BlogPemilik PropertiDesain HunianApa Itu Drainase Rumah? Ini Fungsi, Cara Membuat, dan Jenisnya!
0
0

Apa Itu Drainase Rumah? Ini Fungsi, Cara Membuat, dan Jenisnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
drainase rumahtop-right-banner

Pins sedang berencana membangun rumah dalam waktu dekat? Ketahui terlebih dahulu apa itu drainase rumah dan fungsinya agar saluran perairan di rumah lancar. Dalam perencanaan sebuah bangunan pembuatan drainase menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Apa itu drainase? Intinya, drainase adalah upaya teknis dari pembuatan saluran pembuangan air dalam rangka mengurangi kelebihan air yang berasal dari air hujan, kelebihan air irigasi lahan maupun rembesan.

Peran drainase sangat penting dan menjadi bagian yang selalu ada dalam sebuah pembangunan, salah satunya rumah. Di dalam sebuah perumahan drainase adalah sebuah sistem yang mengatur jalur keluar masuknya air, baik bersih maupun kotor ke jalur yang telah ditentukan. Inilah mengapa, pembuatan drainase yang benar menjadi hal penting dalam mencegah terjadinya banjir. Yuk, simak apa itu drainase, fungsi, cara membuat, dan jenisnya berikut ini!

Baca juga:

Apa itu Drainase?

Source : Kellertxlandscaping

Sistem drainase adalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya, merupakan saluran untuk pembuangan air untuk mengatur keluar masuknya air bersih maupun kotor. Dalam arti umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) drainase yaitu pengatusan; penyaluran air; saluran air. Drainase sendiri dikutip dari KBBI terbagi sesuai dengan fungsinya seperti:

  • Aerasi, drainase tertutup untuk memperbaiki aerasi tanah agar proses mikrobiologi dapat berlangsung di dalam tanah dengan baik dan dapat mengubah sifat kimia tanah. Maka dari itu, Drainase tanah adalah penyalur aliran air yang bermanfaat bagi kehidupan pula di sekitarnya.
  • Alamiah, pembuangan air permukaan suatu daerah secara alamiah.
  • Bawah Permukaan, drainase alam atau drainase buatan yang terdapat di bawah permukaan tanah.
  • Induk, drainase yang bertalian dengan saluran induk.
  • Lapangan, pembuangan air hujan dari daerah pertanian untuk menghindarkan.
  • Permukaan, pengendalian air permukaan yang menggenangi permukaan tanah; pembuangan air dari permukaan tanah.
  • Terbuka, drainase yang dibuat dari saluran atau parit terbuka.

Fungsi Drainase Rumah

Source : Dkna Abza

Saluran drainase adalah pengendalian keluar masuknya air pada rumah atau bangunan. Drainase berfungsi utama sebagai pengontrol curah air hujan yang masuk pada lingkungan perumahan sehingga air tidak meluap dan menimbulkan banjir maupun genangan. Sistem pengairannya pun dipisahkan antara air bersih dan kotor. Untuk sistem drainase air kotor, terdapat saluran di dalamnya. Saluran tersebut juga menghubungkan dua jalur yang berbeda. Dua jalur tersebut mengarah ke selokan dan satu lagi mengarah kepada septic tank. Adapun fungsi utama dari drainase adalah:

  • Memisahkan air kotor dan bersih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pembuangan ke septic tank adalah untuk air kotor dari kamar mandi dan selokan untuk air bekas cucian.
  • Membebaskan area dari genangan air, erosi, dan banjir.
  • Terbebas dari risiko penyakit akibat buruknya sanitasi.
  • Menjadi sistem tata guna lahan dengan kualitas yang baik.
  • Mengurangi kerusakan struktur tanah.
  • Melindungi lingkungan dari buruknya kualitas udara, tanah, dan air.
  • Umur ekonomis yang lebih panjang untuk sarana fisik seperti kawasan permukiman dan jalan.
  • Menjadi area konservasi sumber daya air.

Baca juga:

Cara Membuat Drainase

Source : The Constructor

Mengutip artikel dari the constructor, teknik konstruksi dalam menciptakan drainase yang baik memiliki beberapa faktor penting seperti, pondasi dari drainase itu sendiri, blanket drains/ selimut drainase atau lapisan pencegah rembesan, saluran interseptor hingga panel pembuangan. Semua kelengkapan tersebut berfungsi dan saling melengkapi satu dengan lainnya dalam upaya pencegahan rembesan yang terjadi selama musim hujan. Apa saja fungsi detailnya? Berikut struktur pembuatan drainase pada rumah:

Membuat Saluran Drainase Pondasi

Ketika air tanah naik melebihi pondasi atau mencapai garis pondasi yang telah ditentukan, harus dibuat suatu aturan atau sistem yang dapat berfungsi menghilangkan air yang ada di dekat struktur. Namun, bila air tanah naik tidak mencapai pondasi yang dibuat, maka harus dibuat saluran pondasi drainase yang berfungsi membuang air di sekitar hunian yang berasal dari perumahan lainnya.

Membuat Lapisan Pencegah Rembesan (Blanket Drain)

Bila rembesan air masuk ke pelat lantai basement, harus disediakan blanket drain. Drainase selimut menghilangkan air dengan tetap menjaga kontinuitas di bawah pelat lantai basement. Oleh karena itu, berfungsi untuk mengurangi gaya angkat dan meningkatkan stabilitas struktur.

Membuat Saluran Interceptor

Saluran interceptor ini Sangat efektif dalam menjaga tanah dasar agar tetap kering. Saluran tersebut juga efektif dalam menahan aliran air permukaan atau bawah permukaan yang mencoba masuk ke permukaan dasar. Bagian ini adalah bagaimana proses saluran air mencegah perkembangan tekanan air pori berlebih dan mengurangi kemungkinan erosi rembesan.

Membuat Panel Saluran Pembuangan

Drainase rumah dan bangunan berperan penting dalam membuat dinding kedap air dan pada akhirnya mengurangi tekanan air pori yang menumpuk. Tersedia dalam dua bentuk yang paling populer, yaitu panel pembuangan dua sisi, dan yang lainnya adalah panel pembuangan satu sisi.

Jenis-Jenis Drainase

Pins ingin membuat drainase rumah tetapi belum paham jenis-jenisnya? Berikut beberapa jenis drainase yang dibedakan berdasarkan letak saluran, pembuatan, fungsi, dan konstruksinya. Setelah mengetahui apa itu drainase, simak beberapa jenisnya berikut ini:

Jenis Drainase Berdasarkan Letak Saluran

Source : Jawara Corporation

Untuk jenis drainase yang pertama bisa dilihat berdasarkan tata letak salurannya. Secara umum, tata letak drainase dibedakan menjadi dua jenis yaitu drainase permukaan tanah dan di bawah permukaan tanah.

  • Drainase permukaan tanah:

Drainase yang berada di permukaan tanah adalah suatu sistem pembuangan air yang berfungsi untuk menyalurkan air ke permukaan tanah. Jenis drainase ini yang mencegah terjadinya sebuah genangan pada area perumahan.

Dibuat sekaligus untuk mengendalikan air yang keluar ataupun masuk. Pada permukaan tanah drainase ini mengendalikan air permukaan akibat hujan yang disalurkan ke pembuangan air. Inilah yang menyebabkan permukaan tanah tidak tergenang dan tetap pada kondisi kering. 

  • Drainase di bawah permukaan:

Sedangkan untuk drainase bawah permukaan atau drainase tanah mempunyai fungsi sebagai sistem pembuangan untuk mengalirkan adanya kelebihan air di bawah tanah. Selain itu, pada jenis tanaman tertentu, drainase memiliki fungsi mengurangi ketinggian muka air tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Jenis Drainase Berdasarkan Pembuatannya

Source : Arafuru

Sistem drainase adalah suatu cara untuk mengatur saluran perairan pada bangunan. Untuk jenis berdasarkan pembuatannya dibagi menjadi dua yaitu buatan dan alami. Berikut perbedaannya:

  • Drainase alami:

Saluran drainase alami umumnya terbentuk tanpa campur tangan manusia atau dibuat oleh alam. Terbentuk karena adanya gerusan atau gesekan air yang bergerak akibat gravitasi. Lambat laun pergerakan tersebut akan membentuk jalan air yang permanen.

  • Drainase buatan:

Berbeda dengan drainase alami yang memang terbentuk oleh sendirinya akibat pergerakan air secara alami. Jenis drainase buatan memang sengaja dibuat untuk kebutuhan saluran air pada suatu bangunan. Contoh dari drainase buatan ini seperti selokan, kanal, talang air, dan gorong-gorong. Pembangunannya biasanya membutuhkan tambahan material bangunan tertentu, seperti pipa dan alat lainnya.

Jenis Drainase Berdasarkan Fungsinya

Source : Nimbus9

Saat ini terdapat dua jenis sistem drainase yaitu satu fungsi (single purpose) dan multifungsi (multi purpose). Berikut perbedaannya:

  • Drainase multifungsi (multi purpose):

Saluran ini memiliki fungsi dan kemampuan untuk mengalirkan berbagai macam buangan air. Seperti sistem drainase yang digunakan untuk membuang limbah rumah tangga dan air hujan.

  • Drainase satu fungsi (single purpose):

Berbeda dengan sistem multifungsi yang dapat mengalirkan segala jenis pembuangan air, drainase satu fungsi ini berfungsi untuk mengalirkan satu jenis air pembuangan. Contohnya, pembuangan air hujan, limbah rumah tangga, dan limbah industri.

Jenis Drainase Berdasarkan Konstruksinya

Source : Prospeku

Saluran drainase juga dapat dibedakan berdasarkan jenis konstruksinya. Saat ini terdapat dua jenis drainase berdasarkan konstruksinya, yaitu terbuka dan tertutup. Berikut perbedaannya:

  • Drainase tertutup:

Saluran tertutup berfungsi untuk mengalirkan air yang mengandung limbah. Dibuat tertutup agar limbah tidak langsung berhubungan dengan manusia dan membahayakan masyarakat serta lingkungan.

  • Drainase terbuka:

Saluran terbuka berfungsi untuk mengalirkan air hujan pada wilayah yang luas. Termasuk untuk mengaalirkan air yang tidak membahayakan lingkungan.

Jenis Drainase Berdasarkan Wilayahnya

Berdasarkan wilayahnya, salurannya dibedakan menjadi dua yaitu drainase bandara dan lapangan olahraga. Berikut perbedaannya:

  • Drainase lapangan olahraga:

Sistem drainase di lapangan olahraga memiliki tugas untuk mengalirkan air agar tidak terjadi genangan. Nantinya, genangan tersebut berpotensi merusak infrastruktur sarana olahraga.

  • Drainase bandara:

Konstruksi bandara yang mendatar, luas, serta beraspal membuat air tidak mudah mengalir. Maka, akan dibutuhkan sistem drainase yang baik agar tidak ada air yang menggenang.

Itulah beberapa penjelasan penting mengenai drainase rumah yang wajib ada jika Pins berencana untuk membangun rumah. Saluran drainase adalah hal yang penting sesuai dengan fungsinya untuk mengalirkan air dan mencegah terjadinya genangan air atau banjir. Bagaimana, sudah siap membuat drainase rumah sendiri Pins?

Baca juga:

Featured image source: Hart Reade


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download