Pinhome

Tips Properti

Beragam Jenis-Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 4 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Memiliki rumah yang indah dan elegan pastinya adalah keinginan semua orang termasuk Pins. Keindahan rumah biasanya mengacu pada desain interior dan desain eksterior dari bangunan tersebut. Salah satu desain interior rumah yang paling penting adalah pintu. Pintu berfungsi sebagai penutup jalur keluar dan masuk orang di rumah. Selain itu, pintu juga melambangkan karakter atau estetika dari ruangan atau rumah tersebut. Material yang biasa digunakan untuk dijadikan pintu adalah macam-macam kayu. Selain kayu, banyak juga material lain yang digunakan sebagai alternatif jenis-jenis pintu yang tidak kalah keren

Pinhome – Dalam memilih pintu yang sesuai dengan rumah Pins tentu akan banyak pertimbangan. Pins perlu menyesuaikan jenis pintu dengan ruangan yang akan dipasang. Dari sekian banyak jenis pintu juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Supaya Pins lebih bijak dalam menentukan pintu rumah yang apik, mari simak artikel berikut ini yang akan memberikan beberapa inspirasi jenis-jenis pintu rumah dengan desain yang menarik. 

Pintu Kayu

(Pinterest)

Jenis pintu rumah yang pertama dan yang paling kerap digunakan oleh orang-orang adalah pintu kayu. Pintu kayu banyak digunakan karena materialnya relatif lebih mudah ditemukan. Selain itu pintu rumah dengan bahan kayu juga tersedia dengan berbagai desain yang indah. Ukiran yang terpahat pada kayu dibuat dengan seni yang elegan dan beragam menjadikan banyak pilihan yang dapat Pins pilih yang cocok dengan desain rumah. 

Pintu jenis ini cukup berbeda dengan jenis-jenis pintu lainnya karena berbahan dasar dari kayu yang kategorinya terbagi dalam dua macam-macam pintu berdasarkan konstruksinya, yaitu solid dan solid engineering. Pintu kayu jenis solid biasa digunakan sebagai pintu utama pada bagian eksterior rumah. 

Kayu solid merupakan kayu fresh yang baru ditebang dan dibentuk sesuai pesanan. Sedangkan pintu kayu jenis solid engineering kerap dipakai untuk pintu rumah pada bagian interior. Jenis kayu satu ini adalah kayu solid yang sudah melalui proses peleburan menjadi serbuk kayu atau kayu belah yang kemudian dijadikan material seperti triplek atau papan. 

Setelah mengenal bahan pintu kayu, Pins juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari pintu kayu antara lain adalah dapat dibentuk sesuai keinginan atau order dari pelanggan, pintu kayu juga cocok untuk berbagai jenis rumah, tahan terhadap perubahan cuaca, dan indah karena memberikan kesan natural. 

Sedangkan kekurangan dari pintu kayu pada umumnya adalah relatif rentan dengan pelapukan udara lembab atau terkena air yang terus menerus. Selain itu kayu solid memiliki beban yang cukup berat, oleh karena itu Pins perlu memasang kusen dan engsel pintu yang kuat untuk menahan beban tersebut. 

Baca juga: Jenis Material Pintu untuk Rumah Tinggal

Pintu Kaca

(Pinterest)

Salah satu inspirasi pintu rumah yang menarik dari macam-macam pintu lainnya adalah pintu kaca. Zaman sekarang sudah sangat banyak rumah yang menggunakan pintu dengan material kaca. Pintu kaca sangat menonjolkan kesan elegan pada rumah. 

Dengan pintu kaca juga membuat rumah lebih terang karena dapat menangkap masuk sinar matahari. Pintu yang menggunakan bahan kaca ini biasanya diletakkan pada jalan menuju lahan belakang rumah yang terdapat tamank atau kolam renang

Pintu berbahan kaca pastinya membuat seisi rumah Pins dapat terlihat dari luar. Namun, Pins dapat mengatasinya dengan memasang gorden untuk menutupi dalam rumah ketika membutuhkan privasi. 

Gorden tersebut juga dapat menambah kecantikan pada rumah dengan berbagai motif yang indah. Selain itu, untuk menjaga privasi dalam rumah Pins juga dapat menambahkan kaca buram atau kaca sandblast yang dapat menghalau penglihatan dari luar rumah. 

Pintu PVC

(Pinterest)

Jenis pintu rumah yang satu ini pastinya biasa Pins temukan pada bagian kamar mandi rumah. Bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride merupakan bahan plastik keras yang sifatnya tahan terhadap air. 

Namun pintu ini tidak cocok untuk Pins jadikan pintu utama atau pintu kamar pada rumah. Dengan bahannya yang plastik, pintu ini tidak sekokoh seperti pintu kayu atau pintu besi. Walaupun begitu pintu PVC lebih mudah dibersihkan dengan sikat atau kain lap tanpa perlu khawatir merusak cat. 

Kelebihan dari pintu PVC ini dibandingkan dengan jenis-jenis pintu lainnya adalah bebannya yang ringan. Pilihan warna pintu PVC juga lebih beragam dibandingkan pintu kayu yang pada umumnya berwarna coklat. Selain itu, karena berbahan dasar plastik, PVC juga anti termakan rayap dan lembab. 

Pintu Fiberglass

(Pinterest)

Fiberglass atau serat kaca adalah suatu bahan yang menggabungkan filamen kaca tipis dengan kombinasi dengan komposisi resin. Bahan fiberglass memiliki sifat yang ringan, kuat, dan tahan lama. Material ini terbilang lebih unggul dari pada kayu atau kaca biasa. 

Karena dibuat dengan proses penyatuan serbuk kaca, membuat pintu dengan bahan fiberglass dapat didesain sesuai keinginan dan lebih indah. Pintu rumah jenis ini sangat cocok dijadikan pintu utama bagian depan rumah. 

Pintu rumah fiberglass memiliki kelebihan pada tampilan desain yang bermacam-macam. Kesan elegan dan mewah dari pintu ini dapat melebihi dari pintu kayu. Ketahanan yang kuat juga menjadikan bahan fiberglass kerap digunakan pada rumah-rumah mewah

Baca juga: 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Pintu Baja

(Pinterest)

Rekomendasi selanjutnya untuk inspirasi pintu rumah Pins adalah pintu dengan material baja. Seperti yang Pins ketahui, baja merupakan bahan yang memiliki ketahanan tinggi terhadap benturan dan efek cuaca. Material yang terbuat dari besi dan karbon ini tentunya juga anti terhadap rayap. Dengan berbagai kelebihan tersebut wajar bila biaya untuk membeli pintu jenis ini cukup mahal. Meskipun begitu pintu baja banyak digunakan orang-orang karena kelebihannya. 

Hunian dengan pintu baja memberikan kesan dan tampilan yang baru pada rumah Pins. Kelebihan dari pintu baja adalah ketahanannya yang kuat terhadap cuaca, api, dan rayap. Tampilan pada pintu baja juga dapat disesuaikan dengan keinginan Pins. Namun, cat yang digunakan untuk pintu ini juga cat yang khusus untuk bahan baja. Karena berbahan dasar besi, menjadikan pintu baja dapat berkarat. Oleh karena itu, disarankan untuk Pins juga melapisi pintu baja dengan cat anti karat. 

Itulah inspirasi jenis-jenis pintu rumah yang dapat Pins gunakan. Dari berbagai macam bahan tersebut Pins dapat tentukan mana yang paling cocok dan sesuai untuk rumah Pins. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan rumah Pins lebih keren. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel