Kamus Istilah Properti

Panel Surya

istilah properti

Panel Surya

Listrik adalah energi yang kini menjadi kebutuhan pokok semua orang. Tidak hanya digunakan pada perkantoran atau kebutuhan primer massal lainnya, listrik juga menjadi kebutuhan primer rumah tangga yang tidak bisa dihindarkan. Sayangnya terkadang penggunaan listrik pada rumah tangga sering tidak diukur dengan baik. Maka dari itu, perlu mengetahui apa itu panel surya sebagai solusi untuk menghemat listrik.

Pinhome – Apa itu panel surya? Panel surya adalah salah satu alternatif pembangkit listrik yang saat ini cukup mudah digunakan. Tidak jarang, panel surya digunakan pada rumah-rumah untuk menjadi sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan. Hanya saja masih banyak orang yang belum memahami apa itu panel surya dan fungsinya. Bagi Pins yang tertarik tentang penggunaan panel surya, yuk simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini! 

Baca juga:

Apa itu Panel Surya?

apakah itu panel surya
(Kabarbisnis.com)

Bagi Pins yang belum mengetahui apa itu panel surya, panel surya adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menjadi alternatif sumber energi listrik. Sumber energi panel surya adalah dari matahari yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis. Panel surya adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan efek photovoltaic

Letak geografis Indonesia yang berada dekat dengan garis khatulistiwa sangat mempermudah Anda untuk mendapatkan cahaya matahari karena selalu terdapat matahari setiap harinya. Dengan menggunakan panel surya sebagai sumber energi alternatif, Anda dapat menghemat tagihan listrik setiap bulannya.

Baca Juga:

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya bekerja menggunakan efek photovoltaic.  Panel solar yang terdapat pada panel surya akan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan dari cahaya matahari ke dalam sebuah baterai. Baterai harus tersambung dengan instalasi listrik di rumah sehingga dapat digunakan langsung sebagai alternatif listrik di rumah.

Kelebihan Penggunaan Panel Surya

apa itu panel surya
(Solusi Konstruksi)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan panel surya sebagai sumber alternatif energi listrik memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan panel surya.

Ramah Lingkungan

(Sanspower)

Panel surya adalah alat yang bisa menghasilkan energi listrik dengan ramah lingkungan. Jadi dengan menggunakan panel surya, Anda bisa menggunakan listrik tanpa merusak lingkungan terlebih dulu. Selain itu Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup setiap harinya. Jadi dengan menggunakan panel surya, Anda akan mendapatkan listrik dengan lebih mudah dan ramah lingkungan.

Polusi yang dihasilkan oleh panel surya memang lebih sedikit dibandingkan dengan sumber energi lainnya. Pemasangan panel surya sering dikaitkan dengan emisi gas rumah kaca. Hal ini perlu menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakan panel surya.

Baca Juga:

Menghemat Tagihan Listrik

apa itu panel surya
(iStock)

Dengan menggunakan panel surya, Anda juga akan menghemat tagihan listrik setiap bulannya. Anda jadi memiliki sumber energi listrik cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Terlebih dengan panel surya, listrik cadangan yang didapatkan gratis. Jadi Anda tidak perlu pusing memikirkan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya.

Baca Juga:

Biaya Perawatan Murah

(borneo24)

Panel surya tidak memerlukan perawatan khusus yang akan memakan biaya besar. Biasanya panel surya hanya butuh dibersihkan beberapa bulan sekali. Jangan lupa untuk memastikan tidak ada dedaunan atau kotoran yang berada di atas panel yang menghalangi panel menyerap cahaya. Hal ini berfungsi agar panel surya Anda dapat menyerap cahaya matahari dengan maksimal.

Baca Juga:

Kekurangan Panel Surya

apa itu panel surya
(Mustikaland)

Meski terdapat banyak kelebihan dari penggunaan panel surya, terdapat beberapa kekurangan pada panel surya yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut beberapa kekurangan dari penggunaan panel surya.

Biaya Awal yang Mahal

(Coaction.id)

Salah satu kekurangan dari penggunaan panel surya yang perlu Anda pertimbangkan adalah biaya awal yang mahal. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk panel surya, inverter, kabel, baterai hingga instalasi pun tidak murah. Meski begitu manfaat yang didapatkan bisa jadi alasan yang cukup layak untuk dipertimbangkan.

Baca Juga:

Ruang yang Luas

apa itu panel surya
(Tokopedia)

Kekurangan kedua yang perlu Anda pertimbangkan adalah ruangan yang diperlukan cukup luas karena peralatan yang cukup banyak dan besar. Jika penggunaan listrik Anda cukup besar maka semakin banyak panel surya yang dibutuhkan. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan area khusus agar instalasi dan perawatan panel surya juga menjadi lebih mudah.

Baca Juga:

Bergantung Pada Cuaca

(Pikiran Rakyat)

Panel surya mengubah cahaya matahari menjadi energi matahari. Oleh karena itu panel surya sangat bergantung dengan cahaya matahari. Jika cuaca sedang tidak memunculkan matahari seperti musim hujan, maka panel surya tidak bisa mendapatkan cahaya matahari untuk diubah menjadi energi listrik.

Baca Juga:

Penyimpanan Energi yang Mahal

apa itu panel surya
(Kumparan)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa energi yang didapatkan dari cahaya matahari akan disimpan dalam baterai. Baterai inilah yang akan digunakan untuk menyalurkan listrik di rumah Anda. Karena baterai ini akan menyimpan energi yang didapatkan dari cahaya matahari, maka energi listrik dapat digunakan kapanpun karena sudah tersimpan rapi di dalam baterai.

Itulah beberapa informasi mengenai apakah panel surya itu, fungsinya serta kelebihan dan keuntungannya. Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai apakah itu panel surya serta fungsinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Last Edited: Voni Sri Wijayanti