Ini Dia Kisaran Harga Pasir Saat ini Beserta Tips Untuk Membelinya!

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ September 22, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins sedang membangun rumah dan berencana untuk membeli kebutuhan pasir? Mengetahui harga pasir per m3 atau harga pasir 1 truk merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan nantinya.

Harga pasir di setiap daerah terkadang berbeda-beda Pins, tergantung pada jenis dan kualitasnya. Yuk, simak kisaran harga pasir per m3 dan per truk selengkapnya berikut ini!

Baca juga:

Cara Memilih Jenis Pasir Berdasarkan Kualitasnya

(Pt. Sulthan Multy Industry)

Sebelum mengetahui kisaran harga pasir saat ini, Pins juga perlu mengetahui jenis pasir dan kualitasnya. Sebenarnya, cara mengetahui kualitas pasir yang akan dibeli sangat mudah, Pins. Namun, belum banyak dari kita yang mengetahui kriteria pasir yang berkualitas dan cara menguji kualitasnya. Pasir yang baik tidak mengandung ampas. Dapat diketahui dengan cara ambil segenggam pasir bangunan dan masukan tangan ke dalam air.

Bila pasir di dalam kepalan tangan tersebut tidak langsung membaur atau terurai, maka kualitas pasir cukup baik. Sedangkan bila pasir langsung terurai, berarti pasir mengandung ampas. Banyak juga yang menggunakan jasa kontraktor borongan yang menyediakan tukang serta membeli bahan bangunan yang dibutuhkan dan Pins hanya menerima jadinya saja. 

Pembelian pasir sebaiknya mempertimbangkan syarat-syarat material pasir yang baik seperti tidak banyak mengandung kadar lumpur, bahan organic atau bahan kimia yang dapat merusak konstruksi bangunan. Apabila membeli pasir dalam jumlah banyak seperti untuk digunakan sebagai bahan gedung sebaiknya dilakukan pengujian bahan terlebih dahulu untuk memastikan pasir yang akan dibeli dengan harga yang telah disepakati adalah material dengan kualitas baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan bangunan. 

Perhitungan kebutuhan jumlah pasir juga harus dilakukan dengan teliti dan benar sehingga pasir yang dibeli dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Pembelian pasir juga dilakukan dalam waktu terjadwal sesuai dengan kebutuhan di proyek bangunan agar tidak terjadi penumpukan bahan bangunan pada area proyek yang apabila penyimpanan terlalu lama akan dapat menurunkan kualitas pasir.

Baca juga:

Harga Pasir Per Kubik dan Per Truk

(Builder.id)

Jika Pins sedang berencana untuk membeli pasir dalam waktu dekat ini, berikut kisaran harga pasir 1 truk dan per kubik selengkapnya!

Kisaran Harga Pasir Per Kubik

(Pinhome)

Untuk harga pasir per kubik kurang lebih berada pada kisaran Rp. 200.000. Namun, setiap jenis pasir tentu akan memiliki harga yang berbeda-beda Pins. Kamu harus mengetahui jenis pasir apa yang digunakan berdasarkan jenis bangunan, lokasi pembangunan, dan kekuatan bangunan yang dibutuhkan. Seperti memutuskan apakah Pins sedang membutuhkan pasir sungai, pasir beton, pasir besi dan lain sebagainya. Semua jenis pasir tersebut akan memiliki harga yang berbeda-beda per kubiknya.

Kisaran Harga Pasir Per Truk

Beberapa orang mungkin akan memilih untuk membeli pasir dalam jumlah yang besar sekaligus. Seperti untuk kebutuhan konstruksi pembangunan jangka panjang, yang mungkin saja pembeliannya dilakukan dalam jumlah yang banyak. Pins bisa membeli pasir dengan jumlah 1 truk sekaligus dengan jumlah kurang lebih 4 kubik. Untuk harga pasir 1 truk, kalikan saja harga per kubik dengan ukuran jumlah pasir dalam 1 truk. Misalnya, dalam 1 kubik pasir harganya adalah Rp. 200.000, maka harga per truknya Rp.200.000 x 4m3 = Rp. 800.000.

Baca juga: 

Apa Saja Manfaat Pasir?

(Eathis.com)

Setelah Pins mengetahui bagaimana cara membeli pasir yang berkualitas beserta harganya per kubik dan per truk, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat pasir berikut ini:

Pasir untuk Konstruksi Bangunan

Fungsi pertama dari pasir adalah sebagai bahan untuk konstruksi bangunan. Setiap pembangunan suatu gedung atau konstruksi pasti akan membutuhkan pasir untuk campuran bahan bangunannya.

Salah satu fungsi pasir pada bangunan adalah dijadikan sebagai bahan adukan dengan semen. Nantinya akan berfungsi untuk membangun baik itu pondasi, dinding, dan lain sebagainya.

Pasir untuk Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata pasir memiliki kegunaan yang sangat penting. Diantaranya adalah sebagai penyaring air yang memiliki sifat abrasif untuk menyaring dan menjernihkan air. Selain itu pasir juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kertas, penambal kebocoran, dan pelapis jalan.

Pasir untuk Kesehatan

Pins, ternyata pasir bisa memberikan manfaat untuk kesehatan lho! Beberapa diantaranya seperti untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa didapatkan dengan berendam di pasir pantai. Pasir pantai juga ternyata bisa meningkatkan stimulus otot badan agar lebih kuat dan terlatih.

Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah untuk meredakan stress dan meningkatkan mood dengan berjalan kaki di pasir pantai ketika siang hari. Nantinya, pasir akan mengeluarkan elektron untuk meningkatkan mood dan magnesium untuk kesehatan tulang.

Baca juga:

Featured Image Source: Precast.co.id


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia