Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Drainase Adalah Hal Penting Dalam Membangun Rumah, Ini Detailnya!

Tips Properti

Drainase Adalah Hal Penting Dalam Membangun Rumah, Ini Detailnya!

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 26 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam perencanaan sebuah bangunan pembuatan drainase menjadi hal yang tidak terlupakan. Drainase adalah upaya teknis dari pembuatan saluran pembuangan air dalam rangka mengurangi kelebihan air yang berasal dari air hujan, kelebihan air irigasi lahan maupun rembesan. Tidak heran perannya sangat penting dan menjadi bagian yang selalu ada dalam sebuah pembangunan, salah satunya rumah.

Pinhome – Walau memang banyak ditemukan diperkotaan tetapi drainase sendiri harus ada pada jalur setiap rumah. Di dalam sebuah perumahan drainase adalah sebuah sistem yang mengatur jalur keluar masuknya air, baik bersih maupun kotor ke jalur yang telah ditentukan. Apa itu drainase menjadi hal yang lebih spesifik dengan pembagian fungsinya yang beragam dalam sebuah perumahan. Inilah mengapa, pembuatan drainase yang benar menjadi hal penting dalam mencegah terjadinya banjir.

Untuk itu, di bawah ini Pinhome akan menyajikan ragam detail mengenai fungsi, manfaat dan arti apa itu drainase pada perumahan secara lengkap. Semoga dapat membantu.

Apa itu Drainase?

(kellertxlandscaping)

Dalam arti umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) drainase yaitu pengatusan; penyaluran air; saluran air. Drainase sendiri dikutip dari KBBI terbagi sesuai dengan fungsinya seperti:

  • Aerasi, drainase tertutup untuk memperbaiki aerasi tanah agar proses mikrobiologi dapat berlangsung di dalam tanah dengan baik dan dapat mengubah sifat kimia tanah. Maka dari itu, Drainase tanah adalah penyalur aliran air yang bermanfaat bagi kehidupan pula di sekitarnya.
  • Alamiah, pembuangan air permukaan suatu daerah secara alamiah.
  • Bawah Permukaan, drainase alam atau drainase buatan yang terdapat di bawah permukaan tanah.
  • Induk, drainase yang bertalian dengan saluran induk.
  • Lapangan, pembuangan air hujan dari daerah pertanian untuk menghindarkan.
  • Permukaan, pengendalian air permukaan yang menggenangi permukaan tanah; pembuangan air dari permukaan tanah.
  • Terbuka, drainase yang dibuat dari saluran atau parit terbuka.

Pengelompokan Fungsi Drainase Perumahan

Sistem drainase perumahan pada intinya adalah sistem pengendalian keluar masuknya air. Drainase berfungsi utama sebagai pengontrol curah air hujan yang masuk pada lingkungan perumahan sehingga air tidak meluap dan menimbulkan banjir maupun genangan.

Sistem pengairannya pun dipisahkan antara air bersih dan kotor. Untuk sistem drainase air kotor, terdapat saluran di dalamnya. Saluran tersebut juga menghubungkan dua jalur yang berbeda. Dua jalur tersebut mengarah ke selokan dan satu lagi mengarah kepada septic tank. Apa saja air kotor pun dapat kamu pisahkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Misal saja untuk pembuangan ke septic tank adalah air kotor yang berasal dari WC sedangkan untuk ke selokan bisa berasal dari bekas air cuci piring maupun cuci baju.

Hal yang paling penting dari pembuatan drainase adalah letak dari instalasi pembuangan itu sendiri agar air dapat mengalir dengan lancar dan juga bak kontrol yang berfungsi untuk meminimalisir penyumbatan. Penyumbatan inilah yang dapat berakibat buruk pada sistem drainase perumahan, salah satu contohnya luapan air dalam kamar mandi, sampai luapan pada selokan.

Bagaimana Cara Membuat Drainase yang Baik?

(theconstructor)

Mengutip artikel dari the constructor, teknik konstruksi dalam menciptakan drainase yang baik memiliki beberapa faktor penting seperti, pondasi dari drainase itu sendiri, blanket drains/ selimut drainase atau lapisan pencegah rembesan, saluran interseptor hingga panel pembuangan. Semua kelengkapan tersebut berfungsi dan saling melengkapi satu dengan lainnya dalam upaya pencegahan rembesan yang terjadi selama musim hujan. Apa saja fungsi detailnya?

  • Saluran Drainase Pondasi, ketika air tanah naik melebihi pondasi atau mencapai garis pondasi yang telah ditentukan, harus dibuat suatu aturan atau sistem yang dapat berfungsi menghilangkan air yang ada di dekat struktur. Namun, bila air tanah naik tidak mencapai pondasi yang dibuat, maka harus dibuat saluran pondasi drainase yang berfungsi membuang air di sekitar hunian yang berasal dari perumahan lainnya.
  • Lapisan Pencegah Rembesan, bila rembesan air masuk ke pelat lantai basement, harus disediakan blanket drain. Drainase selimut menghilangkan air dengan tetap menjaga kontinuitas di bawah pelat lantai basement. Oleh karena itu, mengurangi gaya angkat dan meningkatkan stabilitas struktur.
  • Saluran interceptor, sangat efektif dalam menjaga tanah dasar agar tetap kering. Saluran tersebut juga efektif dalam menahan aliran air permukaan atau bawah permukaan yang mencoba masuk ke permukaan dasar. Ini adalah bagaimana proses saluran air mencegah perkembangan tekanan air pori berlebih dan mengurangi kemungkinan erosi rembesan.
  • Panel saluran pembuangan, berperan penting dalam membuat dinding kedap air dan pada akhirnya mengurangi tekanan air pori yang menumpuk. Mereka tersedia dalam dua bentuk yang paling populer., yaitu panel pembuangan dua sisi, dan yang lainnya adalah panel pembuangan satu sisi.

Jenis Drainase Berdasarkan Letak

Drainase Permukaan Tanah

Drainase yang berada di permukaan tanah adalah suatu sistem pembuangan air yang berfungsi untuk menyalurkan air ke permukaan tanah. Drainase ini yang mencegah terjadinya sebuah genangan pada area perumahan. Drainase tanah adalah drainase yang dibuat sekaligus untuk mengendalikan air. Pada permukaan tanah drainase ini mengendalikan air permukaan akibat hujan yang disalurkan ke pembuangan air. Inilah yang menyebabkan permukaan tanah tidak tergenang dan tetap pada kondisi kering. 

Drainase di Bawah Permukaan 

Sedangkan untuk drainase bawah permukaan/ drainase tanah adalah mempunyai fungsi sistem pembuangan untuk mengalirkan adanya kelebihan air di bawah tanah. Selain itu, pada jenis tanaman tertentu, drainase memiliki fungsi mengurangi ketinggian muka air tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Dikutip dari buku karya Dedi Kusnadi Kalsim yang berjudul teknik drainase bawah permukaan, drainase tanah adalah hal penting dalam pengembangan lahan pertanian. Pengolahan air tanah yang dilakukan drainase menjadi kunci utama keberhasilan pertanian. Ini menjadi barang penting pada musim kemarau maupun musim hujan yang menyimpan air dalam bentuk pipa bawah tanah. Dengan begitu selain memiliki peran penting bagi perumahan, drainase juga dibutuhkan dalam pertanian.

Itulah penjelasan mengenai apa itu drainase dan cakupan mendalam akan pentingnya drainase dalam sebuah perumahan. Semoga dapat menambah pengetahuan Pins ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel