Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat Sebelum Memakainya

Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat Sebelum Memakainya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah tanpa genteng ibarat botol minum tanpa tutup. Satu sama lain berfungsi untuk saling melengkapi dengan tujuan yang sama yaitu melindungi. Genteng tanah liat yang sudah ada sejak zaman dahulu sangat dipercaya sebagai material kokoh dalam melindungi rumah dari terpaan cuaca ekstrem. Namun, sebelum Pins menggunakannya, kenali dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Pinhome – Benar adanya kepopuleran genteng tanah liat sampai hari ini masih sering dipakai sebagai material atap rumah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rumah yang masih menggunakan bahan genteng satu ini. Tanah liat yang menggunakan proses pembakaran ini diharapkan dapat bertahan lama dan mampu melindungi penghuni di bawahnya dari teriknya panas matahari maupun hujan dan angin. 

Nah, dalam artikel ini, Pinhome akan memberikan informasi menarik kelebihan dan kekurangannya dibanding atap lainnya melalui beberapa fakta. Perhatikan dahulu ya Pins sebelum menggunakannya!

Baca Juga:

10 Ide Menarik Membuat Kerajinan Tanah Liat Sebagai Dekorasi Hunian

Dikenal Tangguh Menghadapi Ragam Cuaca

(Freepik)

Atap genteng tanah liat memang sudah terbukti dapat melindungi rumah dari sengatan panas matahari hingga hujan. Atap yang sering disebut juga sebagai genteng terakota ini, bila dibuat dalam rangka yang kokoh, tentu akan tidak mudah rusak. Apalagi bila dipasang secara hati-hati, Pins bisa menghindari adanya rembesan air hujan dari genteng yang merugikan.

Kekutannya untuk menahan beban pun cukup diperhitungkan. Namun, atap satu ini tergolong berat, tidak seperti material dari atap asbes yang ringan, maka dari itu rangka yang menopang harus kokoh dan kuat pula. Dengan atap ini pun Pins dan keluarga akan merasa sejuk di bawahnya karena materialnya yang tidak menyerap panas.

Ekonomis Dalam Segi Harga

(Unsplash)

Material atap genteng tanah liat yang tahan banting memiliki harga yang cukup terjangkau. Tidak heran banyak dari para penghuni, memanfatkan atap satu ini sebagai bahan atap genteng hunian. Tidak hanya ekonomis di kantong, atap genteng tanah liat juga sangat mudah ditemukan di pasaran. Atap satu ini sangat cocok untuk kamu yang memang minim akan budget.

Terbuat dari Bahan Ramah Lingkungan

(Roofing Calculator)

Walaupun sudah banyak bermunculan variasi atap genteng yang lebih canggih, namun atap genteng tanah liat selalu digemari. Bahannya yang terbuat dari material alami yaitu tanah liat, membuatnya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak adanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya dan dapat dihancurkan untuk didaur ulang, membuatnya menjadi salah satu jenis genteng yang ramah lingkungan.

Genteng Tanah Liat dengan Variasi Warna dan Motif Menarik

(Modernize)

Walaupun sudah ada sejak zaman dahulu, genteng tanah liat terbaik ini memiliki ragam variasi warna dan motif yang dapat membuat hunian menarik. Inilah mengapa beberapa tempat ibadah pun memanfaatkannya sebagai atap genteng yang menarik perhatian. Dalam segi desain pun atap ini menyesuaikan, baik gaya tradisional hingga modern. Pins bisa memilih ragam jenisnya sebagai berikut:

  • Genteng plentong, yaitu model genteng yang umum berbahan tanah liat dengan bentuk melengkung ke atas pada bagian pinggir.
  • Genteng garuda, yaitu model genteng tanah liat terbaik dengan dua talangan yang berfungsi memecah air. Pins bisa melihat ciri khasnya dari dua gelombang yang terlihat pada genteng.
  • Genteng karang pilang memiliki kualitas premium dari jenis genteng tanah liat terbaik lainnya. Truturnya padat, kokoh dan tidak mudah pecah.
  • Genteng mantili, menjadi alternatif yang sangat terjangkau dengan model umum mirip seperti plentong. Harganya terjangkau namun tetap kokoh dalam pemasangan.

Sayangnya Atap Genteng Tanah Liat Mudah Berlumut

genteng tanah liat
(Hunker)

Hal satu ini memang tergolong wajar ditemui pada material beberapa atap genteng. Genteng tanah liat terbaik dapat berlumut dikarenakan paparannya yang cenderung intens terhadap air hujan dan terik sinar matahari. Padahal bila rajin dibersihkan tentu hal ini tidak akan terjadi. Namun, apa Pins bisa dengan mudah membersihkannya setiap hari? Tentu sulit bukan. Maka dari itu ada baiknya Pins menambahkan cat khusus atap untuk melapisinya agar tidak mudah berlumut dan warna cepat pudar.

Genteng Tanah Liat Mudah Tertiup Angin Kencang

genteng tanah liat
(Beta News)

Walaupun terbukti tahan banting terhadap segala cuaca, namun terpaan angin kencang akan tetap membawa atap satu ini terbang. Namun, tidak perlu khawatir Pins, karena atap tanah liat cenderung berbobot berat, hanya terpaan angin super kencang yang dapat membawanya. Selain itu, hal tersebut pula dikarenakan, atap genteng tidak dikaitkan secara khusus menggunakan lem atau paku pada kerangka. Hal tersebutlah yang membuatnya dapat bergeser ataupun jatuh bila terbawa angin kencang. Pins hanya perlu membuat atap landai untuk mensiasatinya.

Rumit dalam Segi Pemasangan

genteng tanah liat
(Best To Proofing Systems)

Mengapa dikatakan rumit? Instalasi genteng satu ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Maka dari itu, ada baiknya Pins menggunakan jasa pemasangan untuk hasil yang maksimal. Genteng harus dipasang satu persatu dan dipastikan saling menutupi satu dan lainnya tanpa adanya celah yang beresiko mengalami kebocoran. Selain itu ukurannya yang cenderung tidak besar membuat pemasangannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tentu hal tersebut akan sangat jauh berbeda dengan atap jenis lembaran yang sangat efsien dalam segi waktu pemasangan.

Cukup mudah dimengerti bukan? Kini, Pins sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan tanah liat sebagai material genteng. Semoga dapat bermanfaat ya!

Baca Juga:

Informasi Lengkap Genteng Metal Pasir

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel