Kamus Istilah Properti

Arabes

istilah properti

Arabes

Arabes adalah seni ornamen Islam berupa tumbuhan dan pola geometris yang berasal dari Timur Tengah dan merupakan ciri khas Arab.

Apa Itu Arabes?

Arabes
(Wallpaper Access)

Arabes adalah salah satu seni ornamen yang banyak diterapkan dalam desain dan arsitektur dunia. Gaya arabesque dianggap sebagai salah satu karya seni terindah di dunia yang berasal dari Timur Tengah dan merupakan ciri khas Arab. Kata arabes (arabesque) berasal dari kata Arab yang menunjukkan kepada kaum Muslim.

Seni arabes ini diadaptasi oleh unsur dekoratif tumbuhan karena di dalam Islam, penggambaran makhluk bernyawa seperti hewan dan manusia merupakan hal yang dilarang. Meski demikian, tercatat sejumlah tempat yang menggunakan ilustrasi gambar makhluk hidup sekalipun mengadaptasi arabesque.  

Alih-alih bermotif hewan manusia, jenis pola desain arabes digambarkan dalam ukiran atau motif bunga dan daun yang menempel pada batang dalam riak berirama, maupun motif tumbuhan seperti sulur, daun, cabang, atau pohon untuk menghasilkan pola rumit dari garis-garis yang saling bertautan. Terkadang, arabesque mirip dengan pola geometris.

Konsep Seni Arabesque

(HiSour)

Secara konsep, arabesque merupakan penggambaran dari sifat Ilahiyah (Ketuhanan) yang tanpa batas, baik oleh ruang maupun waktu.  

Keistimewaan pola geometris dan tumbuhan di dalam seni arabes terletak pada cara mengubah dan menggambarkannya ke dalam bentuk desain. Tak jarang para seniman memadukan antara kedua pola ini dalam menerapkannya sebagai arsitektur sebuah masjid maupun istana.

Geometri karya seni dalam bentuk Arabes tidak digunakan secara luas di Timur Tengah atau Basin Mediterania sampai zaman keemasan Islam datang. 

Di Eropa dari Renaisans hingga awal abad ke-19, gaya arabesque ditemukan untuk dekorasi manuskrip, dinding, furnitur, logam, dan tembikar yang diterangi.

Desain ini biasanya terdiri dari gulungan cabang dan daun yang berliku-liku atau garis hiasan yang disarikan dari bentuk-bentuk alami tersebut. 

Saat ini arabes digunakan di semua jenis konstruksi, dari istana dalam kerajaan, masjid, bazaar, museum, kuburan yang megah, hingga konstruksi perumahan. Saat ini gaya ini juga populer diterapkan di berbagai rumah di dunia, termasuk Indonesia.   

Berbagai Motif Arabes

(Houzz)

Ornamen arabesque seringkali digabungkan dengan elemen lain. Biasanya terdiri dari pola tunggal yang bisa ‘disusun berpetak’ atau disusun berulang-ulang dan sebanyak yang dikehendaki.

Model seni arabes terbagi menjadi dua motif yaitu pola geometris dan pola tumbuhan. Keduanya bisa dibuat berulang tanpa ada batasan pada bentuk tertentu. Namun, arabesque memiliki berbagai motif, antara lain:

Pola Tumbuhan

Pola satu ini merupakan model feminim arabes. Mengingat tumbuhan, terutama memiliki bunga identik dengan kecantikan.

Umumnya, model tumbuhan berupa rosettes, dedaunan, tangkai, buah-buahan, pepohonan, maupun bunga yang terangkai dengan indah. Secara estetis, objek alam dalam arabes menjadi jendela menuju “yang tak terbatas”.

Pola Geometris

Menganut prinsip dasar alam, pola geometris menggambarkan keindahan sebuah struktur yang alami. Misalnya, bentuk persegi panjang yang menggambarkan unsur-unsur alam seperti bumi, air, api, dan udara.

Corak geometri sendiri bisa berupa pola kurva, yakni berbentuk pola lingkaran (tunggal, kosentris, saling berpotongan), berumbai serta jalinan kurva dan kurva S (pita atau berombak, bergelombang, guilloche, dan spiral).

Kemudian, pola ini juga bisa berupa rektilinear, seperti bentuk poligon (segitiga, segiempat, segilima, segienam, dan segidelapan), bintang dan salib, swastika dan bingkai, pilinan sudut, pola lencana, serta pola kisi-kisi, catur, silang dan titik. 

Ada juga arsitek yang menggunakan campuran pola poligon dan pola kurva, maupun dengan corak tumbuh-tumbuhan.

Pola Terpisah

Kalau dilihat dari sisi desain, maka Pins akan menemukan pola arabes terpisah berupa desain arabes tunggal, baik dalam pola geometris maupun pola tumbuhan. Penerapan arabes terpisah digunakan untuk mendekorasi permukaan dinding maupun pada sebuah masjid dan madrasah.

Pola Terangkai

Selain itu, ada juga pola terangkai yang merupakan kesatuan pola tumbuh-tumbuhan seperti organisme tetumbuhan yang hidup, atau dalam gaya yang menyerupainya di alam.

Arabes terangkai tersusun dari batang-batang, dedaunan, serta bunga-bunga dari tumbuhan yang terangkai dengan indah tanpa batas untuk menghiasi bangunan masjid, madrasah, maupun istana.

Mengaplikasikan Gaya Arabes pada Desain Interior

(Architechture Art Designs)

Ada banyak cara untuk menggunakan motif arabesque dalam desain rumah. Apa saja?

Lantai 

Di rumah-rumah bergaya Timur Tengah, Pins akan menemukan pola arabesque di lantai. Pola ini memang cocok diterapkan pada berbagai gaya desain rumah. Baik itu pola tumbuhan maupun pola geometris, dapat dipadukan dengan sempurna dengan kain dan permadani oriental. 

Penggunaan lantai dengan pola arabesque akan menciptakan ilusi gerak di permukaan lantai. Ubin dengan pola arab ini cocok untuk ruangan yang didekorasi dengan gaya pedesaan dengan kain serat alami, tembikar, dan furnitur besi tempa.

Jendela Kaca 

Salah satu cara tertua dan terbaik untuk menonjolkan pola arab adalah penggunaan cahaya. Kaca patri Arab dapat digunakan dalam desain interior untuk jendela, pintu dan partisi kaca.

Wallpaper

Buat Pins yang menghadirkan unsur Arab tetapi terbatas budget, maka bisa mengakalinya dengan menghadirkan wallpaper berornamen arabesque. 

Misalnya, wallpaper ornamen geometris di dalam kamar lengkap dengan objek lain seperti karpet dan bantal ala Turki.  

Karpet 

Terakhir, karpet bergaya Arabesque adalah pilihan cerdas dan praktis untuk menata ruangan dengan jenis dekorasi ini. 

Karpet Arab sangat cocok di ruang yang didekorasi dengan gaya klasik atau oriental. Pins akan mendapatkan kesan kemewahan yang berbeda ke ruangan mana pun jika menggunakan karpet bercorak Arabesque. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.