90+ Desain Taman Minimalis Modern, Mudah DIbuat, dan Terbaru 2022

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Taman Minimalis Modern: Pengertian, Manfaat Serta Cara Membuatnya

Taman Minimalis Modern: Pengertian, Manfaat Serta Cara Membuatnya

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 3 January 2022 ∙ 14 menit membaca

Pinhome – Hai sahabat hamparan! Salah satu cara sesorang untuk memperindah dan mempercantik tampilan rumah dengan membuat taman. Dengan kehadiran taman di lingkungan rumah akan menjadikan rumah menjadi lebih segar, sejuk, dan juga menenangkan.

Desain rumah minimalis pada saat ini sedang menjadi pilihan bagi banyak orang. Ukuranya yang cenderung tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak furnitur di dalamnya memang menjadi sebuah ciri utama yang khas. Namun terkadang, rumah yang berukuran kecil terasa begitu sumpek.

Ketika menginginkan suasana rumah yang hidup, Pins tentu perlu memberikan sebuah sentuhan baru, seperti halnya membuat taman minimalis di rumah kita.

Pada umumnya taman berisikan jenih-jenis tumbuhan, mulai dari berbagai jenis bunga, tanaman obat, rumput sintetis dan lainya sebagainya. Selain itu tanaman, biasanya taman juga dilengkapi dengan hiasan-hiasan lainya seperti air mancur, kolam, tempat duduk dan lain sebagainya.

Pengertian Taman Minimalis

Taman mempunyai peran yang sangat penting untuk kenyamanan sebuah rumah. Rumah yang tidak memiliki taman akan membuat rumah menjadi terlihat gersang, pengap, dan panas. Dengan adanya taman akan semakin mempercantik penampilan rumah serta menambah keasrian dan kenyamanan.

Bagaimana dengan rumah yang tidak luas? Masih adakah lahan untuk mengembangkan taman? Pertanyaan seperti itu seringkali diajukan orang yang mempunyai lahan terbatan untuk membangung rumah.

Taman adalah sebuah area yang berisikan benda lunak dan keras yang saling mengisi satu sama lain di satu area yang sama, yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan botani.

Sedangkan kata minimalis adalah suatu aliran dalam seni rupa atau seni bangungan yang merupaka sebagai sesuatu yang sederhana, simpel, dan tidak terlalu banyak pola atau bentuk.

Model minimalis biasanya diterapkan untuk tampilan rumah baik dari sisi eksterior, Pengertian taman minimalis adalah taman yang hadir karena bentuk bangunann yang minimalis sehingga akan tercipta lingkungan yang kontekstual dan indah.

Selain itu, taman dengan konsep seperti ini paling banyak diminati, karena mudah untuk menikmatinya dan perawatanya mudah juga.

Taman bergaya minimalis lebih cenderung mengurangi benda yang sekiranya tidak dibutuhkan agar tidak terlihat muluk. Dengan kata lain, keindahan taman tidak diukur dengan unsuk dekoratifnya.

Nah dengan begitu taman lebih terlihat indah, bersih, rapi dengan garis-garis lurus dan halus yang ada dalam desainya. Nah jadi itulah yang membuat taman menjadi serasi dengan bangunan rumah Pins.

Taman rumah minimalis adalah salah satu sebagian rumah mungil yang harus di perhatikan, karena keberadaanya pastilah akan membuat Pins semakin betah tinggal di dalamnya.

Taman yang ada pada rumah tak hanya berfungsi untuk penghias saja, tetapi taman juga ikut serta dalam menyejukan udara sekitar rumah untuk para penghuni rumah.

Sehingga, Pins tak usah heran jika keberadaan taman minimalis tersebut akan membuat tempat hunian Pins terasa lebih sejuk karena memang supply oksigen dalam rumah juga akan berjalan dengan lancar.

Kelebihan Taman Minimalis

taman minimalis modern
(Pixabay)

Salah satu keunggulan taman minimalis yang tidak dapat di hindari lagi adalah, dapat dibuat pada lahan yang sempit. Mungkin ini adalah kendala yang sering dialamai oran-orang saat akan membuat taman di rumah minimalis mereka.

Yasudah dari pada berlama-lama, berikut ini beberapa keunggulan tentang taman minimalis.

1. Tidak Memerlukan Lahan Yang Luas

Sama seperti yang tertulis di judul atas untuk membuat sebuah taman minimalis Pins tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan kita dapat membuatnya pada halaman rumah, pekarangan rumah dan lahan-lahan kosong yang ada disekitar rumah yang tak terpakai.

Dan hal inilah yang menjadikan ide taman ini menjadi salah satu ide taman yang digemari oleh kalangan maskyarakat umum. Karena memiliki ukuran yang tidak telalu luas, Pins juga perlu untuk menyesuaikan tanaman apa yang sesuai dengan rumah Pins dan ukuran taman Pins.

Walaupun ukuranya kecil minimalis, tidak membuat taman Pins kehilangan keindahan dan ke elegananya. Pada umumnya taman ini memiliki desain yang simple, yang menurut sebagian orang hal ini menjadi keunikan tersendiri.

Baca Juga: Ukuran Standar Kloset Duduk

2. Lebih Hemat Biaya

Biaya adalah hal yang perlu dipertimbangkan sesorang saat akan membuat dan membeli properti untuk membuat sebuah taman minimalis di rumah. Makanya Pins bisa menghemat uang Pins dengan membuat konsep taman minimalis.

Karena salah satu keunggulan ide ini adalah harga yang sangat terjangkau. Dengan ukuran lahan yang mini, membuat isi taman ini lebih sedikit bila dibandingkan konsep taman-taman pada umumnya.

Dengan begitu Pins dapat mendapatkan taman sesuia yang Pins idamkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

3. Bisa Di Buat Sesuai Keinginan

Ya umumnya keinginan orang-orang itu berbeda satu sama lain, ada yang menginginkan itu dan ada yang menginginkan ini. Kita tidak bisa dong memaksakan orang lain untuk berkeinginan sama dengan apa yang kita inginkan. Karna setiap orang punya caranya sendiri.

Kelebihan taman minimalis yang satu ini bisa dibuat dengan selera masing-masing individu loh. Taman minimalis biasanya banyak digunakan untuk menghiasi rumah-rumah seseorang. Dan jarang sekali dibuat di tempat umu, seperti stasiun, pasar, pinggiran jalan, dan lain-lainya.

Karena taman itu milik kita sendiri, kita dapat mendesainya sesuai dengan keinginan dan kemampuan Pins. Dan Pins juga leluasa untuk membuat bentuk taman dan desain taman sesuai dengan apa saja yang Pins mau.

Baca Artikel Terkait : Desain Pintu Minimalis

Maanfaat Taman Minimalis

  • Taman yang berisi berbagai tanaman dapat memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan material batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk nyaman dan betah untuk menempatinya.
  • Tanaman yang ada pada taman akan berdampak pada sirkulasi udara, dan membuat sirkulasi udara disekitar rumah menjadi segar dan bersih bagi penghuninya. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat seperti ini, taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih.
  • Taman yang ada pada rumah juga dapat menjadi area rekreatif bagi keluarga. Apalagi kalau luas taman cukup besar untuk bermain dan berkumpul bersama keluarga, Pins bisa menambahkan beberapa eksterior seperti tempat duduk dan meja di tengah taman Pins tentunya.
  • Taman juga berperan untuk media mengisi waktu ataupun untuk menyalurkan hobi sang pemilik rumah. Kelelahan atau stres yang di dapat dari kegiatan sehari-hari mungkin juga bisa hilang ketika kita pergi menikmati taman yang ada di rumah kita dengan cara menyirami bunga atau berkebun di taman.

Jenis Desain Taman Minimalis

Ada sangat banyak sekali jenis desain taman minimalis yang mungkin bisa kamu terapkan di rumah minimalis milikmu. Nah berikut ini beberapa desain taman minimalis yang bisa kamu jadikan sebagai contoh dan model pembutan taman minimalis di hunianmu.

1. Desain Taman Minimalis Jepang

Sama seperti namanya, taman jepang merupakan jenis taman yang diadaptasi dari Negeri Matahari Terbit. Taman jenis ini tentu saja memiliki ciri khas berupa tanaman dan ornamen khas jepang seperti bonsai, bambu, lonceng angin, batu dan kolam ikan koi. Taman Jepang sangat sesuai untuk rumah model minimalis dengan catatan penggunaan ornamen-ornamen yang tidak terlalu kental.

