Kumpulan Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 3 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Desain rumah minimalis kini jadi pilihan bagi banyak orang. Pasalnya, rumah minimalis tidak membutuhkan lahan yang besar dengan isi perabotan yang tidak begitu banyak. Walau begitu, Pins bisa kok mempercantik desain rumah minimalis dengan taman mungil.

Taman berperan penting untuk kenyamanan sebuah rumah. Ruman tanpa taman bisa membuat hunian tampak gersang, pengap, dan tanah. Keberadaan taman tentu akan mempercantik penampilan serta menambah keasrian dan kenyamanan penghuni saat di rumah.

Nah, Pins mungkin bingung harus mulai dari mana ketika ingin membuat desain kebun minimalis di lahan terbatas? Tenang, kamu bisa melihat beberapa contoh taman minimalis di bawah ini sebagai referensi!

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Contoh Desain Taman Minimalis

Banyak orang yang memilih membuat taman sederhana minimalis karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan hemat biaya. Selain itu, kamu bisa membuat desain taman minimalis sesuai selera dan kebutuhan.

Walau begitu, kamu mungkin akan menemukan beberapa rintangan saat membuat kebun minimalis mengingat lahan yang digunakan terbatas. Untungnya, Pins bisa \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’mencontek\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’ beberapa contoh taman minimalis di bawah ini sebagai inspirasi!

Taman Minimalis Gaya Jepang

(Pinterest)

Salah satu desain taman minimalis yang banyak orang buat adalah gaya Jepang. Taman model ini diadaptasi dari Negeri Matahari Terbit. Ciri khas kebun minimalis ini berupa tanaman dan ornamen khas Jepang, seperti:

  • Bonsai
  • Bambu
  • Lonceng angin
  • Batu
  • Kolam ikan koi

Taman bergaya Jepang cocok untuk rumah minimalis, asalkan penggunaan ornamen-ornamen yang ada tidak begitu kental dan terlalu mencolok.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Taman Minimalis Model Mediterania

(Pinterest)

Selain Jepang, wilayah Mediterania kerap menjadi inspirasi desain taman minimalis, lho. Beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mendukung suasana adalah Agave, Yucca, Nolina, dan Sikas.

Pins juga bisa memakain ornamen seperti lampu taman, patung, pot dengan penyangga, kolam ikan, dan batu koral sebagai elemen utama. Dibandingkan taman lainnya, kebun ini cenderung sederhana dengan bentuk simetris yang lebih menonjol.

Taman Minimalis Nuansa Hijau

(Pinterest)

Salah satu perbandingan yang dapat kita digunakan untuk menentukan apakah sebuah taman itu merupakan taman minimalis atau bukan adalah luas taman dan penggunaan ornamen-ornamen pelengkap di dalamnya.

Jika taman yang dibangun itu tidak banyak memakan ruang dan tidak banyak pula menggunakan hiasan dan lainnya, taman tersebut dapat digolongkan sebagai bagian dari taman minimalis. Salah satu contohnya yaitu memanfaatkan unsur nuansa hijau.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Taman Minimalis Kering

(Tokopedia)

Contoh taman minimalis kering sebenarnya tidak begitu berbeda dengan jenis taman lainnya. Namun, taman ini tidak memerlukan lahan atau perairan yang lebih.

Jenis tanaman yang digunakan pun biasanya adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh, seperti kaktus. Pasalnya, area taman kering biasanya ada di dalam rumah. Jadi, kamu bisa memilih tanaman yang bisa tumbuh di dalam rumah, alias tanaman indoor, ya!

Taman Minimalis Gaya Eropa

(IOL)

Taman satu ini berbeda dengan jenis taman sebelumnya, Taman Eropa merupakan jenis taman dengan desain yang cukup kompleks. Penggunaan tanaman bunga dengan warna yang beragam dipadukan dengan ornamen-ornamen khas taman-taman di Eropa merupakan ciri dari taman jenis ini.

Dari segi luas area, taman gaya Eropa biasanya memiliki luas area yang lebar bisa dikategorikan untuk rumah-rumah elit dan memiliki lahan luas. Walau begitu, Pins masih bisa kok menerapkan gaya ini di rumah minimalis dengan lahan terbatas dengan jumlah tanaman yang tidak banyak.

Taman Minimalis Khas Bali

(The Damai)

Contoh taman minimalis khas Bali tentu berkaitan erat dengan kebudayaan masyarakat yang diminati saat ini. hal ini termasuk pemakaian gazebo, patung, kolam, dan pintu gerbang khas arsitektur Bali yang wajib jadi elemen utama.

Desain kebun minimalis khas Bali juga umumnya memiliki karakter yang kuat. Alhasil, tidak semua rumah minimalis bisa dipadukan dengan taman jenis ini. Jadi, sesuaikan desain taman minimalis kamu dengan model rumah.

Baca juga: Tips Membuat Desain Taman Dalam Rumah

Taman Minimalis Gaya Vertikal

Bagi Pins yang tidak punya lahan cukup luas untuk membangun taman tidak perlu khawatir. Taman vertikal merupakan salah satu pilihan yang bisa jadi pertimbangan.

Sesuai namanya, kamu bisa membangun sebuah taman secara vertikal pada dinding atau tembok sebagai area tempat tanaman. Namun, jenis tanaman yang bisa digunakan pada model taman minimalis ini cukup terbatas, seperti Begonia, Lili Paris, Dollar Plant, atau Tanduk Rusa.

Taman Minimalis dengan Jalan Kerikil dan Beton

(Platt Hill Nursery)

Salah satu cara membuat taman minimalis kamu menjadi unik adlaah membuat jalan kecil dengan kerikil atau beton. Beton yang dipoles biasanya mempunyai tekstur yang unik dan warna yang dimiliki bisa membuat taman menjadi menonjol.

Pins juga harus memperhitungkan ketebalan beton dan detail jalan. Hal ini bertujuan membantu menentukan ruang dengan garis yang lebih clean dan tampak sederhana.

Pada taman dengan jalan kecil ini juga sebaiknya tidak memakai terlalu banyak tanaman. Pins bisa memilih dan menempatkan tanaman di area-area tertentu untuk menciptakan lingkungan yang seimbang, harmonis, dan teratur.

Taman Minimalis Tropis

(Bali Interiors)

Desain taman tropis mungkin hal yang pertama kali terlintas saat memiliki rumah minimalis. Nyatanya, taman ini bisa pilihan untuk menghasilkan luar rumah menjadi rimbun dan menciptakan suasana liburan, lho.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti paving batu kapur dan kayu berbahan keras. Jangan takut membiarkan kayu tampak lapuk karena ini menciptakan keseimbangan, tetapi tetap tampak menarik.

Jangan lupa untuk menggunakan elemen berwarna putih untuk menjaga kesegaran dan minimalisme dengan lantai-lantai pada taman. Kamu pun bisa menanam tanaman dengan daun yang lebar dan subur, seperti telinga gajah, untuk mendapatkan suasana tropis.

Nah, itu adi sederet inspirasi desain taman yang bisa kamu terapkan di rumah bergaya minimalis. Jangan lupa untuk membuat taman sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu dan keluarga. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Properti
Properti Kisaran Harga Tipe Rumah Minimalis, Terbaru 2022!

Ingin membeli rumah minimalis? Rumah minimalis ini kini menjadi incaran kaum millenials ketiak menc

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia