BlogPemilik PropertiDesain HunianKelebihan dan Kekurangan dari Mezzanine Baja Ringan
0
0

Kelebihan dan Kekurangan dari Mezzanine Baja Ringan

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
mezzanine-baja-ringantop-right-banner

Pada rumah-rumah minimalis kini banyak dibangun mezzanine untuk memaksimalkan lahan dan fungsi rumah supaya bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Mezzanine adalah ruang tambahan yang terletak setengah lantai lebih tinggi pada lantai dasar sesungguhnya. Ruangan ini biasanya digunakan pada rumah-rumah minimalis dengan luas terbatas. Simak artikel ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mezzanine baja ringan!

Pins coba telusuri hunian yang tidak kalah menarik dan bagus sebagai tempat tinggal barumu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Apabila kamu ingin membangun rumah dengan desain milikmu sendiri, coba manfaatkan Program KPR Bank!

Baca juga: 11 Rekomendasi Desain Kamar Tidur Mezzanine Super Stylish

Kelebihan dan Kekurangan dari Mezzanine Baja Ringan

Umumnya mezzanine digunakan sebagai gudang, namun saat ini banyak juga rumah yang telah memanfaatkan mezzanine baja ringan dengan berbagai fungsi seperti kamar, ruang kerja dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya mezzanine memungkinkan sekali kamu untuk mendapatkan ruangan lebih yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai fungsi. Dalam membangun mezzanine sendiri terdapat banyak pilihan material mulai dari kayu, beton hingga baja ringan. Namun kali ini Pinhome akan membahas kelebihan dan kekurangan dari mezzanine baja ringan. Simak informasinya lewat ulasan di bawah ini:

Mengenal Apa Itu Mezzanine

Source : Pinterest

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mezzanine adalah ruangan tambahan yang dibangun setengah lantai lebih tinggi dari lantai dasar rumah sesungguhnya. Hal ini membuat rumah memiliki ruangan tambahan yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai fungsi mulai dari kamar, ruang kerja, perpustakaan pribadi dan masih banyak lagi. 

Penggunaan mezzanine ini memang cukup populer akhir-akhir ini karena konsep minimalis yang memaksimalkan fungsi meski dengan lahan terbatas. Mezzanine hadir untuk menawarkan solusi tersebut sehingga penghuni rumah terpenuhi kebutuhannya.

Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat mezzanine. Hal pertama yang harus Pins perhatikan adalah posisi dan luas mezzanine itu sendiri. Pastikan kamu memilih posisi yang tepat agar tidak mengganggu fungsi ruangan lainnya.

Hal kedua adalah pemilihan material dalam pembangunan mezzanine. Kamu bisa menggunakan beton, besi, kayu dan baja ringan. Setiap material ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

Source : Pinterest

Baja ringan memang telah menjadi material yang sangat umum dalam pembuatan mezzanine maupun konstruksi lainnya. Baja ringan memiliki kekuatan yang sangat baik dan cukup awet dan tahan lama. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik menggunakan baja ringan sebagai bahan konstruksi.

Namun dalam pembangunan mezzanine sendiri, penggunaan baja ringan ini memiliki beberapa kelebihan lho! Ini dia alasannya:

Baca juga: Apa Itu Mezzanine? Informasi Detail Seputar Mezzanine Di Sini

1. Instalasi yang Mudah

Kelebihan penggunaan baja ringan pada mezzanine yang pertama adalah instalasinya yang mudah. Kemudahan pemasangan ini sangat mempercepat proses pemasangan baja ringan dalam pembangunan mezzanine. Oleh karena itu, baja ringan lebih diburu oleh masyarakat karena instalasinya yang lebih mudah dibandingkan dengan material lainnya.

2. Beban yang Ringan

Penggunaan baja ringan pada mezzanine juga memberi keuntungan lain, yaitu beban yang ringan. Bobot yang ringan ini tentu tidak akan membebani konstruksi rumah yang sudah ada. Oleh karena itu mezzanine dari baja ringan ini bisa menjadi alternatif solusi bagi Pins yang khawatir jika pembangunan mezzanine akan membebani konstruksi rumah.

Baca juga: 10 Desain Rumah Mezzanine dalam Rumah Untuk Hemat Ruang

3. Kekuatan yang Tinggi dan Tahan Lama

Kelebihan lain dari penggunaan baja ringan lainnya adalah kekuatan yang sangat tinggi dan tahan lama. Baja ringan ini mampu menahan berat tanpa penopang besi atau cor seperti pada beton. Konstruksi baja ringan ini juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama. Penggunaan baja ringan ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang memikirkan keawetan konstruksi jangka panjang.

4. Harga yang Terjangkau

Dibandingkan dengan material lainnya, baja ringan cenderung lebih murah. Baja ringan bahkan disebut-sebut lebih ekonomis dibandingkan kayu. Hal ini karena daya tahan baja ringan yang sangat panjang. Jadi Pins bisa menghemat biaya dengan menggunakan baja ringan.

Kekurangan Mezzanine Baja Ringan

Source : Pinterest

Walaupun memiliki banyak kelebihan, baja ringan juga memiliki kelemahan yang harus menjadi pertimbangan kamu sebelum memilihnya sebagai material dalam pembuatan mezzanines di rumah. Apa saja itu? Berikut ini kekurangannya:

Baca juga: 10 Desain Rumah Mezzanine Dalam Rumah Hemat Ruang

1. Mudah Berkarat

Perawatan yang kurang tepat akan memudahkan munculnya karat pada baja ringan. Usahakan baja ringan tidak terlalu sering terkena air karena akan sangat cepat memicu karat pada baja. Pins harus berhati-hati dalam merawat material yang satu ini agar lebih awet dan tahan lama.

2. Cenderung Mahal dengan Budget Terbatas

Meski sebelumnya disebutkan bahwa penggunaan baja ringan untuk mezzanines cukup ekonomis, namun dengan budget terbatas pengeluaran untuk baja ringan justru cenderung mahal. Disebut ekonomis karena biaya yang dikeluarkan sepadan dengan daya tahan dan kekuatannya yang awet dan tahan lama. Dengan begini Pins jadi tidak perlu melakukan renovasi dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: 8 Desain Kamar Kost Mezzanine yang Luas

3. Tampilan yang Kurang Rapi

Kelemahan lain dari baja ringan adalah tampilannya yang kurang rapi. Baja ringan tidak begitu fleksibel seperti kayu, terutama dalam pemotongan. Hal ini bisa membuat bentuk-bentuk pada profil baja ringan. Bentuk inilah yang akan membuat tampilan mezzanine jadi tidak begitu rapi.

4. Baja Ringan Belum Terbukti Ramah Lingkungan

Hal lainnya yang harus menjadi pertimbangan Pins juga adalah baja ringan yang belum terbukti ramah lingkungan. Selama ini publikasi mengenai baja ringan yang ramah lingkungan tidak begitu banyak. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan baja sebagai mezzanine.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan mezzanine baja ringan. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah pengetahuan Pins mengenai pemilihan material mezzanine yang baik ya!

Baca juga:

Feature Source Image: ArchDaily


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download