2. Desain Taman Minimalis Mediterania

Taman Mediterania, taman satu ini sangat cocok jika dipadukan dengan rumah minimalis. Beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam adalah Agave, Yucca, Nolina dan Sikas.

Penggunaan ornamen-ornamen seperti lampu taman, patung, pot dengan penyangga, kolam ikan, dan batu koral merupakan elemen utama dari Taman Mediterania. Taman jenis ini lebih sederhana dari taman lain dan taman ini bentuk simetrisnya lebih menonjol.

Baca Artikel Terkait : Dapur Minimalis

3. Desain Taman Minimalis Nuansa Hijau

Salah satu perbandingan yang dapat kita digunakan untuk menentukan apakah sebuah taman itu merupakan taman minimalis atau bukan adalah luas taman dan penggunaan ornamen-ornamen pelengkap di dalamnya.

Jika taman yang dibangun itu tidak banyak memakan ruang dan tidak banyak pula menggunakan hiasan dan lainya, maka taman tersebut dapat digolongkan sebagai bagian dari Taman Minimalis.

4. Desain Taman Minimalis Kering

Taman kering sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jenis taman-taman yang lain. Taman ini tidak telalu banyak memerlukan lahan atau bahkan perairan yang lebih. Jenis tanaman yang digunakan pun biasanya adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh mengingat area taman jenis ini biasanya terdapat di dalam rumah.

5. Desain Taman Eropa

Taman satu ini berbeda dengan jenis taman sebelumnya, Taman Eropa merupakan jenis taman dengan desain yang cukup kompleks. Penggunaan tanaman bunga dengan warna yang beragam dipadukan dengan ornamen-ornamen khas taman-taman di Eropa merupakan ciri dari taman jenis ini.

Dari segi luas area, Taman Eropa biasanya memiliki luas area yang lebar bisa dikategorikan untuk rumah-rumah elit dan memiliki lahan luas.

6. Desain Taman Minimalis Model Klasik

Taman Klasik merupakan jenis taman dengan desain yang banyak digemari pada jaman dahulu. Taman ini berbeda dengan taman minimalis, area taman jenis ini biasanya lebih luas dengan tanaman pohon-pohon tinggi di dalamnya seperti pohon palm dan pohon cemara.

Selain bertujuan untuk memperindah rumah, Taman Klasik biasanya dapat digunakan untuk bermain anak-anak kecil berhubung memiliki lahan yang luas.

Baca Artikel Terkait : Plafon Minimalis

7. Desain Taman Minimalis Khas Bali

Taman Bali adalah salah satu taman yang berkonsep suasana Bali dan memiliki rasa kebudayaan masyarakat Bali yang sangat diminati saat ini, penggunaan gazebo, patung, kolam dan pintu gerbang khas arsitektur Bali merupakan hal yang wajib dimiliki. Yang perlu diingat, Taman Bali memiliki karakter yang sangat kuat sehingga tidak semua rumah dapat dipadukan dengan taman jenis ini.

8. Taman Minimalis Vertikal

Tidak memiliki lahan cukup luas untuk membangun taman? Jangan khawatir, Taman vertikal merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Dengan konsep taman ini, kita dapat membangun sebuah taman secara vertikal dengan dinding atau tembok sebagai area taman.

Jenis tanaman yang dapat digunakan untuk taman vertikal biasanya cukup terbatas berupa bunga-bunga.

Tips Cara Membuat Taman Minimalis

Memiliki taman yang cantik dan sedap dipandang pastinya merupakan dambaan bagi banyak orang terutama jika kita memiliki halaman yang cukup luas. Biasanya pembuatan taman dilakukan oleh tukang taman atau seseorang yang menjual jasa untuk membuat taman yang indah.

Pins bisa menggunakan jasa mereka jika tidak ingin repot dan jika Pins tidak masalah dalam mengeluarkan uang yang cukup besar. Namun Pinsjuga bisa membuat taman minimalis sendiri dengan mudah dan murah di rumah, pastinya dengan hasil yang tidak kalah dengan yang dibuat oleh jasa landscaper.

