Kamus Istilah Properti

Obscure Glass

istilah properti

Obscure Glass

Obscure glass adalah jenis kaca yang bisa mendistorsi atau mengaburkan item di sisi lain kaca sehingga tidak tembus pandang.

Apa Itu Obscure Glass?

obscure glass 1
(Alamy)

Diantara banyaknya jenis kaca, obscure glass adalah salah satu kaca yang direkomendasikan buat Pins yang menginginkan privasi meskipun tanpa penutup seperti tirai. Obscure class alias kaca buram merupakan jenis kaca yang bisa mendistorsi atau mengaburkan item di sisi lain kaca sehingga tidak tembus pandang. 

Efek mengaburkan ini dapat dicapai dengan berbagai cara seperti melalui warna, tekstur atau pola tertentu. 

Efek yang dihasilkan dari penggunaan obscure glass adalah tampilannya yang halus dan buram, karena telah terdistorsi. Setelah mendistorsi, kaca buram ini benar-benar bisa menyembunyikan item dari pandangan, atau hanya menampilkan siluet. 

Salah satu jenis obscure glass adalah kaca es yang memiliki warna putih agak buram, di mana sering pula disebut kaca susu. Selain kaca es, kaca satin (satin glass) juga merupakan jenis kaca buram yang populer. Kaca ini sudah diberikan treatment kimia untuk menghasilkan efek buram atau efek dof di permukaan kaca. 

Jenis Obscure Glass Berdasarkan Polanya 

Ada empat pola utama yang umum untuk desain kaca buram. Variasi ini dapat dipilih tergantung pada tampilan yang Pins inginkan di jendela atau pintu sesuai tingkat tembus cahaya.

Berikut ini jenis pola yang dimaksud:

Frosted Glass

frosted glass
(Alamy)

Jenis obscure glass yang pertama yaitu frosted glass alias kaca es. Tekstur kaca ini sangat halus dan putih pada salah satu sisinya. Fungsinya sebagai elemen dekoratif sekaligus untuk mengurangi intensitas sinar matahari dan pandangan orang asing ke dalam rumah. 

Alhasil, saat siang hari pun sinar matahari tampak lembut menerangi ruangan. Kalau kaca es digunakan di pintu kamar mandi akan membuat orang dari luar tidak bisa melihat ke dalam.

Patterned

patterned glass
(Alamy)

Kaca buram tidak hanya harus berupa satu lembar kaca polos dan buram. Bahkan, saat ini sangat populer juga di dalam dimasukkan ke dalam pola. 

Adapun pola yang banyak digunakan sepert pola tanaman maupun geometris. Hasilnya akan memberikan tampilan yang lebih dinamis dengan daya tarik dekoratif.

Bubble Effect

bubble effect glass
(Alamy)

Efek gelembung pada kaca dapat suasana kealamian pada sebuah ruangan. Cahaya yang bersinar melaluinya terlihat menyebar secara halus, hampir seolah-olah ada tetesan air hujan yang terpercik di kaca. 

Pins menemukan jenis ini di kamar mandi dan beberapa restoran. 

Ribbed atau Bergaris 

ribbed glass
(Alamy)

Pola yang terakhir yaitu bergaris. Penggunan jenis ini akan menciptakan ilusi paling banyak karena ribbing memungkinkan sejumlah cahaya melewatinya. Garis yang lebih lebar menentukan seberapa banyak distorsi yang terlihat dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal ini akan menciptakan efek tiga dimensi dengan berbagai tingkat ketidakjelasan.

Manfaat Menggunakan Kaca Buram

Obscure Glass 2
(Alamy)

Keuntungan utama Pins menggunakan jenis kaca buram adalah menjaga privasi. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari obscure glass, diantaranya:

  • Lantaran teksturnya, kaca buram mampu mengurangi sinar matahari yang diterima secara maksimum sehingga ruangan tidak akan silau.
  • Obscure glass memiliki permukaan tidak berpori yang membuatnya tidak dapat ditembus noda sehingga tidak akan menimbulkan korosi atau karat.
  • Membuat ruangan terkesan lebih luas. Terutama pada kamar hotel yang ukurannya tidak terlalu besar maupun apartemen studio yang ukurannya tidak terlalu luas. 
  • Kotoran tidak akan menempel sehingga menjadi lebih dibersihkan.
  • Jika digunakan di kamar mandi, kaca buram tidak mudah menyerap air.
  • Lebih kedap suara.  
  • Menambah kesan modern pada rumah, kantor, maupun bangunan lainnya.
  • Jika Pins memilih kaca dengan pola tertentu, maka akan memberikan dekorasi tambahan.
  • Saat digunakan untuk jendela dan pintu, pemakaian kaca buram dapat memperpanjang masa pakai furnitur karena ruangan tidak terlalu terkena paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan.

Kekurangan Kaca Buram di dalam Bangunan

Apapun jenisnya, kaca buram tak lepas dari kekurangan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pemasangannya rumit jadi Pins tidak bisa memasangnya sendiri dan akan membutuhkan ahli.
  • Tidak mampu menahan beban yang terlalu berat.
  • Meski tebal, kaca buram cenderung tidak tahan terhadap getaran.
  • Jika kualitasnya tidak bagus, maka lebih mudah retak atau bahkan pecah saat terbentur.
  • Jika tergores, jenis kaca ini tidak bisa diperbaiki dan harus mengganti kaca secara keseluruhan.

Di mana Obscure Glass Biasanya Digunakan? 

Obscure Glass di kamar mandi
(Alamy)

Salah satu tempat paling populer untuk menggunakan obscure glass adalah di jendela kamar mandi. Tak hanya itu, Pins bisa menemukan kaca buram di berbagai tempat, seperti kaca gedung perkantoran, dinding pembatas kamar mandi di hotel, partisi ruangan, pintu kabinet, hingga dinding ruang shower.

Selain itu, kaca buram juga bisa dipakai di jendela kamar tidur, dapur, ruang makan, atau dinding eksterior lainnya untuk membatasi tetangga dekat sehingga akan meningkatkan privasi. Menggunakannya untuk kaca buram di skylight juga akan membantu menambahkan lapisan keamanan ekstra ke sebuah ruangan. 

Mengingat tujuan utama kaca ini yaitu untuk menjaga privasi, maka pemilihan obscure glass sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang membutuhkannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.