Kamus Istilah Properti

Travelator

istilah properti

Travelator

Travelator adalah mesin yang dipakai untuk bermobilisasi di dalam gedung. Fungsi utamanya untuk membantu perpindahan manusia atau barang.

Apa itu travelator?

(Unsplash)

Travelator adalah mesin yang dipakai untuk bermobilisasi di dalam gedung. Fungsi utamanya untuk membantu perpindahan manusia atau barang. Beberapa gedung memasang mesin ini untuk membantu mobilisasi vertikal dari lantai satu ke lantai berikutnya. Namun, ada juga gedung yang menerapkan mesin ini untuk membantu mobilitas secara horizontal, sebagai contoh beberapa bangunan bandar udara.

Alat ini berbeda dengan eskalator yang memiliki bentuk seperti tangga berundak yang dapat berjalan. Travelator punya jalur yang lurus seperti ramp berjalan. Jadi, kita tidak perlu menenteng barang bawaan ketika menaiki mesin ini. Pengguna kursi roda pun akan lebih mudah untuk memakai mesin ini daripada eskalator.

Dibandingkan dengan eskalator, mesin ini cenderung lebih lambat pergerakannya. Rata-rata mesin ini memiliki kecepatan 0,6 meter per detik sampai 1,3 meter per detik.

Selain logam dan mesin, material dipakai sebagai elemen-elemen pendukung alat ini bisa dikatakan memiliki sifat yang fleksibel dan elastis. Maka dari itu, kamu akan menemui banyak bahan karet atau komposit yang digunakan. Semuanya terangkai pada plat baja dari mesin ini.

Pemilihan travelator untuk bangunan

(Unsplash)

Jika tertarik untuk menggunakan travelator dalam bangunan, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal. Memperhatikan hal-hal yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini akan memaksimalkan fungsi alat serta kesesuaian dengan bangunan sebagai titik pemasangannya.

  • Perlu menyesuaikan kapasitas pengguna dengan perhitungan perkiraan orang yang akan menggunakannya.
  • Menentukan kapabilitas mesin. Kita perlu memilih mesin yang cocok kecepatan pergerakannya dengan perkiraan pengguna.
  • Sudut kemiringan pemasangan. Jika dipasang sebagai alat mobilisasi vertikal, maka kita perlu mengukur agar alat ini bisa digunakan dengan nyaman. Perkiraan kemiringan yang bisa di-cover oleh alat ini adalah 10 sampai 20 derajat.
  • Ketinggian antar lantai.
  • Sistem operasi. Hal ini berkaitan dengan ke mana kita menentukan arah dari mesin.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan beberapa aspek-aspek lain seperti:

  • Pola dan keramaian lalu lintas orang dan barang yang ada di dalam dan sekitar gedung.
  • Harus membedakan penggunaan mesin travelator orang, barang, dan kebakaran.
  • Ketika terjadi kerusakan atau kondisi darurat, perlu memikirkan cara penanggulangan yang cocok.

Komponen-komponen penting travelator

(Unsplash)

Ada beberapa elemen yang dibutuhkan untuk merangkai sebuah travelator. Masing-masing elemen ini memiliki kegunaan yang vital untuk membantu operasional mesin ini.

Rangka konstruksi

Elemen ini merupakan rangkaian dari batang-batang baja yang sudah dilapisi cat anti karat. Ketika sudah dioperasikan, kita mungkin tidak dapat melihat rangka ini karena sudah tertutup dengan panel penutup atau panel finishing.

Eksterior panel

Eksterior panel akan diletakkan pada bagian samping dan bawah dari rangka. Biasanya panel ini berbahan metal, namun ada juga yang menggunakan material lain. Dengan dipasangnya panel ini, mesin akan terlihat lebih rapi.

Alas pijak

Bagian alas pijak terbuat dari bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan alur-alur tertentu. Pembuatan alur tersebut disengaja agar penumpang, troli, dan kursi roda tidak mengalami selip ketika menggunakan mesin ini.

Mesin penggerak

Motor atau mesin penggerak ini di letakkan di bagian atas. Ada beberapa komponen yang menjadi bagian dari mesin penggerak yang antara lain adalah motor listrik, rantai penggerak, dan transmission reducer. Agar travelator tidak macet, maka perlu untuk mengkalkulasikan beban dan kapabilitas putaran mesin.

Pegangan (moving handrail)

Bagian ini hampir sama seperti yang digunakan pada eskalator. Terbuat dari bahan karet dengan campuran tertentu. Biasanya, material yang dipakai untuk pegangan tangan tidak mudah membuat tangan terasa panas.

Balustrade

Bagian balustrade dari travelator terbuat dari bahan tempered glass. Secara khusus, tempered glass ini dibuat agar bagian bevel (pinggir)-nya tidak tajam.

Pengaman

Ada beberapa alat yang dapat dipasang sebagai elemen pengaman dari travelator. Alat-alat tersebut antara lain adalah:

  • Current overload dan step chain safety switch.
  • Emergency stop button.
  • Over/under speed control switch.
  • Pengaman untuk menyelaraskan perbedaan kecepatan antara alas pijak dan handrail.

Tindakan pemeliharaan

(Unsplash)

Setelah memasang, kita perlu mengetahui tindakan pemeliharaan dari alat ini. Ketika dilakukan perawatan rutin dan tepat, maka kita bisa menggunakan alat ini lebih lama.

  • Bagian mesin dan pijakan harus tetap dijaga kebersihannya. Baik dari kotoran berbentuk sampah, debu, atau kotoran-kotoran yang berbentuk cairan.
  • Pijakan, roller, karet dan kelengkapannya harus dirawat dan dilumasi secara teratur. Pastikan untuk menggunakan pelumas sesuai dengan jenis kebutuhan serta memiliki merek yang baik di pasaran.
  • Karet pegangan yang terlihat retak atau akan putus harus segera diganti dengan yang baru.
  • Alas pijak atau plat yang rusak, patah, atau retak perlu untuk diganti dengan yang baru.
  • Memastikan pengecekan tombol-tombol yang terdapat pada landasan. Pastikan agar tombol-tombol tersebut dapat berfungsi dengan baik. Terlebih lagi emergency stop yang harus selalu berfungsi.

Penjelasan di atas menjadi akhir dari artikel ini. Semoga apa yang sudah dipaparkan dapat membantu pencarianmu ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.