BlogLifestyleEdukasi8 Jenis Tanaman Hias Daun dan Gambarnya
0
0

8 Jenis Tanaman Hias Daun dan Gambarnya

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki rumah yang sejuk dan asri tentu menjadi keinginan banyak orang. Nah, bagi Pins yang tertarik, kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan berbagai jenis tanaman hias daun di rumah, lho! Hanya saja, tanaman hias daun memiliki begitu banyak jenis serta cara merawatnya yang berbeda-beda.  Sehingga terkadang niat untuk merawat tanaman hias menjadi padam. Di bawah ini ada nama nama tumbuhan beserta gambarnya yang bisa kamu jadikan referensi saat merawat tanaman tersebut.

Pinhome – Padahal, tanaman hias memiliki banyak fungsi. Tidak hanya untuk menambah estetika pada rumah saja, tetapi juga bisa membuat kualitas udara di rumah lebih baik karena suplai oksigen yang dihasilkan dari tanaman. Macam macam tanaman hias yang memberikan keuntungan untuk manusia pun memerlukan pemeliharaan yang tepat. Jika Pins ingin mulai merawat tanaman hias di rumah, yuk simak daftar jenis tanaman hias daun pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menghias Pot Bunga Plastik Dengan Cat Air

Lidah Mertua

Source : Pinterest

Di antara nama nama tumbuhan yang ada pasti tanaman ini cukup unik ya Pins. Tanaman hias daun yang pertama adalah lidah mertua. Tanaman ini cukup populer dan telah menjadi tanaman hias pada banyak rumah. Tidak hanya rumah, lidah mertua juga sering ditanam di taman untuk menambah estetika dan keasrian pada taman. Lidah mertua ini mampu mengubah zat CO2 atau karbon dioksida menjadi O2 atau oksigen di malam hari. 

Baca Juga: Yuk, Buat Kreasi Pot Bunga Dari Barang Bekas Yang Unik!

Hal ini tentu akan membuat rumahmu terasa segar dan kualitas udara menjadi lebih baik. Selain itu, bentuk tanaman yang unik menyerupai lidah membuat tanaman yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Macam macam tanaman hias tentu memiliki karakternya masing-masing, namun tampilan lidah mertua sepertinya akan menjadi daya tarik yang kuat ya Pins.

Aglaonema

Source : Pinterest

Tanaman yang dikenal juga dengan nama Sri Rejeki ini sedang populer belakangan ini. Tanaman ini memiliki bentuk daun biasa dengan ukuran besar dengan corak warna merah pada daunnya. Tidak hanya warna merah, aglaonema terdiri dari beberapa warna tergantung jenisnya.

Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang sangat mudah untuk dirawat karena tidak memerlukan perawatan khusus. Bahkan tanaman ini tidak mudah layu meski jarang disiram dan tidak mendapatkan banyak sinar matahari.

Baca Juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Caladium

Source : Pinterest

Caladium atau keladi juga merupakan salah satu tanaman yang saat ini sedang populer. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan corak kemerahan atau putih pada bagian tengahnya. Warnanya tergantung pada jenis tanaman caladium itu sendiri. Jenis tanaman hias daun caladium dengan corak warna yang semakin jelas pada bagian tengahnya akan membuat harga tanaman hias ini semakin mahal.

Paku Tanduk Rusa

Source : Pinterest

Jika pins memiliki lahan yang cukup luas di rumah dan ingin menggunakan tanaman outdoor, pilihan yang satu ini sangat cocok. Ya, paku tanduk rusa adalah salah satu tanaman outdoor yang bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman paku tanduk rusa atau Staghorn ferns adalah tanaman hias dengan bentuk daun panjang yang menjuntai ke bawah dan bercabang menyerupai tanduk rusa. 

Tanaman yang satu ini tumbuh dengan cara menempel pada batang pohon lain, jadi untuk memiliki tanaman ini perlu memiliki pohon di halaman atau taman belakang rumah.

Suplir

Source : Pinterest

Suplir atau Adiantum merupakan tanaman daun kecil yang memiliki warna hijau muda. Daunnya memiliki ukuran kecil dengan bentuk seperti kipas. Supaya tanaman ini bisa tumbuh dengan subur, Pins perlu menyediakan lokasi yang tidak kering dengan udara bersih. Kedua hal tersebut akan membuat tanaman kecil yang satu ini tumbuh dengan subur.

Palem Hias

Source : Pinterest

Rekomendasi tanaman daun outdoor selanjutnya adalah palem hias. Ya, palem memang telah banyak digunakan sebagai tanaman hias entah di jalan, taman atau tempat umum lainnya. Tidak hanya di jalan, tanaman hias yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman daun outdoor di rumah, lho! Namun tidak hanya di luar rumah, tanaman ini juga bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias indoor

Bentuk daunnya yang kecil dan mirip dengan pohon kelapa membuat tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Perawatannya pun tidak sulit, cukup mudah dilakukan bahkan untuk orang awam. Kamu hanya perlu menyiramkan air secukupnya pada pohon ini. Hal ini karena palem hias dapat menyimpan air dengan sangat baik.

Monstera

Source : Pinterest

Mungkin sebagian dari Pins telah familiar dengan tanaman hias yang satu ini. Bagaimana tidak, Monstera yang disebut juga dengan Janda Bolong ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah maupun di luar rumah.

Ya, monstera memang dapat menambah nilai estetik pada rumah. Selain itu, tanaman hias ini juga akan membuat rumah terlihat lebih asri. Bentuk daunnya yang bagus dengan bentuk mirip hati dan bagian tengah daun yang bolong atau berlubang membuat tanaman hias ini sangat diminati.

Philodendron

Source : Pinterest

Tanaman hias selanjutnya adalah philodendron. Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang karena bentuknya yang kecil dan cantik. Bahkan, tanaman hias daun kecil ini biasa dijadikan sebagai tanaman indoor atau interior pada ruangan di rumah. Tanaman hias daun kecil ini memiliki banyak ragam. 

Beberapa spesies diantaranya tumbuh dengan merambat dan ada yang tumbuh di semak-semak. Karena tanaman ini bisa tumbuh di mana saja dengan berbagai kondisi lingkungan, tentu menjadikan tanaman ini cukup spesial dan banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias.

Baca Juga:

10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Itulah informasi tentang jenis tanaman hias daun atau nama nama tumbuhan yang bisa menjadi pilihan bila ingin merawat tanaman hias di rumah. Semoga macam macam tanaman hias di atas bisa menjadi referensi kamu ya untuk memelihara tumbuhan segar seperti referensi tersebut!


Temukan beragam pilihan rumah, tanah dijual atau apartemen seperti Apartemen LRT City Cibubur terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download