17 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 30, 2022 ∙ 15 menit membaca

Daftar Isi

Memiliki kamar mandi dengan nilai estetika tinggi memang menjadi impian bagi hampir semua orang. Pins tentu ingin membuat desain kamar mandi semenarik mungkin, namun tetap irit budget bukan? Jika demikian, desain kamar mandi sederhana dan murah yang akan kami bahas di sini bisa kamu ikuti.

Walaupun terbilang minim budget, kamar mandi tetap bisa dibuat menarik dengan menghadirkan suasana nyaman di dalamnya. Hal tersebut perlu didukung oleh beberapa komponen agar dapat terwujud. Mulai dari kebersihan, pemilihan warna, interior kamar mandi, hingga letak kamar mandi itu sendiri.

Kenapa Harus Menentukan Desain Kamar Mandi?

(Freepik)

Mungkin kamu sering bertanya-tanya, apa tujuan mendesain kamar mandi di rumah? Bukan hanya sekedar menambahkan nilai estetika saja, ada 3 alasan untuk mendesain kamar mandi yang bisa kamu pertimbangkan, di antaranya:

  • Pertama, kamar mandi adalah area pribadi untuk membersihkan diri. Agar aktivitas membersihkan diri nyaman, maka desain kamar mandi harus tetap bagus. 
  • Kedua, kondisi kamar mandi mempunyai kelembaban tinggi dibandingkan area lain di rumah. Untuk menetralisir hal tersebut, mendesain kamar mandi perlu kamu prioritaskan juga.
  • Ketiga, kerabat atau teman mungkin akan mampir ke rumahmu. Mereka pasti akan menggunakan kamar mandi untuk mencuci tangan atau buang air kecil, sehingga menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar mandi perlu kamu lakukan. 

Selain ketiga alasan di atas, menentukan desain kamar mandi juga bisa membantumu untuk memaksimalkan ruangan yang sempit agar tetap nyaman dan fungsional. Pasalnya, banyak orang yang mengurungkan niat untuk menciptakan desain kamar mandi impiannya karena ruangan yang sempit.

Padahal, kamu juga bisa membuat ruangan sempit tersebut menjadi kamar mandi minimalis modern yang cantik sesuai dengan impianmu. Di samping itu semua, ada banyak keuntungan mempunyai kamar mandi kecil yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: Tips Desain Kamar Mandi Apartemen

Keuntungan Mempunyai Kamar Mandi Kecil

Beberapa keuntungan mempunyai kamar mandi kecil di antaranya adalah:

Lebih Mudah Dibersihkan

Bagi kamu yang mempunyai kamar mandi kecil harusnya jangan merasa minder, hal ini karena kamu akan bisa lebih hemat waktu, energi dan uang untuk membersihkan area ini.

Hemat Budget Saat Renovasi

Setelah beberapa tahun pasti kamu merasa perlu renovasi atau dekorasi kamar mandi sederhana. Ukuran kamar mandi yang mungil tidak memerlukan biaya yang besar ketika akan direnovasi.

Pada dasarnya ukuran kamar mandi di rumah tidak menjadi masalah besar. Mau ukuran yang luas atau mungil bukanlah sebuah kendala, yang pasti ukurannya sesuai dengan kebutuhan tuan rumah. Hal yang paling penting adalah kamar mandi harus mempunyai fungsi yang mengakomodasi kebutuhan.

Baca juga: 25 Perlengkapan Kamar Mandi Minimalis Kekinian

Tips Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Sebelum menentukan desain kamar mandi yang nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa mewujudkan kamar mandi impianmu. Berikut ini tips desain kamar mandi sederhana dan murah yang bisa kamu ikuti:

Tentukan Kamar Mandi Basah atau Kering

Mendesain kamar mandi mungil
(Pixabay)

Pertama yang harus Pins pikirkan adalah jenis kamar mandi yang akan Pins buat, kamar mandi kering atau kamar mandi basah. Bila Pins  menginginkan jenis kamar mandi kering maka area basah harus dibuat terpisah.

Area kering bisa Pins gunakan untuk tempat wastafel dan closet, sedangkan area basah digunakan untuk shower maupun bathtub. Agar tidak menyita banyak tempat, Pins bisa menggunakan partisi berupa kaca untuk memisahkan kedua area tersebut.

Penggunaan model bak kamar mandi sebisa mungkin dihindari karena berpotensi sebagai tempat bertelurnya nyamuk. Namun jika Pins menggunakan bak mandi, sebaiknya Pins menggunakan bak mandi berukuran mini, sehingga mudah dikuras dan dibersihkan.

Sesuaikan bentuk dan ukuran sanitary sesuai dengan ukuran kamar mandi Pins. Bentuk dan ukuran sanitary yang tidak tepat akan semakin mempersempit kamar mandi Pins. Akibatnya, Pins akan tidak nyaman saat menggunakan kamar mandi.

Baca juga : Inspirasi Konsep Kamar Mandi Modern

Tentukan Material yang Digunakan

Mendesain kamar mandi mungil
(Pixabay)

Perhatikan pula pemilihan bahan material yang digunakan. Untuk mempermudah, Pins bisa memilih satu set keramik yang memiliki tema tertentu. Biasanya sudah mencakup keramik lantai, dinding bawah, dinding atas serta list.

Namun bila Pins ingin berkreasi, tak ada salahnya mengkreasikan sendiri perpaduan warna sesuai dengan selera Pins. Untuk meminimalisir anggaran, Pins bisa memilih material dari granit tile yang menyerupai granit asli.

Granit tile lebih tebal bila dibandingkan dengan keramik. Keuntungan menggunakan granit tile adalah natnya yang halus sehingga hampir tak terlihat. Oleh karena itu ruangan kamar mandi bisa terasa lebih lapang dan bersih.

Untuk pemilihan warna, Pins bisa mengkombinasikan warna gelap dan warna cerah. Pastikan pasokan cahaya terpenuhi dengan cukup di seluruh ruangan. Tambahkan lampu halogen di sudut kamar mandi. Penggunaan cermin besar juga bisa membantu memberikan kesan luas pada kamar mandi.

Agar kamar mandi Pins sehat, gunakan exhaust fan sehingga bisa membuang udara kotor di dalam kamar mandi keluar ruangan melalui plafon. Oleh karena itu, Pins dianjurkan mendesain kamar mandi yang bersebelahan langsung dengan bagian luar ruangan.

Sehingga udara dari luar bisa bebas keluar masuk dan kamar mandi Pins tidak terlalu lembab. Perlengkapan sanitary seperti kran, shower, maupun floor drain sebaiknya Pins gunakan bahan stainless steel. Bahan tersebut selain awet juga mudah dalam perawatannya. Bahkan tampilannya terkesan menarik dan elegan.

Utamakan Kenyamanan dan Keindahan

Menciptakan kenyamanan kamar mandi bisa dilakukan dengan memperhatikan peralatan di dalamnya yang cukup nyaman. Misalnya untuk marmer yang kamu gunakan, pilihlah jenis bahan lantai yang tidak licin apabila terkena air.

Untuk efek keindahan, kamu bisa mencari motif lantai kamar mandi yang elegan atau bahkan keramik kamar mandi yang tidak licin, sehingga akan memberi kesan nyaman pada desain kamar mandi.

Maksimalkan Pencahayaan

Pencahayaan pada kamar mandi menjadi faktor yang cukup penting untuk kenyamaan kamar mandi tersebut. Pilihlah lampu bergaya victorian dengan aksen kristal. Efek pencahayaan yang indah dan harmonis menjadi salah satu aksen dekoratif desain kamar mandi yang cukup menarik.

Gunakan Cermin Minimalis

Elemen penting lainnya pada desain kamar mandi adalah cermin. Bagaimana pun desain kamar mandi yang menarik tetap membutuhkan cermin sebagai salah satu peralatan penting yang digunakan usai dan saat mandi.

Bila kamu menyukai gaya tradisional, Pins bisa memilih cermin yang berbingkat nuansa etnik dengan memilih warna yang senada dengan lantai dan peralatan kamar mandi lainnya.

Tambahkan Aksesoris Sebagai Dekorasi

Pilihan aksesoris yang kamu gunakan untuk desain kamar mandi yang nyaman dan indah juga perlu menjadi perhatian khusus. Beberapa aksesoris menarik yang bisa kamu letakkan di kamar mandi di antaranya; handuk, tirai, vas bunga, dan kotak peralatan kamar mandi. Kombinasikan nuansa warnanya dengan motif ruangan dan lantai.

Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Bila Pins mempunyai ruang untuk kamar mandi yang cenderung terbatas, Pins tidak perlu khawatir. Beberapa contoh desain kamar mandi sederhana dan murah di bawah ini pasti bisa membantu menyempurnakan kamar mandi sederhanamu. Mari kita simak bersama-sama yuk!

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Tanpa Sekat

desain kamar mandi sederhana dan murah
(Home Designing)

Tampilan bersih dalam kamar mandi memang menjadi unsur paling utama yang selalu diperbincangkan di dalam kamar mandi. Tidak heran banyak tersedia produk di pasaran untuk membuat semua bagian dari kamar mandi ini bersih dan memunculkan aroma yang segar.

Untuk tampilan bersih dan segar, cobalah untuk tidak memakai sekat di dalamnya, seperti ruang shower. Biarkan terbuka, agar kamarmu terlihat lebih lapang. Biarkan dekorasi lebih minim dan pilihlah perabot kamar mandi sesuai fungsinya. Hal tersebut pastinya dapat menghemat banyak pengeluaran dalam kamar mandi.

Baca juga: 7 Desain Kamar Mandi dan Tempat Cuci Baju

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Tipe Industrial

desain kamar mandi sederhana dan murah
(New Decorating Trends)

Nah, untuk Pins yang mempunyai anggaran terbatas namun ingin memiliki kamar mandi modern, ada ide menarik dengan tema industrial. Batu bata tanpa finishing bisa menjadi salah satu ide desain yang menarik. Tampilannya sederhana namun tetap memilki daya tarik yang pastinya menarik.

Pins bisa menambahkan beberapa barang bekas pakai yang masih bisa digunakan, salah satunya pipa air yang bisa pins jadikan rak ataupun gantungan baju untuk menciptakan desain kamar mandi industrial.

Baca juga: Konsep Desain Kamar Mandi Batu Alam

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Minimalis

desain kamar mandi sederhana dan murah
(Instagram/bumiphilar)

Desain kamar mandi modern yang mengusung tema kesederhanaan dapat terwujud melalui kesan minimalis. Pins bisa memilih warna putih sebagai warna mayoritas ruangan untuk kesan bersih dan sederhana.

Kamar mandi sederhana tapi bersih ini menggunakan desain tempat shower dengan sekat rendah yang berdekatan dengan kloset. Cukup sekali untuk desain kamar mandi rumah yang dihuni oleh dua orang. Wastafel kamar mandi dan kaca tetap bisa Pins tempatkan pada sisi pintu masuk yang kosong.

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Batu Alam

(Pinterest)

Selain penggunaan desain wc jongkok yang cenderung lebih terjangkau dibanding wc duduk, Pins bisa menambahkan aksen kamar mandi modern di dalamnya. Caranya mudah dengan penambahan bak air dengan material batu alam yang cantik.

Walau terlihat sederhana, penambahan bak air batu alam pada kamar mandi ini sangat menarik dan unik. Kamar mandi sederhana tapi bersih ini memiliki akses kuat yang ditonjolkan melalui desain bak dari material batu alam.

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Industrial

(IDN Times)

Kamu menyukai desain rumah industrial? Nah, mungkin desain kamar mandi ini cocok untukmu. Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis.

Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada kamar mandi semakin menegaskan industrialis yang indah di area kamar mandi. Penggunaan partisi juga sangat tepat untuk memisahkan area basah dan kering.

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Serba Hitam

desain kamar mandi kecil
(IDN Times)

Bosan dengan warna-warna terang? Nah, cobalah aplikasikan warna gelap yang elegan seperti kombinasi warna hitam dan cokelat muda. Kamar mandimu akan terlihat tetap elegan dan mewah walaupun berada pada lahan yang mungil. Jadi, siapa bilang ruang kecil tidak dapat disulap menjadi ruangan yang mewah dan mahal? 

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Minimalis Cerah

(IDN Times)

Suka dengan motif unik tegel? Ini bisa jadi referensi tepat bagi kamu untuk menghias kamar mandi Pins! Penggunaan warna cerah pada kamar mandi membuat area ini semakin nyaman untuk digunakan. Aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan.

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Biru Langit

desain kamar mandi kecil
(Hipwee)

Ini adalah cara cerdas dalam memanfaatkan ruangan kamar mandi atau toilet. Ruang toilet sengaja dibangun dekat dengan jendela. Hal ini tentu bisa menghemat lampu ketika di pagi hingga sore hari.

Selain itu penggunaan warna mudah di bagian dinding dan lantai membuat kamar mandi ini terasa sederhana namun mewah. Keramik bercorak di lantai memperkuat kesan elegan yang mengagumkan.

Baca juga: 7 Tren Desain Keramik Kamar Mandi 2021

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Serba Putih

(Hipwee)

Ini adalah pemanfaatan ruang kamar mandi yang cerdas. Beberapa dari kamu mungkin akan memasang partisi kaca, namun kamar mandi ini malah menggunakan partisi kain anti air yang akan melindungi area toilet tetap kering. Hiasan berupa tegel pada area shower juga menjadikan kamar mandi semakin apik. 

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Ala Hotel

(Hipwee)

Kamar mandi ini mengusung warna gelap yang elegan. Kombinasi dinding bata abstrak pada area mandi, lantai hitam dan dinding krem pada area wastafel membuat kamar mandi ini terlihat mewah. Penggunaan partisi di kamar mandi ini cukup menarik.

Hal ini karena selain partisi kaca, ada tanaman lidah mertua yang diletakkan sebagai penghias area kamar mandi. Sebagai informasi tanaman lidah mertua bisa menyerap racun di ruangan, sehingga bisa jadi ini berfungsi sebagai penyerap racun di kamar mandi. Patut dicoba nih Pins! 

Baca juga: Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Warna Abu-abu

desain kamar mandi kecil
(Hipwee)

Penggunaan partisi dari kain anti air adalah pilihan yang cerdas ketika kamu kekurangan budget untuk memasang partisi kaca. Kombinasi warna abu pada dinding dan lantai serta aksen kayu pada area shower dan toilet semakin memancarkan kesan minimalis. Cantik sekali, bukan Pins?!

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Unsur Kayu

Dekorasi Kamar Mandi Sederhana
(Pixabay)

Penggunaan kayu dalam properti baik bahan konstruksi maupun furniture memang telah umum digunakan. Nah, Pins bisa menggunakan kayu agar membuat tampilan kamar mandi semakin keren. 

Kamu bisa menggunakan rak yang terbuat dari material kayu atau cermin yang memiliki pinggiran kayu agar nuansa natural lebih terasa pada kamar mandi mungil kamu. Warna kayu yang fresh dan bersifat netral juga akan lebih mudah untuk menyatu dengan konsep warna lain di kamar mandi.

Baca juga: 11 Desain Kamar Mandi Luas yang Nyaman

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Monokrom

Desain kamar mandi luas
(Canva)

Warna monokrom terkenal dengan warna-warnanya yang elegan dan bersifat netral. Warna ini juga bisa menjadi patokan Pins dalam mendesain dan mendekorasi kamar mandi agar tampak lebih elegan.

Gunakan warna-warna monokrom seperti putih, hitam dan abu-abu baik pada dinding, lantai maupun interior kamar mandi lainnya. Pins bisa menggunakan salah satu warna monokrom maupun menggabungkannya agar kamar mandi tampak lebih hidup.

Baca juga: Intip Yuk, Pilihan Desain Interior Kamar Mandi Modern Yang Simple

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah dengan Cermin Besar

Dekorasi Kamar Mandi Sederhana
(Pixabay)

Kamar mandi yang kecil terkadang membuat tampilannya terasa lebih sesak. Terlebih jika terlalu banyak barang di dalam kamar mandi tersebut, hal ini akan membuat kamar mandi semakin terasa sempit. 

Salah satu dekorasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan cermin besar pada kamar mandi. Penggunaan cermin berukuran besar akan membuat kamar mandi terasa lebih besar karena efek pantulan bayangan pada cermin.

Baca juga: 7 Contoh Desain Kamar Mandi Desa yang Bersih

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah dengan Konsep Semi Terbuka

kamar mandi desa asri
(Luxury Bathroom)

Pernahkah Pins melihat konsep kamar mandi semi terbuka di villa-villa? Ya, konsep ini juga bisa kamu terapkan meski dengan ukuran yang kecil. Pins bisa menggunakan ruangan kecil ini dengan konsep semi terbuka.

Hal ini akan membuat kamar mandi memiliki nuansa natural yang kental. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi seperti tanaman hijau di sudut-sudut kamar mandi atau wastafel agar memberikan suasana yang fresh pada kamar mandi.

Baca juga: 10 Rumah Termahal di Indonesia

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah dengan Partisi

pintu kamar mandi ala jepang
(Pinterest)

Jika Pins ingin memisahkan antara kamar mandi kering dengan basah, kamu tidak menggunakan partisi kaca ataupun partisi permanen. Karena hal ini bisa kamu atasi hanya dengan gorden pembatas antara kamar mandi basah dan kering. 

Hal ini akan membuat partisi lebih fleksibel karena bisa dibuka dan ditutup kapanpun, sehingga membuat kamar mandi tidak terlalu sempit. Pins juga bisa menambahkan beberapa rak yang bisa digunakan untuk meletakkan perlengkapan mandi.

Baca juga: Model Kamar Mandi Minimalis Ukuran Kecil Untuk Rumah Mungil

Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Ala Jepang

kamar mandi desa
(Pinterest)

Meski kecil, kamar mandi kamu juga bisa dibuat dengan berbagai desain dan dekorasi salah satunya ala Jepang. Kamar mandi ini membutuhkan material kayu yang cukup banyak, terutama pada lantai dan dindingnya. Pins bisa menggunakan interior dengan warna netral yang kontras seperti putih atau hitam agar mudah menyatu dengan penggunaan kayu pada kamar mandi.

Baca juga: 11 Potret Dari Rumah Sisca Kohl

Tips Mendesain Kamar Mandi Mungil

Setelah mengetahui inspirasi desain kamar mandi sederhana dan murah, ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mendesain kamar mandi dengan lahan terbatas. Berikut ini tips mendesain kamar mandi mungil yang harus kamu perhatikan!

Tambahkan Kendi Besar Sebagai Bak Air

desain kamar mandi kecil
(Hipwee)

Beberapa kamar mandi mungkin sudah memanfaatkan shower sebagai media saluran air untuk mandi. Namun, menggunakan metode lama seperti meletakkan bak masih bisa menjadi opsi menarik. Untuk tips mendesain kamar mandi mungil ini, pemilik rumah memasang kendi besar sebagai bak mandi. Sangat unik dan cantik, bukan?

Baca juga: 11 Ide Desain Kamar Mandi Aesthetic

Pilih Warna Keramik dengan Perabot Sederhana

(Home Designing)

Sekali lagi, kamar mandi sederhana tapi bersih memang selalu diimpikan. Namun pada kenyataannya, tidak semua penghuni bisa mempertahankan kebersihannya. Inilah mengapa pemilihan keramik lantai kamar mandi juga dapat mengubah tampilan dari sebuah kamar mandi. Cobalah memilih warna keramik yang lembut seperti warna pastel.

Selain memberi kecerahan dalam kamar mandi, warna ini juga cukup membawa ketenangan di dalamnya. Kamu bisa menambahkan rak kecil estetik dengan harga kurang lebih Rp300.000 agar dekorasi kamar mandi Pins semakin menarik.

Maksimalkan Lahan Ruangan

(My Domaine)

Desain kamar mandi sederhana dan murah memang tidak terlepas dari pemilihan material di dalamnya. Kamu harus pintar memilih material, dekorasi maupun perabot di dalamnya.

Dengan memaksimalkan lahan kamar mandi yang terbatas, justru membuat kamar mandi kecilmu dapat berfungsi dengan baik. Untuk desain kamar mandi modern, Pins bisa menambahkan keset dengan bentuk unik yang sudah banyak dijual dengan harga murah yang bervariasi.

Atur Pencahayaan Ruang

desain kamar mandi sederhana dan murah
(Pinterest)

Baik tata letak lampu maupun jendela bisa dibuat minimalis namun dengan pencahayaan yang cukup. Model jendela besar membuat kamar mandi Pins semakin memukau. Padukan dengan tanaman hias sederhana pada sudut ruang, agar kamar mandi tetap asri dan sejuk.

Baca juga: Tips Desain Kamar Mandi Mudah dan Nyaman

Gunakan Cermin Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

(Anve Kitchen and Bath)

Selanjutnya adalah dengan penggunaan cermin serbaguna nih, Pins! Kamar mandi sederhana tapi bersih akan tetap berpenampilan menarik dengan cermin di dalamnya. Harga cermin estetik pun kini sudah terjangkau dengan variasi yang beragam.

Kamu dapat menaruhnya dengan ukuran besar agar kamar mandi terlihat lebih luas. Cocok sekali untuk kamar mandi sederhana yang tidak ada ruang berlebih.

Itulah beberapa contoh desain kamar mandi sederhana dan murah sebagai ide untuk renovasi kamar mandi hunian. Hal yang perlu Pins ingat, selalu mengacu pada anggaran yang tersedia agar tidak berlebih. Kamar mandi sederhana tetap bisa terlihat kekinian dengan informasi yang sudah Pinhome info di atas.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Lixora Arcamanik dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Kawaii Island NFT dan Cara Bermainnya

Kawaii Island NFT merupakan permainan dengan konsep simulasi dan basis play to earn. Para pemain da

Finansial
Finansial Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu m

Finansial
Finansial Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Sekarang ini, trading telah menjadi suatu bentuk kegiatan yang populer untuk bisa memperoleh pemasu

Lifestyle
Lifestyle 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan sweet seventeen dapat menjadi hal paling berkesan untuk diutarakan kepada seseorang yang spe

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Yang Menyentuh Hati

Hari Ibu merupakan hari yang dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada Ibu yang sudah berjasa dalam me

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia