Kamus Istilah Properti

Arsitektur

istilah properti

Arsitektur

Arsitektur adalah seni atau praktik merancang dan membangun bangunan.

Apa Itu Arsitektur?

arsitektur
(Rethinking The Future)

Sebenarnya, arsitektur memiliki banyak arti, seperti seni dan ilmu, proses dan hasil, hingga ide dan kenyataan. Orang sering menggunakan kata “architecture ” dan “desain” secara bergantian, yang secara alami memperluas definisi arsitektur. 

Kata arsitektur berasal dari bahasa Latin architectura yang digunakan menjelaskan dengan pekerjaan seorang arsitek. Kata ini juga diambil dari Arkhitekton yaitu mandor atau kepala kontaktor dan kepala teknisi di masa Yunani kuno. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pengertian arsitektur:

  • Dictionary of Architecture and Construction: seni dan ilmu yang merancang dan membangun struktur, atau kelompok besar struktur, sesuai dengan kriteria estetika dan fungsional.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), architecture adalah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dan sebagainya; ilmu bangunan.  
  • Frank Lloyd Wright, dari Forum Arsitektur, Mei 1930: architecture adalah seni ilmiah untuk membuat struktur mengekspresikan ide.  

Karya arsitektur bisa bisa merujuk pada bangunan atau struktur buatan manusia, seperti rumah, jembatan, menara atau monumen bangunan. Selain itu, arsitektur juga merancang desain untuk area yang luas seperti kota, kota, taman, atau taman lanskap. 

Fungsi Arsitektur

(Vecteezy)

Berikut ini beberapa fungsi dari arsitektur:

  • Menghasilkan desain detail dari sebuah konsep atau ide yang ingin diwujudkan, terutama dalam hal konsep dan estetika.
  • Tak hanya aspek keindahan, karya architecture memperhatikan keseimbangan lingkungan sekitar, termasuk di dalamnya alam.
  • Dapat menjadi penelitian dari objek dan proses budaya. Banyak monumen kuno di dunia merupakan karya architecture.
  • Meningkatkan kehidupan manusia karena akan menciptakan ruang yang memperhatikan segala aspek.  
  • Praktik arsitektur digunakan untuk memenuhi persyaratan praktis dan ekspresif, dan dengan demikian melayani tujuan utilitarian dan estetika.

Jenis-jenis Arsitektur  

jenis arsitektur
(Arch Daily)

Arsitektur berbagai macam jenis yang sesuai dengan kriteria arsitek dan bangunan yang yang sering dibuat. Berikut ini beberapa diantaranya:

Residential Architecture

Arsitek yang bergerak di jenis ini merancang perumahan atau residential. Umumnya, mereka akan bekerja dengan pengembang dan kontraktor. Misalnya, jika seorang pengembang sedang membangun perumahan berskala yang besar, arsitek jenis ini akan merancang berbagai rumah yang akan dibangun.

Sebagian besar arsitek perumahan akan berurusan dengan klien secara langsung dan juga akan menangani banyak tugas seperti merancang rumah, menggambar rencana dengan ukuran yang tepat, dan membuat perkiraan biaya bahan dan tenaga kerja  

Commercials Architecture

Gedung-gedung pencakar langit yang ada di dunia merupakan hasil karya architecture komersial. Beberapa jenis bangunan yang dibuat arsitek komersial adalah sebagai berikut:

  • Gedung perkantoran / gedung pencakar langit
  • Hotel
  • Jembatan
  • Sekolah
  • Museum
  • Gedung pemerintah
  • Bangunan tempat tinggal multi-unit

Seringkali arsitek komersial mengkhususkan diri untuk jenis proyek tertentu seperti gedung pencakar langit atau bangunan tempat tinggal multi-unit. 

Landscapes Architecture

Arsitek lansekap sedikit berbeda dari dua jenis arsitek lainnya. Seorang arsitek lansekap akan fokus menciptakan ruang luar untuk dinikmati orang. Mereka akan ditugaskan untuk membuat struktur luar ruangan di ruang seperti taman, kampus, area taman, dan sejenisnya. 

Pada prosesnya, architecture lanskap tidak hanya tentang merancang bangunan, tetapi ada aspek lain yang diperhatikan, seperti membuat jalur pejalan kaki dan umumnya merancang tata letak area luar ruangan adalah bagian besar dari prosesnya. 

Urban Architecture

Arsitek perkotaan merancang lanskap kota dan bangunan. Arsitek desain perkotaan memiliki tantangan menarik untuk membuat seluruh area menjadi lebih indah. Artinya, jenis ini memiliki skala yang lebih besar dari hanya satu bangunan. 

Seorang perancang kota akan ditugaskan dengan sesuatu seperti merancang seluruh lingkungan. Mereka perlu mempertimbangkan tata letak seluruh blok dan harus merencanakan ke depan untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Green Architecture

Arsitek desain hijau telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kepedulian terhadap lingkungan yang selalu tinggi, orang-orang benar-benar memikirkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

Para arsitek yang fokus pada jenis ini telah dilatih secara khusus untuk bisa mendesain rumah ramah lingkungan. 

Industry Architecture

Fasilitas industri juga perlu dirancang oleh arsitek profesional. Bila Pins ingin fasilitas industri beroperasi dengan baik, penting untuk mempertimbangkan segala sesuatu tentang bangunan. Seorang arsitek ahli akan mampu merancang fasilitas sedemikian rupa sehingga akan beroperasi seefisien mungkin. 

Setiap bisnis yang perlu menggunakan fasilitas industri akan menginginkan bangunan atau bangunan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Para arsitek yang fokus pada jenis ini akan memahami kebutuhan fasilitas industri secara mendalam. Mereka juga dapat merancang berbagai hal sedemikian rupa sehingga segala sesuatunya bekerja dengan sempurna.  

Perkembangan dan Beragam Gaya Arsitektur  

Setelah mengetahui jenis-jenis arsitektur, pentingnya juga untuk mengenali berbagai gaya arsitektur. Berikut adalah gaya arsitektur paling terkenal yang telah diterapkan di banyak struktur populer di seluruh dunia.

Arsitektur Klasik 

(Quartz)

Jenis yang pertama mengacu pada gaya yang digunakan secara mencolok di Yunani dan Roma kuno. Karya arsitektur klasik terpusat pada karya seni pahat dalam bentuk kolosal. Selain itu, gaya ini juga memiliki fungsi sebagai visualisasi dari agama, kitab suci, dan kepercayaan lainnya, yang juga digunakan sebagai sarana ritual keagamaan.

Kesan yang ditampilkan dari gaya ini adalah anggun dan mewah dengan ciri khas adanya pilar-pilar, ornamen, ukuran yang melebihi kebutuhan fungsinya dan memiliki komposisi bangunan yang simetris dengan tata letak jendela yang teratur. 

Arsitektur Gotic

(Britannica)

Jenis arsitektur ini mendominasi selama ratusan tahun ini dimulai di Prancis dan kemudian diadaptasi ke seluruh benua. Ciri khas arsitektur ini gaya bangunan batu dan bata yang dicirikan oleh tiga fitur utama yaitu lengkungan runcing tajam, kolom berusuk dan berkubah, dan penopang terbang.

Salah satu contoh gothic architecture yang paling terkenal adalah Notre-Dame di Paris, Katedral Canterbury di Inggris, Katedral Cologne di Jerman, Katedral Milan di Italia, Basilika St. Denis di Paris, dan Katedral Salisbury di Inggris.

Barok

(Regia Morinho Medium)

Gaya arsitektur ini berasal dari Italia dan dikatakan sebagai gaya yang lebih emosional dan dramatis. Arsitektur barok biasanya mencakup bentuk melengkung seperti oval, serta bentuk cekung dan cembung yang menyarankan gerakan. 

Distorsi juga merupakan aspek kunci lain dalam gaya ini di mana Pins akan melihat figur yang patah, memanjang atau dimanipulasi untuk membuatnya menonjol. Beberapa contoh bangunan bergaya Barok adalah Istana Versailles di Perancis, Katedral St. Paul di London, Lapangan St. Peter di Vatikan, dan Istana Schönbrunn di Wina.

Arsitektur Neoklasik

(Art Juice)

Seperti namanya, arsitektur Neoklasik merupakan kebangkitan dari architecture classic. Gayanya sangat mengingatkan pada bentuk Yunani dan Romawi. Hal ini mengakibatkan bangunan abad ke-18 agak menyerupai kuil Yunani dan Romawi.

Arsitektur neoklasik didefinisikan oleh garis-garis yang bersih dan elegan, penampilan yang rapi, kolom-kolom yang berdiri bebas, dan bangunan-bangunan besar. Beberapa contoh yang lebih populer adalah Gedung Bank of England di Liverpool, Gedung Putih di Amerika Serikat, dan Kantor Pos Umum di Dublin.

Arsitektur Victoria

(Calypso Edu)

Gaya ini mengacu pada bangunan yang dibangun pada masa pemerintahan Ratu Victoria Inggris. Tidak seperti gaya lain, Victorian architecture tidak terbatas pada satu desain tertentu tetapi digunakan sebagai istilah luas yang melihat kebangkitan elemen Gotik, Romawi, dan Tudor.

Gaya Victorian diterapkan pada desain rumah hunian pada masa revolusi industri. Banyak rumah di Inggris, AS, dan Australia menggunakan gaya ini. Salah satu karakteristik yang dimiliki sebagian besar rumah Victoria adalah tampilan “rumah boneka” yang memiliki trim yang rumit, warna yang cerah, dan desain asimetris. 

Arsitektur Modern

(Architecture Beast)

Contoh gaya modern adalah arsitektur minimalis yang banyak digunakan arsitek hingga setelah Perang Dunia 2. Gaya modernis mengutamakan kesederhanaan bentuk, struktur yang bersih, kurangnya ornamen, dan fungsi di atas bentuk. 

Gaya ini juga memanfaatkan kemajuan baja, kaca dan beton. Beberapa arsitek paling terkenal dari abad ke-20 berkembang selama era ini termasuk Frank Lloyd Wright dan Le Corbusier.

Arsitektur Pasca-Modern

(Arch Daily)

Sebagai reaksi terhadap penghematan dan kekakuan yang dipromosikan oleh arsitektur Modern, para arsitek Post-Modernis meluncurkan gerakan desain ini pada tahun 1960-an. Desain post-modern menggabungkan ornamen artistik dan elemen dekoratif ke dalam fasad bangunan, bukan hanya garis bersih yang dijunjung oleh gaya modernis.

Gaya Post-modernis menolak untuk dikotak-kotakkan hanya pada satu jenis sehingga desain seringkali mendapat inspirasi dari campuran gaya. Untuk beberapa bangunan, kombinasi ini sering menghasilkan desain yang agak hibrid dan aneh.

Arsitektur Neo Futurism

(Pinterest)

Neo Futurisme adalah gaya ini yang dipandang sebagai pendekatan yang lebih idealis terhadap masa depan. Desain semakin memanfaatkan teknologi baru untuk membangun bentuk yang tampaknya mustahil dan struktur inovatif yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Arsitektur neofuturis diidentikkan dengan struktur yang tampaknya menentang fisika alam yang sebelumnya hanya terlihat dalam film-film sci-fi.

Salah satu arsitek paling terkenal dari arsitektur Neo Futuristik adalah arsitek Irak-Inggris yang inovatif, Zaha Hadid. Pada tahun 2004, ia adalah arsitek wanita pertama yang dianugerahi Penghargaan Pritzker dalam Arsitektur.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.