Inspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 11 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Luas kamar tidur akan mempengaruhi pilihan furniture yang digunakan. Termasuk didalamnya ukuran tempat tidur. Tempat tidur lipat menjadi pilihan yang pas untuk kamar mungil.

Manfaat dari tempat tidur lipat diantaranya adalah mampu memaksimalkan ruang terbatas. Kasur lipat mudah dibawa kemana-mana karena ringan. Selain itu memiliki banyak sekali variasi dan tahan lama.

Harganya cukup terjangkau ada yang dijual kurang dari sejuta rupiah. Fleksibilitas tinggi sebab ada yang menggunakan kerangka dan tanpa kerangka. Berikut beberapa inspirasi tempat tidur lipat yang bisa jadi pilihanmu!

Baca Juga : 10 Desain Kamar Tidur Kecil 2×2 yang Super Cozy

Murphy Bed

(Shutterstock)

Murphy bed merupakan tempat tidur yang dirancang untuk dilipat ke dinding. Jika tempat tidur tidak digunakan bisa langsung dilipat vertikal langsung menghadap dinding.

Perabotan ini bukanlah hal yang baru karena dipatenkan pada 1900. Kala itu seorang imigran bernama William Lawrence Murphy menggunakan tempat tidur ini pada apartemen kecilnya.

Tempat tidur ini memiliki teknologi penguncian yang efektif sehingga tidak berbahaya. Sebelum membeli murphy bed pastikan dulu tinggi dan lebar tempat tidur yang ingin diselipkan.

Ketika kasur diangkat maka bagian bawahnya bisa difungsikan untuk ruang bergerak. Pins dapat dikolaborasikan dengan ruang kerja atau perpustakaan. 

Ukuran tempat tidur bisa untuk single atau queen. Murphy bed juga cocok untuk kamar asrama maupun studio.

Sofa Bed

(Shutterstock)

Tampilan tempat tidur ini seperti sofa pada umumnya. Hanya saja mampu ditransformasikan menjadi matras. Sofa bed cocok untuk rumah yang memiliki kamar tidur minim.

Sofa diletakan di ruang tamu dan bisa difungsikan sebagai kasur tambahan. Fungsinya ganda selain dijadikan alas duduk yang empuk dapat dialihfungsikan sebagai kasur hangat di malam hari.

Desain sofa bed sangat beragam dan ukurannya ramping namun tetap bervolume. Material sofa bed paling nyaman adalah yang memakai pelapis berupa kain suede dan woven.

Kain ini memiliki permukaan yang sangat lembut. Selain itu cocok sekali untuk rumah dengan interior Skandinavia. Walaupun begitu ada pula yang berbahan licin dari kulit.

Sofa bed seperti ini biasa digunakan untuk ruang dengan gaya modern maupun vintage. Sofa bed memiliki material padding yaitu high density foam yang setara dengan kasur busa.

Furniture ini mudah dipindah-pindahkan sehingga cocok ditempatkan di berbagai area rumah. Saat membeli sofa bed pastikan rangkanya dari kombinasi kayu multipleks.

Ketahanan dari bahan ini lebih awet daripada logam. Durabilitasnya lengkap karena didukung oleh baut, paku, atau braket konstruktif.

Baca Juga : Ini Dia 15 Desain Kamar Tidur Unik dan Kreatif untuk Ditiru

Storage Bed

(Shutterstock)

Tempat tidur yang juga berguna sebagai tempat penyimpanan semakin mudah ditemukan. Ini artinya permintaan akan storage bed semakin tinggi.

Model tempat tidur seperti ini bagian bawahnya berupa laci yang difungsikan sebagai lemari. Jika ingin memiliki storage lebih besar umumnya digunakan keseluruhan bagian bawah kasur.

Cara membuka lemarinya dengan mengangkat kasur secara vertikal. Hal ini membuat tempat tidur tidak memiliki kolong atau celah bawah. 

Laci atau lemari di bawah kasur bisa dipakai untuk menyimpan berbagai barang-barang. Pins dapat meletakan pakaian, mainan, buku bahkan perabotan kecil lainnya.

Model tempat tidur seperti ini cocok sekali untuk kamar tidur mungil. Area yang sebelumnya dipakai untuk lemari bisa difungsikan sebagai tempat belajar.

Camp Bed

(Shutterstock)

Tempat tidur lipat ini sering ditemukan pada perlengkapan camping. Beratnya sangat ringan dan biasa digunakan untuk tempat tidur satu orang saja. Kebanyakan rangka dari kayu karena lentur sehingga mudah dilipat.

Camp bed pertama kali diperkenalkan oleh tentara Roma. Bagian alasnya tidak memiliki busa yang tebal bahkan ada yang hanya memakai kain. 

Model tempat tidur seperti ini cocok sekali untuk tambahan kasur ekstra saat berkegiatan indoor maupun outdoor. Untuk menambah kenyamanan umumnya bagian alas akan ditambahi bed cover.

Selain berguna sebagai selimut, jika tidak sedang digunakan bisa difungsikan sebagai alas tambahan. Tempat tidur lipat seperti ini juga memiliki kepala kasur dan bisa dilipat setipis mungkin.

Baca Juga : Desain Kamar Tidur Bayi Yang Lucu Namun Tetap Nyaman

Futon

(Shutterstock)

Futon merupakan tempat tidur tradisional asal Jepang. Tempat tidur ini tidak memiliki rangka dan terdiri atas kasur lengkap dengan selimutnya. Futon umumnya digelar di atas tatami.

Tatami sendiri berupa tikar penutup lantai yang terbuat dari tenunan alang-alang. Satu set futon terdiri atas kakebuton yaitu selimut lembut dan shikibuton yang berfungsi sebagai alas tidur.

Futon bisa dilipat dan disimpan dalam lemari. Perawatan futon sederhana yakni cukup dijemur dibawah sinar matahari guna membunuh bakteri dan kuman penyebab alergi.

Tempat tidur ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya sehingga masih digunakan hingga kini. Tidur beralaskan futon bisa mencegah pegal-pegal sekaligus meluruskan punggung.

Permukaan futon yang keras mampu meluruskan bahu, punggung dan leher. Futon juga memiliki dua jenis yang bisa disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung.

Saat musim dingin digunakan futon yang lebih padat agar tetap hangat. Saat musim panas tiba maka dipakai yang jenisnya lebih ringan dan memiliki pori-pori khusus sehingga tidak kepanasan ketika tidur.

Itulah beberapa pilihan tempat tidur lipat yang bisa dipakai untuk kamar mungil. Selain mampu menghemat ruangan nyatanya model tempat tidur ini juga multifungsi dan bagus untuk kesehatan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternya

Lifestyle
Lifestyle 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Bagi pekerja profesional di bidang tertentu, sudah saatnya untuk mengetahui merk laptop terbaik apa

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Pipa Besi Galvanis dan Lainnya, Terbaru 2022

Pipa besi merupakan material bangunan yang digunakan untuk konstruksi bangunan. Pipa besi tersebut

Lifestyle
Lifestyle 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kebutuhan di dunia digital yang semakin beragam membuat pemakaian aplikasi kamera laptop ikut menin

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia