BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Varian Warna Cat Teras Rumah Klasik yang Bagus
0
0

7 Varian Warna Cat Teras Rumah Klasik yang Bagus

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
warna cat teras rumah klasiktop-right-banner

Warna cat teras rumah klasik menjadi pilihan ketika dipadukan dengan desain rumah modern. Hal ini akan menambah estetika, sehingga rumah minimalis bisa tampak lebih elegan dengan sentuhan klasik pada pemilihan warna untuk bagian teras. 

Warna-warna klasik cenderung tak lekang oleh waktu, karena selalu digunakan orang dari berbagai zaman. Palet warna ini cukup konsisten dipilih lintas generasi dengan alasan yang sama, yaitu warna yang serbaguna dan mudah dipadupadankan. 

Memilih warna klasik untuk teras bisa mempercantik tampilan rumah eksklusif kamu seperti Golden Flower atau perumahan di BSD lainnya. Kamu yang baru beli rumah second di Bandung juga bisa memilih warna ini untuk mengubah suasana rumah. 

Tak hanya untuk teras rumah, warna-warna klasik juga cocok diaplikasikan pada ruangan yang lain, mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga ruangan multifungsi di dalam rumah. 

Baca juga: Mengenal Warna Cyan dan 8 Pengaplikasiannya untuk Ruangan

Arsitektur Klasik

warna cat teras rumah klasik
Source : Pixabay

Sebelum membahas tentang warna, ada baiknya kamu mengetahui tentang apa itu desain arsitektur klasik yang cenderung memiliki nilai estetika yang tinggi dibanding desain minimalis. 

Pengertian arsitektur klasik adalah gaya bangunan dan teknik desain bangunan yang mengacu pada zaman klasik atau zaman Yunani kuno, seperti yang digunakan pada zaman Helenistik dan Kekaisaran Romawi. 

Tak hanya soal gaya bangunan, arsitektur klasik ini juga bisa dikenali dari pilihan palet warna yang khas. Pilihan warna ini akan menunjang kesan mewah dan elegan pada bangunan dengan arsitektur klasik. 

Arsitektur klasik tidak melulu tentang bangunan dengan bahan material dari kayu atau batu. Saat ini, arsitektur klasik juga banyak memiliki napas modern dan desain gedung yang rumit, misalnya atap, tiang, bahkan struktur batu atau marmer dibuat dengan detail sempurna.

Gaya arsitektur klasik dianggap sebagai model yang tua, karena muncul bersamaan dengan dimulainya peradaban tulisan secara formal. Mulanya, arsitektur klasik ini banyak ditemukan di wilayah Eropa yang diaplikasikan pada banyak bangunan yang sebagian masih berfungsi hingga saat ini. 

Jenis arsitektur klasik dibuat dengan tiga alasan penting, yaitu tempat berlindung atau rumah, tempat ibadah, dan sebagai tempat pertemuan atau berkumpul. Untuk alasan kedua dan ketiga inilah bangunan dengan desain klasik dibuat sedetail dan seindah mungkin. 

Baca juga: 7 Arti atau Makna Warna Jingga serta Karakteristiknya

Warna Cat Teras Rumah Klasik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, arsitektur klasik tidak hanya tentang desain interior atau eksteriornya saja, melainkan juga tentang pemilihan palet warna yang tepat. 

Palet warna sangat penting dalam dekorasi rumah klasik modern. Warna yang tepat akan membuat bagian teras rumah kian terlihat mewah dan elegan, layaknya bangunan-bangunan klasik di Eropa. 

Berikut ini adalah beberapa warna cat teras rumah klasik yang bisa diaplikasikan di rumahmu.

1. Putih

warna cat teras rumah klasik
Source : Pixabay

Bangunan bergaya klasik identik dengan ketenangan yang dihadirkannya. Maka, memilih warna putih untuk teras rumah klasik merupakan pilihan tepat di antara banyak warnanya yang lain. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa warna putih mampu menghadirkan ketenangan. Kamu bisa memulai dengan menjadikan warna putih sebagai warna dasar di bagian teras, lalu tambahkan warna lain baik dalam bentuk cat pada bagian tiang atau pagar, atau memilih furniture dengan warna tertentu.

2. Cream

warna cat teras rumah klasik
Source : Pinterest

Warna cream merupakan salah satu warna netral yang bisa digunakan untuk bagian teras rumah bergaya klasik. Cream adalah warna yang berasal dari perpaduan antara kuning pucat, kuning pastel, dan sejenis warna putih krem. 

Sama seperti warna putih, cream juga memiliki karakter menenangkan. Selain itu, kesan klasik pada bagian teras rumah akan semakin terpancar dengan pilihan warna ini. Cream juga merupakan warna yang fleksibel untuk dikombinasikan dengan warna lain, seperti putih, abu-abu, kuning, dan sebagainya. 

Baca juga: Arti Warna dalam Desain Grafis

3. Abu-abu

warna cat teras rumah klasik
Source : Wikimedia Commons

Secara teori, warna abu-abu bukan merupakan warna layaknya hitam atau putih. Sebaliknya, abu-abu atau kelabu adalah tingkat intensitas warna dalam komposisi warna hitam dan putih. Abu-abu juga bisa diartikan sebagai titik hitam yang tidak sempurna. 

Namun demikian, hadirnya warna abu-abu ini menambah opsi warna klasik yang bisa kamu terapkan untuk bagian teras. Warna ini sangat menenangkan namun juga menghadirkan kesan mewah dan elegan. Banyak bangunan klasik di Eropa yang menggunakan warna abu-abu ini. 

4. Sage

warna cat teras rumah klasik
Source : Pinterest

Warna sage bisa menjadi pilihan warna cat teras rumah klasik. Selain menunjang kesan klasik, sage juga menghadirkan kesan natural pada bagian teras rumah. Apalagi jika halaman depan teras merupakan taman dengan beraneka ragam tanaman hias outdoor.

Sage sendiri merupakan warna yang dihasilkan dari kombinasi warna hijau, abu-abu, dan kuning. Kombinasi ini menghadirkan warna sage yang menenangkan dan menambah kesan klasik pada bagian teras rumah. 

5. Kuning

warna cat teras rumah klasik
Source : Pinterest

Warna kuning menciptakan teras rumah klasik dengan sentuhan keceriaan. Ini bisa menjadi opsi untuk menghilangkan anggapan bahwa bangunan klasik cenderung menyeramkan dan misterius. Dengan teras warna kuning, maka anggapan itu akan hilang dan rumah kamu mencerminkan keceriaan. 

Warna kuning merupakan salah satu dari tiga warna primer subtraktif, bersama dengan warna magenta dan warna cyan. Sistem warna CMYK dalam cetak warna memakai empat warna tinta, salah satunya adalah kuning.

Baca juga: 11 Kombinasi Warna Cat Orange Pada Dinding Rumah Bikin Hati Senang

6. Coklat

warna cat teras rumah klasik
Source : Pinterest

Buat kamu yang ingin mencari aman, maka warna coklat bisa menjadi pilihan untuk warna cat teras rumah klasik. Pasalnya, warna ini bisa dipadupadankan dengan warna lain untuk menambah kesan klasik di rumah. 

Warna coklat dianggap sebagai warna solid yang membawa suasana bersahaja. Namun demikian, coklat juga menghadirkan kekuatan, membumi, keselamatan, kenyamanan, dan karakter klasik lainnya. 

7. Biru Klasik

warna cat teras rumah klasik
Source : Pinterest

Biru klasik mungkin menjadi warna yang paling disukai secara universal, karena akan mengingatkan pada laut dan langit yang menenangkan. Bahkan warna biru klasik ini sempat dinobatkan sebagai Color of the Year versi Pantone pada 2020 silam.

Sentuhan warna biru klasik bisa diaplikasikan pada backdrop teras, tiang teras, atau pada pagar yang ada di bagian teras. Sementara bagian lain seperti daun pintu atau gawang pintu, bisa menggunakan warna putih untuk menambah kesan elegan.

Itulah 7 warna cat teras rumah klasik yang bisa diaplikasikan di rumah. Dengan memilih warna-warna tersebut, teras rumah akan menambah kesan klasik yang menenangkan. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download