BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Ragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik
0
0

13 Ragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
jenis pintutop-right-banner

Dalam memilih jenis pintu yang sesuai dengan rumah Pins tentu akan banyak pertimbangan. Pins perlu menyesuaikan model pintu dengan ruangan yang akan dipasang. Dari sekian banyak jenis pintu juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Supaya Pins lebih bijak dalam menentukan pintu rumah yang apik, mari simak artikel berikut ini yang akan memberikan beberapa inspirasi jenis-jenis pintu rumah dengan desain yang menarik. 

Baca juga: Tips Memilih Desain Pintu Rumah

Jenis Pintu Rumah

Pintu Kayu

Source : Pinterest

Jenis pintu rumah yang pertama dan yang paling kerap digunakan oleh orang-orang adalah pintu kayu. Pintu kayu banyak digunakan karena materialnya relatif lebih mudah ditemukan. Selain itu pintu rumah dengan bahan kayu juga tersedia dengan berbagai desain yang indah.

Ukiran yang terpahat pada kayu dibuat dengan seni yang elegan dan beragam menjadikan banyak pilihan yang dapat Pins pilih yang cocok dengan desain rumah. 

Kelebihan dari pintu kayu antara lain adalah dapat dibentuk sesuai keinginan atau order dari pelanggan, pintu kayu juga cocok untuk berbagai jenis rumah, tahan terhadap perubahan cuaca, dan indah karena memberikan kesan natural. 

Sedangkan kekurangan dari pintu kayu pada umumnya adalah relatif rentan dengan pelapukan udara lembab atau terkena air yang terus menerus. Selain itu kayu solid memiliki beban yang cukup berat, oleh karena itu Pins perlu memasang kusen dan engsel pintu yang kuat untuk menahan beban tersebut. 

Baca juga: Jenis Material Pintu untuk Rumah Tinggal

Pintu Kaca

jenis pintu
Source : Pinterest

Salah satu inspirasi pintu rumah yang menarik dari macam-macam pintu lainnya adalah pintu kaca. Zaman sekarang sudah sangat banyak rumah yang menggunakan pintu dengan material kaca. Pintu kaca sangat menonjolkan kesan elegan pada rumah. 

Dengan pintu kaca juga membuat rumah lebih terang karena dapat menangkap masuk sinar matahari. Pintu yang menggunakan bahan kaca ini biasanya diletakkan pada jalan menuju lahan belakang rumah yang terdapat taman atau kolam renang

Pintu berbahan kaca pastinya membuat seisi rumah Pins dapat terlihat dari luar. Namun, Pins dapat mengatasinya dengan memasang gorden untuk menutupi dalam rumah ketika membutuhkan privasi. 

Gorden tersebut juga dapat menambah kecantikan pada rumah dengan berbagai motif yang indah. Selain itu, untuk menjaga privasi dalam rumah Pins juga dapat menambahkan kaca buram atau kaca sandblast yang dapat menghalau penglihatan dari luar rumah.

Baca juga: Tips Mendesain Pintu Rumah Untuk Hunian Impian! 

Pintu PVC

Source : Pinterest

Jenis pintu rumah yang satu ini pastinya biasa Pins temukan pada bagian kamar mandi rumah. Bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride merupakan bahan plastik keras yang sifatnya tahan terhadap air. 

Namun pintu ini tidak cocok untuk Pins jadikan pintu utama atau pintu kamar pada rumah. Dengan bahannya yang plastik, pintu ini tidak sekokoh seperti pintu kayu atau pintu besi. Walaupun begitu pintu PVC lebih mudah dibersihkan dengan sikat atau kain lap tanpa perlu khawatir merusak cat. 

Kelebihan dari pintu PVC ini dibandingkan dengan jenis-jenis pintu lainnya adalah bebannya yang ringan. Pilihan warna pintu PVC juga lebih beragam dibandingkan pintu kayu yang pada umumnya berwarna coklat. Selain itu, karena berbahan dasar plastik, PVC juga anti termakan rayap dan lembab. 

Jenis Pintu Fiberglass

Fiberglass atau serat kaca adalah suatu bahan yang menggabungkan filamen kaca tipis dengan kombinasi dengan komposisi resin. Bahan fiberglass memiliki sifat yang ringan, kuat, dan tahan lama. Material ini terbilang lebih unggul dari pada kayu atau kaca biasa. 

Karena dibuat dengan proses penyatuan serbuk kaca, membuat pintu dengan bahan fiberglass dapat didesain sesuai keinginan dan lebih indah. Pintu rumah jenis ini sangat cocok dijadikan pintu utama bagian depan rumah. 

