Mudah! Berikut Tahapan Membangun Rumah Dengan Cepat dan Berkualitas

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 23 November 2021 ∙ 9 menit membaca

Pins ingin membangun rumah impian dengan waktu yang cepat tetapi berkualitas? Tidak usah khawatir, Pins bisa menyimak beberapa cara untuk melakukan tahapan membangun rumah dengan cepat dan berkualitas berikut ini. Termasuk apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan rumah impian dari awal proses pembangunan sampai akhir atau finishing.

Baca juga: 

Proses dan Tahapan Membangun Rumah Tinggal

(Movingist.com)

Untuk membuat hunian yang berkualitas, Pins tentunya membutuhkan perencanaan awal yang sangat matang. Yuk, simak beberapa tahapan membangun rumah berkualitas berikut ini!

Membuat Perencanaan Rumah Tinggal

Sebelum melakukan pembuatan rumah tinggal akan lebih baik jika Pins terlebih dahulu melakukan perencanaan pembangunan dengan baik dan matang. Seperti membuat gambar pelaksanaan, pematangan model rumah yang akan dibangun serta rencana anggaran biaya bangunan yang dibutuhkan dalam mewujudkan rumah yang sudah direncanakan.

Mempersiapkan Sarana Kerja

Ketika Pins akan membangun rumah, tentu akan membutuhkan sarana kerja bagi tukang yang akan melakukan pembuatan rumah tersebut. Termasuk proses pembebasan lahan, pemasangan bow plank dan lain sebagainya yang akan menjadi dasar untuk dilakukannya proses pembangunan.

Membuat Perencanaan Pondasi

Setelah Pins melakukan pekerjaan persiapan dengan matang maka langkah selanjutnya adalah membuat pondasi rumah. Jika kamu memilih untuk menggunakan pondasi batu kali maka urutan kerjanya adalah pekerjaan galian tanah, pembuatan lantai kerja, pemasangan batu kali, pembuatan balok sloof dan urugan tanah.

Dalam proses perencanaan pondasi bisa jadi pondasi yang dibuat dalam pembuatan rumah tahap pertama terlalu besar atau terlalu boros. Namun, hal itu merupakan simpanan dikemudian hari agar pondasi rumah mampu menahan beban bangunan ketika selesai membangun rumah secara bertahap.

Baca juga: 

Membuat Perencanaan Pekerjaan Dinding

Terdapat banyak bagian yang Pins perlu perhatikan pada saat melakukan pekerjaan dinding. Beberapa diantaranya seperti, pekerjaan kolom praktis, pemasangan dinding batu bata, pekerjaan plesteran dan acian dinding rumah tinggal. Pemasangan dinding bata harus benar-benar tegak lurus dan rapi sehingga tidak terjadi pemborosan, hal ini juga dapat mencegah keretakan dinding sebagai akibat kegagalan struktur bangunan.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Atap

Jika Pins merencanakan pembangunan rumah tumbuh atau dua lantai, sebaiknya atap rumah pada pembangunan rumah tahap pertama langsung menggunakan atap plat beton bertulang dengan tebal minimal 12 cm. Nantinya, atap tersebut akan berubah sebagi plat lantai ketika rumah sudah ditingkat.

Pins juga bisa menyiapkan void atau lobang atap pada plat beton bertulang sebagai tempat struktur tangga. Dengan melakukan hal ini maka pekerjaan bobok beton dikemudian hari dapat dihindari. Pada proses ini juga kamu harus memperhatikan langkah awal pemasangan atap hingga proses finishing dengan baik.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Instalasi Listrik

Pada saat Pins melakukan pemasangan instalasi listrik sebaiknya dibuat dengan sebaik mungkin agar pekerjaan instalasi listrik aman dari bahaya kebakaran. Begitu juga dengan proses instalasi plumbing yang harus dibuat dengan baik agar tidak merepotkan di kemudian hari. Hal itu karena, jika terjadi perbaikan dikemudian hari misalnya harus melakukan pekerjaan bongkar keramik lantai untuk memperbaiki kebocoran, pipa tidak akan merubah struktur yang ada.

