BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Inspirasi Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik
0
0

9 Inspirasi Desain Taman Minimalis yang Bikin Rumah Makin Apik

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Taman Minimalistop-right-banner

Desain rumah minimalis kini jadi pilihan bagi banyak orang. Pasalnya, rumah minimalis tidak membutuhkan lahan yang besar dengan isi perabotan yang tidak begitu banyak. Walau begitu, Pins bisa kok mempercantik desain rumah minimalis dengan taman mungil.

Taman berperan penting untuk kenyamanan sebuah rumah. Ruman tanpa taman bisa membuat hunian tampak gersang, pengap, dan tanah. Keberadaan taman tentu akan mempercantik penampilan serta menambah keasrian dan kenyamanan penghuni saat di rumah.

Nah, Pins mungkin bingung harus mulai dari mana ketika ingin membuat desain kebun minimalis di lahan terbatas? Tenang, kamu bisa melihat beberapa contoh taman minimalis di bawah ini sebagai referensi!

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

Inspirasi Desain Taman Minimalis Terbaik 2023

Banyak orang yang memilih membuat taman sederhana karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan hemat biaya. Selain itu, kamu bisa membuat desain taman minimalis sesuai selera dan kebutuhan.

Walau begitu, kamu mungkin akan menemukan beberapa rintangan saat membuat kebun minimalis mengingat lahan yang digunakan terbatas. Untungnya, Pins bisa mencontek beberapa contoh taman minimalis di bawah ini sebagai inspirasi!

Taman Minimalis Gaya Jepang

Source : Pinterest

Salah satu desain taman minimalis yang banyak orang buat adalah gaya Jepang. Taman model ini diadaptasi dari Negeri Matahari Terbit. Ciri khas kebun minimalis ini berupa tanaman dan ornamen khas Jepang, seperti:

  • Bonsai
  • Bambu
  • Lonceng angin
  • Batu
  • Kolam ikan koi

Taman bergaya Jepang cocok untuk rumah minimalis, asalkan penggunaan ornamen-ornamen yang ada tidak begitu kental dan terlalu mencolok.

Baca juga: Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

Taman Minimalis Model Mediterania

desain taman minimalis
Source : Pinterest

Selain Jepang, wilayah Mediterania kerap menjadi inspirasi desain taman minimalis, lho. Beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mendukung suasana adalah Agave, Yucca, Nolina, dan Sikas.

Pins juga bisa memakain ornamen seperti lampu dekorasi taman, patung, pot dengan penyangga, kolam ikan, dan batu koral sebagai elemen utama. Dibandingkan taman lainnya, kebun ini cenderung sederhana dengan bentuk simetris yang lebih menonjol.

Taman Minimalis Nuansa Hijau

Source : Pinterest

Salah satu perbandingan yang dapat kita digunakan untuk menentukan apakah sebuah taman itu merupakan taman minimalis atau bukan adalah luas taman dan penggunaan ornamen-ornamen pelengkap di dalamnya.

Jika taman yang dibangun itu tidak banyak memakan ruang dan tidak banyak pula menggunakan hiasan dan lainnya, taman tersebut dapat digolongkan sebagai bagian dari taman minimalis. Salah satu contohnya yaitu memanfaatkan unsur nuansa hijau.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Desain Taman Minimalis Kering

desain taman minimalis
Source : Tokopedia

Contoh taman minimalis kering sebenarnya tidak begitu berbeda dengan jenis taman lainnya. Namun, taman ini tidak memerlukan lahan atau perairan yang lebih.

Jenis tanaman yang digunakan pun biasanya adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh, seperti kaktus. Pasalnya, area taman kering biasanya ada di dalam rumah. Jadi, kamu bisa memilih tanaman yang bisa tumbuh di dalam rumah, alias tanaman indoor, ya!

Taman Minimalis Gaya Eropa

desain taman minimalis
Source : IOL

Taman satu ini berbeda dengan jenis taman sebelumnya, Taman Eropa merupakan jenis taman dengan desain yang cukup kompleks. Penggunaan tanaman bunga dengan warna yang beragam dipadukan dengan ornamen-ornamen khas taman-taman di Eropa merupakan ciri dari taman jenis ini.

Dari segi luas area, taman gaya Eropa biasanya memiliki luas area yang lebar bisa dikategorikan untuk rumah-rumah elit dan memiliki lahan luas. Walau begitu, Pins masih bisa kok menerapkan gaya ini di rumah minimalis dengan lahan terbatas dengan jumlah tanaman yang tidak banyak.

Taman Minimalis Khas Bali

Source : The Damai

Contoh taman minimalis khas Bali tentu berkaitan erat dengan kebudayaan masyarakat yang diminati saat ini. hal ini termasuk pemakaian gazebo, patung, kolam, dan pintu gerbang khas arsitektur Bali yang wajib jadi elemen utama.

Desain kebun minimalis khas Bali juga umumnya memiliki karakter yang kuat. Alhasil, tidak semua rumah minimalis bisa dipadukan dengan taman jenis ini. Jadi, sesuaikan desain taman minimalis kamu dengan model rumah.

Baca juga: Tips Membuat Desain Taman Dalam Rumah

Taman Minimalis Gaya Vertikal

desain taman minimalis

Bagi Pins yang tidak punya lahan cukup luas untuk membangun taman tidak perlu khawatir. Taman vertikal merupakan salah satu pilihan yang bisa jadi pertimbangan.

Sesuai namanya, kamu bisa membangun sebuah taman secara vertikal pada dinding atau tembok sebagai area tempat tanaman. Namun, jenis tanaman yang bisa digunakan pada model taman minimalis ini cukup terbatas, seperti Begonia, Lili Paris, Dollar Plant, atau Tanduk Rusa.

Taman Minimalis dengan Jalan Kerikil dan Beton

Source : Platt Hill Nursery

Salah satu cara membuat taman minimalis kamu menjadi unik adlaah membuat jalan kecil dengan kerikil atau beton. Beton yang dipoles biasanya mempunyai tekstur yang unik dan warna yang dimiliki bisa membuat taman menjadi menonjol.

Pins juga harus memperhitungkan ketebalan beton dan detail jalan. Hal ini bertujuan membantu menentukan ruang dengan garis yang lebih clean dan tampak sederhana.

Pada taman dengan jalan kecil ini juga sebaiknya tidak memakai terlalu banyak tanaman. Pins bisa memilih dan menempatkan tanaman di area-area tertentu untuk menciptakan lingkungan yang seimbang, harmonis, dan teratur.

Desain Taman Minimalis Tropis

desain taman minimalis
Source : Bali Interiors

Desain taman tropis mungkin hal yang pertama kali terlintas saat memiliki rumah minimalis. Nyatanya, taman ini bisa pilihan untuk menghasilkan luar rumah menjadi rimbun dan menciptakan suasana liburan, lho.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti paving batu kapur dan kayu berbahan keras. Jangan takut membiarkan kayu tampak lapuk karena ini menciptakan keseimbangan, tetapi tetap tampak menarik.

Jangan lupa untuk menggunakan elemen berwarna putih untuk menjaga kesegaran dan minimalisme dengan lantai-lantai pada taman. Kamu pun bisa menanam tanaman dengan daun yang lebar dan subur, seperti telinga gajah, untuk mendapatkan suasana tropis.

Nah, itu adi sederet inspirasi desain taman yang bisa kamu terapkan di rumah bergaya minimalis. Jangan lupa untuk membuat taman sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu dan keluarga. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download