Pinhome

Tips Properti

Desain Kamar Mandi Kecil untuk Hunian Mungil

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 4 June 2021 ∙ 6 menit membaca

Kamar mandi mempunyai fungsi yang sangat fundamental di setiap bangunan, khususnya di rumah. Kamar mandi sebagai area untuk untuk membersihkan diri perlu memenuhi kriteria penting agar fungsinya optimal. Misalnya, dinding kamar mandi perlu dilapisi keramik agar tidak mudah lembab, lantai kamar mandi harus mempunyai kemiringan sesuai ketentuan dan lain-lain. Apabila rumah mempunyai lahan yang terbatas, pastikan juga desain kamar mandi kecil diperhatikan hingga sedetail mungkin.

Pinhome – Sebagai informasi, kemiringan lantai kamar mandi adalah 1-3 persen menuju drainase. Artinya setiap 1 meter ketinggian lantai kamar mandi harus diturunkan 1-3 sentimeter. Ini adalah salah satu hal penting yang harus Anda aplikasikan dalam kegiatan desain kamar mandi kecil di rumah. Tujuannya agar air yang telah digunakan tidak menggenang dan dapat mengalir ke saluran pembuangan.

Beberapa dari Anda mungkin mempunyai aset properti di pemukiman rumah dengan area terbatas seperti perumnas atau rumah subsidi. Namun, hal ini tidak menjadi sebuah masalah berarti dalam mendesain kamar mandi. Anda masih bisa mengeksplorasi desain kamar mandi kecil dengan mudah.

Lalu, apa tujuan menentukan desain kamar mandi kecil Anda?

Pertama, kamar mandi adalah area pribadi untuk membersihkan diri. Agar aktivitas membersihkan diri nyaman, maka desain kamar mandi harus tetap bagus. 

Kedua, kondisi kamar mandi mempunyai kelembaban tinggi dibandingkan area lain di rumah. Maka dari itu untuk menetralisir hal tersebut, mendesain kamar mandi perlu Anda prioritaskan juga.

Ketiga, kerabat atau teman mungkin akan mampir ke rumah Anda. Mereka pasti akan menggunakan kamar mandi untuk mencuci tangan atau buang air kecil, sehingga menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar mandi perlu Anda lakukan. 

Keuntungan mempunyai kamar mandi kecil

Beberapa keuntungan mempunyai kamar mandi kecil di antaranya adalah,

  • Proses membersihkan yang lebih singkat dan praktis!

Bagi Anda yang mempunyai kamar mandi kecil harusnya jangan merasa minder, hal ini karena Anda akan bisa lebih hemat waktu, energi dan uang untuk membersihkan area ini.

  • Hemat budget saat renovasi

Setelah beberapa tahun pasti Anda merasa perlu mendekorasi atau merenovasi kamar mandi. Ukuran kamar mandi yang mungil tidak memerlukan biaya yang besar ketika akan direnovasi.

  • Tidak Kehilangan Fungsi sebagai Area Membersihkan Diri

Pada dasarnya ukuran kamar mandi di rumah tidak menjadi masalah besar. Mau ukuran yang luas atau mungil bukanlah sebuah kendala, yang pasti ukurannya sesuai dengan kebutuhan tuan rumah. Paling penting adalah kamar mandi mempunyai fungsi yang mengakomodasi kebutuhan.

Beberapa contoh inspirasi kamar mandi kecil di hunian mungil

Setelah Anda memahami keuntungan kamar mandi mungil, berikut ini terdapat inspirasi kamar mandi kecil yang bisa Anda aplikasikan. Yuk sama-sama kita simak sampai bawah, Pins!

Kamar mandi mungil minimalis

(IDN Times)

Pada referensi pertama, Anda akan melihat desain minimalis yang kental pada kamar mandi di atas. Penggunaan lantai hitam dengan motif sarang lebah membuat kamar mandi ini makin menonjolkan nilai estetikanya. Penggunaan partisi kaca pada area mandi tetap memberikan luas. Partisi juga melindungi bagian toilet dan wastafel agar tetap kering.

Kamar mandi minimalis dengan kombinasi hijau-biru

(Rumah 123)

Ini adalah contoh pemanfaatan ruang yang sangat cerdas, Pins! Menggunakan rak putih yang dipasang di atas toilet memberikan area penyimpanan yang mudah diraih. Anda bisa meletakkan berbagai sabun, sampo dan cairan untuk membersihkan diri. Selain itu meletakkan tanaman di kamar mandi menambah nilai keindahan tersendiri. Kombinasi warna biru dan hijau juga membuat kamar mandi semakin cerah.

Kamar mandi bergaya industrialis dengan dinding motif bata putih

(IDN Times)

Anda menyukai desain industrialis? Nah, mungkin desain kamar mandi ini cocok untuk Anda. Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis. Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada kamar mandi semakin menegaskan industrialis yang indah di area kamar mandi. Penggunaan partisi juga sangat tepat untuk memisahkan area basah dan kering.

Kamar mandi serba hitam yang maskulin

(IDN Times)

Bosan dengan warna-warna terang? Nah, cobalah aplikasikan warna gelap yang elegan seperti kombinasi warna hitam dan cokelat muda. Kamar mandi Anda akan terlihat tetap elegan dan mewah walaupun berada pada lahan yang mungil. Jadi, siapa bilang ruang kecil tidak dapat disulap menjadi ruangan yang mewah dan mahal? 

Kamar mandi minimalis cerah dengan tegel unik!

(IDN Times)

Suka dengan motif unik tegel? Ini bisa jadi referensi tepat bagi Anda untuk menghias kamar mandi Pins! Penggunaan warna cerah pada kamar mandi membuat area ini semakin nyaman untuk digunakan. Aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan.

Kamar mandi simpel dengan warna biru langit

(Hipwee)

Ini adalah cara cerdas dalam memanfaatkan ruangan kamar mandi atau toilet. Ruang toilet sengaja dibangun dekat dengan jendela. Hal ini tentu bisa menghemat lampu ketika di pagi hingga sore hari. Selain itu penggunaan warna mudah di bagian dinding dan lantai membuat kamar mandi ini terasa sederhana namun mewah. Keramik bercorak di lantai memperkuat kesan elegan yang mengagumkan.

Penambahan kendi besar sebagai bak air

(Hipwee)

Beberapa kamar mandi mungkin sudah memanfaatkan shower sebagai media saluran air untuk mandi. Namun, menggunakan metode lama seperti meletakkan bak masih bisa menjadi opsi menarik. Di desain kali ini, pemilik rumah memasang kendi besar sebagai bak mandi. Sangat unik dan cantik, bukan?

Simpel dengan warna putih dan tegel cantik di lantai

(Hipwee)

Ini adalah pemanfaatan ruang kamar mandi yang cerdas. Beberapa dari Anda mungkin akan memasang partisi kaca, namun kamar mandi ini malah menggunakan partisi kain anti air yang akan melindungi area toilet tetap kering. Hiasan berupa tegel pada area shower juga menjadikan kamar mandi semakin apik. 

Elegan dengan konsep kamar mandi hotel

(Hipwee)

Kamar mandi ini mengusung warna gelap yang elegan. Kombinasi dinding bata abstrak pada area mandi, lantai hitam dan dinding krem pada area wastafel membuat kamar mandi ini terlihat mewah. Penggunaan partisi di kamar mandi ini cukup menarik. Hal ini karena selain partisi kaca, ada tanaman lidah mertua yang diletakkan sebagai penghias area kamar mandi. Sebagai informasi tanaman lidah mertua bisa menyerap racun di ruangan, sehingga bisa jadi ini berfungsi sebagai penyerap racun di kamar mandi Anda. Patut dicoba nih Pins! 

Dominasi warna abu-abu yang membuat semakin elegan!

(Hipwee)

Penggunaan partisi dari kain anti air adalah pilihan yang cerdas ketika Anda kekurangan budget untuk memasang partisi kaca. Kombinasi warna abu pada dinding dan lantai serta aksen kayu pada area shower dan toilet semakin memancarkan kesan minimalis. Cantik sekali, bukan Pins?!

Nah itu dia Pins referensi desain kamar mandi kecil yang bisa menjadi inspirasi kamar mandi kecil Anda. Yuk coba aplikasikan di rumah saat Anda akan merenovasi area tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Baru Mulai Bangun Rumah? Ini Tips Desain Kamar Mandi Rumah Idamanmu

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Iko

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel