7 Rekomendasi Warna Cat Pagar Rumah Terekeren dan Tipsnya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ 29 April 2021 ∙ 7 menit membaca

Dekorasi eksterior sebuah rumah tidak terlepas dari pagar rumah yang berfungsi melindungi dan juga menambah keindahan hunian tersebut. Selain itu warna cat pagar rumah juga akan mempengaruhi gaya dan desain eksterior yang digunakan.

Untuk Pins yang sedang mencari ide warna cat pagar rumah, ada baiknya anda banyak mengulik ragam warna yang cocok untuk digunakan. Selain perannya yang sangat penting bagi perlindungan pagar agar tidak cepat berkarat dan keropos, warna cat pagar rumah juga harus disesuaikan dengan tema desain eksterior sebuah hunian.

Baca juga:

Rekomendasi Warna Cat Pagar Rumah Dengan Berbagai Gaya

Pengecatan pada pagar dengan langkah yang benar juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi umur dari pagar itu sendiri. Jadi, ada baiknya Pins tetap mempertahankan kualitas dari cat dibandingkan dengan harga. Nah, untuk Pins yang masih bingung memilih warna cat pagar yang cocok dengan desain rumah, simak yuk rekomendasinya di bawah ini!

Warna Hitam Minimalis

(Otosection)

Warna cat pagar yang satu ini umum digunakan karena cocok untuk segala desain eksterior hunian. Untuk Pins yang malas memikirkan estetika warna, dapat memilih warna hitam yang aman. Hitam minimalis dengan dekorasi simpel yang unik, juga bisa diaplikasikan lho! Selain pemilihan warna yang tepat pada pagar, Pins juga harus memperhatikan jenis cat yang terkandung di dalamnya. Cat pagar alkyd bisa dijadikan alternatif untuk jenis cat dengan kualitas menengah yang dengan mudah dapat Pins temukan. Apalagi cat ini mengandung titanium dioksida yang dapat mempermudah pengecatan karena cepat mengering.

Baca juga:

Warna Emas yang Elegan

(Mirach Interior)

Warna cat pagar rumah warna emas memang identik dengan kemewahan. Tidak heran banyak yang menggunakannya sebagai pagar rumah kerajaan, tokoh terkenal, istana, maupun bangunan-bangunan bersejarah. Warna emas yang elegan juga bisa dijadikan warna pada pagar hunian milik Pins. Tidak harus penuh dengan cat pagar warna emas, kamu dapat memadupadankan pada dekorasi desain pagar, seperti pada ujung runcing pagar saja yang berwarna emas dan sisanya mengambil warna netral.

Baca Juga: Ini Dia Info Harga Material Bahan Bangunan Terbaru dan Terupdate!

Warna Pagar Berwarna Putih

(Goffy Tips)

Berbeda dengan cat pagar warna emas yang memunculkan kesal elegan, untuk warna pagar putih menampilkan kesan lembut dan bersih. Cocok untuk Pins yang menyukai kebersihan dan tampilan terang pada desain muka rumah. Untuk mempertahankannya agar tidak mudah berkarat, cobalah untuk selalu menggunakan cat primer pada lapisan pertama, sebelum melakukan pengecatan warna cat pagar rumah. Tunggu sampai cat primer benar-benar mengering baru lapisi dengan cat pagar. 

Baca juga:

Warna Klasik dengan Material Kayu

(Qhomemart)

Untuk warna selanjutnya, Pins bisa memakai warna cat pagar klasik dipadu padankan dengan material kayu. Perbandingannya bisa disesuaikan dengan selera, 1 : 5 untuk besi dan kayu atau sebaliknya. Hal yang perlu Pins ketahui adalah perawatan pagar kayu juga tidak mudah ya Pins maka, pilih lah kayu yang memang sudah terkenal kualitasnya seperti kayu jati agar tahan lama dan tidak mudah lapuk. Cat yang cocok untuk pagar ini seperti cat epoxy, cat yang memunculkan kesan mengkilap pada besi tahan lama dan sudah terbukti kualitasnya walau memang harganya dapat dikatakan mahal.

Warna Abu-Abu yang Lembut

(Pinterest)

Warna abu-abu yang lembut menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk menghiasi tampilan depan rumah dengan model pagar minimalis. Warna cat pagar satu ini cocok dipadukan dengan ragam tanaman di sekitarnya, seperti tanaman merambat, tanaman pakis maupun bunga Bugenvil. Apa Pins tertarik? Nah, untuk Pins yang akan mengecat pagar pastikan juga untuk memilih cat pagar yang mengandung formula anti jamur ya!

Baca juga:

Warna Unik yang Dikombinasikan

(Architectureartdesigns.com)

Mengkombinasikan dua warna yang selaras maupun bertolak belakang dapat Pins lakukan pada warna cat pagar rumah. Hal tersebut membuat estetika dari pagar itu sendiri semakin terlihat. Seperti warna abu-abu muda dan hitam yang dapat anda aplikasikan pada segala desain rumah, maupun warna-warna terang seperti merah dan hitam. Perpaduan warna yang tidak biasa malah menjadikan suasana rumah lebih ceria lho Pins! Berani mencoba?

Warna Coklat yang Aman

(APK Pure)

Selain ada warna hitam yang cukup aman dijadikan warna untuk cat pagar, ada juga warna coklat tua klasik yang elegan. Warna coklat digadang menjadi warna cat yang aman bagi desain rumah model apapun. Pins bisa menggunakan warna coklat yang lembut dipadukan dengan warna tembok yang lembut, ataupun digabungkan dengan warna cat pagar rumah emas. Hal terpenting lainya selain kualitas cat pagar itu sendiri adalah material besi yang digunakan.

Baca juga:

Bagaimana Cara Memilih Cat Pagar Rumah?

Ingin melakukan pengecatan pagar rumah sendiri? Selain memilih warna cat pagar rumah yang baik dan pas dengan gaya yang digunakan, tips untuk melakukannya juga penting untuk diketahui. Berikut Selengkapnya!

Menggunakan Cat Kayu yang Transparan

(Pexels)

Gunakanlah cat transparan pada pagar kayu Pins. Cat transparan ini akan membuat penampilan pagar rumah menjadi tampak lebih alami karena serat serta warnanya tetap terlihat. Warna kayunya pun menjadi lebih bercahaya.

Selain itu menggunakan cat ini juga melindungi kayu dari sinar matahari sehingga membuat kayu lebih tahan lama tak mudah lapuk. Sebaiknya gunakan teknik pengecetan pagar kayu yang tepat agar hasilnya maksimal.

Baca juga:

Menggunakan Cat Besi Sintetis

(Bunnings.co.nz)

Apabila Pins ingin mendapatkan hasil cat yang cepat kering, gunakanlah cat besi sintetis. Bisa juga digunakan untuk warna cat pagar cerah maupun gelap agar hasil maksimal. Cat ini mengandung titanium dioksida sehingga menyebabkan efek cepat kering dan mencegah jamur. Permukaan pagar juga menjadi lebih halus. Cat sintetis ini biasanya digunakan untuk pengecetan ulang.

Menggunakan Cat Duco

(BioCote)

Agar pagar tidak cepat berkarat sebaiknya Pins menggunakan cat duco. Cat ini biasanya digunakan untuk kendaraan karena hasilnya yang halus. Kekurangan dari cat ini adalah penggunaannya yang boros dan mahal. Hal itu karena pengaplikasikannya dengan cara disemprot. Meskipun begitu cat ini tahan lama dan tahan panas.

Kekurangan cat ini adalah boros dan mahal karena penggunaannya yang dilakukan dengan cara disemprot. Meski begitu cat ini tahan lama dan panas, walaupun setiap hari terpapar sinar matahari.

Baca juga:

Menggunakan Cat Epoxy

(Gz-supplies.com)

Ada lagi cat yang tahan panas dan tidak cepat menguap yaitu cat epoxy. Bahkan cocok untuk digunakan pada warna cat pagar cerah agar semakin kinclong ketika dipandang. Cat ini menghasilkan permukaan yang halus dan mengkilap. Hasilnya juga lebih tahan lama ketimbang cat sintesis. Biasanya pemilik rumah sering menggunakan cat ini jika pagarnya terbuat dari besi. Jika Pins memiliki pagar yang terbuat dari besi, tembaga, perunggu dan perak, kamu bisa menggunakan cat alumunium. Cat ini bisa diaplikasikan dengan berbagai jenis logam. Hasilnya pun keperakan layaknya alumunium.

Itulah beberapa varian rekomendasi warna cat pagar rumah yang dapat Pins jadikan pilihan. Hal yang paling penting selain warna pagar itu sendiri adalah kualitas dari cat pagar. Selalu utamakan kualitas dibanding harga ya Pins agar pagar rumahmu tidak cepat berkarat dan tahan lama! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Thearchitecturedesign.com

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia