Kamus Istilah Properti

Atap Onduline

istilah properti

Atap Onduline

Atap onduline adalah jenis atap yang terbuat dari bahan-bahan alami, tidak memiliki kandungan metal dan unsur asbes, sehingga memiliki karakter yang ramah lingkungan dan anti karat.

Apa Itu Atap Onduline?

atap onduline
(Onduline)

Diantara berbagai jenis atap yang beredar di pasaran, atap onduline adalah salah satu yang terbilang populer dan memiliki berbagai keunggulan yang patut Pins pertimbangkan. 

Atap onduline adalah jenis atap yang terbuat dari bahan-bahan alami, tidak memiliki kandungan metal dan unsur asbes, sehingga memiliki karakter yang ramah lingkungan dan anti karat.

Materialnya cenderung ringan yaitu lapisan serat organik dan bitumen. Serat selulosa pada atap ini diperoleh dari berbagai sumber seperti kertas daur ulang dan kayu pulp. 

Kemudian, onduline juga mengandung material lain seperti aspal, resin, hingga mineral aditif yang menjadikannya lebih tahan lama dan awet. 

Jenis Atap Onduline

atap onduline
(Onduline)

Pins bisa menemukan atap onduline dalam tiga jenis, diantaranya:

Onduline Classic

Tipe onduline klasik memiliki karakteristik yang mudah dibentuk dan lentur. Seperti onduline secara umum, tipe klasik juga cenderung tahan terhadap karat dan tidak mengandung bahan asbes dan metal.

Terkait kualitasnya, Pins tak perlu khawatir karena onduline klasik sudah dilengkapi dengan sertifikat SNI dan terbukti sangat ramah lingkungan 

Atap Onduvilla

Atap onduvilla dikenal karena bisa berbentuk tiga dimensi. Selain itu bobotnya juga sangat ringan dan memiliki karakter warna shader yang indah. 

Bentuk dan karakternya mirip dengan genteng keramik tapi sama seperti tipe klasik yang lebih lentur dan mudah dibentuk.

Onduline Bardoline

Jenis yang terakhir adalah salah satu atap onduline yang menggunakan bahan lapisan aspal. Bardoline sudah bertaraf internasional dengan bobot yang ringan, dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis atap dengan cara pemasangan yang mudah.  

Pins akan banyak menemukan model onduline bardoline pada rumah-rumah di luar negeri.

Kelebihan Atap Onduline

(The Garden Granny)

Ada banyak alasan mengapa atap onduline layak dipertimbangkan untuk hunianmu, Pins. Berikut ini diantaranya: 

Bobot yang Ringan

Atap satu ini sering disandingkan dengan rangka atap baja ringan karena materialnya mirip. Onduline memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan dalam segi pengiriman hingga peletakannya. 

Namun, walaupun ringan ia tetap tidak akan diterpa angin kencang dengan mudah lho!

Tahan Gempa

Atap onduline terkenal sebagai atap yang tahan terhadap gempa. Maka dari itu, tidak perlu diragukan lagi akan kekuatannya. 

Selain itu, onduline juga mampu menahan beban yang cukup berat tanpa harus merusak atap. 

Bentuk yang Fleksibel

Seperti yang sudah disebutkan, beberapa tipe onduline memiliki karakteristik yang ringan dan lentur sehingga mudah dibentuk. Atap ini dapat dibentuk secara fleksibel mengikuti rangka dari atap. 

Tidak heran atap ini menjadi pilihan teratas material atap rumah modern yang memiliki bentuk atap cenderung artistik. Dalam sisi pengiriman pun Pins tidak akan menemukan kerusakan pada bahan karena materialnya yang lentur.

Ramah Lingkungan 

Kelebihan inilah yang membuat banyak arsitek merekomendasikan onduline untuk hunian. Onduline terbuat dari bahan-bahan alami membuat atap onduline baik dalam segi kesehatan. 

Pins akan aman berada di bawahnya tanpa khawatir mengganggu kesehatan tubuh semua penghuni di dalam rumah. Alhasil, atap satu ini aman dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Mampu Meredam Suhu dan Suara yang Baik

Sebagai peredam suhu yang baik pula menjadikan atap onduline terdepan. Kamu akan merasakan hunian yang sejuk walaupun di luar sangat panas. 

Namun tidak hanya dalam waktu musim panas, ketika hujan tiba pun Pins tidak akan mendengar suara bising yang berasal dari atap karena onduline mampu meredam suara bising.

Perawatan Mudah

Pins cenderung tidak memerlukan perawatan secara rutin untuk atap onduline ini. Atap ini telah teruji dan terbuat dari material yang cukup baik sehingga mudah dalam perawatan. 

Jika sudah dipasang dengan baik dan benar, Pins tidak perlu khawatir lagi akan perawatan rutinnya.

Warna yang Bervariasi

Warna atap dengan jenis onduline juga bisa mengikuti tampilan eksterior rumah ataupun tema yang Pins adaptasi. 

Dari warna merah, hijau, hitam, hingga coklat dapat Pins temukan dengan penggunaan atap onduline. Penggunaan atap satu ini akan menampilkan kesan modern pada hunian.

Kekurangan Atap Onduline

(Gantang Jaya Usaha)

Meskipun memiliki banyak keunggulan, bukan berarti onduline tidak memiliki kekurangan, Pins. Ada beberapa kelemahan atap onduline yang patut Pins pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilihnya. Apa saja? 

Membutuhkan Banyak Sambungan pada Atap

Sifat lentur yang menjadi salah satu kelebihan atap onduline ternyata bisa berdampak sedikit tidak baik pada penyambungan di beberapa daerah atap, Pins!

Untuk daerah yang sulit terjangkau maupun memerlukan lembaran yang sedikit, atap harus dipotong. Hal inilah yang membuat atap ini memerlukan banyak sambungan atap. Bila tidak dipasang dengan benar akan berakibat ke bagian lainnya.

Ada Kemungkinan Muncul Rembesan

Dikarenakan banyak jahitan ataupun sambungan pada atap ini, tidak heran pada beberapa kasus akan terjadi rembesan. 

Hal ini akan sangat merugikan untuk rangka atap dengan material kayu, karena akan membuat kayu cepat lapuk.

Warna Cenderung Bisa Pudar  

Untuk kekurangan satu ini mungkin memang ditemukan dalam beberapa jenis atap. Seiring dengan berjalannya waktu warna dari atap akan memudar tidak seperti warna aslinya. 

Tidak heran akan membuat warna atap berubah. Hal ini juga terjadi pada atap onduline.

Segi Keamanannya Kurang

Kelemahan atap onduline dalam segi keamanan memang kurang. Sebagai solusinya, Pins bisa menyiasatinya dengan tidak membuat atap tersebut menjulang terlalu ke bawah, sehingga menjadi mudah digapai orang lain. 

Atap ini bisa dengan mudah robek. Di luar negeri biasanya akan ditambah triplek pada bagian lembaran sebelum memasangnya.

Harga Relatif Mahal

Dalam segi harga, atap onduline memang memiliki harga produk yang relatif cukup tinggi.

Namun tentu saja berbanding lurus dengan kualitas yang disuguhkan. Pins bisa memilih jenis atap lainnya bila dirasa harga menjadi kendala.

Harus Dipasang oleh Ahlinya

Atap onduline memang terkenal akan keringanan bahannya, tetapi kelemahan atap onduline ini adalah Pins tidak bisa sembarangan dalam pemasangan. Pemasangan sendiri atau secara mandiri tidak direkomendasikan. 

Ada baiknya menggunakan jasa pasang ataupun ahli dalam bidangnya agar tetap aman.

Itulah informasi mengenai atap onduline yang dapat Pins jadikan referensi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.