Baca Juga:

Membuat Perencanaan Pekerjaan Pembuatan Tangga

Jika Pins berencana untuk membangun rumah tingkat, maka langkah yang perlu diperhatikan untuk tahapan membangun rumah adalah pembuatan tangga. Tentukan posisi tangga yang sesuai dengan harapan dan ruangan yang akan dipasangkan tangga pada rumah tersebut.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Plafon

Pemasangan plafon akan dilakukan setelah pekerjaan atap benar-benar selesai dan aman dari bahaya kebocoran yang mungkin terjadi. Terlebih lagi pada plafon yang menggunakan bahan material tidak tahan terhadap air seperti triplek atau plafon gypsum tentu akan sangat berbahaya.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Lantai

Proses pekerjaan lantai rumah akan dilakukan setelah pekerjaan plafond selesai untuk menghindari kerusakan akibat proses pengerjaan plafond diatasnya. Untuk itu, sebagai salah satu proses dalam membangun rumah tinggal, pekerjaan pemasangan lantai perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Pins perlu memperhatikan mengenai kedataran dan kerapihannya sehingga didapatkan hasil pekerjaan lantai dengan kualitas yang maksimal.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Pengecatan

Setelah selesai memasang lantai pada hunian, tahapan membangun rumah yang selanjutnya adalah proses pengecatan Pins. Proses ini akan dilakukan setelah semua pekerjaan di bagian inti rumah selesai. Kamu tentunya perlu memantau proses pengecatan ini agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan selera.

Membuat Perencanaan Pekerjaan Taman

Untuk Pins yang ingin memiliki rumah dan dilengkapi dengan taman yang indah, tentu perlu memperhatikan proses perencanaan pekerjaan taman. Seperti menentukan akan seperti apa bentuk taman yang diinginkan dengan hasil akhir yang sesuai dengan harapan.

Proses Finishing dan Perapihan

Langkah atau tahapan terakhir dalam membangun rumah yang harus Pins perhatikan adalah proses finishing atau perapihan. Pada proses tersebut, kamu harus memperhatikan dengan seksama hasil akhir dari proses pembangunan rumah. Lakukan quality control dengan baik agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Baca juga:

Persiapan Apa Saja yang Harus Dilakukan Untuk Membangun Rumah?

(Shutterstock)

Saat membangun rumah, Pins perlu mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan proses pembangunan. Yuk, simak tahapan membangun rumah sebagai perencanaan awal berikut ini!

Berdiskusi dengan Anggota Keluarga

Bagi Pins yang sudah berkeluarga ternyata berdiskusi dengan anggota yang akan tinggal di rumah tersebut menjadi hal penting, lho. Kamu perlu meminta pendapat orang rumah terkait pembuatan rumah yang akan dibangun dengan mempertimbangkan beberapa saran dan masukan yang diberikan.

Jadi, ada baiknya Pins menyatukan terlebih dulu berbagai selera dari anggota keluarga sebelum membangun rumah. Hal ini juga bisa membantu Pins mendapatkan inspirasi untuk membuat rumah murah yang terbuat dari material dan desain berkualitas!

Mengurus Izin Mendirikan Bangunan dan IPPT

Setelah berdiskusi, Pins bisa melanjutkan tahapan membangun rumah dengan mengurus IMB dan IPPT. Pengurusan Izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan tanah merupakan kegiatan yang cukup merepotkan karena harus melibatkan pihak-pihak yang terkait.

Sementara itu, mengurus IMB+IPPT sendiri dapat menjadi alternatif untuk menghemat biaya pembangunan rumah jika sudah memahami berbagai prosedurnya. Namun, jika Pins memiliki rekan atau rekomendasi biro jasa terpercaya, sebaiknya pilih metode ini. Selain menghemat waktu, beberapa biro jasa tertentu justru menawarkan harga yang bisa menekan budget pembangunan rumah, lho.

Baca juga:

Membuat Desain Rumah Sementara

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk tahapan membangun rumah adalah membuat desain hunian impian. Membuat desain rumah ternyata bisa ‘menunjukkan’ beberapa biaya tambahan yang bisa dihilangkan, terutama ketika mencontoh bangunan yang sudah ada.

Bahkan, bagi Pins yang ingin menggunakan berbagai model arsitektur akan membutuhkan desain rumah yang lebih matang. Pasalnya, mengotak-atik bentuk rumah yang tergolong ‘unik’ tentu bisa menciptakan biaya tambahan. Pins mungkin akan membutuhkan biaya pekerjaan bongkar pasang saat desain belum sesuai dengan selera.

Menyusun Anggaran Biaya Bangunan (RAB)

Membangun rumah yang murah dan berkualitas tentu harus sesuai dengan RAB yang Pins buat, yaitu Rencana Anggaran Biaya Bangunan. Perencanaan ini dibuat sebagai pedoman untuk memperkirakan total biaya saat melakukan pembuatan rumah.

Dengan begitu, Pins bisa melihat apakah biaya tersebut sudah sesuai budget atau terlalu mahal, sehingga bisa dikurangi pada bagian tertentu. Pada saat membangun rumah ada baiknya untuk tidak meminjam uang di bank, melainkan sudah memiliki budget terpisah untuk hal ini. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai diskon menarik yang ditawarkan oleh berbagai toko bahan bangunan.

Baca juga: 

Memilih Bahan Bangunan yang Berkualitas

Ketika akan membangun rumah, ada baiknya jika Pins sudah menentukan bahan bangunan apa saja yang akan digunakan pada hunian nantinya. Seperti memilih bahan yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Untuk menghemat budget, kamu bisa mengganti material pokok dengan kualitas yang hampir sama, tetapi dengan biaya yang lebih irit. Sebagai contoh, Pins dapat mengganti material batu bata menjadi batako atau atap menjadi asbes. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Membangun Rumah di Waktu yang Tepat

Hal lain yang bisa Pins lakukan untuk membangun rumah adalah memilih untuk membangun hunian di waktu yang tepat. Umumnya, pembangunan rumah bisa memakan waktu sekitar 3-9 bulan. Namun, waktu tersebut tergantung dari banyaknya pembangunan yang dilakukan.

Bila kamu memerlukan waktu 1-6 bulan, ada baiknya memilih musim kemarau atau awal-awal tahun. Pasalnya, musim hujan dapat menghambat proses pembangunan yang bisa menambah rencana anggaran biaya bangunan. Walau musim kemarau masih berisiko hujan, pembangunan di musim ini jauh lebih aman karena probabilitasnya lebih kecil.

Memilih Jasa Tukang Bangunan Berkualitas

Tidak hanya arsitektur, pemilihan jasa tukang bangunan juga penting untuk menekan biaya pembangunan rumah. Usahakan untuk menghindari jasa pemborong yang menawarkan harga sangat murah. Ini bisa jadi bumerang bagi Pins karena kualitas pekerjaan dan material yang digunakan mungkin tidak akan bertahan lama.

Tips Membangun Rumah yang Murah Tetapi Berkualitas

(MyMove)

Setelah Pins mengetahui bagaimana tahapan membangun rumah serta persiapan yang dibutuhkan, Yuk, simak beberapa tips membangun rumah dengan harga murah yang berkualitas berikut ini!

Memilih Lokasi Pembangunan yang Strategis

Pemilihan lokasi pembangunan yang strategis Mungkin terdengar sepele, tetapi membangun rumah di lokasi strategis dan mudah dilalui oleh transportasi juga merupakan hal yang penting. Jika kamu membangun rumah di daerah yang sulit dijangkau tentu akan mempersulit mobilitas Pins dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 

Membuat Denah Kerja Tukang

Pada saat melakukan proses pembangunan baik itu untuk rumah ataupun bangunan gedung, para tukang akan memperhatikan detail yang diharapkan oleh pemilik bangunan tersebut. Untuk itu, Pins bisa mempercepat proses pembangunan dengan membuat denah kerja tukang yang lebih terjadwal.

Mencari Referensi Desain Rumah Terbaik

Pins mungkin sudah memiliki impian, hunian seperti apa yang diinginkan untuk masa depan dan keluarga tercinta. Tetapi, melakukan pemilihan desain rumah juga harus diperhatikan dengan seksama agar desain rumah yang diharapkan dapat terwujud. Untuk itu, ada baiknya jika kamu melakukan pencarian terlebih dahulu desain seperti apa yang diinginkan untuk hunian masa depan.

Itulah beberapa penjelasan tentang tahapan membangun rumah yang murah tetapi juga berkualitas. Selain itu, Pins juga perlu memperhatikan beberapa detail pada saat melakukan proses pembangunan agar hunian impian di masa depan dapat terwujud. Selamat mencoba Pins!

Baca juga: 

Featured Image Source: BXSP.org


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia