Kamus Istilah Properti

Over Kredit

istilah properti

Over Kredit

Over Kredit adalah sebuah proses pengalihan kredit/cicilan/pinjaman dari satu bank ke bank lain.

Apa itu Over Kredit?

Over Kredit
(interestinfinance.com)

Secara sederhana, istilah over kredit adalah sebuah proses pengalihan kredit dari satu bank ke bank lain. Biasanya pengalihan cicilan ini dilakukan untuk pembelian rumah atau mobil. 

Dalam jual beli rumah, skema over kredit dilakukan terhadap rumah yang masih dalam masa cicilan dengan cara melanjutkan cicilan dari pemilik sebelumnya. 

Pengalihan ini biasanya terjadi ketika debitur sebelumnya sudah tidak dapat mencicil KPR rumah tersebut. Kredit KPR yang masih berjalan dari pemilik lama akan dialihkan kepada Pins selaku pembeli. 

Dalam penerapannya, ada dua skema pengalihan cicilan rumah yaitu melalui bank dan menggunakan notaris. 

Keuntungan Pengalihan Pinjaman Rumah

Over Kredit
(keyrealtyschool.com)

Over kredit dalam membeli rumah, bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat terutama jika Pins sudah mengetahui skema dan rincian biaya untuk melakukan pengalihan cicilan.

Selain itu, ada beberapa keuntungan dari skema pengalihan cicilan yang dapat Pins dapatkan. Berikut ini diantaranya: 

Bunga Lebih Rendah 

Setiap tahunnya nilai properti cenderung naik. Hal ini juga akan berpengaruh pada bunganya. Pasalnya, bunga yang dibebankan pada sistem pengalihan cicilan adalah bunga awal dari beberapa tahun lalu ketika pembeli pertama melaksanakan akad jual beli. 

Biasanya bunga di awal pembelian lebih rendah jika melakukan pembelian saat ini. Artinya, Pins bisa menikmati bunga tetap yang lebih rendah dan juga kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman baru dengan plafon yang lebih tinggi dari pinjaman sebelumnya. Menarik bukan? 

Kelebihan Over Kredit Melalui Bank 

Tak hanya bagi nasabah, bank juga mendapat keuntungan melalui skema pengalihan cicilan ini. Melalui sistem ini, pihak bank bisa menilai karakter nasabah yang memiliki kemampuan bayar.

Selain itu bank juga menawarkan plafon lebih tinggi untuk menawarkan bunga yang lebih murah dibandingkan dengan pembelian rumah bekas. 

Selain itu, ada kelebihan lain, diantaranya”

  • Sertifikat rumah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli meski masih tetap menjadi jaminan bank dan baru bisa diambil setelah kredit lunas.
  • Pembeli bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri.

Kelebihan Over Kredit Melalui Notaris

Selain melalui bank, Pins juga bisa melakukan pengalihan pinjaman rumah melalui jalur notaris. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika membeli rumah melalui notaris, antara lain: 

  • Proses lebih cepat karena akad berdasarkan kepada pembeli baru dan pembeli lama di hadapan notaris
  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah karena hanya menyewa notaris.

Kekurangan Pengalihan Pinjaman Rumah

Over Kredit
(Cermati.com)

Di balik keuntungannya, skema pengalihan cicilan rumah juga memiliki beberapa kelemahan yang harus Anda pertimbangkan.

Kekurangan pengalihan cicilan rumah yang harus diperhatikan diantaranya: 

  • Proses pengajuan lebih rumit.
  • Butuh waktu lama karena bank harus melakukan analisis. 
  • Biaya lebih mahal karena mengikuti prosedur dari bank. 
  • Jika melalui notaris, sertifikat dan pembayaran angsuran masih atas nama pembeli lama dan masih menjadi jaminan bank. Hal ini ada celah kecurangan jika bank tidak mengetahui ada over kredit rumah pada notaris. 

Cara Pengalihan Pinjaman Rumah

(overseaspropertyalert.com)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada dua cara dalam pembelian rumah secara over kredit, yaitu melalui bank dan melalui notaris. 

Berikut ini penjelasan cara melakukan pengalihan pinjaman rumah melalui bank maupun notaris: 

Syarat Dokumen yang Diserahkan 

Saat akan melakukan over kredit rumah, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu, antara lain: 

  • Data Objek jual beli (tanah/bangunan)
  • Foto copy Perjanjian Kredit dan surat penegasan perolehan kredit
  • Foto copy sertifikat (yang berisi keterangan /stempel pihak bank bahwa tanah dan bangunan tersebut sedang dijaminkan pada bank berkenaan)
  • Foto copy IMB Foto copy SPPT PBB 5TH terakhir yang sudah dilengkapi dengan bukti lunasnya (STTS)
  • Print out bukti pembayaran angsuran yang terakhir sebelum dilaksanakan over kredit
  • Asli buku tabungan yang digunakan untuk pembayaran angsuran
  • Data Penjual & Pembeli, seperti KTP pasangan, Kartu keluarga, Akta Nikah

Cara Pengalihan Pinjaman Rumah Melalui Bank 

Untuk sekadar diketahui, pengalihan pinjaman rumah melalui bank adalah cara paling aman karena prosedurnya dilakukan secara resmi dengan alih debitur.

Selain itu, jika Pins melakukan over kredit KPR melalui bank, maka sertifikat kepemilikan dan angsuran akan langsung di balik nama atas nama pribadi meski masih menjadi jaminan di bank. 

Berikut ini cara over kredit rumah melalui bank: 

  • Debitur lama dan calon debitur baru mendatangi bank yang dituju. Pins bisa menuju bagian customer service maupun bagian kredit administrasi. 
  • Jika Pins sebagai pembeli, maka bisa mengajukan permohonan ambil kredit agar menjadi debitur baru menggantikan posisi debitur lama.
  • Pihak bank melakukan analisa dan persetujuan dengan meneliti terlebih dahulu persyaratannya.
  • Pembeli akan bertindak sebagai debitur baru dan menandatangani perjanjian kredit baru beserta akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT).

Cara Over Kredit Rumah Melalui Notaris

Prosedur pengalihan pinjaman melalui notaris dilakukan dengan pemindahan hak atas tanah dan bangunan menggunakan akta notaris. Berikut ini cara melakukan over kredit rumah melalui notaris:

  • Debitur lama dan calon debitur baru mendatangi notaris yang diinginkan. 
  • Notaris membuatkan akta pengikat jual beli pengalihan hak atas tanah dan bangunan. Akta ini merupakan surat kuasa untuk melunasi sisa angsuran dan kuasa untuk mengambil sertifikat.
  • Penjual menyiapkan surat pemberitahuan kepada bank terkait tentang peralihan hak atas tanah dan bangunan yang dimaksud. Maka dengan ini, sejak terjadinya pengalihan, maka hak penjual sudah tidak berlaku terhadap obyek tanah dan bangunan meski proses angsuran dan sertifikat masih atas nama penjual.
  • Salinan akta diserahkan kepada bank. 

Biaya Pengalihan Pinjaman Rumah

(money crasher)

Saat hendak melakukan pengalihan cicilan rumah, Pins juga harus menyiapkan sejumlah biaya pengalihan cicilan rumah yang ternyata tidak murah. 

Setidaknya, ada dua jenis biaya pengalihan cicilan rumah yang harus disiapkan jika hendak membeli rumah secara pengalihan cicilan. Berikut ini diantaranya: 

Biaya Pelunasan Dipercepat 

Ketika ingin melunasi sisa cicilan sebelum tenor berakhir, sebagian besar bank akan mengenakan denda sesuai dengan kesepakatan awal. Besarnya denda pelunasan ini tergantung dari perjanjian pinjaman di masing-masing bank. 

Umumnya, biaya denda ini dihitung dari sejumlah persentase tertentu dari sisa pokok pinjaman. Misalnya, bank menetapkan 2 persen dari sisa pokok pinjaman sebagai denda pelunasan yang dipercepat. 

Biaya Administrasi

Skema pengalihan cicilan dilakukan seperti pengajuan cicilan baru. Artinya, Pins juga harus mempersiapkan biaya sebagaimana pembeli baru.

Biaya-biaya tersebut diantaranya: 

  • Biaya appraisal jaminan
  • Biaya notaris, legal dan surat lainnya. 

Itulah informasi yang dapat Pinhome sampaikan terkait over kredit. Pastikan Pins melakukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa mengetahui nilai jual dari rumah yang berada di kawasan yang sama.  

Jangan lupa untuk mengkaji cicilan yang dibebankan. Jangan sampai saat Anda sudah melakukan pembelian malah Anda yang menjadi terlilit masalah pembayaran cicilan bulanan dari rumah tersebut.