Kamus Istilah Properti

Perforated Metal

istilah properti

Perforated Metal

Perforated metal adalah lembaran logam yang dilubangi dengan ditekan sehingga menghasilkan pola tertentu yang digunakan untuk material konstruksi. 

Apa Itu Perforated Metal?

perforated metal
(Stainless Steel Meshs Sreens)

Apabila Pins tertarik menggunakan plat besi untuk berbagai keperluan hunian, maka perforated metal adalah salah satu jenis material konstruksi yang dapat dipilih. Bahan ini terbilang umum dan mudah ditemui. Penggunannya pun multifungsi karena dapat dipakai untuk berbagai keperluan.

Lalu, apa itu perforated metal dan mengapa material ini digemari?

Perforated metal memiliki arti lembar besi perforated, yang bermakna lembaran logam yang dilubangi dengan ditekan sehingga menghasilkan pola, bentuk, dan lubang tertentu sesuai kebutuhan. Pembuat lembaran besi ini juga menyediakan pola cetak tertentu yang dapat Pins pilih sesuai ketersediannya di pasaran.

Selain dibuat secara manual, saat ini sudah tersedia mesin cetak untuk lembaran besi. Alhasil, para pengrajinnya tidak perlu lagi susah payah membentuk pola atau lubang-lubang karena sudah tercetak secara otomatis melalui mesin tersebut.

Pengrajin lembaran besi ini juga bisa lebih cepat dalam membuat lembaran besi perforated yang sesuai keinginan dengan hasil yang presisi serta dalam waktu yang terbilang singkat.

Pins bisa mendapatkan lembaran plat besi perforated dengan harga mulai dari Rp250.000 untuk ukuran 1 x 2 meter, tebal 1 mm, dan ukuran lubang 0.8 mm.

Jenis Pola Lembaran Plat Besi Perforated

(Arsitag)

Sebenarnya, pola atau lubang perforated metal bisa Pins request sesuai dengan keinginan. Namun, untuk jenis platnya sendiri ada juga yang sudah tersedia dan tinggal dipilih sesuai keinginan.

Yuk, Pins simak jenis pola lembaran plat preforated metal berikut ini:

Plat Mild Steel

Jenis pola perforated metal yang pertama adalah plat mild steel atau lebih dikenal dengan plat hitam. Ciri khasnya yaitu mempunyai ketebalan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Perbedaan ketebalan ini disesuaikan dengan kegunaan masing-masing. Pins dapat memakai perforated metal dengan plat hitam ini sebagai kanopi rumah.

Perforator

Perforator adalah jenis plat lubang yang sering digunakan sebagai plat lantai. Biasanya, perforator yang sering digunakan yaitu jenis lubang dengan bentuk bulat.

Banyaknya lubang pada jenis plat ini menentukan daya serap dan juga fungsinya nantinya.

Plat Expanded  

Selanjutnya merupakan jenis plat besi yang paling estetik dan menarik. Pemakaiannya paling sering dipakai untuk plat lantai bagian base frame untuk menambah keindahan lantai.

Selain itu, Pins juga dapat memakai jenis plat expanded untuk atap bagian pembuangan angin pada mesin radiator.

Plat Bordes 

Terakhir adalah plat bordes. Kelebihan jenis satu ini yaitu ketersediaan motif yang lebih banyak jika dibandingkan jenis plat lain. Teksturnya juga terlihat indah dan menarik sehingga Pins dapat menggunakannya sebagai komponen yang dapat memberikan nilai estetika. 

Kelebihan Perforated Metal

perforated metal
(IDN Times)

Perforated metal adalah salah satu material bangunan yang memiliki banyak kelebihan. Berikut ini sejumlah kelebihan dari lembaran plat besi perforated yang dapat Pins pertimbangkan:

Daya Tahan yang Kuat

Mengingat perforated metal adalah lembaran yang terbuat dari besi, maka tak perlu heran kalau bahan ini memiliki kekuatan yang tinggi. Seperti yang diketahui, besi merupakan material unggulan yang memiliki daya tahan yang tinggi.

Kemudian, jika dilihat dari jangka waktu pemakaian, besi juga merupakan komponen yang tidak mudah rusak sehingga jauh lebih lama jika dibandingkan material yang lain. Artinya, jika Pins memilih bahan ini maka tak perlu khawatir terlalu sering mengganti lembaranya karena tidak mudah rusak dalam waktu cepat.

Multifungsi  

Dilihat dari fungsinya, perforated metal adalah material yang fleksibel karena dapat dipakai untuk berbagai jenis kebutuhan dan fungsi sesuai dengan keinginan.

Pins dapat menggunakannya sebagai kanopi rumah, frame kaca jendela, frame pintu, dan sebagainya. Bahkan, tak ada salahnya untuk menambah lembaran plat ini besi hanya untuk hiasan rumah sehingga tampilan rumah lebih unik dan menarik.

Privasi Terjaga dengan Baik 

Jika Pins menginginkan material yang memiliki keunggulan dalam menjaga privasi tanpa menghilangkan unsur estetika, maka perforate metal adalah pilhan yang dapat dipertimbangkan.

Pasalnya, lembaran besi plat ini memiliki lubang berpola yang berukuran kecil. Jadi, jika Pins memakainya untuk alternatif material bangunan, maka tak perlu khawatir terkait privasinya. Sebab, orang lain tidak mudah mengintip sekalipun memiliki lubang.

Kemampuan Menyaring Suaranya Baik

Kelebihan lain dari material plat besi lembaran ini yaitu kemampuannya dalam menyaring suara sangatlah baik. Hal ini karena besi sebagai material utamanya, memiliki sifat pemantul suara yang sangat baik.

Jadi kalau rumah Pins terletak di jalan utama, maka dapat mengandalkan lembaran besi peforated sebagai frame pintu dan jendela agar tidak bising.

Dapat Didaur Ulang

Terakhir, plat besi perforated juga lebih ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Dibandingkan membuangnya, lebih baik mendaur ulang.

Artinya jika Pins sudah tidak memakainya lagi, maka masih bisa didaur ulang menjadi barang lain yang lebih bermanfaat.

Kekurangan Perforated Metal

(Arsitag)

Tak hanya kelebihan dan fungsinya yang bervariasi, adapun perforated metal adalah sebagai berikut:

  • Harga yang cenderung lebih mahal.
  • Ada kemungkinan berkarat. Untuk itu, Pins sebaiknya menambah coating agar lebih tahan terhadap karat.  
  • Jika lembarannya sudah berkarat, tentu akan menganggu dan merusak penampilannya.
  • Ketika sudah terkena benturan yang keras, bisa membuatnya menjadi penyok.
  • Sulit memperbaiki dan mengembalikan bentuk lembaran plat besi perforated yang berkarat menjadi seperti semula.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.