Pintu rumah fiberglass memiliki kelebihan pada tampilan desain yang bermacam-macam. Kesan elegan dan mewah dari pintu ini dapat melebihi dari pintu kayu. Ketahanan yang kuat juga menjadikan bahan fiberglass kerap digunakan pada rumah-rumah mewah

Baca juga: 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Pintu Baja

jenis pintu
Source : Pinterest

Rekomendasi selanjutnya untuk inspirasi pintu rumah Pins adalah pintu dengan material baja. Seperti yang Pins ketahui, baja merupakan bahan yang memiliki ketahanan tinggi terhadap benturan dan efek cuaca.

Material yang terbuat dari besi dan karbon ini tentunya juga anti terhadap rayap. Dengan berbagai kelebihan tersebut wajar bila biaya untuk membeli pintu jenis ini cukup mahal. Meskipun begitu pintu baja banyak digunakan orang-orang karena kelebihannya. 

Hunian dengan pintu baja memberikan kesan dan tampilan yang baru pada rumah Pins. Kelebihan dari pintu baja adalah ketahanannya yang kuat terhadap cuaca, api, dan rayap. Tampilan pada pintu baja juga dapat disesuaikan dengan keinginan Pins.

Namun, cat yang digunakan untuk pintu ini juga cat yang khusus untuk bahan baja. Karena berbahan dasar besi, menjadikan pintu baja dapat berkarat. Oleh karena itu, disarankan untuk Pins juga melapisi pintu baja dengan cat anti karat. 

Pintu Plipit

Source : Goodhill

Pintu plipit seringkali dikenal sebagai barn door dan memberikan nuansa tradisional dalam rumah. Pintu jenis ini tersusun dari rangka kayu dan memiliki penutup dari kayu juga yang disusun secara vertikal. Harga untuk pintu ini cenderung lebih murah dan cocok diletakkan di ruang servis seperti gudang.

Perlu diperhatikan bahwa pintu ini dapat mudah lapuk sehingga diperlukan lapisan seng agar tahan terhadap air. Namun, secara keseluruhan pintu ini cukup kuat dan kokoh.

Pintu Panel

Source : Karunia Jati

Pintu panel sering dijumpai di rumah-rumah. Biasanya, pintu ini menggunakan material komponen panel kayu seperti blockboard, HDF, atau MDF. Harganya terjangkau serta desainnya pun unik. Sebenarnya, desainnya dapat disesuaikan seperti kebutuhan dan preferensi kamu. Selain itu, kamu dapat mengombinasikan kusen ini dengan kaca.

Pintu Aluminium

Source : Shopee

Pintu aluminium merupakan pintu yang sering dipilih untuk tempat-tempat lembap karena tidak mudah berkarat. Selain itu, pintu jenis ini lebih ringan serta ramah lingkungan.

Pintu Geser

Source : Hargabangunan

Buat kamu yang mungkin memiliki ruangan berukuran kecil, kamu bisa menggunakan pintu geser untuk menghemat ruang. Saat membuka pintu dengan daun, maka diperlukan space lebih. Jika menggunakan pintu geser, akan lebih hemat ruang serta akan memberikan kesan yang lebih modern.

Pintu HPL

Source : BigGo

Pintu HPL merupakan pintu yang dilaminasi menggunakan teknologi bertekanan tinggi dan berbahan dasar polimer. Pintu ini ringan dan tersedia dalam berbagai macam motif dan warna. Jika kamu sedang mencari pintu yang memiliki nuansa modern dan minimalis, pintu ini bisa menjadi solusi kamu.

Pintu Flush

Source : Wijaya Karunia Megah

Mirip dengan pintu panel, pintu flush juga terbuat dari panel kayu berbahan MDF dan ditutup dengan triplek. Bagian luarnya diberikan pelapis HPL atau veneer untuk memberikan kesan kayu yang lebih gelap dan menjaga keawetan pintu. Pintu ini cukup ringan dan cocok digunakan untuk interior rumah.

Pintu Plat Besi

Source : Tokopedia

Jika kamu menginginkan pintu untuk bagian depan rumah atau garasi, kamu bisa menggunakan pintu plat besi. Pintu ini cukup kuat dan tahan terhadap benturan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pintu jenis ini cenderung lebih berat dan mudah berkarat. Usahakan jangan memilih plat yang tipis karena proses karat akan lebih cepat sehingga pintu tidak awet.

Pintu uPVC

Source : Teta UPVC

Mirip dengan pintu PVC, bedanya pintu uPVC diperkuat dengan material unplasticized sehingga secara struktur lebih kokoh dan kaku. Material ini merupakan salah satu material yang ramah lingkungan. Selain itu, bahan dari material ini juga fleksibel dan mudah dibentuk. Perlu diperhatikan ketika sedang memasang pintu ini, akan sedikit lebih rumit sehingga dianjurkan menggunakan bantuan tukang.

Itulah inspirasi jenis-jenis pintu rumah yang dapat Pins gunakan. Dari berbagai macam bahan tersebut Pins dapat tentukan mana yang paling cocok dan sesuai untuk rumah Pins. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan rumah Pins lebih keren. 

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download