BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Daftar Ukuran Kusen Pintu Berbagai Jenis yang Ideal
0
0

7 Daftar Ukuran Kusen Pintu Berbagai Jenis yang Ideal

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ukuran Kusen Pintutop-right-banner

Kusen pintu adalah struktur atau bingkai yang membungkus pintu dan berfungsi sebagai penopang atau pembatas antara dinding dengan pintu. Ada berbagai ukuran kusen pintu yang disesuaikan dengan keperluan, seperti pintu utama, pintu kamar, dan sebagainya. 

Kusen pintu terbuat dari berbagai jenis material seperti kayu, aluminium, besi, atau PVC (Polyvinyl Chloride yang diperkuat dengan baja). Fungsi utama kusen adalah sebagai tempat daun pintu dan daun jendela. Selain itu, kusen dapat digunakan untuk menyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan.

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: 10 Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis untuk Hunian Simpel

Material Kusen Pintu

Ukuran Kusen Pintu
Source : Pixabay

Kusen pintu bisa dibuat dari berbagai material, seperti kayu, aluminium, besi, hingga uPVC. Tentunya, masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan, serta kecocokan dengan keperluan kusen tersebut. 

Misalnya, kusen dari kayu cocok untuk kusen pintu utama, pintu kamar, atau pembatas ruang. Namun, kusen dari kayu ini kurang cocok untuk pintu kamar mandi yang cenderung basah dan lembab yang akan mempercepat kerusakan bahan kayu. 

Berikut ini beberapa material yang umumnya digunakan untuk membuat kusen pintu atau jendela. 

1. Kayu

Kayu adalah material tradisional yang sering digunakan untuk kusen pintu. Bahan ini memiliki penampilan alami yang indah dan dapat dicat atau diwarnai sesuai keinginan. Kusen pintu kayu memiliki kekuatan yang baik dan dapat diukir dengan berbagai desain artistik.

Kusen dari kayu memiliki beberapa kelebihan seperti menunjang estetika, mudah diolah atau didesain secara khusus, serta kokoh dan tahan lama. Namun kusen kayu juga punya kekurangan, seperti perlu perawatan teratur dan cenderung lebih mahal. 

2. Aluminium

Aluminium adalah logam ringan yang tahan korosi dan dapat dicetak dengan berbagai desain. Kusen pintu aluminium cocok untuk desain modern dan minimalis. Bahan kusen dari aluminium cocok untuk pintu kamar mandi. 

Keunggulan kusen aluminium antara lain tahan terhadap korosi, mudah dipasang, dan tahan lama. Harga kusen aluminium ini juga terjangkau. Namun kusen ini juga punya kekurangan, seperti tidak cocok di area dengan kondisi cuaca yang ekstrim. 

Baca juga: Beragam Jenis Pintu Rumah yang Punya Desain Menarik

3. Besi

Ukuran Kusen Pintu
Source : iStock Photo

Kusen pintu besi sangat kuat dan tahan lama. Bahan dari besi ini biasanya digunakan pada bangunan komersial atau industri. Pintu besi dapat memiliki tampilan yang lebih kasar dibandingkan dengan kayu atau aluminium.

Keuntungan kusen dari besi antara lain kuat dan tahan lama, memberi keamanan ekstra, hingga tahan panas dan api. Namun kekurangannya yaitu rentan terhadap korosi dan lebih berat. 

4. uPVC (Polyvinyl Chloride yang Diperkuat dengan Baja)

uPVC adalah material plastik yang diperkuat dengan baja, kuat, dan tahan cuaca. Kusen pintu dari material PVC yang diperkuat ini populer karena tampilan modern dan efisiensinya.

Keuntungan bahan ini antara lain tahan cuaca, memberikan isolasi yang baik terhadap panas dan suara, dan tahan lama. Namun bahan ini punya kekurangan, yaitu warna terbatas sehingga kurang estetis. 

