Kamus Istilah Properti

Skylight

istilah properti

Skylight

Skylight adalah struktur atau jendela di atap untuk masuknya sinar. Umunya, bagian ini dibuat transparan atau berlapis material tertentu.

Apa itu skylight?

(Unsplash)

Banyak cara untuk membuat sebuah konstruksi memperoleh sinar matahari yang cukup ke dalam ruangan-ruangannya. Kita bisa membuat jendela dengan dimensi yang besar apabila menginginkan banyak cahaya yang masuk. Selain jendela, kita juga dapat menerapkan skylight pada bangunan untuk menerangi ruangan dengan sinar natural.

Skylight adalah struktur atau jendela di atap untuk untuk masuknya sinar. Umumnya, bagian ini dibuat transparan atau berlapis material tertentu. Selain digunakan untuk masuknya cahaya, bagian ini juga dapat menjadi ventilasi agar udara dapat masuk ke dalam ruangan.

Material yang umum digunakan untuk bagian ini adalah kaca transparan. Selain kaca, material plastik atau bahan fiber juga dapat diaplikasikan sebagai pelapis bagian ini.

Penerapan bagian ini dapat menghemat biaya pemakaian listrik yang digunakan sebagai penerangan pada siang hari. Paparan sinar yang melalui bagian ini juga bisa mengurangi tingkat kelembaban yang ada pada ruangan.

Keberadaan atap bangunan yang terbuka untuk masuknya cahaya juga dapat menjadikan bangunan terlihat lebih estetik. Hal tersebut dapat kita lihat pada bangunan-bangunan renaissance yang ada di Eropa dengan struktur atap terbukanya.

Banyak pilihan untuk membuat atap skylight ini. Paling sederhana, kita dapat menggunakan material yang murah dengan struktur atau bingkai yang ekonomis. Sayangnya, pada segi estetika mungkin penerapan material terjangkau tersebut akan kalah dengan atap skylight yang pengaplikasiannya memakan dana besar. Yang perlu diingat adalah tujuan pemasangan dan fungsionalitasnya.

Jenis-jenis skylight berdasarkan bentuknya

(Unsplash)

Ada beberapa jenis skylight jika dilihat berdasarkan bentuknya. Variasi bentuk dari atap skylight yang dimaksud adalah fixed unit skylight, open skylight, retractable skylight, dan operable skylight.

Fixed unit

Jenis ini terdiri atas bingkai yang menjadi tumpuan material pelapis atap. Jenis ini tidak dapat mempunyai sistem mekanis untuk membuatnya bergerak, jadi tidak bisa digunakan sebagai ventilasi.

Open

Apabila fixed unit terlapisi kaca, maka jenis merupakan jenis yang tidak terlapisi oleh material apapun. Jadi, ketika cuaca berubah menjadi hujan, air akan menerobos melalui lubang dari atap terbuka jenis ini.

Retractable

Jenis ini memiliki sistem mekanis yang membuatnya tergulung untuk terbuka. Jadi, kita mempunyai opsi untuk mengatur masuknya cahaya sekaligus udara.

Operable

Operable atau yang biasa juga disebut ventilasi atap juga merupakan salah satu jenis yang dapat kita buka sesuai dengan kebutuhan. Sistem buka atau tutupnya atap ventilasi ini bertumpu pada engsel yang terpasang sebagai tumpuan utamanya pada struktur bangunan.

Karakter dari material untuk skylight

(Unsplash)

Pada bagian ini, akan dipaparkan karakter dari dua material yang sering digunakan sebagai pelapis atap terbuka. Material yang dipaparkan dalam bagian ini adalah kaca serta plastik.

Kaca

Sebagai pelapis atau isian dari bingkai atap terbuka, kaca memiliki karakter utama yakni awet, kuat, serta lebih tahan akan api. Sementara itu, kaca berjenis Insulating Glass Unit (IGU) memiliki karakater yang sedikit berbeda. Kaca yang terdiri atas beberapa lapisan tersebut akan bertahan ketika ditempatkan pada area dengan bersuhu dingin. Namun, ketika lapisannya terlampau tebal, IGU akan menghalau masuknnya cahaya ke dalam ruangan.

Plastik

Bahan plastik juga kerap kali digunakan sebagai pelapis atau isian dari bingkai atap terbuka. Bahan plastik memudahkan kita untuk pemasangan pada bagian-bagian lengkung. Maka dari itu, kita kerap menemuinya pada bangunan-bangunan beratap kubah.

Plastik merupakan bahan yang kurang tahan api. Namun, bahan ini dapat berfungsi dengan baik untuk menahan masuknya air. Beberapa produk atap terbuka berbahan plastik sudah ada yang dilapisi dengan lapisan anti ultraviolet. Jadi, cahaya dapat yang masuk dapat tersaring dengan baik.

Sementara itu, jika mencari bahan plastik yang mempunyai durabilitas baik, pilihan dapat dijatuhkan pada bahan copolyester atau polycarbonate. Kedua bahan tersebut mempunyai tingkat kesolidan yang baik sehingga lebih tahan akan benturan.

Keuntungan pengaplikasian

(Unsplash)

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika menerapkan atap skylight pada sebuah bangunan. Poin-poin yang akan dipaparkan pada penjelasan di bawah ini akan menjelaskan keuntungan-keuntungan yang dimaksud.

  • Menjadi bagian bangunan untuk masuknya cahaya ke area-area yang ditentukan.
  • Dapat berfungsi sebagai jalan untuk keluar masuknya udara (untuk jenis-jenis skylight yang bisa dibuka sesuai dengan kebutuhan).
  • Mengurangi pemakaian listrik pada bangunan ketika cuaca sedang cerah. Jadi, tagihan per periode akan mengalami pengurangan.
  • Cahaya yang masuk ke ruangan dapat memberikan efek dan energi yang positif untuk orang-orang yang ada di dalamnya.
  • Ruang dengan pencahayaan yang baik diklaim bisa meningkatkan produktivitas kerja dari orang-orang yang ada di dalamnya.

Catatan pemasangan

(Unsplash)

Apabila Pins berencana untuk memasang skylight pada bangunan, maka hal yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan letak atap tersebut tersebut dengan jalannya sinar matahari. Dengan begitu, cahaya yang masuk ke ruangan akan lebih maksimal ketimbang penerapan yang tidak berpedoman pada prinsip tersebut.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.