Kamus Istilah Properti

Railing

istilah properti

Railing

Railing adalah media pengaman pada hunian bertingkat yang dipasang di tangga dan balkon. Media pelindung ini juga bisa disebut sebagai pagar penghalau atau pagar pelindung.

Apa Itu Railing?

(keuka-studios.com)

Railing adalah media pengaman pada hunian bertingkat yang dipasang di tangga dan balkon. Bentuknya berupa dinding atau pagar yang dilengkapi dengan pegangan tangan.   

Media pengaman ini juga dihadirkan untuk menyempurnakan tampilan interior dan eksterior rumah sehingga Pins bisa memilih berbagai bentuk, desain, dan materialnya sesuai dengan tema hunian. 

Ukuran ketinggian pagar pelindung disesuaikan berdasarkan fungsinya dan harus bisa menciptakan suasana aman bagi semua penghuni. Idealnya tinggi media pengaman berkisar antara 80 cm hingga 100 cm, sesuai dengan standar kenyamanan jangkauan tangan ketika orang dewasa berdiri.

Kemudian, sudut pada pegangan media pengaman sebisa mungkin berbentuk tumpul, tidak runcing. Teknik pemasangan media pengaman adalah melalui sistem tanam dinding atau lantai. 

Media pengaman juga dipasang memakai sistem las. Sebaiknya, jangan menerapkan sistem paku karena berefek pada konstruksinya yang menjadi tidak kuat.

Fungsi Media Pengaman atau Pelindung

(housebeautiful.com)

Fungsi utama sebuah media pengaman adalah sebagai alat pengaman terutama jika di rumah Anda terdapat anak kecil. Fungsi railing juga disesuaikan dengan letak railing itu sendiri. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi media pengaman di dalam rumah:

  • Media pengaman pada tangga berfungsi sebagai penyangga saat seseorang akan naik dan turun dari sebuah tangga. 
  • Media pengaman pada balkon berfungsi sebagai alat pengaman dan penahan dari jatuhnya seseorang dari bagian balkon ke bagian lainnya yang lebih rendah. 
  • Sebagai bagian dekorasi untuk menambah keindahan rumah dengan sentuhan seni. 

Jenis-jenis Media Penghalau

(jdastudio.com.au)

Berkaca pada fungsi, ada beberapa jenis media pengaman yang biasanya ada di dalam rumah. Berikut ini beberapa jenis railing yang sering dijumpai:

Media pengaman tangga 

Railing tangga biasa disebut juga sebagai pegangan tangga atau pagar tangga. Fungsi utama media pengaman tangga adalah untuk mencegah terjatuh pada saat naik atau menuruni tangga. 

Standar tinggi media pengaman tangga adalah tinggi 90 cm. Bahan railing tangga berbagai macam bisa berupa kayu, besi, maupun kaca. Material yang digunakan haruslah memiliki sifat mudah digenggam dan memiliki sudut yang tumpul.  

Media Pelindung untuk Balkon 

Sama seperti media pengaman tangga, railing ini juga berfungsi sebagai pagar pengaman antara ruang terbuka lantai balkon dengan sisi luar agar penghuni tidak terjatuh. Selain itu, railing yang dipasang di area balkon ini juga berguna untuk batas pegangan. 

Khusus untuk media pengaman balkon, sebaiknya Pins menghindari menggunakan bahan material kayu karena sifat kayu mudah lapuk dan keropos jika sering terkena air hujan dan lembab.

Media pengaman pada Void

Railing void adalah pembatas untuk bukaan lantai atas. Di dalam sebuah rumah, void adalah ruang kosong terbuka yang terletak di tengah-tengah konstruksi antar dua lantai.

Dengan memasang media pengaman, maka akan memunculkan akses view lantai bawah seperti lantai atas bangunan ke lantai bawah. Selain di rumah, pagar penghalau void sering ditemukan di bangunan mall yang mempunyai akses view ke area plaza mall. 

Inspirasi Media Pengaman Tangga untuk Hunian 

Desain pagar penghalau tangga sangat dibutuhkan untuk rumah bertingkat demi keamanan para penghuninya dan estetika.

Jika Anda sedang ingin memasang pagar penghalau atau mengganti media pengaman yang ada di rumah, berikut ini beberapa inspirasinya: 

Media Pelindung Tangga Kaca

(ruangarsitek.id)

Railing tangga kaca memiliki memberikan kesan yang sangat modern karena tampilan mengkilap dan transparan. Pagar penghalau ini sangat tepat digunakan pada rumah bergaya minimalis dan modern. 

Penggunaan media pengaman kaca menghadirkan kesan ruangan yang lebih lapang sehingga cocok untuk rumah berukuran mungil. Media pengaman kaca yang mudah ditemukan di pasaran dan sudah memenuhi standar keselamatan. 

Media Pelindung Tangga Kayu

(nepalparqueting.com)

Jika Anda menginginkan sentuhan tradisional untuk tangga rumah. Keunggulan media pengaman berbahan kayu adalah perawatannya yang tidak sulit. Anda hanya perlu melapisinya dengan pernis sebagai perlindungan. Untuk sehari-hari, Anda hanya perlu menyeka debu di permukaan.

Meski begitu, media pengaman tangga berbahan kayu sebenarnya cocok untuk segala macam gaya rumah baik itu minimalis, klasik, maupun modern. 

Media Pelindung Tangga Custom Cable

(trexcommercial.com)

Jika Anda menyukai tampilan yang transparan tanpa menghalangi pandangan dari dari teras, balkon, jembatan, dan titik pandang lainnya, maka media pengaman custom cable ini sangat tepat dipilih. Anda bisa memakai railing rekayasa khusus yang terbuat dari stainless steel. 

Desain ini disarankan bagi Anda yang memiliki hunian di lahan terbatas bergaya minimalis atau industrial. Media pengaman ini tersedia dalam banyak pola, artwork, dan harga yang gampang ditemui di pasaran.

Media Penghalau Tangga Klasik 

Railing
(classicalstairwaysinc.com)

Gaya klasik selalu menarik jika diterapkan di rumah. Jenis media pengaman tangga ini termasuk yang paling populer di berbagai rumah di seluruh dunia.

Saat ini, Pins bisa menemukan banyak model media pengaman tangga bergaya klasik. Apalagi lengkungan yang artistik membuat tampilan rumah menjadi lebih lembut dan elegan menjelaskan garis sudut tangga.

Media Penghalau Berbahan Batu Alam

Railing
(Pinterest)

Batu alam yang sering digunakan untuk media pengaman pada tangga, balkon, dan teras biasanya adalah marmer. Tampilannya sangat mewah, biasanya cocok untuk rumah-rumah bergaya klasik yang elegan. 

Pagar penghalau jenis ini umumnya dibentuk dengan model-model tertentu. Kekurangan yang dari material media pengaman batu alam adalah harganya yang tergolong mahal.

Media Penghalau Ornamen GRC

Railing
(dindingrumah.com)

Desain media pengaman dengan ornamen dari Glass Fiber Reinforced Concrete atau GFRC banyak ditemukan dan dipakai saat ini. Jenis ini paling populer di kawasan Timur Tengah, Turki dan Rusia dan Afrika Selatan. 

Jenis beton yang diperkuat serat dengan bahan yang ringan, kuat dan tidak mudah terbakar api. Finishing media pengaman dari GRC ini terbilang halus dan rapi sehingga cocok digunakan pada tangga di dalam rumah. 


Kontributor: Linda

Editor: Iko