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

Struktur dalam Kusen Pintu

Ukuran Kusen Pintu
Source : iStock Photo

Sebelum membahas ukuran kusen pintu, kamu juga perlu tahu beberapa struktur dalam kusen. Struktur atau rangka ini akan mempengaruhi ukuran masing-masing kusen pintu. Berikut st

  • Tiang kusen, bagian yang digunakan sebagai pembatas antara dinding dengan daun pintu atau jendela.
  • Ambang kusen (dorpel), yaitu bagian yang berfungsi untuk menahan beban di atas kusen.
  • Sponing, yaitu bagian tiang kusen yang dijadikan tempat melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  • Telinga kusen, yaitu bagian ambang (dorpel) yang ditanamkan ke dalam dinding. Bagian rangka kusen ini memiliki fungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau belakang.
  • Alur kapur, bagian tiang kusen yang berfungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau ke belakang akibat dibuka dan ditutupnya pintu atau jendela.
  • Angkur yang dipasang pada tiang kusen, yang fungsi untuk memperkuat kusen pada dinding, serta untuk menahan gerakan daun pintu atau jendela.
  • Duk (neut), yaitu bagian yang terletak pada bagian bawah kusen. Fungsinya sebagai penahan gerakan tiang ke segala arah dan melindungi tiang kayu dari rembesan air dari lantai ke atas.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Pada Pintu dan Jendela

Ukuran Kusen Pintu

Adapun ukuran kusen pintu juga beragam berdasarkan keperluan dan model yang diinginkan. Berikut 7 ukuran kusen ideal yang bisa diterapkan di masing-masing pintu rumah. 

Kusen Pintu 2 Daun

Ukuran Kusen Pintu
Source : iStock Photo

Rumah yang lebih besar biasanya lebih cocok dengan pintu utama dua daun. Untuk membuatnya, ukuran kusen pintu utama 2 daun adalah lebar 120 cm dan tinggi 210 cm. Lebar 120 cm ini adalah lebar keseluruhan, sehingga masing-masing daun pintu mempunyai lebar 60 cm. 

Kusen Pintu 1 Daun

Pintu utama biasanya dibuat dengan dua model, yaitu pintu dengan satu daun dan dua daun. Untuk pintu dengan 1 daun diperlukan kusen dengan lebar 90 cm dan tinggi 210 cm. 

Kusen Pintu Kamar

Pintu kamar biasanya didesain lebih sempit dibanding pintu utama rumah. Maka ukuran kusen pintu kamar yang standar adalah lebar 80 cm dan tinggi 190 cm. Namun ukuran ini juga perlu disesuaikan dengan tinggi badan penghuni kamar atau rumah. 

Kusen Pintu Geser

Ukuran Kusen Pintu
Source : Pixabay

Pintu geser biasanya digunakan untuk rumah atau kamar ala Jepang dengan mengusung konsep desain washitshu. Ukuran kusen pintu geser standar adalah 150 cm untuk lebar dan 120 cm untuk tinggi. Dengan ukuran lebar ini maka pintu akan lebih besar dan lega. 

Baca juga: Ukuran Standar Tinggi Pintu Rumah Tinggal

Kusen Pintu Kamar Mandi

Pintu kamar mandi umumnya dibuat lebih kecil lagi dibanding dengan pintu kamar tidur. Ukuran pintu kamar mandi standar adalah 70 cm untuk lebar dan 120 cm untuk tinggi. 

Kusen Rolling Door

ukuran kusen pintu
Source : iStock Photo

Rolling door biasanya digunakan untuk pintu ruko atau pintu garasi mobil di rumah. Model pintu ini juga menggunakan kusen, yang biasanya dibuat dari bahan besi atau baja. Ukuran kusen rolling door minimalis standar yaitu lebar 250 cm dan tinggi 350 cm. 

Kusen Pintu Lipat Kayu

Pintu lipat kayu biasanya digunakan untuk pintu garasi mobil. Kelebihannya, daun pintu ini bisa diukir sehingga menunjang estetika. Ukuran standar untuk 5 daun pintu lipat adalah tinggi 220 cm dan lebar 340 cm. 

Sebagai catatan, ukuran kusen pintu bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Penting untuk memastikan bahwa ukuran kusen pintu sesuai dengan dimensi dan estetika ruangan serta mempertimbangkan aksesibilitas dan fungsionalitas pintu.

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download