BlogPemilik PropertiDesain HunianInspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil
0
0

Inspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Luas kamar tidur akan mempengaruhi pilihan furniture yang digunakan termasuk ukuran tempat tidur. Tempat tidur lipat menjadi pilihan yang pas untuk kamar dengan lahan sempit.

Manfaat dari tempat tidur lipat di antaranya adalah mampu memaksimalkan ruang terbatas. Selain itu kasur lipat mudah dibawa kemana-mana karena ringan serta memiliki banyak sekali variasi.

Harganya cukup terjangkau bahkan ada yang dijual kurang dari sejuta rupiah. Kasur ini juga mempunyai fleksibilitas tinggi sebab ada yang menggunakan kerangka dan tanpa kerangka. Berikut beberapa inspirasi tempat tidur lipat yang bisa jadi pilihanmu!

Baca juga:

Murphy Bed

tempat tidur lipat dengan sofa di sebelahnya berwarna abu-abu
Source : Shutterstock

Murphy bed merupakan tempat tidur yang dirancang untuk dilipat ke dinding. Jika tempat tidur tidak digunakan bisa langsung dilipat vertikal langsung menghadap dinding.

Perabotan ini bukanlah hal yang baru karena dipatenkan pada 1900. Kala itu seorang imigran bernama William Lawrence Murphy menggunakan tempat tidur ini pada apartemen kecilnya.

Tempat tidur ini memiliki teknologi penguncian yang efektif sehingga tidak berbahaya. Sebelum membeli murphy bed pastikan dulu tinggi dan lebar tempat tidur yang ingin diselipkan.

Ketika kasur diangkat maka bagian bawahnya bisa difungsikan untuk ruang bergerak. Pins dapat dikolaborasikan dengan ruang kerja atau perpustakaan. 

Ukuran tempat tidur bisa untuk single atau queen. Murphy bed juga cocok untuk kamar asrama maupun studio.

Sofa Bed

wanita yang sedang duduk diatas tempat tidur lipat
Source : Shutterstock

Tampilan tempat tidur ini seperti sofa pada umumnya. Hanya saja mampu ditransformasikan menjadi matras. Sofa bed cocok untuk rumah yang memiliki kamar tidur minim.

Sofa diletakan di ruang tamu dan bisa difungsikan sebagai kasur tambahan. Fungsinya ganda selain dijadikan alas duduk yang empuk dapat dialihfungsikan sebagai kasur hangat di malam hari.

Desain sofa bed sangat beragam dan ukurannya ramping namun tetap bervolume. Material sofa bed paling nyaman adalah yang memakai pelapis berupa kain suede dan woven.

Kain ini memiliki permukaan yang sangat lembut sehingga cocok sekali untuk rumah dengan interior Skandinavia. Walaupun begitu ada pula yang berbahan licin dari kulit.

Sofa bed seperti ini biasa digunakan untuk ruang dengan gaya modern maupun vintage. Sofa bed memiliki material padding yaitu high density foam yang setara dengan kasur busa.

Furniture ini mudah dipindah-pindahkan sehingga cocok ditempatkan di berbagai area rumah. Saat membeli sofa bed pastikan rangkanya dari kombinasi kayu multipleks.

Ketahanan dari bahan ini lebih awet daripada logam. Durabilitasnya lengkap karena didukung oleh baut, paku, atau braket konstruktif.

Baca juga:

Storage Bed

tempat tidur lipat model storage dibagian bawah kasur ada lacinya
Source : Shutterstock

Tempat tidur yang juga berguna sebagai tempat penyimpanan semakin mudah ditemukan. Ini artinya permintaan akan storage bed semakin tinggi.

Model tempat tidur seperti ini bagian bawahnya berupa laci yang difungsikan sebagai lemari. Jika ingin memiliki storage lebih besar umumnya digunakan keseluruhan bagian bawah kasur.

Cara membuka lemarinya dengan mengangkat kasur secara vertikal. Hal ini membuat tempat tidur tidak memiliki kolong atau celah bawah. 

Laci atau lemari di bawah kasur bisa dipakai untuk menyimpan berbagai barang-barang. Pins dapat meletakan pakaian, mainan, buku bahkan perabotan kecil lainnya.

Model tempat tidur seperti ini cocok sekali untuk kamar tidur mungil. Area yang sebelumnya dipakai untuk lemari bisa difungsikan sebagai tempat belajar.

Camp Bed

dua tempat tidur lipat dengan bantal dan selimut
Source : Shutterstock

Tempat tidur lipat ini sering ditemukan pada perlengkapan camping. Beratnya sangat ringan dan biasa digunakan untuk tempat tidur satu orang saja. Kebanyakan rangka dari kayu karena lentur sehingga mudah dilipat.

Camp bed pertama kali diperkenalkan oleh tentara Roma. Bagian alasnya tidak memiliki busa yang tebal bahkan ada yang hanya memakai kain. 

Model tempat tidur seperti ini cocok sekali untuk tambahan kasur ekstra saat berkegiatan indoor maupun outdoor. Untuk menambah kenyamanan umumnya bagian alas akan ditambahi bed cover.

Selain berguna sebagai selimut, jika tidak sedang digunakan bisa difungsikan sebagai alas tambahan. Tempat tidur lipat seperti ini juga memiliki kepala kasur dan bisa dilipat setipis mungkin.

Baca juga:

Futon

tempat tidur lipat model futon lengkap dengan bantal
Source : Shutterstock

Futon merupakan tempat tidur tradisional asal Jepang. Tempat tidur ini tidak memiliki rangka dan terdiri atas kasur lengkap dengan selimutnya. Futon umumnya digelar di atas tatami.

Tatami sendiri berupa tikar penutup lantai yang terbuat dari tenunan alang-alang. Satu set futon terdiri atas kakebuton yaitu selimut lembut dan shikibuton yang berfungsi sebagai alas tidur.

Futon bisa dilipat dan disimpan dalam lemari. Perawatan futon sederhana yakni cukup dijemur di bawah sinar matahari guna membunuh bakteri dan kuman penyebab alergi.

Tempat tidur ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya sehingga masih digunakan hingga kini. Tidur beralaskan futon bisa mencegah pegal-pegal sekaligus meluruskan punggung.

Permukaan futon yang keras mampu meluruskan bahu, punggung dan leher. Futon juga memiliki dua jenis yang bisa disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung.

Saat musim dingin digunakan futon yang lebih padat agar tetap hangat. Saat musim panas tiba maka dipakai yang jenisnya lebih ringan dan memiliki pori-pori khusus sehingga tidak kepanasan ketika tidur.

Itulah beberapa pilihan tempat tidur lipat yang bisa dipakai untuk kamar mungil. Selain mampu menghemat ruangan nyatanya model tempat tidur ini juga multifungsi dan bagus untuk kesehatan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami G-Land Padalarang Valley dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download