Ada beberapa kelebihan jika kita membuat taman sendiri, cara membuat taman minimalis juga tidak terlalu sulit. Diantaranya adalah biaya yang bisa kita tekan karena kita bisa memilih sendiri apa-apa saja yang akan kita tempatkan ditaman tersebut. Selain itu juga mengerjakan taman sendiri dapat memberikan kesenangan dan bisa mengurangi bahkan menghilangkan stress.

Baca Juga: Ukuran Standar Kitchen Set Rumah

Taman Minimalis nan Simple

Memiliki dan mendesain sebuah taman yang indah nan minimalis sebenarnya tidaklah terlalu sulit, yang utama yang dibutuhkan adalah imajinasi dan kreasi pribadi Pins sendiri. Pins bisa mendapatkan berbagai macam informasi atau referensi mengenai taman minimalis dengan mudah di internet. Pins juga  bisa mengkombinasikannya dengan kreasi lain atau dengan ide Pins sendiri.

Dalam membuat taman, penggunaan dari rumput merupakan hal yang krusial dan juga utama. Hal tersebut penting agar bisa memberikan kesan sejuk dan natural. Pemberian jalan setapak atau bebatuan juga bisa menambah daya Tarik dari taman tersebut. Dikombinasikan dengan bunga dan tanaman hijau akan membuat taman minimalis Pins menjadi lebih harmonis dan hidup.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara membuat taman minimalis sendiri di rumah dengan mudah dan dengan hasil yang baik.

Baca Juga: 10 Desain Taman di Balkon Lantai 2

Pertimbangkan Luas Area Lahan

Mengecek dan mempertimbangkan luas area dari taman merupakan hal pertama yang harus Pins lakukan ketika akan membuat taman. Luas dari area tersebut dapat menentukan pilihan dari tema, konsep dan juga jenis taman yang akan dibuat. Tentunya kurang tepat jika luas lahan ditaman Pins tidak terlalu luas namun desain yang Pins buat banyak menempakan bunga dan tanaman hias didalamnya.

Lebih untung jika Pins memiliki lahan yang luas, Pins bisa menjadikan taman Pins lebih luas untuk bermain anak-anak dan berkumpul keluarga. Pins dapat membuat konsep ruang tamu indoor dan ruang makan outdoor jika Pins memiliki lahan yang luas. Pins bisa menaruh kursi santai, meja dan kursi makan maupun ayunan.

Tetapi jika rumah Pins memiliki area yang kurang luas, Pins jangan khawatir tentang pembuatan taman. Jikalau area yang Pins miliki kecil dan sempit, itu kesempatan Pins untuk membuat taman minimalis di rumah Pins.

Meletakkan beberapa tanaman kecil di area taman adalah cara untuk mempercantik sebuah taman. Pins tidak dianjurkan untuk meletakkan banyak tanaman di taman kecil Pins.

Lebih baik jika Pins menanam sayuran dengan menggunakan pipa susun. Selain mempercantik taman, sayuran juga bisa dikonsumsi Pins dan keluarga.

Baca Juga: Contoh Sketsa Rumah Minimalis Modern

Buat Desain Tata Letak Taman yang Diinginkan

Sebaiknya sebelum Pins memulai untuk membuat taman dan mulai menanam tanaman di lahan, buat terlebih dahulu tatak letak misalnya di kertas atau menggunakan komputer. Tentukan juga dimana letak taman jika Pins mempunyai 2 lahan kosong dihalaman depan maupun halaman belakang.

Jika anda tinggal di apartemen, anda tetap bisa memanfaatkan lahan kecil dan bahkan dinding balkon sebagai taman minimalis. Tentunya disesuaikan dengan kondisi bangunan dan juga kreativitas anda.

Kebanyakan taman rumah diletakkan di bagian depan rumah, namun ada juga yang meletakkan taman di belakang dan samping rumah. Tanaman yang di taruh di lantai dua atau atap itu, sekarang ini menjadi tren loh di kalangan masyarakat yang mempunyai rumah minimalis.

Taman di dalam rumah atau yang biasanya disebut sebagai indoor garden juga dapat memperindah interior rumah Pins. Selain memperindah interior rumah, dapat juga memberi kesegaran pada mata.

Baca Juga: 5 Contoh Desain dan Denah Rumah Type 60

Sesuaikan Tema Taman Dengan Tema Rumah

Jika tema atau konsep dari taman berbeda jauh dengan tema hunian tempat tinggal kita, tentunya akan sangat tidak serasi dan menjadi kurang menarik bukan? Oleh karenanya, sesuaikan tema taman minimalis yang akan dibuat dengan konsep interior atau eksterior rumah.

Terdapat beberapa tema yang bisa Pins pilih diantaranya adalah tema taman klasik, taman tradisional, taman modern, taman tropis dan konsep lainnya. Taman minimalis bisa digunakan untuk hampi segala jenis konsep hunian tempat tinggal.

Beberapa tema taman di antaranya taman klasik, taman modern, taman tradisional, taman gaya tropis, taman minimalis dan lain-lain. Pada dasarnya semua konsep taman sebenarnya dapat digunakan dan dintanam di area yang luas maupun sempit, tetapi yang harus diperhatikan adalah jenis tanaman dan tata cara meletakkan tanamanya.

Dengan memperhatikan dua hal tersebut, tema taman yang sesuai dengan keinginan Pins akan mudah diterapkan di sekitar rumah Pins.

Pilih Tanaman yang Bagus

Pemilihan tanaman menjadi tips atau cara membuat taman minimalis yang harus Pins perhatikan dengan cermat. Memilih tanaman yang tepat sangat penting karena tanaman tersebut yang menentukan bagus tidaknya taman kita. Tanaman yang salah bisa membuat taman kita terlihat jelek atau aneh dan kurang sedap dipandang. Pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran area taman Pins.

Ketika Pins ingin membeli bunga perhatikan dulu luas taman Pins, sesuaikan dengan luas dari taman Pins tentunya. Jangan membeli tanaman yang terlalu banyak, jika Pins memiliki area kecil. Sebelum ke toko tanaman, Pins dapat memebuat daftar tanaman yang Pins sukai lalu membelinya.

Tanaman yang sehat dan bermanfaat dapat menjadi pilihan untuk taman Pins. Pins dapat mengkobinasikan bunga dan sayuran untuk mengisi taman Pins.

Jadi Pins tidak bosan jika hanya melihat bunga saha di taman Pins, sayuran dapat menjadi sesuatu tampilan yang menarik, berbeda dan bermanfaat di taman Pins.

Baca Juga: 12 Model Pintu Geser untuk Hunian Sempit

Perhatikan Drainase Taman Atau Saluran Air

contoh taman minimalis
sejasa.com

Saluran air yang baik juga harus diperhatikan agar taman dirumah tidak banjir atau tergenang air saat hujan. Sebaiknya buat juga penampung air agar bisa digunakan untuk menyiram tanaman disaat musim kemarau atau musim panas.

Taman itu sangat membutuhkan yang namanya saluran ari. Saluran air berfungsi untuk mengatur air dan agar air tidak menggenang nantinya. Tanaman di taman akan tumbuh dengan baik dan subur jika sistem penyerapan airnya bagus.

Kondisi tanah normal adalah tanah yang bagus untuk ditanami tanaman di taman. Jika tanah terlalu kering, maka tanah kurang memiliki unsur hara sehingga tanaman sulit untuk tumbuh subur. Sedangkan ika taman terlalu basah dan melesak ketika diinjak, maka akan menyebabkan akar tanaman cepat membusuk dan kering.

Itulah tips & cara membuat taman asri nyaman & indah disekitar rumah. Taman taman tersebut bisa menjadi suatu objek yang menjadi rumah kita tidak terlihat monoton. Jika Pins tidak ingin repot membuat taman sendiri Pins bisa menggunakan jasa pembuatan taman, tentunya Pins akan mengeluarkan biasa yang lebih mahal.

Dan semoga informasi diatas bermanfaat bagi Pins, sekian dari kamu, salam sahabat Hamparan!

Baca Juga: 3 Cara Plamir Tembok dengan Mudah untuk Pemula

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel