Kamus Istilah Properti

Mezanin

istilah properti

Mezanin

Mezanin adalah lantai tambahan yang letaknya berada di antara lantai satu dan plafon atau lantai satu dan lantai dua apabila rumah bertingkat.

Apa Itu Mezanin? 

Mezanin
(Pinterest)

Istilah mezanin merujuk pada sebuah lantai tambahan di dalam bangunan. Mezanin atau mezzanine berasal dari bahasa Italia ‘mezzo’ yang berarti bagian tengah atau di tengah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mezanin adalah tingkat bangunan beratap rendah yang terletak menjorok di antara dua tingkat sebuah gedung (biasanya antara lantai dua dan tiga). 

Selain itu, mezanin juga bisa diartikan sebagai lantai di tingkat tertentu pada sebuah bangunan, yang sebagian terbuka dan tidak mencakup seluruh luasan gedung. Dalam arsitektur Prancis, mezzanine juga berarti ruangan yang dibuat dengan partisi, namun tidak naik sampai ke langit-langit.

Sederhananya, mezanin layaknya sebuah balkon di dalam ruangan yang biasa dibangun di tengah dua lantai, antara lantai dasar dengan langit-langitnya. 

Luas mezanin hanya sekitar sepertiga dari luas ruangan tersebut dan tidak dihitung sebagai satu lantai

Keuntungan Mezzanine

Mezanin
(Pinterest)

Sebelumnya, mezanin lebih banyak digunakan untuk bangunan pergudangan dan pabrik karena bangunan seperti ini biasanya memiliki atap atau plafon yang tinggi. Namun, kini mezzanine pun sering digunakan di gedung perkantoran, gereja, toko, ruang pertunjukan, rumah, apartemen, dan hotel.

Menghadirkan mezanin punya banyak keuntungan, berikut ini diantaranya: 

  • Membantu membuat ruangan dengan langit tinggi terasa lebih pribadi dan kurang luas, dan dapat menciptakan ruang lantai tambahan. 
  • Salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional.  
  • Dibandingkan dengan merenovasi rumah dengan menambah lantai, menerapkan mezzanine lebih hemat biaya.
  • Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang studio kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. 

Mau Memakai Mezanin di Rumah? Ini Tipsnya

Mezanin
(Pinterest)

Saat ini ada beberapa perumahan yang sudah menghadirkan konsep mezanin sebagai desain bawaan. Namun, bagi Pins yang ingin menciptakan lantai mezanin sendiri tetap bisa, kok.

Yuk, simak tipsnya berikut ini:

Tentukan Luas Lantai Mezanin 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, dalam mendesain rumah mezzanine sebaiknya tidak lebih dari sepertiga dari total luas ruangan yang dibangun. Sementara untuk tinggi ruangannya, dibuat layaknya ruangan normal, sekitar 2.7 hingga 3 meter. Tujuannya, tak lain agar ruangan tidak terlihat sempit dan sumpek.

Kemudian perhatikan juga tinggi plafon rumah. Selain berbahaya karena kepala akan mudah terbentur, sirkulasi udara dalam ruangan pun terganggu sehingga hawa ruangan cenderung menjadi panas.

Pilih Material Terbaik 

Dalam mewujudkan lantai mezanin, ada empat material yang dapat digunakan, yaitu:

  • Kayu, kelebihannya biaya yang relatif murah, namun dari kokohnya, disarankan kayu harus memiliki ketebalan minimal 20 milimeter.
  • Beton adalah material yang sangat disarankan sebagai material untuk lantai mezanin karena kekuatannya. Namun, ketika ingin menggunakan beton, dibutuhkan kecermatan tinggi saat perencanaan dan biayanya yang relatif mahal.
  • Besi dan baja merupakan material yang paling mudah untuk diaplikasikan dan harganya juga relatif terjangkau. Namun, kurang dari segi estetika sehingga mungkin saja tidak akan sesuai dengan desain interior ruang di rumah Anda. 

Mengingat lantai mezanin merupakan bagian dari bangunan utama rumah dan menjadi ruangan yang digunakan sehari-hari oleh penghuni rumah, pastikan Pins memilih material yang aman dan tepat, ya! 

Optimalkan Pencahayaan 

Sirkulasi udara dan pencahayaan sangatlah penting di dalam sebuah hunian. Untuk itu, pencahayaan tepat, harus sesuai dengan fungsi lantai mezanin dalam rumah. Ketika lantai mezanin tidak mendapat pencahayaan alami, Pins bisa memberikan pencahayaan yang memadai melalui lampu. 

Tambahkan kipas angin seperlunya, pada dinding atau sudut lantai agar tidak pengap. Cobalah memasang jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara menjadi lancar dan pancaran cahaya alami dapat masuk ke ruang.

Pemilihan Desain Tangga 

Pada konsep mezanin, tangga adalah elemen utama yang dibutuhkan untuk berpindah antar lantai. Untuk hunian konsep mezanin, Pins harus memilih desain tangga yang sederhana dan efisien agar tidak membuat ruangan terasa semakin sempit. 

Sesuaikan juga desain tangga dengan interior ruang utama di mana lantai mezanin berada. Desain tangga spiral atau tegak bisa menjadi pilihan yang tepat agar tidak memakan banyak ruang di rumah. 

Lengkapi Furnitur Sesuai Fungsinya 

Sebagai penambah ruangan, lantai mezanin akan memerlukan furnitur yang sesuai dengan fungsi lantai tersebut. Misalnya, jika lantai mezanin dijadikan sebagai perpustakaan, maka perlu adanya rak buku. 

Pilihlah furnitur dengan tinggi yang tidak terlalu mepet dengan tinggi langit-langit untuk menghindari suasana sesak. Sebagai alternatif, pikirkan desain furnitur yang mengutamakan efisiensi tempat seperti furnitur lipat.