Standar Upah Tukang Bangunan Harian Berdasarkan Profesinya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins sedang membangun atau merenovasi rumah dan bangunan? Tentunya akan membutuhkan biaya untuk membayar tukang bangunan atau jasa pemborong yang mengerjakan pembangunan. Standar upah harian tukang bangunan tentu akan berbeda-beda di setiap daerahnya Pins, bergantung pada seberapa besar UMR standar harian dan berapa jam tukang bangunan tersebut bekerja.

Mengetahui standar gaji tukang bangunan merupakan hal yang penting untuk diketahui Pins. Khususnya, untuk mengatur pengeluaran yang tepat sebagai bagian dari budget yang harus dikeluarkan dalam pembangunan. Yuk, simak standar upah harian tukang bangunan berikut ini!

Baca juga:

Standar Upah Harian Tukang Bangunan

(Pikiran Rakyat)

Setiap daerah tentunya memiliki standar upah harian yang berbeda-beda Pins, tergantung pada kisaran UMR harian di daerah tersebut. Sedangkan secara garis besar, berikut standar gaji tukang bangunan berdasarkan profesinya:

Jenis Profesi Tukang

Upah per hari / per 7 jam kerja / per orang

Upah Mandor atau pengawas pembangunanRp.80.000,00
Kepala tukang besiRp.80.000,00
Tukang besi ahliRp.60.000,00
Tukang besi biasaRp.55.000,00
Kepala tukang galianRp.60.000,00
Tukang galian tanahRp.50.000,00
Kepala tukang batuRp.80.000,00
Tukang batu ahliRp.60.000,00
Tukang batu biasaRp.55.000,00
Kepala tukang kayuRp.80.000,00
Tukang kayu ahliRp.60.000,00
Tukang kayu biasaRp.55.000,00
Kepala tukang catRp.60.000,00
Tukang cat ahliRp.55.000,00
Tukang cat biasaRp.50.000,00
Tukang listrikRp.60.000,00
Tukang mekanikal dan elektrikalRp.60.000,00
Tukang plumbingRp.60.000,00
Tukang kebersihanRp.60.000,00
Tukang kebunRp.45.000,00
Upah Pekerja / pembantu tukang / kenekRp.45.000,00

Standar upah tersebut merupakan upah yang biasanya digunakan pada kota-kota besar Pins, sedangkan untuk daerah lain biasanya akan berbeda-beda. Bergantung pada UMR serta seberapa lama tukang tersebut bekerja dalam per-harinya. Namun, semua itu bergantung pada jenis jasa yang akan Pins gunakan nantinya. Misalnya, kamu akan memilih untuk menggunakan jasa bangunan borongan, tentu semua itu akan berbeda dengan upah harian yang digunakan pada jasa bangunan pada umumnya. Untuk itu, pastikan untuk memilih jasa bangunan yang tepat ya Pins!

Baca juga:

Faktor yang Mempengaruhi Standar Upah Harian Tukang Bangunan

Selain menentukan standar upah harian tukang bangunan berdasarkan standar di daerah masing-masing, Pins juga bisa menentukannya berdasarkan faktor berikut ini:

Lokasi Proyek

(Tukang Renovasi)

Ternyata, lokasi pembangunan proyek dapat mempengaruhi standar gaji tukang bangunan lho Pins! Salah satunya adalah lokasi proyek pembangunan itu sendiri, yang tentunya akan mempengaruhi standar upah pekerja. Seperti ketika Pins membangun bangunan di perkotaan tentu akan berbeda dengan daerah lainnya.

Profesionalitas Tukang Bangunan

(Ajaib.co.id)

Kualitas tukang bangunan yang mengerjakan pembangunan akan mempengaruhi standar upah yang ditentukan Pins. Seperti ketika kamu memilih untuk menggunakan jasa pemborongan yang profesional serta memiliki kualitas yang terbaik. Semua itu akan mempengaruhi standar upah harian yang digunakan nantinya.

Baca juga:

Jumlah Hari dan Jam Kerja Tukang

(Ceklist.id)

Ketika Pins akan menentukan standar upah harian tukang bangunan, semua itu bergantung pada jumlah hari dan jam kerja tukang bangunan tersebut. Jika Pins menggunakan jasa borongan, biasanya upah harian akan semakin besar. Khususnya, karena jam kerja tukang akan bertambah bahkan bisa mencapai 24 jam.

Tingkat Kesulitan Bangunan

(Hexagon PPM)

Gaji tukang bangunan juga dapat ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan suatu bangunan yang akan dibangun Pins! Jika Pins akan membangun rumah 2 lantai atau dengan desain khusus yang rumit, tentu gaji tukang bangunan akan berbeda dan lebih mahal. Untuk itu, jika kamu memiliki keuangan yang pas-pasan, bisa mencoba untuk menggunakan desain bangunan yang lebih mudah.

Peraturan Pemerintah

(Realestate.com.au)

Peraturan pemerintah tentunya akan mempengaruhi standar upah harian tukang bangunan itu sendiri. Pemerintah pada tahun 2008 telah membuat perhitungan upah pekerja berdasarkan Analisa Biaya Konstruksi. Selain itu, telah di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Dibedakan menjadi tiga kategori yaitu upah harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, juga dihitung berdasarkan pengalaman tukang bangunan, metode pelaksanaan, kondisi lapangan, dan peralatan hingga keadaan cuaca.

Baca juga:

Jenis Jasa yang Digunakan

(About Mechanics)

Saat ini terdapat beberapa opsi untuk melakukan proses pembangunan rumah atau bangunan. Beberapa diantaranya adalah, menggunakan jasa developer, borongan, atau jasa konstruksi lainnya. Semua itu akan mempengaruhi standar upah yang akan digunakan nantinya. Pins bisa memilih mana yang lebih sesuai kemudian menggunakan jenis jasa yang tepat. Dengan begitu, proses pembangunan dapat berjalan lebih lancar.

Keadaan Cuaca

(Forbes)

Keadaan cuaca ketika pembangunan tentu akan mempengaruhi biaya upah pekerja harian. Jika pembangunan dilakukan ketika musim penghujan, tentu akan meningkatkan biaya upah harian tukang bangunan. Seperti, jam kerja yang mungkin bertambah serta kebutuhan pekerja akan material yang digunakannya. Untuk mensiasatinya, Pins bisa mencoba untuk membangun rumah pada musim kemarau atau di waktu yang jarang hujan. Cara ini akan memangkas gaji tukang bangunan per-harinya.

Itulah beberapa pembahasan mengenai standar upah harian tukang bangunan selengkapnya. Selain karena akan berbeda-beda di setiap daerahnya, gaji tukang bangunan akan ditentukan berdasarkan beberapa faktor di atas. Pins bisa menyesuaikan upah yang dibutuhkan berdasarkan faktor yang telah disebutkan tadi.

Baca juga:

Featured Image Source: IDX Channel


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia