Kamus Istilah Properti

Balkon

istilah properti

Balkon

Balkon adalah teras lantai atas pada bangunan bertingkat.

Pengertian dari Balkon

Selain pengertian yang di atas, balkon juga mempunyai makna lain. Makna lain balkon berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sebangsa laungkan atau serambi atas. Balkon biasa berada di lantai atas digunakan untuk bersantai, berjemur atau sekedar melihat pemandangan sekitar.

Fungsi Sebuah Balkon

balkon adalah
(Unsplash)

Seseorang membangun balkon pada rumahnya pasti mempunyai tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Seiring dengan berjalannya waktu fungsi balkon pun semakin beragam. Ini dia beberapa fungsi dari balkon.

  • Memperluas Ruangan

Salah satu fungsi balkon adalah untuk memperluas ruang. Sangat berguna ketika rumah tidak mempunyai banyak ruang. Membuat balkon pada lantai atas, menjadi pilihan untuk menambah luas bangunan. Di balkon Pins bisa menciptakan ruang santai untuk sekedar duduk dan bercengkrama bersama keluarga.

  • Memperluas Jarak Pandang

Balkon identik berada di lantai atas. Dengan memiliki balkon, otomatis Pins seperti memiliki jendela yang besar. Dari balkon lah bisa terlihat pemandangan yang lebih luas. Bersantai di balkon sambil melihat view di sekitar rumah menjadi suatu kegiatan yang menenangkan saat berada di rumah.

  • Mempercantik Tampilan Rumah

Dengan adanya balkon, tampilan rumah khususnya desain eksteriornya jadi punya nilai plus. Rumah tampil dengan nilai estetika yang tinggi. Untuk tampilan yang lebih maksimal, jangan lupa untuk mendesain balkon sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan ya Pins. Rumah menjadi lebih bergaya tidak polos bagaikan rumah yang tidak mempunyai balkon.

  • Sebagai Pelindung untuk Rumah

Karena bentuknya yang menjorok ke depan, balkon pun bisa berfungsi layaknya kanopi untuk ruang di bawahnya. Balkon akan melindungi bagian bawah yang ia tutupi dari sinar matahari dan rintikan air hujan. Maka dari itu, ruang di bawahnya bisa kamu manfaatkan juga untuk tempat bersantai. 

  • Menjadi Penanda Antar Lantai

Balkon menjadi penanda antar lantai. Dengan dibuatnya balkon, Pins bisa melihat lebih jelas perbedaan antara lantai bawah dan lantai atas.Selain itu, balkon juga bisa menjadi penanda atau identitas dari rumah lho. Bayangkan ketika ada kerabat yang datang bertamu untuk pertama kali. Ketika Pins menyebutkan deskripsi rumah dengan balkon bergaya minimalis, pasti kerabat tersebut akan mengetahuinya langsung saat melihat balkon tersebut.

  • Tempat Berkebun

Balkon biasanya terdapat pada setiap unit apartemen. Ketika tinggal di unit apartemen, balkon berguna untuk menyalurkan hobi berkebun. Di balkon lah tempat satu-satunya yang mempunyai ruang terbuka, sehingga tanaman akan tumbuh dengan subur karena bisa dengan mudah terpapar sinar matahari dan udara luar. Pins bisa meletakkan jenis-jenis tanaman favorit dan merawatnya di area balkon ini.

  • Tempat Menjemur Pakaian

Fungsi balkon yang banyak digunakan orang adalah sebagai ruang untuk menjemur pakaian. Adanya ruang terbuka di balkon membuat pemilik rumah atau unit apartemen menjemur pakaiannya. Area ini jelas akan membuat pakaian cepat kering karena langsung terpapar oleh sinar matahari.

Beragam Desain Balkon

balkon adalah
(Pinterest)
  • Balkon Natural Modern

Balkon dengan desain natural tidak selalu harus dikelilingi dengan material kayu coklat. Pins bisa menciptakan nuansa natural dengan meletakkan rumput sintetis pada bagian lantai balkon. Padu padankan dengan tembok atau pagar berwarna cerah seperti putih. Kemudian letakkan bangku-bangku untuk bersantai di area ini.

  • Desain Nuansa Kayu

Balkon yang comfy bisa diciptakan dengan nuansa kayu yang menghangatkan. Material kayu biasanya digunakan untuk  Pins yang suka meletakkan berbagai jenis tanaman di balkon. Dengan begitu desain kayu dan hijaunya tanaman akan blend dengan sempurna. Saat bersantai pun akan menjadi lebih sejuk dan asri.

  • Desain Balkon Minimalis

Desain simple dan elegan adalah ciri khas dari desain minimalis. Design ini bisa Pins aplikasikan untuk balkon rumah. Balkon minimalis biasanya dikelilingi dengan kaca untuk membatasi antara ruang dalam rumah dan balkon itu sendiri. Minimalis identik dengan warna netral atau monokrom seperti putih, abu-abu dan hitam.

  • Balkon Bergaya Klasik

Gaya klasik untuk balkon punya banyak penggemar. Pasti Pins sering melihat jenis balkon klasik dengan pagar pola meliuk-liuk. Itu adalah salah satu ciri balkon dengan gaya klasik. Untuk menambah kesan klasik, Pins dapat meletakkan furniture seperti kursi dan meja yang juga mempunyai desain klasik.

  • Balkon Desain Modern

Balkon kekinian biasanya lebih simple dibandingkan dengan balkon jenis lainnya. Detail di dalamnya didekorasi dengan simple, bahkan untuk membuat penghuni lebih nyaman terkadang terdapat kursi gantung pada balkon modern ini.

Itu lah informasi mengenai balkon yang bisa kami paparkan. Semoga berguna ya Pins!