Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Apa itu Mezzanine? Informasi Detail Seputar Mezzanine di Sini

Lifestyle

Apa itu Mezzanine? Informasi Detail Seputar Mezzanine di Sini

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam merancang rumah, tentu kamu ingin rumah dibuat sebaik mungkin agar nanti dapat difungsikan sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Ya, rumah memang kebutuhan primer yang memerlukan pertimbangan matang. Jika Pins tertarik untuk membuat rumah dengan konsep modern, salah satu hal yang biasanya diterapkan pada rumah-rumah modern adalah dengan membuat mezzanine

Pinhome – Hal ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki lahan terbatas namun ingin menambah ruangan dalam rumah lho! Mungkin masih banyak dari Pins yang belum paham tentang mezzanine karena penerapannya belum begitu banyak di Indonesia. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan mengenai apa itu mezzanine dan informasi lainnya pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Tips Dan Trik Membangun Rumah Tingkat Minimalis

Mengenal Apa Itu Mezzanine

(Pinterest)

Mezzanine berasal dari kata mezzo yang berasal dari Italia. Mezzo sendiri berarti bagian tengah. Hal ini sesuai dengan fungsinya yang dibuat sebagai lantai tambahan dalam satu lantai. Secara singkat, mezzanine adalah ruangan pada lantai tambahan yang terletak dalam satu lantai. Area bertingkat ini berbeda dengan rumah dua lantai, ya Pins. Rumah dua lantai dipisahkan oleh atap atau pembatas sehingga menghasilkan dua lantai yang bertumpuk.

Baca Juga: Tips Membuat Denah Rumah Tingkat Minimalis 2 Lantai

Ruangan mezzanine berada pada lantai yang sama, hanya saja dibangun lebih tinggi dibandingkan permukaan lantai. Lantai mezzanine bisanya 4-5 meter lebih tinggi dibandingkan permukaan pada lantai yang seharusnya. Jadi Pins tidak perlu repot-repot membangun rumah bertingkat untuk memiliki tambahan ruangan pada rumah.

Keuntungan Menggunakannya

Menggunakan ruangan yang satu ini pada rumah membuat kamu memiliki beberapa keuntungan. Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan dengan membangun mezzanine adalah memungkinkan kamu mendapat ruangan tambahan meski kamu memiliki luas lahan yang terbatas. kamu juga jadi dapat memiliki ruangan tambahan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harus membuat lantai bertingkat untuk membangun ruangan lain. 

Dengan ruangan ini, Pins bisa mendesain ruangan ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Pins jadi memiliki tempat penyimpanan tambahan seperti tempat penyimpanan barang, atau ruangan untuk fungsi lain seperti ruangan kerja, baca buku dan sebagainya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Rumah Mezzanine

Dalam membangun rumah mezzanine, tentu Pins harus merancangnya dengan matang dan memperhatikan beberapa hal agar ruangan ini bisa dibangun dengan kuat dan kokoh. Berikut penjelasan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun rumah mezzanine.

Posisi dan Luas

Hal pertama yang perlu kamu pikirkan dalam membangun lantai mezzanine adalah posisi dan luasnya. Biasanya ruangan ini terletak pada bagian tengah-tengah lantai rumah, sehingga kamu perlu menentukan posisi yang pas agar ruangan ini terlihat bagus dan sesuai. Usahakan untuk tidak membuat ruangan ini terlalu dekat dengan plafon agar ketika ruangan ini digunakan, kamu bisa berdiri dengan nyaman di dalamnya.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan luas ruangan ini. Hal ini karena ruangan ini berada di tengah-tengah satu lantai yang tentunya perlu dirancang kekuatannya agar tidak membahayakan penghuni rumah saat menggunakannya.

Material untuk Pembuatan Lantai Mezzanine

Terdapat beberapa material yang dapat menjadi pilihan kamu dalam membangun lantai mezzanine, antara lain adalah kayu, beton, besi dan baja. Dalam membangun lantai mezzanine, Pins harus memikirkan ketebalan dan kekuatan material agar lantai dapat dipastikan benar-benar kuat dan aman. 

Selain itu Pins juga harus memikirkan material yang sesuai dengan interior rumah agar nantinya mezzanine dapat sesuai dengan interior rumah kamu. Setelah menentukan lantai mezzanine, Pins bisa mendesain ruangan sesuai keinginan kamu agar dapat difungsikan sesuai rencana. Terdapat beberapa inspirasi ruangan yang bisa kamu terapkan pada rumah mezzanine, berikut daftarnya.

Pemilihan Tangga

Hal lainnya yang perlu kamu pertimbangkan dalam membangun ruangan ini adalah pemilihan tangga yang tepat. Dalam memilih tangga, Pins harus menyesuaikan luas ruangan agar lebih sesuai. Jika ruangan ini dibuat tidak terlalu luas, kamu bisa menggunakan tangga sederhana seperti dari material kayu. Namun jika ruangan cukup luas, maka kamu dapat menggunakan material tangga yang lebih kuat dan besar seperti besi atau baja.

Ruangan Kerja

(Pinterest)

Jika Pins memiliki lahan terbatas namun sangat membutuhkan ruangan kerja dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan rumah mezzanine. Dengan tambahan ruangan ini, kamu bisa mendesain ruangan kerja kamu semenarik mungkin agar saat bekerja kamu tidak mudah bosan. Pins bisa menambahkan beberapa interior yang diperlukan seperti lampu gantung, meja kerja, kursi dan rak buku agar lebih mudah mengorganisasi alat-alat kerja kamu.

Ruang Membaca

(Pinterest)

Apakah Pins memiliki hobi membaca? Karena mezzanine adalah solusi bagi kamu yang membutuhkan ruang baca tetapi memiliki luas rumah yang terbatas. Pins bisa meletakkan rak dan buku-buku di ruangan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan lampu dan sofa agar kegiatan membaca semakin nyaman untuk dilakukan.

Tempat Bersantai

(Pinterest)

Jika Pins membutuhkan ruang lebih untuk bersantai, membuat mezzanine adalah solusinya. Pins membuat ruangan ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dengan menambahkan sofa dan meja yang dapat digunakan untuk bersantai pada sore atau malam hari. kamu juga bisa menambahkan bantal-bantal sofa agar kegiatan bersantai semakin terasa nyaman dan menyenangkan.

Itulah beberapa informasi tentang mezzanine. Sebelum membangun ruangan ini, pastikan kamu mempertimbangkannya dengan matang agar hasilnya sesuai dengan keinginan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel