BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Langkah dan Persiapan Membangun Rumah Tinggal
0
0

6 Langkah dan Persiapan Membangun Rumah Tinggal

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
langkah dan persiapan membangun rumah tinggaltop-right-banner

Bagaimana langkah dan persiapan membangun rumah tinggal? Setiap orang pasti punya impian memiliki rumah apakah dengan cara membeli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah tinggal sendiri. Bingung harus mulai dari mana? Apalagi dari dulu tidak pernah berurusan dengan surat-persuratan dan bangun-membangun. 

Selain menyiapkan dana tentunya, kamu harus memperhatikan poin-poin penting mulai dari mencari lokasi tanah, mencari bahan bangunan, membangun rumah tinggal.

Tentunya, setelah tahu apa saja langkah dan persiapan untuk membangun rumah tinggal akan membantu Pins dalam membangun rumah. Namun, kamu juga bisa melihat rumah yang ada di perumahan Pesona Ciputih. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi, misalnya di sekitar Terminal Bekasi Kota menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Langkah dan Persiapan Membangun Rumah Tinggal

Proses perencanaan, pengukuran lahan, pemilihan material, dan penjadwalan konstruksi menjadi kunci sukses dalam mewujudkan impian memiliki rumah impian. Dengan memahami setiap langkah ini, proses pembangunan rumah akan lebih terarah dan efisien. Berikut ini ada 6 langkah dan persiapan dalam membangun rumah tinggal yang harus Pins ketahui.

1. Memilih Lokasi Tanah Rumah Tinggal

langkah dan persiapan membangun rumah tinggal
Source : Unsplash

Menetapkan lokasi tanah untuk pembangunan rumah tinggal melibatkan dua pertimbangan utama, yakni aspek ekonomi dan pencapaian pribadi. Dari perspektif ekonomi, penting untuk memperhatikan nilai jual kembali tanah setelah rumah dibangun. Sebagai contoh, memiliki tanah di gang atau lokasi kurang strategis dapat mengurangi efektivitas pembangunan rumah cluster dengan biaya lebih tinggi. 

Meskipun keberatan untuk melepaskan aset, mempertimbangkan kemungkinan penjualan di masa depan menjadi langkah bijak. Dengan demikian, pastikan nilai properti sejalan dengan nilai tanah, menghindari potensi kerugian.

Dari sudut pandang pencapaian pribadi, lokasi rumah sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Keberadaan rumah yang dekat dengan tempat kerja, sekolah, tempat hiburan, atau pusat perbelanjaan dapat memberikan dampak positif pada pencapaian pribadi. Terlebih lagi, faktor-faktor ini tidak hanya mempengaruhi kenyamanan, tetapi juga memiliki potensi nilai ekonomi yang meningkat. 

Dengan memilih lokasi yang mendukung gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, kamu dapat memastikan bahwa investasi properti. Tidak hanya memberikan kenyamanan pribadi tetapi juga memberikan nilai tambah secara finansial.

2. Cari Informasi Harga Bahan Bangun, Model & Trend Rumah

Source : Unsplash

Setelah berhasil menemukan lahan ideal untuk membangun rumah tinggal. Langkah selanjutnya adalah mencari informasi terkait harga bahan bangunan, model rumah, dan tren terkini.  Dalam proses membangun rumah, penting untuk mengetahui estimasi biaya yang diperlukan mulai dari pembelian bahan bangunan. Hingga menentukan desain yang diinginkan dan mengikuti tren terkini. 

Hal ini membantu Pins mengalokasikan anggaran secara efisien dan memastikan bahwa rumah yang dibangun sesuai dengan keinginan. Serta sesuai dengan perkembangan gaya arsitektur terbaru.  Dengan demikian, mencari informasi secara komprehensif mengenai harga bahan bangunan, model, dan tren rumah saat ini. Menjadi kunci dalam merencanakan dan membangun rumah tinggal yang memenuhi standar estetika dan fungsionalitas.

Baca juga:

3. Mencari Jasa Arsitek Desain Rumah Tinggal

langkah dan persiapan membangun rumah tinggal
Source : Unsplash

Sekarang saatnya mewujudkan impian membangun rumah tinggal Pins dengan bantuan jasa arsitek. Namun, mungkin ada yang berpikir kalau menggunakan jasa arsitek itu buang-buang duit karena merasa bahwa dalam desain dan perencanaan membangun rumah bisa dilakukan oleh diri sendiri.

Tahukah Pins kalau menggunakan jasa arsitek, Pins justru terhindar dari pemborosan karena kekurangan bahan atau kelebihan bahan dalam perencanaan rumah tinggal. Jadi, jika kamu masih terpikir untuk membangun rumah tanpa arsitek, coba pikirkan sekali lagi.

4. Mengurus Perizinan Membangun Rumah Tinggal

langkah dan persiapan membangun rumah tinggal
Source : Unsplash

Salah satu tahap krusial dalam merencanakan pembangunan rumah tinggal adalah mengurus izin mendirikan bangunan (IMB). Penting untuk dicatat bahwa apabila lahan yang akan dibangun memiliki luas kurang dari 200 meter persegi. Proses perizinan dapat diselesaikan hingga tingkat kecamatan. 

Namun, jika lahan tersebut melebihi 200 meter persegi, pengurusannya harus melibatkan pihak berwenang hingga tingkat walikota. Dalam hal ini, proses perizinan tergantung pada ukuran lahan yang akan dibangun, dengan persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan regulasi setempat. 

Maka dari itu, sebelum memulai konstruksi, pastikan untuk memahami tata cara dan persyaratan perizinan yang berlaku. Agar proses pembangunan berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah setempat.

Baca juga:

5. Perjanjian Pembangunan Rumah Tinggal

langkah dan persiapan membangun rumah tinggal
Source : Unsplash

Tahap ini adalah tahap perencanaan pembangunan rumah tinggal akan dimulai apakah oleh Pins sendiri atau dengan jasa arsitek atau kontraktor. Wajib hukumnya untuk membuat perjanjian pembangunan rumah untuk menghindari masalah-masalah apakah kesalahpahaman di kemudian hari.

Bagi yang menggunakan tukang sendiri, Pins bisa memilih mandornya dan menentukan jam kerja, istirahat, upah lembur dan tenggat selesainya bangunan.

6. Pengawasan Pembangunan Rumah

langkah dan persiapan membangun rumah tinggal
Source : Unsplash

Setelah Pins membuat perjanjian pembangunan, Pins pun tetap harus turun tangan untuk mengawasi pekerjaan pembangunan rumah untuk menghindari pembangunan rumah tidak sesuai dengan rencana. Kamu bisa memutuskan apakah mengerjakannya sendiri atau dengan bantuan kontraktor. Namun, menggunakan jasa kontraktor akan lebih efisien.

Nah, Pins yang akan membangun rumah tinggal dalam waktu dekat ini bisa segera melakukan ceklist langkah dan rencana yang harus Pins siapkan!

Baca juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download