BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Biaya Arsitek Rumah? Ini Tarif, Cara Menghitung, dan Tipsnya!
0
0

Berapa Biaya Arsitek Rumah? Ini Tarif, Cara Menghitung, dan Tipsnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
biaya arsitek rumahtop-right-banner

Pins ingin membangun rumah impian menggunakan jasa arsitek? Kenapa tidak? Jasa arsitek akan membantu kamu merancang dan mendesain rumah sesuai dengan konsep yang diinginkan. Tak hanya sebatas itu, arsitek juga akan membantu untuk menentukan material bangunan yang tepat dan biaya yang akan dikeluarkan. Biaya jasa arsitek juga sangat bervariatif bergantung pada kebutuhan yang diinginkan. Jadi, jasa arsitek dalam pembangunan rumah akan sangat membantu kamu. 

Apakah biaya arsitek itu mahal? Eits, jangan overthinking dulu! Pins bisa menggunakan beberapa perhitungan khusus untuk menentukan biaya arsitek rumah yang pas dengan budget. Biasanya, bisa dihitung berdasarkan biaya design rumah per meter atau rencana biaya anggaran. Yuk, simak kisaran harga arsitek rumah dan beberapa hal penting lainnya berikut ini!

Baca juga:

Kategori Bangunan Dalam Perhitungan Jasa Arsitek

biaya jasa arsitek rumah
pixabay.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung biaya arsitek rumah dengan tepat, kamu perlu mengetahui apa itu kategori bangunan dalam jasa desain arsitektur. Kategori bangunan ini akan menjadi patokan untuk tarif yang akan mereka keluarkan. Kategori bangunan ini dibagi menjadi lima kategori, di mana setiap kategori menjelaskan tingkat kesulitannya. Begini penjelasannya. 

Bangunan Khusus

Kategori bangunan khusus adalah bangunan yang dibiayai oleh pemerintah. Jadi, tarif dari kategori ini pun berdasarkan pedoman teknis pembangunan bangunan gedung negara. 

Bangunan Sosial

Kategori bangunan sosial adalah bangunan yang dibangun untuk kebutuhan sosial dan tidak bersifat komersial. Contohnya rumah ibadah, rumah yatim piatu, bangunan pelayanan masyarakat, dan sebagainya. 

Bangunan Kategori 1

Bangunan kategori 1 adalah jenis bangunan dengan karakteristik dan tingkat kesulitan yang rendah. Pembagiannya seperti ini:

  • Hunian: asrama, hostel
  • Industri: gudang, bengkel
  • Komersial: lahan parkir, bangunan tidak bertingkat

Bangunan Kategori 2

Bangunan kategori 2 adalah jenis bangunan yang memiliki tingkat kesulitan dalam pembangunannya adalah tingkat menengah. 

  • Hunian: perumahan, apartemen 
  • Industri: pabrik, gudang
  • Komersial: restoran, kantor, ruko, pertokoan 
  • Pelayanan medis: rumah jompo, klinik umum, klinik spesialis
  • Pendidikan: sekolah, taman bermain anak
  • Rekreasi: taman, gedung olahraga, stadion, kolam renang, lapangan olahraga

Bangunan Kategori 3

Bangunan kategori 3 adalah jenis bangunan dengan tingkat kompleksitas dan kesulitan yang tinggi. Begini penjelasannya. 

  • Hunian: rumah pribadi
  • komersial: hotel, bandara 
  • Pelayanan medis: rumah sakit
  • Pendidikan: kampus, laboratorium
  • Rumah ibadah yang luasnya lebih dari 250 meter persegi

Baca juga:

Cara Menghitung Biaya Jasa Arsitek Rumah dengan Tepat

Setelah mengetahui beberapa kategori bangunan sesuai tingkat kesulitannya, kamu bisa menghitung berapa biaya jasa arsitek rumah. Sebenarnya, perhitungan harga jasa arsitek di Indonesia juga telah diatur oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Jadi, kamu tinggal menghitung berdasarkan kategorinya saja. Bagaimana perhitungannya? Untuk lebih detail mengenai perhitungan biaya jasa arsitek rumah, simak penjelasannya berikut ini!

Tarif Berdasarkan Rencana Anggaran

Source : Masterclass

Cara menghitung harga arsitek rumah yang pertama bisa dari rencana anggaran biaya yang kamu ajukan untuk pembuatan rumah. Biaya arsitek rumah akan diambil sekian persen dari total anggaran membangun rumah. Berbeda halnya jika kamu menggunakan jasa borongan untuk bangun rumah yang biayanya akan sedikit lebih murah.

Persentase biaya arsitek yang dibayarkan pun telah disesuaikan dengan kategori bangunan serta total anggarannya. Semua hal ini sudah diatur oleh IAI sebagai acuan atau patokan standar harga jasa arsitek. Supaya lebih jelas, simak tabel harganya berikut ini. 

Total anggaran bangunanKategori bangunan
KhususSosialKategori 1Kategori 2Kategori 3
Kurang dari Rp200 juta<2,50%6,50%7,00%8,00%
Sama atau lebih dari Rp200 juta2,05%6,50%7,00%8,00%
Rp2 miliar5,51%5,90%6,48%
Rp4 miliar4,78%5,13%5,60%
Rp20 miliar4,20%4,52%4,92%
Rp40 miliar3,71%4,01%4,38%
Rp60 miliar3,29%3,58%3,92%
Rp80 miliar2,92%3,20%3,52%
Rp100 miliar2,60%3,20%3,52%
Rp120 miliar2,32%2,59%2,88%
Rp140 miliarMengikuti ketentuan dari pemerintah yang berlaku2,07%2,34%2,62%
Rp160 miliar1,86%2,12%2,39%
Rp180 miliar1,67%1,98%2,20%
Rp200 miliar1,51%1,76%2,03%
Rp220 miliar1,37%1,62%1,88%
Rp240 miliar1,25%1,51%1,76%
Rp260 miliar1,16%1,41%1,67%
Rp280 miliar1,09%1,34%1,59%
Rp300 miliar1,04%1,29%1,54%
Rp500 miliar1,00%1,25%1,50%

Sebagai contoh, perhatikan ilustrasi berikut:

Adi ingin membangun rumah pribadi dengan anggaran Rp500 juta rupiah. Dalam kasus ini rumah pribadi masuk dalam kategori 3. Berdasarkan anggarannya, maka tarif jasa arsiteknya adalah sebagai berikut. 

Tarif Jasa Arsitek Rumah Kategori 3: 8% x Rp500.000.000 = Rp40.000.000 

Jadi, biaya arsitek membangun rumah pribadi dengan rencana anggaran Rp500.000.000 juta adalah Rp40 juta. 

Baca juga:

Tarif Berdasarkan Luas Per Meter Persegi

pixabay.com

Selain menghitung berdasarkan anggaran, tarif arsitek juga bisa ditentukan berdasarkan luas bangunan yang akan dibuat. Pada umumnya, kisarannya sekitar Rp 150 ribu – Rp 800 ribu per meternya.

Meskipun begitu, beberapa arsitek dapat menetapkan harga di bawah maupun di atas biaya tersebut. Hal itu dapat ditentukan berdasarkan portofolio serta pengalaman arsitek dalam membangun rumah. 

Selain itu, luasan lingkup kerja arsitek juga dapat mempengaruhi besaran tarifnya. Jika hanya mendesain bangunan, biaya jasa desain arsitek rumah tak semahal biaya arsitek secara keseluruhan, termasuk pemilihan bahan material, belanja material di toko bahan bangunan pengawasan, serta menjadi kontraktor

Singkatnya, jika akan membangun rumah dengan ukuran lebar 6 m dan panjang rumah 15 m satu lantai dengan kebutuhan ruangan yang sudah dipikirkan. Dalam perencanaan meminta bantuan seorang arsitek dengan harga desain Rp.20.000,00/ m2 bangunan.

Kemudian produk yang didapatkan dari pemesanan jasa desain arsitektur tersebut adalah paket gambar rumah siap bangun. Termasuk perhitungan rencanan anggaran biaya bangunan termasuk kebutuhan material yang dibutuhkan. Berikut simulasi runcian harganya per meter:

  • Luas bangunan rumah = 6 m x 15 m = 90 m2.
  • Biaya desain per m2 = Rp 20.000,00,- 
  • Jadi total biaya desain rumah yang harus disiapkan adalah senilai Rp.20.000,- x 90 m2 = Rp 1.800.000,00,-

Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat

pixabay.com

Jika Pins ingin menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah impian, kamu juga perlu mencari arsitek yang tepat. Pastikan arsitek yang kamu pilih dapat mewujudkan rumah impian kamu. Selain biaya arsitek rumah yang tidak murah, hasil kerja dari seorang arsitek juga akan menentukan kepuasan konsumennya. Berikut tips untuk memilihnya!

Lihat Portofolio Jasa Arsitek

Hal yang pertama yang harus diperhatikan untuk menemukan arsitek terbaik adalah dengan melihat portofolionya. Hasil portofolio tersebut dapat menunjukkan pengalaman serta karakteristik dari arsitek tersebut. 

Cobalah untuk melihat portofolio digitalnya, baik melalui media sosial atau website. Semakin baik portofolionya, hal ini akan memudahkan kamu menemukan arsitek yang tepat.

Cek Testimoni atau Review Klien Sebelumnya

Review atau testimoni dari klien bisa menjadi indikator untuk Pins menentukan arsitek. Sebab, testimoni ini dapat menggambarkan bagaimana kinerja arsitek. Cara mudahnya kamu bisa mencari ulasan secara digital atau mesin pencarian Google. 

Jika, ada rekan atau kenalan yang pernah menggunakan jasa arsitek, cobalah bertanya mengenai kinerja arsitek tersebut saat membangun rumah. Kamu bisa mendapatkan ulasan secara detail dan tentunya jujur.

Pilih Sesuai Budget dan Paket yang Ditawarkan

Selain mencari tahu biaya arsitek rumah, kamu bisa pertimbangkan sesuai dengan anggaran budget yang dimiliki. Semakin berpengalaman tentunya tarifnya akan semakin mahal. Namun, hal itu sepadan dengan hasil yang didapatkan. Selain itu, beberapa arsitek biasanya memiliki harga paketan untuk jasa yang diberikannya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan harga lebih murah.

Konsultasikan Pembuatan Seketsa Rumah

Setelah menentukan harga untuk desain rumah, usahakan Pins menanyakan juga tentang seketsa rumah. Pastikan jika arsitek akan mengirimkan sketsa rumah sebagai gambaran desain yang diharapkan oleh Pins. Hal ini untuk mencegah miskomunikasi antara kedua belah pihak saat desain diterapkan nantinya.

Cek Gaya Desain yang Digunakan Arsitek

Setiap arsitek akan memiliki gaya desainnya tersendiri dalam membuat suatu rancangan desain rumah. Untuk itu, selain menanyakan biaya design rumah Pins bisa mencari tahu juga gaya desain rumah seperti apa yang biasa dibuat oleh arsitek tersebut. Sesuaikan dengan harapan desain yang diinginkan agar hasil rancangannya lebih memuaskan.

Itulah beberapa penjelasan tentang biaya arsitek rumah yang perlu Pins perhatikan jika ingin membangun rumah menggunakan jasa arsitek. Pastikan jika semua harga arsitek rumah yang disebutkan sudah sesuai dengan anggaran biaya yang telah direncanakan sebelumnya. Kamu juga bisa memilih apakah ingin menentukan harga sesuai dengan RAB atau menghitung biaya per meter dan paketan. Selamat mencoba!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download