BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan
0
0

15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 2, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
mezzanine ruang tamutop-right-banner

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperluas ruangan, termasuk dengan menghadirkan desain mezzanine di ruang tamu. Pengertian mezzanine sendiri berasal dari bahasa Italia, mezzo berarti bagian tengah atau dapat diartikan ruang atau lantai tambahan yang dibangun dalam hunian satu lantai.

Nah, ternyata pilihan konsep desain ruang tamu dengan tambahan mezzanine cukup bervariasi, lho, Pins! Namun, pastikan kamu memperhatikan luas dan tinggi langit-langit ruangan agar ruangan tidak sempit dan sesak. Setidaknya, minimal ruangan tempat mezzanine memiliki tinggi 440 cm. 

Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak referensi 15 desain mezzanine untuk ruang tamu berikut ini. 

1. Ruang Tamu Mezzanine Bergaya Minimalis

mezzanine ruang tamu minimalis
Source : Pinterest

Siapa sangka rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas dapat semakin optimal jika memakai konsep mezzanine? Pins dapat memanfaatkan setiap sudut kecil di dalam hunian sebaik mungkin. 

Termasuk pada ruang tamu bergaya minimalis satu ini. Untuk memaksimalkan ruang ini, Pins menciptakan kamar tidur tambahan yang nyaman.

2. Elegan dengan Konsep Monokrom

mezzanine ruang tamu monokrom
Source : Homedit

Monokrom hampir selalu jadi andalan. Desain mezzanine ruang tamu dengan pilihan warna monokrom menampilkan nuansa sederhana dengan cara yang elegan. Pilihlah dekorasi atau furnitur yang senada agar kesan lebih maksimal. 

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Pins perlu atur dengan baik denah rumah mezzanine sesuai dengan rencana lebih awal, ya! 

3. Mezzanine Ruang Tamu dengan Area Tertutup

mezzanine ruang tamu dengan ruang tertutup
Source : Pinterest

Bagi Pins yang mendambakan memiliki ruang private di dalam rumah, maka Pins dapat menggunakan mezzanine di atas ruang tamu. Dengan kayu yang menutupi seluruh ruang mezzanine memberikan cukup privasi untuk Pins di dalam rumah. 

Untuk dapat mendapatkan sirkulasi udara dengan baik, jangan lupa untuk menghadirkan jendela pada sisi tembok ruangan, ya, Pins!

Baca juga:

17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

4. Lantai Atas untuk Office Loft

mezzanine ruang tamu dengan office loft
Source : Home Office Bits

Apabila Pins memiliki rutinitas yang sebagian besar mengharuskan di rumah, seperti untuk belajar dan bekerja, maka konsep satu ini menjadi pilihan yang tepat. Gunakan ruang tamu dengan mezzanine yang digunakan sebagai ruang kerja di bagian atasnya. 

Manfaatkan ruang untuk meletakkan unit rak yang unik, meja untuk komputer, dan peralatan lainnya. Dengan penataan seperti ini, Pins bisa mengawasi anak-anak yang bermain atau menonton TV di ruang tamu, namun tetap memiliki privasi untuk bekerja. 

5. Desain Mezzanine Ruang Tamu Sebagai Playroom

mezzanine ruang tamu dengan playroom
Source : Home Office Bits

Saat harus menjamu tamu tetapi takut si Kecil mengganggu sesi mengobrolmu? Jadikan ruang mezzanine di atas ruang tamu sebagai area bermain anak-anak. Pins dapat mendekorasi area tersebut agar sesuai dengan warna favorit anak.

Biarkan anak bersenang-senang sementara kamu bisa melihatnya dari sekitar ruang tamu. Cara ini adalah solusi sempurna untuk rumah kecil dengan langit-langit tinggi dan keluarga yang memiliki anak.

6. Gunakan Area Atas Sebagai Perpustakaan

mezzanine ruang tamu dengan perpustakaan
Source : Pinterest

Apakah kamu memiliki banyak koleksi buku? Daripada dibiarkan menumpuk di dalam kardus, lebih baik hadirkan ruang kosong untuk perpustakaan dengan menambahkan lantai mezzanine di atas ruang tamu.

Tak perlu ukuran besar, cukup perpustakaan mezzanine dengan rak buku khusus yang sangat cocok dengan ruangan. Tambahkan satu buah bantal atau kursi malas agar Pins bisa bersantai membaca buku favoritmu sambil duduk lesehan. 

Baca juga:

12 Desain Foyer Ruang Tamu yang Sederhana Hingga Mewah

7. Mezzanine dengan Konsep Mid-Century Modern

mezzanine ruang tamu mid-century
Source : Pinterest

Apabila Pins memiliki luas ruang untuk area ruang tamu yang lebih luas tetapi dengan konsep mezzanine, maka desain Mid-Century menjadi pilihan yang tepat. Kombinasi gaya retro yang dan Scandinavian.dapat memberikan kesan pertama yang menampakan kemewahan. 

Unsur Mid-Century Modern semakin nampak berkat hadirnya unsur-unsur kayu dengan area terbuka yang hijau. Tak perlu khawatirkan pencahayaan atau penerangan pada gaya satu ini, karena rumah akan lebih segar dan nyaman. 

8. Scandinavian-style Mezzanine

mezzanine ruang tamu scandinavian
Source : Pinterest

Ciri khas desain mezzanine ruang tamu Skandinavia adalah minimalis dan banyak memakai unsur alami, terutama kayu serta penggunaan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cokelat muda, dan krem. 

Desain interior ala Skandinavia menawarkan kenyamanan maksimal bagi penghuni. Dominasi warna putih pada interior dinding terlihat semarak dengan kombinasi material kayu. Ruang atas sebaiknya memiliki ukuran lebih luas agar Pins dapat leluasa untuk memanfaatkannya. 

9. Ruang Tamu Elegan Bergaya Japandi

Source : Pinterest

Japandi adalah kombinasi antara Japanese dan Scandinavian style dalam desain interior yang sudah populer sejak tahun 2017. Konsepnya yang unik dengan hasil akhir yang elegan dan stylish, menjadikan gaya ini cocok diaplikasikan pada semua ruangan. 

Nah, buat Pins yang mendambakan gaya arsitektur Japandi, maka bisa mencoba untuk mengaplikasikan pada ruang tamu mezzanine satu ini. Guna ruang atas sebagai area santai yang nyaman. 

Baca juga:

16 Variasi Warna Cat Ruang Tamu Cream yang Menarik

10. Kontemporer dengan Mezzanine Transparan

mezzanine ruang tamu transparan
Source : Rated People

Gaya kontemporer pada dasarnya merupakan gaya desain yang identik dengan kesan kekinian. Pins dapat mengaplikasikan desain kontemporer dengan ciri khas pencahayaan alami yang maksimal yang juga dapat diaplikasikan pada desain ruang tamumu. 

Berkat konsep mezzanine kontemporer, pencahayaan dapat hadir dengan maksimal karena adanya jendela besar di dekat pintu masuk.  

11. Industrialist-style Mezzanine

mezzanine ruang tamu industrial
Source : Arch Daily

Sesuai definisi dari arsitektur industrial, mezzanine pada ruang tamu ini juga menampilkan konsep setengah jadi atau unfinished pada dindingnya yang terlihat belum dicat. Dominasi interior abu-abu semen dan kayu menjadikannya terlihat elegan. 

Ruang tamu berkonsep mezzanine ini dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan meja bar di sudut ruangan. Sementara ruang yang tersisa di bagian dapat digunakan sebagai tempat kerja maupun kamar tidur ekstra.

12. Open Plan Interior

mezzanine ruang tamu open plan
Source : Pufik Homes

Penggunaan mezzanine yang juga sangat cocok untuk rumah dengan interior terbuka. Konsep open space di ruangan akan sangat sempurna dengan desain ruang tamu mezzanine yang juga terbuka. 

Dengan konsep keterbukaan ini akan membuat ruangan terasa jauh lebih besar. Lantai bawah untuk tamu, makan, dan memasak, sedangkan lantai mezzanine dapat kamu manfaatkan untuk istirahat.

13. Konsep Mezzanine dengan Patio

mezzanine ruang tamu dengan patio
Source : Homedit

Kalau Pins menginginkan menghadirkan area taman di tengah atau di dalam rumah (patio), maka konsep satu ini menjadi pilihan yang tepat untukmu. Konsep dengan area atasnya berfungsi sebagai patio merupakan bukti betapa serbagunanya mezzanine

Pada area bawahnya, Pins dapat memanfaatkan sebagai ruang tamu dengan konsep open space, sementara area atasnya digunakan sebagai ruang teras atau taman luar ruangan dengan atap kaca yang tetap membiarkan sinar matahari masuk. 

14. Colorful Mezzanine

mezzanine ruang tamu colorful
Source : Booking

Tertarik memiliki ruangan yang ceria untuk menjamu tamu yang datang? Yuk, coba aplikasikan desain ruang tamu mezzanine colorful satu ini. Manfaatkan warna-warna netral dan warna terang tanpa harus bertabrakan satu dengan yang lainnya. 

Tambahkan wallpaper yang unik kalau ingin menambahkan kesan lebih berwarna pada ruanganmu. Jika di ruang bawah sebagai ruang tamu, gunakan ruang atas sebagai kamar pun tak masalah. 

15. Mezzanine Studio Kecil dengan Tempat Tidur Gantung

mezzanine ruang tamu 15
Source : i-Design Arch

Studio berukuran sangat kecil dapat lebih maksimal dengan hadirnya mezzanine, lho, Pins! Penghuni rumah dapat menghadirkan tempat tidur gantung di bagian atas ruang tamu miliknya. 

Berkat kombinasi yang ciamik pada konsep ini, interior ini tetap menjadi contoh yang baik untuk menghemat ruang sambil menawarkan kenyamanan optimal.

Nah, itulah beberapa desain mezzanine untuk ruang tamu yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk menjadi memperluas ruangan. Hal penting untuk dicatat, sebaiknya ketika Pins memutuskan untuk memilih konsep mezzanine, pastikan melakukan perencanaan yang matang, ya!

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download