Kamus Istilah Properti

Tempered Glass / Kaca Tempered

istilah properti

Tempered Glass / Kaca Tempered

Tempered glass / kaca tempered adalah pelindung dari kaca yang dipanaskan dengan bentuk lembaran. Biasanya digunakan untuk pelindung layar ponsel dan memiliki ketahanan lima kali lebih kuat dari kaca biasa

Apa Itu Tempered Glass ?

Kaca tempered merupakan jenis kaca pengaman yang melalui proses termal atau kimia guna meningkatkan kekuatannya. Ketika kaca tempered pecah akan menjadi potongan granular.

Bagian tepinya yang pecah tidak tajam layaknya kaca pada umumnya. Dalam pembuatannya melalui pemanasan termal hingga titik lunak kemudian didinginkan dengan cepat.

Walaupun tidak menimbulkan cedera serius namun ketahanan tempered glass sangat kuat. Kaca jenis ini tahan benturan, perubahan suhu ekstrim dan tekanan walau ketebalannya sama dengan kaca biasa.

Kaca dianggap dalam golongan tempered bila memiliki tegangan tekan minimum 69 megapascal. Tempered glass dapat dianggap kaca pengaman jika tegangan tekan permukaan melebihi 100 megapascal.

Tempered glass mampu dibentuk dalam berbagai bentuk dan gaya. Jika ingin dipotong atau digilingkan maka dilakukan sebelum temper. Proses ini menyebabkan kaca akan patah ketika ditempa.

Kaca jenis ini tidak sejernih kaca float. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa distorsi optik akibat proses tempering.

Baca Juga:

Jenis

Jenis tempered glass sangat beragam. Adapun diantaranya bisa disimak sebagai berikut :

Laminated Tempered Glass

Jenis kaca ini mempunyai lapisan laminasi pada satu atau kedua bagian kaca. Lapisan ini membuat kaca lebih aman jika terkena benturan benda tumpul. 

Ketika kaca pecah tidak akan tersebar. Laminated tempered glass sering digunakan untuk kaca pesawat terbang.

Clear Tempered Glass

Secara tampilan mirip sekali dengan kaca pada umumnya. Clear tempered glass sengaja dibuat bening agar mudah diaplikasikan untuk kebutuhan arsitektur. Penggunaan kaca ini biasa digunakan untuk railing yang berada di pinggir agar tidak ada yang jatuh ke lantai bawah.

Tinted Tempered Glass

Kaca ini memiliki lapisan lembaran film tipis yang telah mempunyai warna. Fungsi warna adalah mengurangi panas matahari agar ruangan lebih sejuk.

Reflective Tempered Glass

Reflective tempered glass memiliki kemampuan memantulkan refleksi lebih baik. Kaca ini sangat aman sebagai cermin karena jika pecah tidak akan mencederai orang lain.

Frosted Tempered Glass

Permukaan frosted tempered glass sedikit kasar agar tidak tembus pandang. Meskipun demikian bayang-bayang masih bisa sedikit terlihat. Umumnya frosted tempered glass digunakan untuk kaca kamar mandi.

Ukuran Standar

(Unsplash)

Ukuran kaca tempered ini ditentukan oleh pemakaiannya. Untuk panel saklar umumnya memiliki ukuran minimal 50 x 50 mm dengan ketebalan 2-8 mm dan ukuran maksimal 250 x 250 mm.  

Bila dipakai untuk kaca rumah tangga, kamar mandi dan furniture minimum 150 x 150 mm dengan ketebalan 3-12 mm. Ukuran maksimal sebesar 1500 x 3000 mm.

Jika dipakai untuk arsitektur bangunan maka sebaiknya memiliki ukuran minimal 300 x 300 dan ketebalan kaca sekitar 3-19 mm. Ukuran maksimal tempered glass adalah 2000 x 3000 mm.

Kelebihan dari tempered glass ialah sudah teruji dari goresan.  Apabila mendapat benturan maupun tekanan, kaca tidak mudah hancur atau pecah. Jika pecah bongkahan kaca tidak akan membahayakan karena serpihannya tidak tajam.

Baca Juga: Apa Itu Perforated Metal?

Fungsi

(Shutterstock)

Tempered glass bukan sembarang kaca karena lebih kuat dan aman. Fungsi dari kaca ini digunakan untuk berbagai fungsi diantaranya adalah :

Otomotif

Fungsi kaca ini di bidang otomotif digunakan untuk jendela kendaraan. Ketika pecah, tempered glass akan hancur dalam bentuk potongan kecil yang tidak berbahaya.

Konstruksi

Dalam dunia konstruksi, fungsi kaca ini biasa digunakan untuk pintu balkon kaca. Selain itu digunakan pula untuk pintu geser, fasad kaca, lift hingga skylight.

Perangkat Seluler

Seperti diketahui, kaca tempered berfungsi melindungi layar ponsel. Tujuannya untuk menjaga layar gadget bebas gores.

Peralatan Dapur

Tempered glass adalah kaca dengan banyak fungsi salah satunya untuk peralatan dapur. Kaca ini digunakan untuk kompor, oven dan peralatan lainnya menangani suhu panas.

Perkantoran & Pertokoan

Pembatas ruangan sering memakai kaca tempered. Dikarenakan tahan panas dan anti gores, kaca ini sering difungsikan untuk meja dan jenis furniture lainnya. 

Tempered glass sering dipakai untuk railing departemen store. Tak jarang digunakan untuk etalase yang jernih sehingga pelanggan dapat melihat isi etalase.

Panel Surya

Kaca tempered difungsikan pula untuk panel surya. Keunggulannya daya tahan kuat termasuk akan suhu panas.

Arena Olahraga

Kaca tempered sering dipakai untuk arena olahraga seperti arena hoki. Kaca tidak mudah pecah walau terkena benturan berkali-kali.

Baca Juga:

Ciri Tempered Glass Asli

Karakter tempered glass yang asli mudah untuk dikenali. Salah satunya adalah memiliki anti gores yang baik. Bila pecah tidak akan berubah menjadi kepingan kaca melainkan tetap melekat di benda.

Tempered glass mempunyai lapisan oleophobic coating. Lapisan ini melindungi dari bahan debu, minyak dan bekas sidik jari. Untuk mengetahui adanya lapisan ini bisa dilakukan pengetesan memakai tetesan air.

Apabila tetesan air menggumpal dan meluber maka kaca bukan tempered glass. Apabila difungsikan sebagai pelindung ponsel akan mudah dipasang ke ponsel dengan presisi sempurna.

Harga dari tempered glass lebih mahal dibandingkan kaca biasa. Tempered glass adalah jenis kaca yang tahan benturan, tekanan dan tahan suhu.

Baca Juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.