Pinhome

Menghemat Ruang pada Denah Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tren minimalis memang sedang diminati. Bisa jadi karena saat ini masyarakat sangat menyenangi gaya modern dan praktis dalam memilih desain rumah. Minimalis telah menjadi icon bagi masyarakat urban.  Anda akan banyak menjumpai rumah minimalis di berbagai daerah dan perkotaan, dan hal ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan inspirasi tentang rumah minimalis yang Anda idamkan.

Rumah minimalis bukanlah rumah dengan ukuran yang kecil mungil seperti yang banyak dipikirkan banyak orang. Minimalis adalah salah satu gaya desain arsitektur. Minimalis adalah rumah yang minim ornamen, kuat dalam bentuk, dan terkesan modern. Minimalis mewakili cara hidup yang serba praktis,ringan, modern, dan maju. Rumah minimalis pun hadir dengan desain yang kokoh, kuat, dan tidak memiliki banyak ornamen. Pada dasarnya denah rumah minimalis biasanya dibuat dengan sederhana dan tidak terlalu rumit.

Untuk mensiasati kebosanan pada denah rumah minimalis yang cenderung flat dan membosankan, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik di bawah ini.

Fasad dan Bentuk Rumah Minimalis

Mungkin Anda bertanya, mengapa bentuk dan fasad desain rumah minimalis selalu itu-itu saja? Sebenarnya desain dan bentuk rumah minimalis tidak hanya kotak dan membosankan. Ada berbagai macam gaya arsitektur minimalis yang bisa diadaptasi dalam rumah minimalis Anda. Tidak selalu kotak sederhana, namun dapat juga berupa kubus, platonik geometri, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan denah rumah minimalis yang bisa mewakili kebutuhan Anda dan keluarga ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Praktis Membuat Denah Rumah Minimalis

Utamakan agar Anda selalu mengedepankan fungsi ruang untuk Anda dan keluarga. Fungsi ruang akan membantu Anda memprioritaskan ruang-ruang mana yang perlu Anda kedepankan tanpa harus memboroskan budget dengan ini dan itu. Selain itu, jika Anda membuat ruang-ruang yang tidak berguna tentu saja hal ini akan membuat Anda dan keluarga akan terasa tidak nyaman menempati rumah dengan ruang-ruang tak bermakna.

  • Buatlah ruang terbuka dan pencahayaan alami dari rumah Anda. Rumah yang kaya akan cahaya adalah rumah yang sehat dan natural serta bebas dari penyakit.
  • Buatlah denah rumah minimalis dengan taman dan pagar yang mengesankan bentuk yang sesuai dan praktis. Adanya taman minimalis akan membuat rumah Anda lebih terasa nyaman dan hijau serta sejuk dipandang mata.
  • Jika Anda kesulitan untuk membuat denah rumah minimalis, cobalah gunakan jasa arsitek ataupun konsultan bangunan sehingga Anda akan mendapatkan rumah yang sesuai.

Perhatikanlah pembagian lay out antar ruang privasi, ruang servis dan ruang publik, sehingga Anda akan mendapatkan dinamisasi yang harmoni dan indah. Dengan keserasian antara ruang tersebut Anda akan mendapatkan rumah idaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Tags :

Bagikan Artikel