikan tanpa mengorbankan fungsionalitas. 

Sebagai contoh, saat merancang pintu, perlu diperhatikan agar tidak hanya terlihat estetis, tetapi juga mempertahankan kemudahan dalam penggunaannya. Pintu harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dibuka dan ditutup, memenuhi kebutuhan keamanan, dan memberikan tingkat privasi yang diinginkan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download