Pinhome

Tips Properti

4 Tips Menghemat Material Saat Membangun Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Untuk membangun sebuah rumah tentu saja akan membutuhkan berbagai macam material dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam menghemat material pada saat membangun rumah dengan bentuk minimalis.

4 Tips Menghemat Material Saat Membangun Rumah Minimalis

Membangun rumah bukanlah perkara mudah karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan sebagian orang yang memiliki perekonomian kurang baik kesulitan untuk membuatnya. Namun bisa dilakukan dengan siasat menghemat material untuk membangun rumah minimalis. Berhemat bisa saja dilakukan asalhkan tidak mengganggu kualitas dan kenyamanan penggunaan rumah anda.

Penghematan bisa dilakukan dengan meminimalisir penggunaan material, keakuratan perhitungan atau mencari material yang lebih murah. Tergantung pada kreatifitas anda untuk melakukannya. Berikut tips menghemat material saat membangun rumah minimalis agar rumah tetap terasa nyaman saat digunakan, antara lain :

Memastikan ukuran pekerjaan bangunan

Memastikan ukuran bangunan yang merupakan angka genap atau bahan kelipatan panjang bahan bangunan. Idealnya untuk ukuran besi baja, biasanya memakai ukuran ‘meter’, 6 meter dan 9 meter. Adapun untuk beton, kelipatan 4 meter merupakan angka efektif. Untuk melakukan hal tersebut, maka pastikan dahulu ukuran rumah yang akan dibangun sesuai dengan ukuran bahan-bahan tersebut supaya lebih efisien dan tidak ada bahan yang terbuang.

Menyesuaikan cuaca dan iklim

Memperhatikan bentuk dan struktur pembangunan rumah. rumah dengan desain vernakuler telah mengalami proses uji coba untuk mendapatkan desain yang paling cocok pada kondisi alam. Melakukan hal tersebut bisa menjadi contoh dalam menghemat biaya pembangunan rumah.

Mencari tukang handal atau tenaga yang ahli

Apabila kita ingin menghemat biaya dalam membangun rumah dan tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan pengawasan, maka sebaiknya harus menggunakan tenaga tukang ahli atau mandor profesional. Mungkin biasanya akan membayar sedikit mahal, tetapi murah dalam biaya konstruksi. Mereka yang telah ahli tentunya bisa melakukan efisiensi penggunaan bahan bangunan dengan tingkat perhitungan lebih akurat.

Menggunakan bahan bangunan lokal

Untuk menghemat biaya dalam membangun rumah, kita dianjurkan untuk menggunakan bahan bangunan yang berkualitas tinggi tetapi sederhana. Kita dapat menggunakan beberapa bahan material lokal. Selain bisa menghemat energi, bahan material lokal juga mudah untuk didapatkan. Misalnya material lokal seperti pasir, bambu, tanah urug, batu kali dan kayu. Selain itu juga dapat menggunakan bahan alternatif yang lebih efektif, untuk proses membangun rumah juga dapat memakai beberapa bahan seperti semen mortar, semen fiber, beton aerasi dan lain sebagainya.

Itulah berbagai macam tips dalam menghemat material saat membangun rumah minimalis. Ketika kita ingin membangun sebuah rumah, tentu saja akan membutuhkan banyak sekali biaya. Tetapi hal itu dapat disiasati apabila melakukan beberapa hal yang telah di sebutkan di atas, sehingga dapat membangun rumah yang nyaman, aman dan juga hemat biaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk semua orang yang ingin membangun rumah dengan tipe minimalis.

Tags :

Bagikan Artikel