BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Daftar Ukuran Kusen Pintu Berbagai Jenis yang Ideal
0
0

7 Daftar Ukuran Kusen Pintu Berbagai Jenis yang Ideal

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 6, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Ukuran Kusen Pintutop-right-banner

Kusen pintu adalah struktur atau bingkai yang membungkus pintu dan berfungsi sebagai penopang atau pembatas antara dinding dengan pintu. Ada berbagai ukuran kusen pintu yang disesuaikan dengan keperluan, seperti pintu utama, pintu kamar, dan sebagainya. 

Kusen pintu terbuat dari berbagai jenis material seperti kayu, aluminium, besi, atau PVC (Polyvinyl Chloride yang diperkuat dengan baja). Fungsi utama kusen adalah sebagai tempat daun pintu dan daun jendela. Selain itu, kusen dapat digunakan untuk menyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan.

Material Kusen Pintu

Ukuran Kusen Pintu
Source : Pixabay

Kusen pintu bisa dibuat dari berbagai material, seperti kayu, aluminium, besi, hingga uPVC. Tentunya, masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan, serta kecocokan dengan keperluan kusen tersebut. 

Misalnya, kusen dari kayu cocok untuk kusen pintu utama, pintu kamar, atau pembatas ruang. Namun, kusen dari kayu ini kurang cocok untuk pintu kamar mandi yang cenderung basah dan lembab yang akan mempercepat kerusakan bahan kayu. 

Berikut ini beberapa material yang umumnya digunakan untuk membuat kusen pintu atau jendela. 

1. Kayu

Kayu adalah material tradisional yang sering digunakan untuk kusen pintu. Bahan ini memiliki penampilan alami yang indah dan dapat dicat atau diwarnai sesuai keinginan. Kusen pintu kayu memiliki kekuatan yang baik dan dapat diukir dengan berbagai desain artistik.

Kusen dari kayu memiliki beberapa kelebihan seperti menunjang estetika, mudah diolah atau didesain secara khusus, serta kokoh dan tahan lama. Namun kusen kayu juga punya kekurangan, seperti perlu perawatan teratur dan cenderung lebih mahal. 

2. Aluminium

Aluminium adalah logam ringan yang tahan korosi dan dapat dicetak dengan berbagai desain. Kusen pintu aluminium cocok untuk desain modern dan minimalis. Bahan kusen dari aluminium cocok untuk pintu kamar mandi. 

Keunggulan kusen aluminium antara lain tahan terhadap korosi, mudah dipasang, dan tahan lama. Harga kusen aluminium ini juga terjangkau. Namun kusen ini juga punya kekurangan, seperti tidak cocok di area dengan kondisi cuaca yang ekstrim. 

3. Besi

Kusen pintu besi sangat kuat dan tahan lama. Bahan dari besi ini biasanya digunakan pada bangunan komersial atau industri. Pintu besi dapat memiliki tampilan yang lebih kasar dibandingkan dengan kayu atau aluminium.

Keuntungan kusen dari besi antara lain kuat dan tahan lama, memberi keamanan ekstra, hingga tahan panas dan api. Namun kekurangannya yaitu rentan terhadap korosi dan lebih berat. 

4. uPVC (Polyvinyl Chloride yang Diperkuat dengan Baja)

uPVC adalah material plastik yang diperkuat dengan baja, kuat, dan tahan cuaca. Kusen pintu dari material bahan PVC yang diperkuat ini populer karena tampilan modern dan efisiensinya.

Keuntungan bahan ini antara lain tahan cuaca, memberikan isolasi yang baik terhadap panas dan suara, dan tahan lama. Namun bahan ini punya kekurangan, yaitu warna terbatas sehingga kurang estetis. 

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

Struktur dalam Kusen Pintu

Ukuran Kusen Pintu
Source : iStock Photo

Sebelum membahas ukuran kusen pintu, kamu juga perlu tahu beberapa struktur dalam kusen. Struktur atau rangka ini akan mempengaruhi ukuran masing-masing kusen pintu. Berikut st

  • Tiang kusen, bagian yang digunakan sebagai pembatas antara dinding dengan daun pintu atau jendela.
  • Ambang kusen (dorpel), yaitu bagian yang berfungsi untuk menahan beban di atas kusen.
  • Sponing, yaitu bagian tiang kusen yang dijadikan tempat melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  • Telinga kusen, yaitu bagian ambang (dorpel) yang ditanamkan ke dalam dinding. Bagian rangka kusen ini memiliki fungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau belakang.
  • Alur kapur, bagian tiang kusen yang berfungsi untuk menahan gerakan kusen ke depan atau ke belakang akibat dibuka dan ditutupnya pintu atau jendela.
  • Angkur yang dipasang pada tiang kusen, yang fungsi untuk memperkuat kusen pada dinding, serta untuk menahan gerakan daun pintu atau jendela.
  • Duk (neut), yaitu bagian yang terletak pada bagian bawah kusen. Fungsinya sebagai penahan gerakan tiang ke segala arah dan melindungi tiang kayu dari rembesan air dari lantai ke atas.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kayu Pada Pintu dan Jendela

Ukuran Kusen Pintu

Adapun ukuran kusen pintu juga beragam berdasarkan keperluan dan model yang diinginkan. Berikut 7 ukuran kusen ideal yang bisa diterapkan di masing-masing pintu rumah. 

1. Kusen Pintu 1 Daun

Source : Kusen Pintu Jepara

Pintu utama biasanya dibuat dengan dua model, yaitu pintu dengan satu daun dan dua daun. Untuk pintu dengan 1 daun diperlukan kusen dengan lebar 90 cm dan tinggi 210 cm. 

2. Kusen Pintu 1 Daun

Ukuran Kusen Pintu
Source : iStock Photo

Rumah yang lebih besar biasanya lebih cocok dengan pintu utama dua daun. Untuk membuatnya, ukuran kusen pintu utama 2 daun adalah lebar 120 cm dan tinggi 210 cm. Lebar 120 cm ini adalah lebar keseluruhan, sehingga masing-masing daun pintu mempunyai lebar 60 cm. 

3. Kusen Pintu Kamar

Source : Mamikos

Pintu kamar biasanya didesain lebih sempit dibanding pintu utama rumah. Maka ukuran kusen pintu kamar yang standar adalah lebar 80 cm dan tinggi 190 cm. Namun ukuran ini juga perlu disesuaikan dengan tinggi badan penghuni kamar atau rumah. 

4. Kusen Pintu Geser

Ukuran Kusen Pintu
Source : Pixabay

Pintu geser biasanya digunakan untuk rumah atau kamar ala Jepang dengan mengusung konsep desain washitshu. Ukuran kusen pintu geser standar adalah 150 cm untuk lebar dan 120 cm untuk tinggi. Dengan ukuran lebar ini maka pintu akan lebih besar dan lega. 

5. Kusen Pintu Kamar Mandi

Source : Shopee

Model pintu aluminium kamar mandi umumnya dibuat lebih kecil lagi dibanding dengan pintu kamar tidur. Ukuran pintu kamar mandi standar adalah 70 cm untuk lebar dan 120 cm untuk tinggi. 

6. Kusen Rolling Door

ukuran kusen pintu
Source : iStock Photo

Rolling door biasanya digunakan untuk pintu ruko atau pintu garasi mobil rumah kecil. Model pintu ini juga menggunakan kusen, yang biasanya dibuat dari bahan besi atau baja. Ukuran kusen rolling door minimalis standar yaitu lebar 250 cm dan tinggi 350 cm. 

7. Kusen Pintu Lipat Kayu

Source : pirekiasia

Pintu lipat kayu biasanya digunakan untuk pintu garasi mobil. Kelebihannya, daun pintu ini bisa diukir sehingga menunjang estetika. Ukuran standar untuk 5 daun pintu lipat adalah tinggi 220 cm dan lebar 340 cm. 

Baca juga: Ukuran Standar Tinggi Pintu Rumah Tinggal

Tips Memilih Kusen Pintu

Source : Unsplash

Setelah memahami jenis kusen dan ukurannya maka poin berikut tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pins juga perlu mempertimbangkan hal ini saat memilih kusen pintu untuk hunian impianmu.

1. Pilih Kusen Anti Rayap

Kusen aluminium sering jadi pilihan untuk rumah dengan konsep modern. Keunggulannya adalah ringan dan tidak membutuhkan perawatan berkala. Selain itu bahan ini lebih tahan keropos dan anti rayap sehingga lebih tahan lama.

    2. Pastikan Kusen Tahan Bocor

    Cari pula material yang tahan bocor seperti kusen UPVC yang bisa diaplikasikan di area rawan terkena cipratan air. Keunggulan kusen ini tidak susut dan perawatannya tak kalah mudah. Modelnya beragam dan cocok untuk semua jenis jendela termasuk sliding, jungkit, swing dan lain-lain.

    3. Sesuaikan Anggaran

    Sesuaikan anggaran yang dimiliki dan cek harga di pasaran. Kamu dapat membandingkan harga kusen secara daring maupun langsung mengecek di toko.

    4. Cocokan dengan Konsep dan Interior Ruangan

    Tidak lupa untuk mencocokkan desain kusen pintu kayu dengan interior ruangan. Kesan Jawa klasik bisa terlihat dari ukiran khas Jepara pada pintu dan cat kusen pintu dengan warna netral.

    Sebagai catatan, ukuran kusen pintu bisa disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Penting untuk memastikan bahwa ukuran kusen pintu sesuai dengan dimensi dan estetika ruangan serta mempertimbangkan aksesibilitas dan fungsionalitas pintu.

    Baca Juga:

    Featured Image Source: Pixabay


    Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

    Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti

    Copied to clipboard
    bottom-sidebar-banner

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © www.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download