Pinhome

Tips Properti

Fungsi Pasir Dalam Membangun Rumah Sendiri

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pins mau membangun rumah? Wajib buat kamu untuk mengenali material apa yang akan kamu gunakan, lho! Material bangunan adalah hal yang paling penting dalam konstruksi bangunan. Jenis material pun beragam dan memiliki fungsi yang berbeda beda. Salah satunya adalah pasir, pasir merupakan salah satu material yang sangat penting dalam konstruksi bangunan. Yuk kenali fungsi pasir dalam membangun rumah sendiri.

Pasir kerap kali menjadi bahan bangunan yang pertama kali dibeli saat kamu ingin membangun rumah, Pins. Hal ini dikarenakan pasir memiliki banyak fungsi dalam proses konstruksi rumah. Inilah beberapa fungsi dari pasir:

  • Saat merekatkan batu bata dengan batu bata lain, kita memerlukan spesi yang di dalamnya terdapat dua komponen penting yaitu pasir dan juga semen.
  • Dalam pembuatan beton atau concrete, diperlukan campuran antara batu, semen, dan pasir.
  • Pasir digunakan juga sebagai campuran dalam membuat plester. Dalam campuran plester tersebut, semen sebagai bahan utamanya. Plester digunakan untuk melapisi dinding batu bata.
  • Pins memerlukan campuran antara pasir dan semen sebagai dalam pemasangan keramik, pertama campuran tersebut diletakkan pada dasarnya lalu keramik digunakan sebagai penutupnya.
  • Pasir merupakan bahan utama pembuatan batako dan pasir juga merupakan bahan pembuat kaca loh Pins.
  • Selain untuk material bangunan dan interiornya, pasir juga sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan jalan. Baik itu menggunakan beton, paving, ataupun juga aspal, semuanya menggunakan pasir sebagai bahan utamanya.

Jenis-jenis Pasir

Pada dasarnya pasir digunakan sebagai bahan campuran untuk semen dalam pemasangan bahan bangunan, namun ternyata pasir memiliki jenis yang berbeda beda loh Pins. Jenis pasir menentukan tempat penggunaannya juga. Ada beberapa pasir yang bisa digunakan untuk fungsi lain, tapi ada juga yang tidak. Berikut merupakan jenis – jenis pasir yang ada di Indonesia dan juga fungsinya:

Pasir beton
Pada umumnya pasir ini berwarna hitam pekat dengan butiran yang sangat halus. Jadi, pada saat dikepal pasir ini tidak akan menggumpal. Pasir ini biasa digunakan untuk pengecoran dan sebagai campuran plester dinding. Fungsi lainnya adalah sebagai campuran untuk memasang pondasi dan batu bata bangunan.

Pasir pasang
Tekstur pasir ini lebih halus daripada pasir beton. Fungsi dari pasir jenis ini adalah sebagai campuran pasir beton agar tidak terlalu kasar dan memperbaiki kualitas campuran menjadi lebih baik. Jenis pasir pasang juga digunakan dalam campuran untuk plester dinding.

Pasir Elod
Tekstur pasir ini lebih halus dari pasir pasang maupun pasir beton. Jenis pasir ini biasa digunakan untuk pembuatan batako yang memiliki kualitas yang tinggi.

Pasir Merah
Seperti namanya, pasir ini berwarna merah dan memiliki butiran cukup besar bahkan terdapat batuan di dalamnya. Pasir jenis ini umumnya digunakan untuk konstruksi.

Pasir Sungai
Pasir jenis ini memiliki karakter butiran yang halus. Pasir ini berasal dari batuan keras. Fungsinya adalah untuk urukan dan tidak direkomendasikan untuk pengecoran karena tidak sesuai dengan karakteristik dari pasir tersebut.

Itulah beberapa jenis dan fungsi pasir dalam membangun rumah. Ternyata pasir juga memiliki jenis dan fungsi yang berbeda – beda ya, sudah tidak bingung lagi kan Pins dalam memilih pasir yang tepat? Semoga bermanfaat!

Baca juga: Bangun Rumah Sendiri? Pelajari Harga Pasir Per Kubik

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel