Kamus Istilah Properti

Air Curtain

istilah properti

Air Curtain

Air curtain adalah alat yang berfungsi menyekat udara luar dan dalam ruangan. Tirai ini berbentuk udara yang dihasilkan oleh blower kipas.

Apa itu air curtain?

(Theodooraircurtain)

Di era modern ini, banyak sekali ditemukan benda-benda yang memudahkan aktivitas manusia. Benda-benda tersebut menjadi solusi atas sesuatu yang dulunya sempat dianggap sebagai problem. Salah satu benda yang ditemukan adalah air curtain.

Air curtain (tirai udara) adalah alat yang berfungsi menyekat udara luar dan dalam ruangan. Tirai ini berbentuk udara yang dihasilkan dari oleh blower kipas. Jadi, kita tidak bisa melihatnya dengan mata, namun dapat merasakannya dengan indra-indra yang lainnya.

Selain dapat menjadi penyekat udara, alat yang juga biasa disebut dengan air door ini juga dapat mencegah masuknya hal-hal yang terkontaminasi. Misalnya, asap knalpot, bau berbahaya, asap, serta debu-debu. Jadi, ruangan akan tetap dipenuhi dengan udara bersih (jika tidak ada aktivitas yang merusak udara), suhunya tetap sejuk ketika di luar panas ataupun tetap hangat apabila di luar sedang sangat dingin.

Peletakkan alat ini umumnya ditempatkan pada pintu masuk sebuah area atau bangunan. Terlebih untuk pertemuan antara dua area (misal, area indoor dan outdoor) yang memiliki ketimpangan suhu udara.

Umumnya alat ini berbentuk blower kipas yang diletakkan bagian atas pintu masuk sebuah area. Blower kipas tersebut menghadap ke bawah atau mengarah ke lantai yang persis di bawah titik peletakkannya.

Kegunaan air curtain

(Ubuy)

Pada bagian sebelumnya, sempat disinggung sedikit mengenai kegunaan dari air curtain. Untuk melengkapi penjelasan tersebut, kami akan memberikan paparan lebih lanjut mengenai fungsi dari alat yang bernama tirai udara ini.

Menjaga suhu ruangan

Suhu udara ruangan dapat berubah ketika ada interaksi dengan area yang memiliki suhu lebih tinggi atau lebih rendah serta kapasitas udaranya lebih besar. Sebagai contoh, rumah dengan AC akan berubah suhunya apabila pintu dan jendela dari ruangan tersebut dibuka lebar.

Tugas dari tirai udara adalah melakukan blokade atas paparan dari suhu di luar area ruangan yang menjadi titik peletakkannya. Udara yang dihembuskan dari blower ke bawah akan menjadi penghalau masuknya udara dari area ruangan tersebut.

Sebagai catatan, fungsi ini punya potensi untuk tidak terjadi ketika hembusan angin dari luar ruangan pemasangan air curtain lebih mampu menembus angin dari blower alat ini. Jadi, ketika ada angin yang kencang sekali, udara dari luar dapat menembus tirai udara.

Menghalau masuknya udara yang terkontaminasi

Banyak sekali hal-hal yang bisa mengkontaminasi udara di dalam ruangan. Misalkan, asap hasil dari terbakarnya atau pembakaran sebuah benda, asap dari kendaraan bermotor atau mesin tertentu, ataupun bau yang tidak sedap.

Adanya alat ini mampu menjadi penghalang dari udara-udara yang terkontaminasi tersebut. Jadi, udara-udara tersebut tidak akan masuk ke dalam ruangan dan tetap di area luar. Maka dari itu, kita akan sering menemui alat ini diletakkan pada lokasi-lokasi yang menjaga atau membutuhkan kehigienisan udara. Misalnya, mall, supermarket, atau tempat penyimpanan benda-benda yang dapat rusak jika terkena paparan udara kotor.

Menjadi penghalang masuknya serangga

Tirai udara berbentuk angin yang dihasilkan dari alat ini juga mampu menjadi penghalang masuknya serangga-serangga ke area lokasi. Jadi, hewan-hewan seperti lalat yang mengganggu tidak akan bisa masuk melalui pintu masuk dengan tirai udara. Namun, perlu diingat untuk tidak membuka akses lain untuk masuknya serangga-serangga yang dimaksud.

Membuat ruangan lebih sedikit terpapar debu

Dengan adanya hembusan angin yang kencang dari blower air curtain, debu-debu yang datang dari area luar juga dapat dihalau untuk masuk ke dalam. Jadi, debu-debu tersebut akan tetap di luar dan tidak mengotori area yang ada di dalam.

Tingkat efektivitas dari tirai udara

(Wikimedia)

Bicara tingkat efektivitas dari alat ini, kita akan menemukan bahwa setiap air curtain memiliki kapabilitas yang berbeda. Namun hal ini tidak menjadi faktor utama keefektivitasan dari kerja alat tersebut. Yang menjadi berpengaruh besar dari efektivitas alat ini adalah faktor kondisi lokasi pemasangan. Baik dari segi kekuatan angin di lokasi pemasangan, perbedaan suhu di lokasi pemasangan, dan perbedaan tekanan udara.

Alat ini akan bekerja secara maksimal apabila tidak ada perbedaan yang ekstrem dari ketiga aspek yang disebutkan di atas. Apabila perbedaan suhu terlampau ekstrem, kekuatan angin begitu kencang, serta tekanan udara berbeda jauh, maka air curtain akan menurun efektivitasnya.

Ketika suhu terlampau dingin atau panas, maka suhu tersebut dapat menerobos masuk tirai udara ini. Tekanan udara yang berbeda jauh juga bisa merangsek masuk menembus tirai ini.

Penerapan air curtain di tempat tinggal

(Airdoordistributors)

Ketika udara di tempat tinggal kamu masuk dalam kategori suhu sejuk, maka dengan memasang alat ini kamu bisa menjaga kesejukan tersebut untuk tetap memenuhi ruangan. Selain itu, kamu juga tetap bisa merasakan udara yang bersih jauh dari kontaminasi. Debu-debu serta serangga yang masuk ke area rumah juga dapat diperkecil jumlahnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.